Yoh 14:16: Penolong yang lain

Siapakah penolong yang lain, yang disebutkan di Yoh 14:16? Menurut Kitab Suci bahasa Indonesia LAI, Yoh 14:16-17 Yesus mengatakan, “Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.”

Sedangkan menurut bahasa Inggris (Douay Rheims), ” And I will ask the Father: and He shall give you another Paraclete (allos parakletos, in Greek), that He may abide with you for ever: The Spirit of truth, whom the world cannot receive, because it seeth Him not, nor knoweth Him. But you shall know Him; because He shall abide with you and shall be in you.” (Jn 14:16)

Ayat Yoh 14:16 tidak mengacu kepada seorang manusia, tetapi kepada Roh Kudus, karena:

1. Ayat Yoh 14:16, tidak dapat dipisahkan dari ayat ke-17 dan ayat- ayat lainnya dalam Kitab Suci, yang jelas menghubungkan makna ayat ini dengan Roh Kudus, Roh Kebenaran yang diutus oleh Allah Bapa dan Allah Putera (lih. 14:26; 15:26; 16:7).  Maka Sang Penolong dan Penghibur itu tidak mengacu kepada manusia, tetapi kepada Roh Kebenaran, yaitu Roh Allah sendiri yang dapat menyertai para murid Kristus selama- lamanya. Sebab tidak ada manusia yang dapat “menyertai selama- lamanya”, hanya Tuhan saja yang mampu menyertai selama- lamanya, dan hanya Tuhan saja yang bisa menyertai dan diam di dalam diri murid- murid Kristus.

Demikian pula, karena tepat setelah “Roh Kebenaran”, dikatakan, “Dunia tidak dapat menerima Dia karena dunia tidak melihat Dia”, maka kita ketahui bahwa Dia yang dimaksud di sini adalah Roh Kebenaran itu. Roh ini bukan manusia, karena meskipun manusia mempunyai jiwa rohani, namun ia juga mempunyai tubuh, dan karena itu dapat dilihat oleh dunia sekitarnya, dan dengan demikian tidak cocok dengan apa yang disebut dalam Yoh 14:17 tersebut.

2. Perlu juga dilihat asal katanya dalam bahasa Yunani, allos parakletos, yang juga tidak mengacu kepada kata “seorang”, sebab allos itu artinya “satu yang lain/ another/ else“, hanya saja, kata itu kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi ‘seorang’. Di sini terlihat adanya keterbatasan bahasa terjemahan, yang tidak secara persis mengartikan kata yang dimaksud, yaitu another Paraclete/ allos parakletos tersebut.

3. Selanjutnya, Injil Barnabas telah keliru dalam menyamakan Roh Kudus (paráklētos Yunani), dengan ‘periklutos‘ (artinya yang terhormat) yang dapat diterjemahkan dalam bahasa Arab “Ahmad”, sehingga akhirnya mengacu kepada Muhammad. Padahal dalam kitab Injil Yohanes, Kisah Para Rasul dan surat- surat Rasul Paulus, Roh Kudus tidak untuk diartikan sebagai manusia, melainkan Pribadi Allah sendiri yang dicurahkan kepada para Rasul dan umat beriman; untuk mendatangkan pertobatan dan mencurahkan rahmat pengudusan Allah dan karunia- karunia-Nya.

5 1 vote
Article Rating
19/12/2018
13 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
jhonathan
jhonathan
7 years ago

Saya mau bertanya : Saya sering dengar kata ” Bapa,putra,roh kudus ” Yg berarti: bapa yang di sembah Putra berujud manusia Dan roh kudus,roh yg tidak Kelihatan,. Nah ini dia,. Apa kah salah menggangap roh nenek moyang Sebagai rohkudus,.??? Atau roh kebenaran,.????? [Dari Katolisitas: Silakan Anda klik di sini untuk membaca penjelasan tentang Allah Trinitas, menurut iman Kristiani. Nampaknya pengertian Anda tentang Allah Trinitas tidak sepenuhnya sesuai dengan ajaran Gereja. Allah Putera itu sama hakekatnya dengan Allah Bapa, dan sudah ada sebelum segala abad bersama-sama dengan Allah Bapa (lih. Yoh 1:1-2); Ia (Putera) hanya baru mengambil rupa manusia pada saat… Read more »

submitter
submitter
7 years ago

Kedatangan hamba Allah “” “” “” “” “” “” “” “” “” ” ‘Atmak’ belum tentu berarti ‘yang saya menjunjung’ tapi itu sebenarnya nama penulisan Atmak adalah אתמך penulisan Ahmad אחמד Dalam Yesaya 42:1, Allah berkata “Lihatlah, ‘Hambaku’ (diucapkan sebagai Abd-ee), ‘yang saya menjunjung’ (diucapkan sebagai Atmak); Allah menubuatkan tentang kedatangan hamba-Nya Lihatlah Hambaku Ahmad (Yesaya 42:1) – dan begitu siapa Ahmad ini? disebut hamba Allah? Dia tidak lain adalah Abd-Allah Ahmad (Hamba Allah, Ahmad) – Nabi Muhammad saw [Dari Katolisitas: pesan ini digabungkan karena masih satu topik dan dikirim oleh pembaca dengan ID yang sama] Nubuat di dalam Yesaya… Read more »

