Kitab Suci terdiri dari 66 buku atau 73 buku (intermezzo)?

Pertanyaan:

Shalom,

Saudari Lucia, sesuai Firman Tuhan:

Mazmur 119:105, Keluaran 25:31-40

Kaki dian = kaki pelita = kandil. Terbuat dari 1 talenta emas murni. 1 talenta = 125 pound = 60 kg emas murni tempaan. Satu kesatuan utuh, tempaan, tidak ada sambungan.

Kalau saudari memperhatikan gambar kaki dian dengan seksama, dan membaginya menjadi dua bagian, saudari akan mendapati bahwa sisi bagian kiri mempunyai 13 bagian, yang masing-masing
terdiri dari 3 (kelopak, tombol, dan kembang) : 13 x 3 = 39, sedangkan sisi sebelah kanan berjumlah
9 x 3 = 27, jumlah keseluruhan adalah 66, yaitu jumlah kitab dalam Alkitab: 39 kitab Perjanjian Lama dan 27 kitab Perjanjian Baru. Itu sebabnya kita bisa yakin bahwa ke 66 kitab dalam Alkitab inilah yang Tuhan berikan kepada kita dengan terang Roh Kudus.

Terimakasih. – terang

Jawaban:

Shalom Terang,

Terima kasih atas komentarnya bahwa umat Protestan menggunakan kaki dian sebagai dasar pengakuan akan 66 buku dalam Alkitab. Kalau kita google dengan kata “candlestick 66 books” atau “lampstand 66 books”, maka semua orang akan dapat melihat argumentasi yang sama. Argumen seperti ini adalah merupakan argumentasi “fittingness“, yang dipergunakan kalau seseorang telah mempercayai hal tersebut. Namun, dalam diskusi dengan orang yang tidak mempercayainya atau berbeda pendapat, maka hal ini menjadi tidak berguna, bahkan dapat memperlemah argumentasi. Menurut saya pribadi, argumen yang anda berikan akan memperlemah anda, yang mengklaim senantiasa memberikan argumentasi yang alkitabiah. Apakah kalau saya menggunakan cara yang sama, anda akan dapat menerima argumentasi yang dapat saya berikan? Inilah argumentasi yang akan saya berikan dengan mengikuti logika yang anda berikan:

Karena Alkitab kita adalah sama, hanya berbeda deuterokanonika, maka saya menggunakan dasar yang sama dengan apa yang anda berikan, yaitu:

– 13 bagian kiri x 3 bagian (kelopak, tombol dan kembang) = 39

– 9 bagian kanan x 3 bagian (kelopak, tombol dan kembang) = 27

Jadi seperti yang anda uraikan ada 39 PL dan 27 PB. Bagaimana Gereja Katolik mendapatkan 7 buku yang lain? Sebagai gambaran, mungkin akan lebih jelas kalau anda juga melihat gambar kaki dian di samping ini. Kalau anda mengutip Kel 25:31-40, maka anda jangan sampai melupakan ayat 37, yang mengatakan “Haruslah kaubuat pada kandil itu tujuh lampu dan lampu-lampu itu haruslah dipasang di atas kandil itu, sehingga diterangi yang di depannya.” Dengan demikian, kalau kaki dian berfungsi dengan semestinya, maka tujuh lampu tersebut harus dipasang. Apakah gunanya kaki dian tanpa lampu yang menyala? Dan tujuh lampu ini melambangkan Roh Kudus, yang sering dilambangkan dengan api. Dengan demikian, Gereja Katolik mempunyai 73 buku dalam Alkitab berdasarkan 66 buku + 7 buku. Ini berarti buku-buku di dalam Alkitab harus dibaca dalam terang Roh Kudus. Tanpa terang Roh Kudus, maka orang yang membaca Alkitab dapat salah, sama seperti kaki dian tidak berguna kalau tidak ada lampu yang dinyalakan. Jadi, kalau mau membaca dalam terang Roh Kudus, anda harus menerima 73 buku dan bukan hanya 66 buku. Jangan lupa Mzm 119:105 menuliskan “Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku.” Jadi, Firman Tuhan hanya berguna kalau kaki dian itu dinyalakan dengan tujuh lampu. Apakah anda dapat menerima keterangan saya dengan dasar ini, yang juga terlihat alkitabiah? Saya yakin, anda tidak akan mau menerima argumentasi yang saya berikan. Kalau dengan dasar yang sama, anda tidak dapat menerima argumentasi saya, saya juga tidak dapat menerima argumentasi anda. Jadi, marilah kita berdiskusi dengan argumentasi yang lebih baik dan lebih dapat dipertanggungjawabkan. Semoga dapat diterima.

