Apakah gerakan karismatik Katolik sesat?

Pertanyaan:

Stef Yth,

Tanpa mengurangi rasa hormat saya kepada Stef dan pembaca yang mengikuti gerakan karismatik, saya pribadi tidak menyukai gerakan karismatik dan memiliki kesan negatif terhadapnya karena di dalam gerakan itu terdapat penyimpangan dan kesesatan, sbb:
1. Gerakan karismatik berasal dari denominasi Protestan Pentacostal (yg tergolong heresy/bidat/skismatik) dan tidak ada dalam Tradisi Gereja. Sumbernya saja sudah sesat, tentu gerakannya juga beresiko sesat. Anehnya, mengapa ini bisa sampai tumbuh subur dlam Gereja Katolik?
2. Gerakan karismatik identik dengan tepuk tangan, musik yg keras, jingkrak2 dan sikap emosional. Bukankah berdoa itu memerlukan ketenangan dan keheningan seperti teladan Yesus sendiri?
3. Doa Karismatik yang panjang dan bertele-tele, apakah karena kuasa roh kudus sehingga ia berdoa panjang seperti itu? Ditambah lagi ada yang berdesis-desis menyahuti dengan nama Tuhan(Yesus). Tuhan Yesus saja tidak menyarankan doa yang bertele-tele.
4. kecenderungan memaksakan pemahaman/pendapat pribadi terhadap ayat2 Injil dan menganggap yang tidak sepaham adalah sesat dan berdosa.
5. Penyimpangan dari ajaran Rasul Paulus tentang penggunaan karunia Roh Kudus, khususnya mengenai bahasa roh.
6. yang paling penting(dan paling parah/sesat) adanya Baptisan roh dan praktek penumpangan tangan oleh awam untuk mendapatkan karunia roh serta praktek exorcisme oleh awam .Maksudnya baptisan roh?bukankah kita hanya mengakui satu pembaptisan seperti yang tertulis dalam Syahadat Nicea?Jelas ini melanggar hasil konsili. Dan lagi tidak sembarang orang dapat melakukan penumpangan tangan dan exorcisme.
7. Dikatakan bahwa gerakan karismatik menghasilkan buah2 yg baik. Apa benar yang dihasilkan adalah buah2 sejati?Bukankah umat beragama lain(non Katolik) juga menghasilkan buah2 yang baik melalui sembahyang mereka?
8. Dalam gerakan karismatik terdapat sinkretisme ajran Katolik(benar) dan Protestan pentakostal(sesat).

Munculnya gerakan karismatik dalam Gereja Katolik menyatakan bahwa:
a) ada yang kurang dalam spiritualitas Gereja Katolik maka perlu adanya gerakan karismatik.
sakramen2, ibadat harian, doa, devosi, puasa, meditasi, pemeriksaan batin, latihan rohani, pendalaman Kitab Suci, retret, dsb yg sudah menjadi tradisi Gereja tidak mampu mengubah dan memperbaharui hidup umat Katolik dan memberikan karunia2 roh, maka perlu mengikuti gerakan karismatik.
b)gerakan karismatik adalah upaya yg perlu untuk memperoleh karunia2 roh. Maka jelas gerakan karismatik merendahkan Roh Kudus dan sakramen2 GK.

Jadi kesimpulannya: gerakan karismatik sangat berbahaya kerena mengandung penyesatan dan penyimpangan dari iman dan ajaran Gereja Katolik.

NB: Ini adalah pendapat pribadi berdasarkan pengalaman pribadi, kesaksian teman2 dan beberapa bacaan. Maaf kalau kurang berkenan.

Salam,
Aloysius

Jawaban:

Shalom Aloysius,

Pertama- tama, dalam menyikapi suatu pengajaran Gereja, mari kita kesampingkan perasaan/ pendapat pribadi. Karena kalau demikian halnya, kita menempatkan penilaian pribadi kita di atas ajaran/ keputusan Magisterium. Jika kita terus mempertahankan sikap seperti ini, kita menempatkan diri di posisi yang beresiko, apalagi jika kemudian disertai dengan sikap menganggap diri lebih benar daripada Magisterium; dan karenanya dengan keras menentang pengajaran Magisterium. Sikap demikian tidak menampakkan buah Roh Kudus yang utama dan pertama (lih. Gal 5:22-23), yaitu kasih yang menghendaki persatuan daripada perpecahan, dan kasih yang tidak memegahkan diri dan tidak sombong (lih. 1 Kor 13:4).