Ingrid Listiati
Reply to  submitter
7 years ago

Shalom Submit/ Submitter, Kata Ibrani yang dipergunakan untuk kata asli “hamba” di Yes 42:1 adalah ֶעֶבד,‛eḇeḏ. ‛eḇeḏ ini bukan sebuah nama, tapi sebuah kata benda maskulin, yang artinya hamba. Bahwa kemudian ada sejumlah orang yang mengartikannya sebagai nama, itu adalah sebuah tafsir, tetapi dari teks itu sendiri tidak menunjukkan demikian. Frasa “hamba Allah” di ayat ini bagi umat Kristiani mengacu kepada Kristus Yesus, dan bukan kepada siapapun yang lain. Sebab memang Kristus adalah Putera Allah yang menjelma menjadi manusia, dan mengambil rupa seorang hamba (lih. Fil 2: 5-11): “Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama, menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga… Read more »

Hiero
Hiero
8 years ago

Shalom pengasuh katolisitas.org

Saya seorang katolik yang mohon penjelasan pada Mat 12:31-32
Mohon penjelasannya tentang hujat terhadap Roh Kudus, contoh atau bentuk hujatan terhadap Roh Kudus itu seperti apa?

Karena tertulis bahwa tidak ada pengampunan untuk mereka yang menghujat Roh Kudus…..bagi saya pribadi hal ini sungguh mengerikan, sehingga kita semua harus mengetahui hal tersebut.
Terima kasih, Berkah Dalem Gusti

[Dari Katolisitas: Silakan membaca artikel: Dosa Menghujat Roh Kudus- dosa yang tak terampuni, silakan klik di sini. Dan juga membaca Dosa Menghujat Roh Kudus dan Dosa Berat, klik di sini.
Jika Anda pengunjung baru, silakan klik di sini]

jericho
jericho
8 years ago

syalom. sy mau bertanya ttg bredarnya d internet isu2 yg mngatakan bhwa di dalam kitab taurat terdapat nama Muhammad, sperti slh stunya pd Kidung Agung 5:16, yg “katanya” dlm bhs ibrani nya berbunyi nya Muhammadim. Apa benar demkian? jika benar apa maksudnya sbnarnya? Ap kbtulan saja memang kata yg dpakai memiliki arti sesuai nama Muhammad it sndri? Selain itu jg ad yg mngatakan ttg bahwa Tuhan Yesus pnah mngucapkan syahadat yg maknanya mirip dgn syahadat dr kaum muslim. Tp sy tdak tau d bagian mana. Mgkn tim katolisitas bsa membantu. Sy percaya bhwa smuanya it psti ad pnjelasannya, dan tdak… Read more »

Stefanus Tay
Reply to  jericho
8 years ago

Shalom Jericho, Menurut saya, argumentasi untuk menemukan satu kata dalam Perjanjian Lama yang mirip dengan nama Muhammad adalah kurang mendasar. Saya percaya, bahwa para cendikiawan Muslim yang baik tidak perlu membuktikan nama Muhammad dari Kitab Suci Perjanjian Lama. Jadi, terus terang, kita tidak perlu meluangkan waktu untuk memikirkan hal ini, apalagi kalau umat Islam sendiri mempertanyakan kebenaran Kitab Suci, terlebih dari kitab Kidung Agung, yang dianggap cabul oleh mereka. Saya juga tidak tahu di mana Yesus pernah mengatakan sesuatu yang mendukung syahadat dari kaum Islam. Mungkin ayat yang paling mendekati hal ini adalah dari Yoh 17:3, yaitu “Inilah hidup yang… Read more »

frist marbun
frist marbun
8 years ago

maaf sudah lama nggak gabung, …ada beberapa ayat yang agak membingungkan saya, kalau bisa redaksi membantu saya untuk mendapat jawaban yang jelas, untuk membantu saya lebih mengerti tentang Kitab suci kita, pertanyaannya sebagai berikut : 1.Siapa yang dinubuatkan pada ; yoh 16 : 7, Ulangan 18 : 8, Yoh 16 : 13, ada yang bilang Roh Kudus, dari tetangga seberang bilang Muhammad, mohon penjelasan. 2.Pada Mat. 22 :44-45, Mark :12 : 35, Lukas : 20 : 41-44, Yesus mengatakan dia bukan anak Daud, tetapi di wahyu 22 : 16, yesus disebut keturunan Daud 3. Apa arti Bintang Timur pada 2… Read more »

