Mat 7:21, Orang yang berseru-seru kepada Tuhan

Pertanyaan:

shalom….
Saya mau menanya, apakah mksd dalam alkitab, MATIUS 7:21 Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga… Monica

Jawaban:

Shalom Monica,

1. Dalam Mat 7:21-23, Tuhan Yesus ingin mengajarkan bahwa hanya ucapan/ “lip service” itu saja tidak cukup. Hal ini juga dikatakan-Nya dalam Luk 6:46; 13:26. Tuhan Yesus menghendaki tindakan yang serius untuk menyatakan iman kita kepada Tuhan. Di ayat-ayat sebelumnya yaitu  Mat 7: 15-20, Yesus telah menjelaskan ciri-ciri nabi- nabi palsu; dan sekarang Ia mengajarkan adanya bahaya bahwa seseorang menipu dirinya sendiri dengan anggapan bahwa dirinya pasti selamat, karena termasuk dalam kawanan pengikut Yesus meskipun tanpa melakukan perintah-perintah Tuhan.

Maka seperti dikatakan oleh Yesus, pintu surga tidak terbuka bagi mereka yang hanya berseru, “Tuhan, Tuhan”, tetapi mereka yang melaksanakan kehendak Tuhan Allah Bapa. Sebab tolok ukur bahwa kita mengasihi Tuhan adalah jika kita melakukan segala perintah-perintah-Nya.

Pengajaran ini juga sesuai dengan apa yang diajarkan oleh Rasul Yohanes, “….marilah kita mengasihi bukan dengan perkataan atau dengan lidah, tetapi dengan perbuatan dan dalam kebenaran.” Maka kita mengetahui bahwa iman kita kepada Tuhan harus pula dinyatakan di dalam perbuatan kita.

2. Perlu kita perhatikan pula di sini, bagaimana Yesus menggunakan kata , “melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga…”. Yesus mengajarkan para murid-murid-Nya untuk memanggil Bapa sebagai Bapa Kami, namun Ia dalam banyak kesempatan memanggil Bapa dengan sebutan “Bapa-Ku” (bukan Bapa kami), jika Yesus sedang menjelaskan hubungan antara Pribadi-Nya sendiri dengan Allah Bapa, untuk menjelaskan kepada para murid-Nya bahwa kedudukan-Nya sebagai Putera Allah, tidaklah sama dengan kedudukan kita sebagai putra dan putri ‘angkat’ Allah.

Demikian semoga ayat ini mengingatkan kita supaya kita tidak saja rajin berdoa dan berseru kepada Tuhan, namun juga supaya kita melakukan segala kehendak dan perintah-Nya. Agar pada saatnya nanti kita dapat masuk ke dalam Kerajaan Sorga.

Salam kasih dalam Kristus Tuhan,
Ingrid Listiati- www.katolisitas.org

3 2 votes
Article Rating
19/12/2018
5 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
kusno
kusno
10 years ago

[Matius 28:19] Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,

Kepada Bu Ingrid, apakah ayat diatas benar ada dalam bible?

Stefanus Tay
Reply to  kusno
10 years ago

Shalom Kusno,
Terima kasih atas pertanyaannya tentang apakah Mt 28:19 menjadi bagian dari Alkitab atau bukan. Tentu saja saya menjawab bahwa Mt 28:19 adalah bagian dari Alkitab. Namun, sebelum saya menjawab pertanyaan ini dan memberikan bukti-bukti lebih lanjut, saya ingin bertanya pendapat Kusno, apakah menurut Kusno Mt 28:19 bukan bagian dari Alkitab? dan apakah alasannya? Mungkin dengan demikian diskusi kita akan menjadi lebih baik.
Salam kasih dalam Kristus Tuhan,
stef – https://www.katolisitas.org

Monica
Monica
10 years ago

shalom… Bagaimana dengan maksud firman TUHAN ,dalam Roma (3:21-30a) : Saudara-saudara, tanpa hukum Taurat kebenaran Allah telah dinyatakan, seperti yang disaksikan dalam Kitab Taurat dan Kitab-kitab para nabi, yaitu kebenaran Allah karena iman dalam Yesus Kristus bagi semua orang yang percaya. Sebab tidak ada perbedaan. Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah, dan oleh kasih karunia telah dibenarkan dengan cuma-cuma karena penebusan dalam Kristus Yesus. Kristus Yesus telah ditentukan Allah menjadi jalan pendamaian karena iman, dalam darah-Nya. Hal ini dibuat-Nya untuk menunjukkan keadilan-Nya, karena Ia telah membiarkan dosa-dosa yang telah terjadi dahulu pada masa kesabaran-Nya. Maksud-Nya… Read more »

Monica
Monica
10 years ago

shalom….
Saya mau menanya, apakah mksd dalam alkitab, MATIUS 7:21 Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga…, Monica

[Dari Admin Katolisitas: Pertanyaan ini sudah dijawab di sini, silakan klik]

Romo pembimbing: Rm. Prof. DR. B.S. Mardiatmadja SJ. | Bidang Hukum Gereja dan Perkawinan : RD. Dr. D. Gusti Bagus Kusumawanta, Pr. | Bidang Sakramen dan Liturgi: Rm. Dr. Bernardus Boli Ujan, SVD | Bidang OMK: Rm. Yohanes Dwi Harsanto, Pr. | Bidang Keluarga : Rm. Dr. Bernardinus Realino Agung Prihartana, MSF, Maria Brownell, M.T.S. | Pembimbing teologis: Dr. Lawrence Feingold, S.T.D. | Pembimbing bidang Kitab Suci: Dr. David J. Twellman, D.Min.,Th.M.| Bidang Spiritualitas: Romo Alfonsus Widhiwiryawan, SX. STL | Bidang Pelayanan: Romo Felix Supranto, SS.CC |Staf Tetap dan Penulis: Caecilia Triastuti | Bidang Sistematik Teologi & Penanggung jawab: Stefanus Tay, M.T.S dan Ingrid Listiati Tay, M.T.S.
top
@Copyright katolisitas - 2008-2018 All rights reserved. Silakan memakai material yang ada di website ini, tapi harus mencantumkan "www.katolisitas.org", kecuali pemakaian dokumen Gereja. Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari website ini untuk kepentingan komersial Katolisitas.org adalah karya kerasulan yang berfokus dalam bidang evangelisasi dan katekese, yang memaparkan ajaran Gereja Katolik berdasarkan Kitab Suci, Tradisi Suci dan Magisterium Gereja. Situs ini dimulai tanggal 31 Mei 2008, pesta Bunda Maria mengunjungi Elizabeth. Semoga situs katolisitas dapat menyampaikan kabar gembira Kristus. 
5
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
X