Dengan prinsip ini, saya menanggapi pandangan anda:

1. Gerakan karismatik: sesat?

Anda mengatakan bahwa Gerakan karismatik berasal dari denominasi Protestan Pentakostal, dan gereja Pentakostal ini anda pandang heretikal/ skismatik/ sesat, dan karena itu gerakannya juga sesat.

Sejujurnya ini adalah pernyataan- pernyataan yang tidak berhubungan. Memang awal gerakan Karismatik sering dihubungkan dengan apa yang terjadi pada tanggal 1 Januari 1901 di suatu Bible college di Topeka Kansas, Amerika Serikat, atau tanggal 18 April 1906 di pertemuan doa Apostolic Faith Mission di Azusa St. Los Angeles, juga di Amerika- yang keduanya bukan komunitas Katolik-; saat terjadi apa yang kemudian dikenal dengan karunia bahasa roh. Selanjutnya, gerakan yang kemudian mempraktekkan karunia- karunia karismatik Roh Kudus ini dikenal dengan sebutan gerakan karismatik.

Walaupun gerakan ini nampak marak bertumbuh sekarang ini, namun sebenarnya karunia bahasa roh dan karunia karismatik Roh Kudus ini sudah ada sejak jaman para rasul, dan walaupun tidak banyak disorot, karunia inipun sudah ada dalam sejarah Gereja Katolik. Mari bersama kita melihatnya:

Dasar Kitab Suci tentang bahasa roh dan karunia karismatik lainnya:

Karunia bahasa roh yang dikenal dengan istilah glossolalia, disebut di beberapa ayat di kitab Perjanjian Baru, seperti:

1. Mrk 16:17: nubuat Yesus tentang orang- orang percaya, “….mereka akan berbicara dalam bahasa- bahasa yang baru bagi mereka”.

2. Kis 2: ketika Roh Kudus mengurapi keduabelas rasul, maka orang- orang dari kelimabelas bangsa yang berkumpul di Yerusalem mendengar para rasul itu berkhotbah dalam bahasa mereka sendiri.

3. Kis 10: Kornelius yang menerima karunia bahasa roh setelah menerima pewartaan Injil dari Rasul Petrus.

4. Kis 19:1-6: mengisahkan anggota jemaat di Efesus yang menerima karunia bahasa roh setelah menerima baptisan dalam nama Yesus.

5. 1Kor 12-14: mengisahkan bahwa gereja/ jemaat di Korintus menerima karunia bahasa roh dan karunia- karunia karismatik lainnya. Di 1Kor 12:7-11 disebutkan macam- macam karunia tersebut, sedangkan di 1Kor 12:28, disebutkan urutannya, mulai dari karunia sebagai rasul, nabi, pengajar, mukjizat, penyembuhan, pelayanan, pemimpin, bahasa roh.

Selanjutnya, Kitab Suci menyebutkan bahwa manifestasi Roh Kudus dalam bahasa roh itu dapat merupakan: 1) bahasa asing/ bahasa suatu bangsa tertentu, seperti terjadi pada Kis 2, Kis 11:15, dan 1Kor 14:21, ataupun 2) bahasa yang tidak terucapkan (ecstatic utterance), yang tidak dimengerti (1Kor 14:2), seperti secara implisit dikatakan dalam Rom 8:26-27. Karunia ini adalah karunia doa untuk mengucap syukur kepada Tuhan (1Kor 14:16-17) dan Rasul Paulus-pun menggunakan bahasa roh ini di dalam doa- doanya (lih. 1Kor 14: 18-19). Namun, karena tidak dimengerti, sering orang yang tidak percaya menyangka bahwa mereka yang menerima karunia ini sebagai orang yang tidak waras (lih. 1Kor 14:23).  3) Bisa juga terjadi alternatif ketiga bahwa bahasa roh tersebut dapat merupakan bahasa spiritual dan bahasa surgawi yang tak berdasarkan atas bahasa yang dikenal di dunia, namun yang dapat diinterpretasikan menurut bahasa yang dikenal di dunia, seperti yang mungkin terjadi dalam Kis 2:6-8; di mana para rasul berkata- kata dengan bahasa yang baru itu secara bersamaan, namun dapat terdengar oleh orang- orang yang berada di sana, yang datang dari berbagai bangsa, sebagai bahasa mereka sendiri (lih. Kis 2:6)