Ingrid Listiati
Reply to  frist marbun
8 years ago

Shalom Frist Marbun, 1. Siapa yang dinubuatkan pada Yoh 16 : 7, Ulangan 18 : 8, Yoh 16 : 13 Yoh 16:7,13 merupakan janji Kristus akan mengutus Roh Kudus, yaitu Roh Kebenaran/ Roh Penghibur. Hal pengutusan Roh Kudus sebagai ‘Roh Kebenaran’ dan ‘Sang Penolong yang lain’ ini juga disebutkan dalam Yoh 14:16-17. Ayat- ayat tersebut tidak mengacu kepada manusia, tetapi kepada Roh Kudus. Tentang hal ini sudah pernah dibahas di sini, silakan klik. Sedang Ul 18:8 berbunyi, “maka haruslah mereka mendapat rezeki yang sama, dengan tidak terhitung apa yang ia peroleh dengan menjual harta nenek moyangnya.”…. Nampaknya ayat ini tidak… Read more »

Ahmad
Ahmad
9 years ago

Apakah berarti diatas bumi = diatas syurga karena Allah Rohul Kudus sendiri sudah bersama kita manusia ? Trim.

Stefanus Tay
Reply to  Ahmad
9 years ago

Shalom Ahmad,

Terima kasih atas pertanyaan anda. Di atas bumi tidaklah sama dengan di Sorga, karena Sorga adalah tujuan akhir dan bumi bukanlah tujuan akhir. Kehidupan manusia di bumi adalah bersifat sementara dan menuju ke tujuan akhir, yaitu Sorga. Agar manusia dapat menuju tujuan akhir ini, maka Tuhan memberikan Roh Kudus. Dan pada saat kita mencapai Sorga, maka kita akan dapat melihat kehidupan Allah Bapa, Allah Putera dan Allah Roh Kudus sebagaimana adanya Dia.

Salam kasih dalam Kristus Tuhan,
stef – katolisitas.org

Ahmad
Ahmad
9 years ago

Kalo menurut saya “Penolong” bisa diperbantukan Allah kepada kita…… bisa dalam rupa Roh (dirasa) dan bisa juga dalam rupa manusia (wujud) ……,terutama kalo kita dalam kesusahan yang sangat (tidak ada jalan keluar), pasti entah suatu saat pasti akan datang “penolong ” tersebut……Asal percaya sama Yesus yang disebut Kristus itu.

[dari katolisitas: tentu saja penolong dapat berupa Roh Allah maupun dari manusia. Namun dalam konteks Yoh 14:16, penolong di sini adalah Roh Kudus, yaitu Roh Kebenaran.]

boy refra
boy refra
9 years ago

Percayalah apa yang dijanjikan Tuhan yaitu akan mengirim seorang pendamping (Roh Kudus) adalah benar-benar terjadi dalam hidup kita. Tidak ada yang mustahil bagi Allah. Suatu saat nanti saya akan membagikan bagaimana pengalaman kami tentang karya Roh Kudus…

teguh sarwono
teguh sarwono
9 years ago

salam
para pengasuh katolisitas.
saya mohon bantuan penjelasannya tentang maksud Sabda Yesus dalam Yohanes 14:16. disituYesus menyebut kata “seorang”… apa maksud kata ini? mengapa lalu diterapkan untuk “Roh Kudus”? umat islam menganggap bahwa ayat itu menunjuk pada kedatangan nabi Muhammad. mohon penjelasan dan tanggapannya. terimakasih.
salam..

[Dari Katolisitas: pertanyaan ini sudah dijawab di atas, silakan klik]

Romo pembimbing: Rm. Prof. DR. B.S. Mardiatmadja SJ. | Bidang Hukum Gereja dan Perkawinan : RD. Dr. D. Gusti Bagus Kusumawanta, Pr. | Bidang Sakramen dan Liturgi: Rm. Dr. Bernardus Boli Ujan, SVD | Bidang OMK: Rm. Yohanes Dwi Harsanto, Pr. | Bidang Keluarga : Rm. Dr. Bernardinus Realino Agung Prihartana, MSF, Maria Brownell, M.T.S. | Pembimbing teologis: Dr. Lawrence Feingold, S.T.D. | Pembimbing bidang Kitab Suci: Dr. David J. Twellman, D.Min.,Th.M.| Bidang Spiritualitas: Romo Alfonsus Widhiwiryawan, SX. STL | Bidang Pelayanan: Romo Felix Supranto, SS.CC |Staf Tetap dan Penulis: Caecilia Triastuti | Bidang Sistematik Teologi & Penanggung jawab: Stefanus Tay, M.T.S dan Ingrid Listiati Tay, M.T.S.
top
@Copyright katolisitas - 2008-2018 All rights reserved. Silakan memakai material yang ada di website ini, tapi harus mencantumkan "www.katolisitas.org", kecuali pemakaian dokumen Gereja. Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari website ini untuk kepentingan komersial Katolisitas.org adalah karya kerasulan yang berfokus dalam bidang evangelisasi dan katekese, yang memaparkan ajaran Gereja Katolik berdasarkan Kitab Suci, Tradisi Suci dan Magisterium Gereja. Situs ini dimulai tanggal 31 Mei 2008, pesta Bunda Maria mengunjungi Elizabeth. Semoga situs katolisitas dapat menyampaikan kabar gembira Kristus. 
13
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
X