Tidak ada keselamatan kecuali melalui Yesus

Pertanyaan:

kaum kristiani meyakini bahwa tidak ada keselamatan kecuali mengikuti yesus, tolong beritahu kami ketrangan al-kitab tentang ini – David

Jawaban:

Salam damai David,
Terima kasih atas pertanyaannya. Memang umat Kristiani meyakini bahwa tidak ada keselamatan kecuali melalui Yesus Kristus, yang diwujudkan dalam Sakramen Baptis dan menjadi anggota dari Tubuh Mistik Kristus, yaitu Gereja Katolik. Namun hal tersebut di atas harus diterangkan secara lebih mendetil:

  1. Silakan membaca beberapa artikel tentang Kristologi di bahwa ini:
    Iman Katolik bersumber pada Allah Tritunggal dan berpusat pada Kristus, Allah yang menjelma menjadi manusia untuk menyelamatkan kita. Inkarnasi, Allah menjadi manusia, adalah perbuatan Tuhan yang terbesar, yang menunjukkan segala kesempurnaanNya: KebesaranNya, namun juga KasihNya yang menyertai kita. Penjelmaan Allah ini telah dinubuatkan oleh para nabi. Yesus Kristus yang kita imani sekarang adalah sungguh Yesus Tuhan yang ber-inkarnasi dan masuk ke dalam sejarah manusia.
  2. Secara singkat, untuk menjawab hal ini, berikut ini adalah bukti-bukti dari Alkitab yang telah dipaparkan dalam beberapa artikel yang pernah ditulis.
    1. Semua pada awalnya diciptakan baik adanya, dimana hubungan antara manusia dan Tuhan adalah begitu baik. (lih Kej 2).
    2. Namun manusia (Adam dan Hawa) telah jatuh ke dalam dosa (lih Kej 3; Rom 5. Dan inilah yang disebut dosa asal.
    3. Dosa memisahkan manusia dari Tuhan, karena Tuhan adalah kudus dan kekudusan tidak dapat bercampur dengan dosa.
    4. Manusia tidak berdaya untuk melepaskan diri dari dosa, sehingga Tuhan dalam Kebijaksanaan dan Kasih-Nya memberikan Putera-Nya yang terkasih – Yesus Kristus – untuk menyelamatkan manusia (silakan membaca artikel ini, dan juga ini). Kedatangan-Nya telah dinubuatkan oleh para Nabi (klik artikel ini) dan telah dicatat dalam sejarah manusia (klik artikel ini).
    5. Sampai tahap ini, maka terlihat jelas, bahwa Yesus Kristus adalah merupakan satu-satunya penyelamat manusia, dimana tanpat Yesus, maka manusia masih tetap dalam belenggu dosa.
    6. Dan bagaimana kita memperoleh keselamatan? Yaitu dengan mengikuti apa yang diperintahkan oleh Kristus sendiri. Bayangkan kalau kita tersesat, dan Yesus adalah petunjuk jalannya yang akan membawa kita kepada tujuan akhir – yaitu surga – , maka kita harus mengikuti apa yang diperintahkan-Nya. Kita tidak dapat mengikuti sebagian perintah-Nya, namun semua perintah-Nya, sama seperti orang yang tersesat harus mengikuti segala perintah penunjuk jalan. Dan perintah-perintah-Nya adalah termasuk:
      1. Mengikuti Kristus, karena Dia adalah Jalan, Kebenaran dan Hidup (Yoh 14:6). “Jalan“, karena Dia yang membuka jalan, sehingga surga terbuka kembali dengan sengsara, wafat, dan kebangkitan-Nya. “Kebenaran“, karena Dia adalah Tuhan, yang menjadi kebenaran mutlak. “Hidup“, karena Dia yang Tuhan yang memberikan kehidupan, dan yang mengikuti-Nya akan memperoleh hidup kekal.
      2. Menerima Sakramen-Sakramen, yang diberikan oleh Kristus. Lihat artikel-artikel tentang sakramen:Liturgi tak perpisahkan dengan sakramen. Ada 7 sakramen dalam Gereja Katolik. Dari tujuh sakramen Gereja, 3 yang pertama – Baptis, Ekaristi (1, 2, 3), Penguatan – adalah sakramen inisiasi yang menjadi sakramen-sakramen dasar bagi kehidupan orang Kristen. Sakramen Urapan Orang Sakit dan Sakramen Tobat (bagian 1, 2, 3, 4), diberikan untuk kesembuhan baik fisik maupun rohani. Dan akhirnya, Sakramen Perkawinan (bagian 1, 2) dan Imamat diberikan untuk menguatkan kita dalam menjalankan misi di dunia ini dalam mencapai tujuan akhir, yaitu Kristus.
      3. Menjadi anggota dari Gereja yang didirikan oleh Kristus, yaitu Gereja Katolik. Silakan melihat artikel ini (silakan klik).
      4. Beriman kepada Kristus, yang dinyatakan dalam pengharapan dan kasih (lihat jawaban ini).
    7. Untuk konsep keselamatan dalam konteks yang lebih luas, silakan untuk melihat jawaban ini: (silakan klik)
    8. Namun pada akhirnya, pada saat seorang mengikuti Yesus, maka orang tersebut dimampukan untuk berbuat kasih, yaitu kasih terhadap Tuhan dan kasih kepada sesama(Lihat Artikel Kekudusan: Kekudusan itu sangat penting dalam kehidupan rohani kita, karena kekudusan adalah kehendak Tuhan untuk semua orang. Kekudusan menjadi tanda yang nyata bagi kita sebagai pengikut Kristus, dan kekudusan adalah sesuatu yang diperhitungkan pada saat akhir hidup kita (Apa itu Kekudusan?). Marilah kita memeriksa diri sendiri, sudahkah kita hidup kudus (Refleksi praktis tentang Kekudusan), dan mulai mempraktekkannya dengan belajar untuk lebih rendah hati (Kerendahan hati Dasar dan Jalan menuju Kekudusan).
    9. Keselamatan juga menjadi suatu perjuangan bagi seluruh umat beriman, karena keselamatan merupakan suatu yang lampau, sekarang, dan akan datang:
      • Telah diselamatkan (Rom 8:24; Ef 2:5,8; 2 Tim 1:9; Tit 3:5).
      • Sedang dalam proses (1 Kor 1:18; 2 Kor 2:15; Fil. 2:12; 1 Pet 1:9).
      • Akan diselamatkan (Mt 10:22, 24:13; Mk 13:13; Mk 16:16; Kis 15:11; Rm 5:9-10; Rm 13:11; 1 Kor 3:15; 2 Tim. 2:11-12; Ibr. 9:28).

