Program askese menempatkan puasa dan pantang dari makanan dan minuman tertentu pada urutan teratas, diikuti dengan penolakan tidur, parfum dan pakaian yang nyaman, hingga sampai memberikan badan untuk disiksa dengan panas dan dingin, cambukan, pemotongan, puasa hingga kematian karena lapar.

Kurikulum Kursus

Perkembangan puasa dalam sejarah
Makanan dan puasa dalam Kitab Suci dan yudaisme klasik 00:20:00
Puasa dalam tradisi kekatolikan kuno 00:08:00
Puasa pada masa Yesus dan jemaat katolik perdana 00:15:00
Waktu puasa
Perkembangan waktu puasa 00:05:00
Puasa pre-Paska, Puasa Prapaska dan Persiapan Pembaptisan 00:15:00
I Quattuor Tempora menurut St. Leo Agung 00:05:00
Puasa persiapan 00:00:08
Pantang makanan tertentu
Pendahuluan: Pantang makanan tertentu 00:05:00
Pantang daging dan anggur 00:08:00
Puasa sebagai heresia 00:12:00
Makna puasa katolik
Puasa dan penitensi 00:06:00
Puasa spiritual dan puasa material 00:12:00
Puasa dan Caritas 00:05:00

REVIEW KURSUS

4.6

4.6
15 ratings
  • 5 stars12
  • 4 stars0
  • 3 stars3
  • 2 stars0
  • 1 stars0
  1. PUASA DALAM TRADISI KATOLIK

    5

    Puasa dalam Katolik selalu menimbulkan banyak pertanyaan pada umat karena tidak adanya aturan yang fixed pasti untuk semua. Puasa terkesan lebih flexible mengikuti keniatan dlam hati setiap orang yang berniat melakukan. Terimakasih untuk informasi ini semoga dengan mengetahui tentang puasa ini lebih mendalam, akan membuat saya lebih bisa mantap dlam menjalaninya.

  2. Puasa dalam Tradisi Gereja Katolik

    5

    Bagus

  3. Puasa adalah sikap kerendahan hati

    5

    melalui materi kursus tentang puasa ini, selain soal pertobatan saya jadi makin paham bahwa puasa seharusnya adalah kewajiban orang beriman, bukan hanya suatu tradisi yang dalam kalender gereja tertentu itu adalah agenda untuk berpuasa. namun saya jadi memahami bahwa melalui puasa saya sedang merendahkan hati saya dihadapan Tuhan bahwa saya orang berdosa dan saya memohon Kerahiman Allah unyuk pengampunan dosa melalui puasa, dimana saya menahan diri dari hasrat-hasrat keduniawian saya berlebihan, yang harusnya mendukung kehidupan namun karena terlalu berlebihan dan berubah menjadi hawa nafsu akhirnya malah membawa saya kedalam dosa dan pelanggaran dan saya meletakkna hawa nafsu saya diatas segalanya, bukannya Tuhan yang diatas segalanya…..terima kasih untuk pencerahan-pencerahannya melalui materi kursus ini.

  4. Wawasan baru

    5

    Karena blm pernah dapat masukkan yg detail seperti ini. Wawasan baru juga kalau berpuasa harus melibatkan tubuh jiwa dan roh. Karena selama ini orang selalu menyamakan puasa dengan menahan nafsu ragawi.

  5. Puasa dalam tradisi Gereja Katolik

    5

    Akhirnya mengerti juga tentang Puasa & Pantang dalam Gereja Katolik, dan tidak bisa dipungkiri tradisi Yudaisme yg digunakan oleh Gereja terutama tentang Puasa.

  6. Puasa

    5

    Sangat membantu saya lebih mengerti mengenai Tradisi Puasa di dalam Agama Katolik.

  7. BAGUS

    5

    Materi yang bagus untuk pemahaman tentang puasa yang biasanya hanya saya dengar melalui Surat Gembala

  8. Perlu editor dan perbaikan bahasa

    3

    Sebenarnya ini topik yang menarik dan bermanfaat. Sayang terlalu banyak kesalahan ketik yang tidak perlu, tata bahasa kurang baik, dan penggunaan istilah yang tidak umum tanpa penjelasan memadai. Terus terang saya tidak sanggup menyelesaikan membacanya.

  9. Mengapa Memilih Menjadi Pengikut Kristus

    5

    Terima Kasih mengajar saya erti berpuasa dan mendalami iman saya sebagai katolik

  10. Pencerahan

    5

    Benar benar memberi tambahan pengetahuan

  11. 3

    Bermanfaat dan menambah wawasan.

  12. Puasa Dalam Tradisi Gereja Katolik

    3

    Saya ingin mengetahui peraturan Gereja Katolik lebih detail tentang Puasa.
    Di kursus ini menjelaskan sangat baik sejarah dan latarbelakang Puasa.

582 PESERTA TERDAFTAR

Doa St. Thomas Aquinas

Allah Pencipta segala sesuatu, Sumber terang dan kebijaksanaan yang sejati, asal mula segala makhluk, curahkanlah seberkas cahaya-Mu untuk menembus kegelapan akal budiku. Ambillah dariku kegelapan ganda yang menyelimutiku sejak lahir, suatu ketidak-mengertian karena dosa dan ketidak-tahuan. Berilah kepadaku, pengertian yang tajam dan ingatan yang kuat dan kemampuan untuk memahami segala sesuatu dengan benar dan mendasar. Karuniakanlah kepadaku talenta untuk menjelaskan dengan tepat dan kemampuan untuk mengutarakannya dengan saksama, luwes dan menarik. Tunjukkanlah bagaimana aku memulainya, arahkanlah perkembangannya dan bantulah sampai kepada penyelesaiannya. Kumohon ini demi Yesus Kristus Tuhan kami. Amin.

Review Kursus

Romo pembimbing: Rm. Prof. DR. B.S. Mardiatmadja SJ. | Bidang Hukum Gereja dan Perkawinan : RD. Dr. D. Gusti Bagus Kusumawanta, Pr. | Bidang Sakramen dan Liturgi: Rm. Dr. Bernardus Boli Ujan, SVD | Bidang OMK: Rm. Yohanes Dwi Harsanto, Pr. | Bidang Keluarga : Rm. Dr. Bernardinus Realino Agung Prihartana, MSF, Maria Brownell, M.T.S. | Pembimbing teologis: Dr. Lawrence Feingold, S.T.D. | Pembimbing bidang Kitab Suci: Dr. David J. Twellman, D.Min.,Th.M.| Bidang Spiritualitas: Romo Alfonsus Widhiwiryawan, SX. STL | Bidang Pelayanan: Romo Felix Supranto, SS.CC |Staf Tetap dan Penulis: Caecilia Triastuti | Bidang Sistematik Teologi & Penanggung jawab: Stefanus Tay, M.T.S dan Ingrid Listiati Tay, M.T.S.
top
@Copyright katolisitas - 2008-2018 All rights reserved. Silakan memakai material yang ada di website ini, tapi harus mencantumkan "www.katolisitas.org", kecuali pemakaian dokumen Gereja. Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari website ini untuk kepentingan komersial Katolisitas.org adalah karya kerasulan yang berfokus dalam bidang evangelisasi dan katekese, yang memaparkan ajaran Gereja Katolik berdasarkan Kitab Suci, Tradisi Suci dan Magisterium Gereja. Situs ini dimulai tanggal 31 Mei 2008, pesta Bunda Maria mengunjungi Elizabeth. Semoga situs katolisitas dapat menyampaikan kabar gembira Kristus. 
X