Dalam tradisi Gereja Katolik

Menarik disimak di sini adalah perkembangan yang terjadi setelah jaman para rasul. Montanus (135-177), adalah seorang yang dikenal sebagai pelopor gerakan karismatik pertama di abad kedua, dengan menekankan adanya karunia nubuat. Ia menekankan bahasa roh dan kehidupan asketisme (mati raga) yang ketat; dan ia mengklaim sebagai penerima wahyu Tuhan secara langsung, sehingga membahasakan diri sebagai orang pertama dalam nubuat-nubuatnya, seolah- olah ia sendiri adalah Tuhan. Gerakan Montanism ini akhirnya memecah Gereja di Ancyra menjadi dua; dan karena itu Uskup Apollinarius menyatakan bahwa nubuat Montanus adalah palsu (Eusebius 5.16.4)  Gerakan Montanus akhirnya ditolak oleh para pemimpin Gereja.

Montanus dan para pengikutnya lalu memisahkan diri dari kesatuan dengan Gereja yang ada pada saat itu. Oleh karena itu, tak mengherankan bahwa para Bapa Gereja pada abad- abad awal menekankan agar jemaat tunduk pada pengajaran para uskup yang adalah para penerus rasul; dan mereka relatif tidak terlalu menekankan karunia bahasa roh [kemungkinan mengingat bahwa hal itu faktanya dapat menimbulkan perpecahan]. St. Policarpus (69-159) yang hidup di jaman Rasul Yohanes, tidak menyebutkan tentang bahasa roh, demikian pula St. Yustinus Martir (110-165). St. Irenaeus (120-202) hanya menyebutkan secara sekilas dalam tulisannya Against Heresies. Selanjutnya karunia bahasa roh ini disebutkan dalam tulisan-tulisan St. Hilarius dari Poitiers (300-367) dan St. Ambrosius (340-397), walaupun tidak dikatakan secara eksplisit bahwa mereka mengalaminya. Juga pada masa itu, seorang pertapa Mesir, Pochomius (292-348) dilaporkan memperoleh karunia bahasa roh, yang disebut sebagai “bahasa malaikat”, dan di suatu kesempatan dapat menguasai bahasa Yunani dan Latin yang tidak dipelajarinya terlebih dahulu.

Namun sejak abad ke-3, dengan matinya sekte Montanus dan relatif urungnya para Bapa Gereja untuk mengekspos tentang bahasa roh, maka bahasa roh tidak lagi menjadi praktek yang umum di dalam Gereja. Beberapa Bapa Gereja yang tergolong skeptis tentang bahasa roh di antaranya adalah Eusebius (260 – 340) dan Origen (185 – 254). St. Krisostomus (344-407), uskup Konstantinopel dalam homilinya kepada jemaat di Korintus (lih. Homilies on First Corinthians, xxix, 1, NPNF2, v. 12, p. 168), mempertanyakannya, mengapa karunia bahasa roh tidak lagi terjadi di dalam Gereja; dan selanjutnya mengatakan bahwa di antara karunia- karunia Roh Kudus yang disebutkan di 1Kor 12:18, karunia bahasa roh menempati tingkatan yang ter-rendah (Homily xxxii, NPNF2, v. 12, p. 187).

Selanjutnya, St. Agustinus (354-430) memberikan pengajaran demikian tentang bahasa roh, dan prinsip inilah yang kemudian dipegang oleh Gereja untuk tujuh ratus tahun berikutnya:

“Pada awal mula, Roh Kudus turun atas mereka yang percaya: dan mereka berkata-kata dalam bahasa lidah (bahasa roh) yang tidak mereka pelajari, yang diberikan oleh Roh Kudus untuk mereka ucapkan. Ini adalah tanda- tanda yang diberikan pada saat di mana diperlukan bahasa roh untuk membuktikan adanya Roh Kudus di dalam semua bahasa bangsa-bangsa di seluruh dunia. Hal itu dilakukan sebagai sebuah bukti dan [kini] telah berlalu…. Sebab siapa yang di masa sekarang ini yang menerima penumpangan tangan berharap bahwa saat mereka menerima Roh Kudus juga akan dapat berkata- kata dalam bahasa roh?” (Homilies on 1 John VI 10; NPNF2, v. 7, pp. 497-498).

“… Bahkan sekarang Roh Kudus diterima, namun tak seorangpun berkata- kata dalam bahasa semua bangsa, sebab Gereja sendiri telah berbicara dalam bahasa semua bangsa: sebab barangsiapa tidak di dalam Gereja tidak menerima Roh Kudus.” (The Gospel of John, Tractate 32).