Semoga jawaban singkat tersebut dapat memberikan gambaran singkat tentang konsep keselamatan di dalam Kristus.

Salam kasih dalam Kristus Tuhan,
stef – www.katolisitas.org

0 0 vote
Article Rating
17 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Yohanes Triple Seven
Yohanes Triple Seven
7 years ago

Yup , demikian juga dengan seseorang yang benar2 mengetahui bahwa Gereja Katolik adalah Gereja Perdana yang didirikan oleh Yesus, tetapi menolak untuk masuk dan tinggal didalamnya, maka mereka itu tidak dapat diselamatkan. Tetapi bila mereka itu tdk mengerti atau tdk tahu akan hal itu, tetaplah ada keselamatan dalam diri mereka itu. Tapi walaupun demikian keselamatan yang ada di banding dengan mereka yang katolik tapi sama2 tdk mengerti tentang Gereja Perdana (katolik) yang yang didirikan oleh Yesus, tetapi dia tetap tinggal didalamnya dan mempergunakan sebaik-baiknya rahmat Tuhan khususnya berupa sakramen Tobat dan Sakramen Ekaristi, maka keselamatannya jauh LEBIH BESAR bila dibandingkan… Read more »

antonius_wenang
antonius_wenang
7 years ago

+ Syalom Pak Stef/Bu Ingrid, Sy belakangan ini sering menonton Debat Kristen vs aliran *slam di Youtube. Ada 2 jenis video yg menarik yg kesatu tahun 2004-Jak (3org pendeta ex-islam vs 3org *stad ex-kristen)& yg kedua thn 2010-Riau (rudy y. vs 1 *stad ex-kristen yg di 2004 jg). Di video yg kedua ada temanya “mustahil kristen menjawab” (ada 11 prtanyaan) dgn hadiah mobil BMW XDDDD Inti dari kedua video tsb sgt menyenangkan bagi saya karena terjawab semua, tapi kesal juga dibeberapa point jawaban dari pihak Kristen sering mngambang padahal mnurut saya itu mudah (karena sudah menerima mendalami menghayati dan meresapi… Read more »

Romo pembimbing: Rm. Prof. DR. B.S. Mardiatmadja SJ. | Bidang Hukum Gereja dan Perkawinan : RD. Dr. D. Gusti Bagus Kusumawanta, Pr. | Bidang Sakramen dan Liturgi: Rm. Dr. Bernardus Boli Ujan, SVD | Bidang OMK: Rm. Yohanes Dwi Harsanto, Pr. | Bidang Keluarga : Rm. Dr. Bernardinus Realino Agung Prihartana, MSF, Maria Brownell, M.T.S. | Pembimbing teologis: Dr. Lawrence Feingold, S.T.D. | Pembimbing bidang Kitab Suci: Dr. David J. Twellman, D.Min.,Th.M.| Bidang Spiritualitas: Romo Alfonsus Widhiwiryawan, SX. STL | Bidang Pelayanan: Romo Felix Supranto, SS.CC |Staf Tetap dan Penulis: Caecilia Triastuti | Bidang Sistematik Teologi & Penanggung jawab: Stefanus Tay, M.T.S dan Ingrid Listiati Tay, M.T.S.
top
@Copyright katolisitas - 2008-2018 All rights reserved. Silakan memakai material yang ada di website ini, tapi harus mencantumkan "www.katolisitas.org", kecuali pemakaian dokumen Gereja. Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari website ini untuk kepentingan komersial Katolisitas.org adalah karya kerasulan yang berfokus dalam bidang evangelisasi dan katekese, yang memaparkan ajaran Gereja Katolik berdasarkan Kitab Suci, Tradisi Suci dan Magisterium Gereja. Situs ini dimulai tanggal 31 Mei 2008, pesta Bunda Maria mengunjungi Elizabeth. Semoga situs katolisitas dapat menyampaikan kabar gembira Kristus. 
17
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
X