Salam kasih dalam Kristus Tuhan,
stef – katolisitas.org

5 1 vote
Article Rating
19/12/2018
21 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Lody Kolatlena
7 years ago

Damai Kristus, Proviciat dengan tim katolisitas atas penjelasan yang luar bisa mencerahkan ini. Buat Saudara/i umat Prostestan: Saya seorang Katolik yang tinggal di Sorowako, Sulawesi Selatan. Saya pernah membawakan suatu materi pada Bina Rohani siswa-siswi Katolik SMP/SMA se-Sorowako dan materi yang saya bawakan pada waktu itu adalah sejarah terbentuknya Alkitab. Saat memulai presentasi, saya membawa 2 buah Alkitab. Yang satu Alkitab Katolik yang lengkap dengan tujuh Deuterokanoika sedangkan Alkitab satunya lagi adalah Alkitab versi Protestan yang tidak memiliki kitab-kitab Deuterokanonika. Saya mengatakan kepada mereka bahwa di tangan saya ada 2 macam Alkitab, Alkitab Katolik dan Alkitab Protestan. Saya bertanya kepada… Read more »

labora sitinjak
labora sitinjak
7 years ago

y ampun, g pun klen saling memecah kristen udah di pecah agama lain, berhikmat napa jd orng kristen, klo memank klen brpendidikan g kn mw klen saling mnjatuhkn!

[dari katolisitas: katolisitas.org adalah situs yang bernafaskan Katolik. Ada banyak pertanyaan yang masuk dan kami menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan semangat untuk memaparkan pengajaran Gereja Katolik. Kami tidak pernah memaksakan iman Katolik kami. Jadi, Anda bisa melihat dialog sebagai sesuatu yang negatif atau juga melihat dari sisi positif, yaitu semangat untuk mencari kebenaran. Semoga Anda juga dapat melihatnya dari sisi yang positif.]

ERWIN PURBA
ERWIN PURBA
7 years ago

Saya seorang Kristen Protestant, saya ingin tau dan belajar tentang 7 kitab yang di buang oleh Kristen Protestant. Jujur saya sbg Protestan baru tau akan hal ini ( Jika memang benar).
Mohon (stef – katolisitas.org)mau menolong saya untuk bisa mengetahui tentang 7 kitab ini.

Yesus Kristus Memberkati…..

[dari katolisitas: Selamat datang di situs katolisitas. Saya menganjurkan agar Anda dapat membaca terlebih dahulu 2 link ini – silakan klik, dan klik ini. Silakan juga membaca sekilas tentang asal usul kanon Kitab Suci, klik di sini. Setelah membaca 3 link tersebut, maka Anda dapat memberikan tanggapan. Semoga dapat diterima.]

simon meomatnua tulasi
simon meomatnua tulasi
8 years ago

wah, kaki lampu dihitung hitung, dikali, entah apalagi…jumlahnya??? Sebagai org Katolik ya orang Katolik, ALKITAB adalah pedoman hidupnya, dan pasti kitab org Katolik ya 73 itu, siapa mau nambahkan atau mau kurangi, urusan dialah, yg penting Katolik adalah KATOLIK, numpang tanya juga pd pengasuh katolisitas, berapa NABI ALLAH di dlm Alkitab? Trims

[Dari Katolisitas: Silakan membaca jawaban ini, silakan klik]

Cynthia
Cynthia
9 years ago

Saya masalah ini tidak usah diperdebatkan. Toh Tuhan kita sama dan apabila salah satu salah menafsirkannya, Tuhan pasti akan mengampuni kita. Cuma yang penting kita tahu, apa dasarnya sehingga ada perbedaan jumlah kitab suci itu

[Dari Katolisitas: Kami pernah mengulas sejarah terbentuknya Kitab Suci dan bagaimana sampai ada perbedaan jumlah kitab dalam Kitab Suci Katolik dan Kitab Suci Protestan, silakan klik di sini]

Romo pembimbing: Rm. Prof. DR. B.S. Mardiatmadja SJ. | Bidang Hukum Gereja dan Perkawinan : RD. Dr. D. Gusti Bagus Kusumawanta, Pr. | Bidang Sakramen dan Liturgi: Rm. Dr. Bernardus Boli Ujan, SVD | Bidang OMK: Rm. Yohanes Dwi Harsanto, Pr. | Bidang Keluarga : Rm. Dr. Bernardinus Realino Agung Prihartana, MSF, Maria Brownell, M.T.S. | Pembimbing teologis: Dr. Lawrence Feingold, S.T.D. | Pembimbing bidang Kitab Suci: Dr. David J. Twellman, D.Min.,Th.M.| Bidang Spiritualitas: Romo Alfonsus Widhiwiryawan, SX. STL | Bidang Pelayanan: Romo Felix Supranto, SS.CC |Staf Tetap dan Penulis: Caecilia Triastuti | Bidang Sistematik Teologi & Penanggung jawab: Stefanus Tay, M.T.S dan Ingrid Listiati Tay, M.T.S.
top
@Copyright katolisitas - 2008-2018 All rights reserved. Silakan memakai material yang ada di website ini, tapi harus mencantumkan "www.katolisitas.org", kecuali pemakaian dokumen Gereja. Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari website ini untuk kepentingan komersial Katolisitas.org adalah karya kerasulan yang berfokus dalam bidang evangelisasi dan katekese, yang memaparkan ajaran Gereja Katolik berdasarkan Kitab Suci, Tradisi Suci dan Magisterium Gereja. Situs ini dimulai tanggal 31 Mei 2008, pesta Bunda Maria mengunjungi Elizabeth. Semoga situs katolisitas dapat menyampaikan kabar gembira Kristus. 
21
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
X