Maka menurut St. Agustinus, bahasa roh adalah kemurahan khusus di jaman apostolik demi kepentingan evangelisasi, yang tidak lagi terjadi di saat itu.

Paus Leo I Agung (440-461) mendukung pandangan St. Agustinus. Maka setelah kepemimpinannya sampai abad ke- 12, tidak ada literatur yang menyebutkan tentang bahasa roh.

Namun demikian, walaupun tidak umum, beberapa kejadian sehubungan dengan bahasa roh terjadi di dalam kehidupan beberapa orang kudus. Seorang biarawati Benediktin St. Hildegard dari Bingen (1098 – 1179) dilaporkan menyanyikan kidung dengan bahasa yang tidak diketahui yang disebutnya sebagai “konser Roh”. Sekitar seratus tahun kemudian St. Dominic (1221) kelahiran Spanyol dilaporkan dapat berbicara dalam bahasa Jerman setelah berdoa dengan khusuk. St. Antonius dari Padua (wafat 1231) menuliskan tentang pengalaman rohaninya bahwa lidahnya menjadi pena Roh Kudus. Demikian pula St. Joachim dari Fiore (1132-1202) yang memulai kebangunan rohani yang mempengaruhi masa akhir Abad Pertengahan.

St. Thomas Aquinas (1247) menyinggung tentang bahasa roh dalam bukunya Summa Theology (ST II-II, q.176, a.1&2), dan mengutip kembali pengajaran St. Agustinus. St. Thomas mengatakan bahwa pada awalnya memang diberikan karunia bahasa roh kepada para rasul, agar mereka dapat menjalankan tugas mereka untuk mewartakan Kabar Gembira kepada segala bangsa. Sebab tidaklah layak bagi mereka yang diutus untuk mengajar orang lain harus diajar terlebih dahulu oleh orang lain. Selanjutnya ia mengatakan bahwa karunia bernubuat adalah lebih tinggi daripada karunia bahasa roh (lih. 1Kor 14:5).

Setelah sekitar seabad berlalu, St. Vincentius Ferrer (1350) dicatat telah berbicara dalam bahasa roh. Di Genoa, para pendengarnya yang terdiri dari bangsa yang berbeda- beda, dapat mendengarnya bicara dalam bahasa mereka. Setelah ditanyakan tentang hal ini, St. Vincent menjawab, “Kamu semua salah, dan [sekaligus] benar, sahabat- sahabatku,” katanya dengan senyum, “Saya berbicara dalam bahasa Valencian, bahasa ibu saya, sebab selain Latin dan sedikit bahasa Ibrani, saya tidak mengenal bahasa Spanyol. Adalah Tuhan yang baik, yang membuat perkataan saya dapat kamu mengerti.” Hal ini adalah salah satu yang diuji dalam proses kanonisasi St. Vincentius, dan dinyatakan benar oleh lebih dari 100 orang saksi …. (Angel of the Judgment: A Life of St. Vincent Ferrer, 1953, p. 137-138). Selain dari bahasa roh, St. Vincent dapat (tentu hanya karena rahmat Tuhan) menyembuhkan orang buta, tuli, lumpuh dan mengusir setan pada orang- orang yang kerasukan; dan juga membangkitkan beberapa orang dari kematian. Mukjizat-mukjizat publiknya ini mencapai ribuan.

Di abad ke-16 kejadian-kejadian serupa termasuk berkata- kata dalam bahasa roh dicatat dalam kehidupan dua orang Santo, yaitu St. Fransiskus Xavier dan St. Louis Bertrand (Kelsey, p. 50). Selanjutnya, beberapa orang mistik seperti St. Yohanes dari Avila (1500 – 1569), St. Teresa dari Avila (1515 – 1582), St. Yohanes Salib (1542 – 1591) dan St. Ignatius Loyola (1491-1556), menulis tentang banyaknya pengalaman rohani yang mereka alami, termasuk bahasa roh. (Laurentin. pp 138-142).

Selanjutnya, di abad 19-20, kita mengetahui bahwa St. Padre Pio (1887-1968) juga mempunyai berbagai karunia Roh Kudus dan juga karunia khusus lainnya seperti karunia nubuat, mukjizat, menyembuhkan, membeda- bedakan roh, membaca pikiran/ hati orang lain, karunia dapat mempertobatkan orang, karunia bilocation, dan termasuk juga karunia bahasa roh.

Di gereja- gereja non Katolik

Demikian pula di luar Gereja Katolik, karunia bahasa roh juga dicatat, seperti terjadi pada denominasi Quaker (abad ke-17), Shakers (abad ke-18), gerakan misionaris Moravian dan gereja Methodis (abad ke-18) oleh John Wesley. Gerakan Pentakostal yang terjadi di awal abad 20 merupakan pecahan dari gereja Methodis ini.

Maka walaupun banyak orang menyangka bahwa bahasa roh itu berasal dari gerakan Pentakostal di awal abad ke-20, namun sebenarnya karunia bahasa roh ini sudah lama ada, bahkan sejak awal mula sejak jaman para rasul, dan juga merupakan bagian dari tradisi Gereja Katolik. Memang, kemudian pertanyaannya adalah, mengapa bahasa roh juga diberikan kepada orang- orang di luar kesatuan penuh dengan Gereja Katolik? Nampaknya ini merupakan tanda bahwa Allah bebas melakukan pekerjaaan-Nya seturut kebijaksanaan-Nya. Kita tidak dapat memahami sepenuhnya rencana Allah, namun yang jelas bahasa roh tersebut bukan karunia yang asing bagi Gereja Katolik. Karunia bahasa roh itu sudah lama menjadi milik Gereja Katolik, hanya saja mungkin tidak terlalu ditonjolkan, apalagi dipandang lebih penting daripada ketujuh karunia Roh Kudus yang disebutkan dalam Yes 11.

Dengan demikian, tidak benar bahwa karunia bahasa roh itu berasal dari gereja Protestan, dan karenanya sesat. Bahwa ada aliran- aliran tertentu di luar Gereja Katolik yang juga mengajarkan tentang bahasa roh, tidak menjadikan bahwa bahasa roh ini sesat. Sebab Gereja Katolik, berdasarkan Konsili Vatikan II mengajarkan demikian:

Gereja tahu, bahwa karena banyak alasan ia berhubungan dengan mereka yang karena dibaptis mengemban nama kristen, tetapi tidak mengakui ajaran iman seutuhnya atau tidak memelihara kesatuan persekutuan dibawah Pengganti Petrus…. Selain itu ada persekutuan doa-doa dan kurnia-kurnia rohani lainnya; bahkan ada suatu hubungan sejati dalam Roh Kudus, yang memang dengan daya pengudusan-Nya juga berkarya di antara mereka dengan melimpahkan anugerah-anugerah serta rahmat-rahmat-Nya, dan menguatkan beberapa di kalangan mereka hingga menumpahkan darahnya. Demikianlah Roh membangkitkan pada semua murid Kristus keinginan dan kegiatan, supaya semua saja dengan cara yang ditetapkan oleh Kristus secara damai dipersatukan dalam satu kawanan dibawah satu Gembala. Untuk mencapai tujuan itu Bunda Gereja tiada hentinya berdoa, berharap dan berusaha, serta mendorong para puteranya untuk memurnikan dan membaharui diri, supaya tanda Kristus dengan lebih cemerlang bersinar pada wajah Gereja.” (Lumen Gentium, 15)

Dari sini kita melihat bahwa Gereja Katolik mengakui adanya karunia- karunia rohani yang diberikan kepada persekutuan- persekutuan doa di luar Gereja Katolik. Selanjutnya, hal yang juga penting diketahui adalah Gereja Katolik tidak menganggap bahwa gereja- gereja Kristen non- Katolik yang ada sekarang adalah bidaah/ heretikal. Tentang hal ini sudah pernah dibahas di sini, silakan klik.

Yang lebih ditekankan dalam Gereja Katolik

Maka, meskipun Gereja Katolik juga mengakui adanya karunia bahasa roh, Gereja Katolik lebih menekankan kepada sapta karunia Roh Kudus (lih. Yes 11) yaitu takut akan Tuhan, keperkasaan, kesalehan, nasihat, pengenalan, pengertian, kebijaksanaan. Mengapa? Karena ketujuh karunia tersebut lebih tinggi tingkatannya daripada karunia- karunia karismatik (seperti karunia bahasa roh, nubuat, menyembuhkan, mukjizat, dll), sebab sapta karunia Roh Kudus adalah karunia yang menguduskan seseorang, sedangkan karunia- karunia karismatik tidak otomatis menguduskan seseorang, namun lebih bertujuan untuk membangun jemaat. Oleh karena itu, dapat terjadi misalnya, mereka yang dapat menyembuhkan tersebut tidak kudus hidupnya, dan jika ini yang terjadi, orang itu juga akhirnya tidak berkenan di hadapan Allah, seperti yang dikatakan oleh Yesus sendiri dalam Mat 7:21-23. Maka tantangannya bagi orang yang memperoleh karunia karismatik Roh Kudus adalah juga berjuang untuk hidup kudus dan bertumbuh di dalam ketujuh karunia Roh Kudus tersebut.

Kesimpulan

Karena bahasa roh dan karunia- karunia karismatik Roh Kudus itu sudah ada sejak jaman Gereja awal dan seterusnya dalam sejarah Gereja Katolik, maka tidak dapat dikatakan bahwa bahasa roh dan karunia- karunia lainnya, ataupun gerakan karismatik yang mempraktekkan karunia- karunia tersebut adalah sesat. Namun perlu dihindari adanya praktek- praktek yang menyimpang [seperti yang akan dibahas di bawah ini], yang mungkin terjadi, sehingga gerakan ini dapat mendukung dan memperbaharui Gereja Katolik.

2. Gerakan karismatik identik dengan tepuk tangan, musik yang keras dan jingkrak- jingkrak ?

Ini keliru. Jika kita melihat pengalaman orang kudus (Santa/o) yang menerima karunia karismatik Roh Kudus, kita tahu bahwa karunia karismatik tidak identik dengan tepuk tangan dan jingrak- jingrak. Beberapa pelajar Katolik yang pertama memperoleh karunia bahasa roh dalam retret yang diadakan di Duquesne University, Amerika (Februari 1967) menerimanya melalui doa Adorasi di hadapan sakramen Mahakudus. Selanjutnya, saya juga mengenal orang- orang yang mendapatkan karunia bahasa Roh melalui doa Adorasi Sakramen Mahakudus, doa rosario, dan doa pribadi. Bahkan pengkhotbah kepausan, Fr. Raniero Cantalamessa, memperoleh karunia bahasa Roh dalam doa pribadinya, sehari setelah ia mengikuti semacam SHDR (jadi tidak di dalam SHDR-nya itu sendiri). Demikian juga Mother Angelica, seorang biarawati Karmelit pendiri EWTN, salah satu stasiun TV Katolik terbesar di Amerika (dan dunia) juga memperoleh karunia berdoa dalam bahasa Roh pada saat mendoakan doa brevier/ ibadah harian, yaitu pada saat ia membaca teks Kitab Suci.

Maka persekutuan doa karismatik yang sungguh Katolik, seharusnya tidak menekankan pujian yang hingar bingar, tanpa keheningan. Tepuk tangan, bahkan bersorak dan menari sebagai cara memuji Tuhan tidak dilarang, sebab hal itu juga dicatat dalam Kitab Mazmur, namun tentu harus dalam batas yang normal yang mencerminkan pengendalian diri (lih. Gal 5:23).

3. Doa Karismatik panjang- panjang dan bertele- tele?

Wah, yang ini nampaknya relatif. Sebab bagi mereka yang mendoakannya mungkin tidak terasa demikian, terutama jika mereka mendoakannya dengan kasih. Doa pengulangan (repetition) tidak dikecam oleh Yesus, yang dikecam oleh-Nya adalah doa pengulangan yang sia- sia (vain repetition– KJV). Maka, tidak ada masalah dengan berdoa menyebut nama Yesus berkali- kali, atau Alleluia, atau Salam Maria, berkali- kali. Asal didasari kasih kepada Tuhan, maka doa itu sungguh indah di hadapan Tuhan, sebagaimana pengulangan frasa dalam Mazmur 136 dan 118. Tentang hal ini sudah pernah dibahas di sini, silakan klik.

4. Kecenderungan anggota karismatik memaksakan pemahaman pribadi terhadap ayat- ayat Injil, dan menganggap yang tidak sepaham dengannya adalah sesat?

Ini yang tidak benar dan harus diluruskan. Sebab bagi umat Katolik, parameternya jelas, yaitu apakah interpretasi tersebut sesuai dengan ajaran Magisterium Gereja. Jika tidak sesuai, maka interpretasi pribadi tersebut yang keliru.

5. Penyimpangan dari ajaran Rasul Paulus tentang penggunaan karunia Roh Kudus, khususnya mengenai bahasa roh, pada gerakan karismatik?

Ini nampaknya perlu diperjelas: apakah penyimpangannya/ dalam hal apa. Sebab harus diakui, adanya hal positif dalam gerakan karismatik, walaupun sayangnya ada pula yang negatif. Namun sejauh gerakan karismatik ini sejalan dalam derap langkah paroki, maka mereka tidak menyimpang.

Sejauh pengamatan saya, yang disebut ‘penyimpangan’ itu adalah jika:
– menganggap bahwa karunia bahasa roh adalah segala- galanya; sehingga timbul sikap seolah mengatakan bahwa orang yang menerima karunia bahasa roh itu lebih baik/ kudus daripada orang yang tidak menerimanya. Ini keliru.

– karena penekanan kepada bahasa roh, maka seolah- olah tolok ukur kesuksesan SHDR adalah seberapa banyak orang yang memperoleh karunia tersebut atau setidaknya yang ‘resting in the spirit‘; dan bukan kepada pertobatan sejati. Lebih parahnya, jika diajarkan bahwa seolah- olah bahasa roh dapat dipelajari/ dibuat- buat sendiri, sehingga menjadi tidak otentik dari Roh Kudus.

– terlalu banyak penekanan terhadap karunia- karunia karismatik Roh Kudus (yang kelihatan manifestasinya) sehingga menomorduakan sapta karunia Roh Kudus (yang tidak kelihatan, namun yang membantu orang bertumbuh dalam kekudusan).

– merasa sudah ‘langsung’ berhubungan dengan Roh Kudus, sehingga tidak lagi mau taat kepada pimpinan Gereja (para imam, uskup, dan Paus), karena menganggap bahwa mereka kurang dipenuhi Roh Kudus. Sikap semacam ini jika berlarut- larut dapat menjurus kepada perpecahan/ pemisahan diri dari kesatuan Gereja, dan tentu sikap sedemikian ini keliru.

– merasa sudah benar/ paling benar dalam menginterpretasikan Kitab Suci, sehingga sudah tidak perlu lagi mendengarkan pengajaran Magisterium.

– pandangan yang menganggap ibadah karismatik paling baik, bahkan lebih ‘tinggi’ dari Misa Kudus. Ini keliru sekali, demikian juga jika seorang merasa sudah dipenuhi Roh Kudus, sehingga tidak lagi mengindahkan sakramen- sakramen.

– pandangan yang mengatakan kalau sudah karismatik maka tak perlu lagi berdoa rosario dan berdevosi kepada Bunda Maria.

– hilangnya/ kurangnya ciri khas Katolik dalam ibadah persekutuan doa karismatik, terlalu hingar bingar.

– kelompok tersebut menjadi eksklusif, tidak/ kurang membaur dengan kegiatan paroki.

6. Yang paling parah: penumpangan tangan oleh awam untuk mendapatkan karunia Roh Kudus, praktek eksorsisme oleh awam dan istilah ‘baptisan Roh Kudus’?

Nampaknya harus dibedakan makna penumpangan tangan oleh para klerus/ terbaptis dan para awam. Rm. Boli SVD, pakar Liturgi di situs ini pernah menjelaskan bahwa penumpangan tangan dalam semua perayaan liturgi memang hanya boleh dilakukan oleh para tertahbis, seperti dalam sakramen- sakramen, seperti Ekaristi, Krisma, Pengakuan dosa, Tahbisan dan Pengurapan Orang Sakit. Namun di luar liturgi, belum ada larangan resmi/ tertulis yang menyatakan bahwa orang awam dilarang menumpangkan tangan atas orang yang didoakan.

Lalu juga, harus dibedakan di sini, tentang praktek eksorsisme dan pelepasan. Yang umumnya dilakukan oleh awam adalah pelepasan, namun eksorsisme yang resmi adalah dari Uskup atau imam yang diberi kuasa oleh Uskup. Hal ini pernah dijelaskan Rm. Santo Pr., di sini, silakan klik.

Sekarang tentang istilah ‘baptisan Roh Kudus’. Agaknya penggunaan istilah ini memang tidak tepat. Anda benar, bahwa Gereja Katolik berdasarkan Kitab Suci hanya mengakui satu baptisan (Ef 4:5) dan karena itu istilah yang lebih tepat adalah “pencurahan Roh Kudus/ outpouring of the Holy Spirit” dan bukan “baptisan Roh Kudus/ baptism of the Holy Spirit.” Sebab baptisan memang hanya dapat diterima satu kali, namun rahmat Roh Kudus dapat terus ditambahkan/ dicurahkan berkali- kali sepanjang hidup kita.

7. Apakah benar gerakan Karismatik menghasilkan buah- buah yang sejati? Apa bedanya dengan buah- buah yang baik yang dihasilkan dari agama- agama non- Katolik?

Jika gerakan Karismatik ini dilakukan di dalam koridor Gereja Katolik, seperti yang terjadi pada kehidupan para orang kudus, maka tentu saja dapat menghasilkan buah- buah Roh Kudus yang sejati yang dapat membangun Gereja. Stef dan saya harus jujur mengakui hal ini, sebab kami ‘berhutang’ kepada gerakan karismatik Katolik. Jika bukan karena belas kasih Allah dan rahmat-Nya yang kami terima melalui LISS (SHDR) -yang diadakan oleh gerakan karismatik Katolik- di Filipina tahun 2000 yang lalu, mungkin kami berdua tidak tergerak untuk mendalami iman Katolik, dan tidak terbersit keinginan di hati untuk lebih bersungguh- sungguh ikut membangun Gereja dari dalam.

Selanjutnya, tentang hal- hal yang baik yang ada juga di agama- agama lain, Gereja Katolik mengakuinya, namun pada saat yang bersamaan mengajarkan juga bahwa kepenuhan hidup dan kebenaran ada di dalam Kristus dan Gereja-Nya.  Konsili Vatikan II mengajarkan:

Gereja Katolik tidak menolak apapun yang benar dan suci di dalam agama-agama ini [agama- agama non Kristiani]. Dengan sikap hormat yang tulus Gereja merenungkan cara-cara bertindak dan hidup, kaidah-kaidah serta ajaran-ajaran, yang memang dalam banyak hal berbeda dari apa yang diyakini dan diajarkannya sendiri, tetapi tidak jarang toh memantulkan sinar Kebenaran, yang menerangi semua orang. Namun Gereja tiada hentinya mewartakan dan wajib mewartakan Kristus, yakni “jalan, kebenaran dan hidup” (Yoh 14:6); dalam Dia manusia menemukan kepenuhan hidup keagamaan, dalam Dia pula Allah mendamaikan segala sesuatu dengan diri-Nya.” (Nostra Aetate 2)

Dan tentang karunia- karunia Roh Kudus yang ditemukan di gereja- gereja non- Katolik, Konsili Vatikan II mengajarkan:

“Kecuali itu, dari unsur-unsur atau nilai-nilai, yang keseluruhannya ikut berperanan dalam pembangunan serta kehidupan Gereja sendiri, beberapa bahkan banyak sekali yang sangat berharga, yang dapat ditemukan diluar kawasan Gereja Katolik yang kelihatan: Sabda Allah dalam Kitab suci, kehidupan rahmat, iman, harapan dan cinta kasih, begitu pula kurnia-kurnia Roh kudus lainnya yang bersifat batiniah dan unsur-unsur lahiriah. Itu semua bersumber pada Kristus dan mengantar kepada-Nya, dan memang selayaknya termasuk gereja Kristus yang tunggal…..

Oleh karena itu gereja-gereja dan jemaat-jemaat yang terpisah, walaupun menurut pandangan kita diwarnai oleh kekurangan-kekurangan, sama sekali bukannya tidak berarti atau bernilai dalam misteri keselamatan. Sebab Roh Kristus tidak menolak untuk menggunakan mereka sebagai upaya-upaya keselamatan, yang kekuatannya bersumber pada kepenuhan rahmat serta kebenaran sendiri, yang dipercayakan kepada Gereja Katolik.

Akan tetapi saudara-saudari yang tercerai dari kita, baik secara perorangan maupun sebagai Jemaat dan Gereja, tidak menikmati kesatuan, yang oleh Yesus Kristus hendak dikurniakan kepada mereka semua, yang telah dilahirkan-Nya kembali dan dihidupkan-Nya untuk menjadi satu tubuh, bagi kehidupan yang serba baru, menurut kesaksian Kitab suci dan tradisi Gereja yang terhormat. Sebab hanya melalui Gereja Kristus yang katoliklah, yakni upaya umum untuk keselamatan, dapat dicapai seluruh kepenuhan upaya-upaya penyelamatan. Sebab kita percaya, bahwa hanya kepada Dewan Para Rasul yang diketuai oleh Petruslah Tuhan telah mempercayakan segala harta Perjanjian Baru, untuk membentuk satu Tubuh kristus di dunia. Dalam tubuh itu harus disaturagakan sepenuhnya siapa saja, yang dengan suatu cara telah termasuk umat Allah. Selama berziarah di dunia, umat itu, meskipun dalam para anggotanya tetap tidak terluputkan dari dosa, berkembang dalam Kristus, dan secara halus dibimbing oleh Allah, menurut rencana-Nya yang penuh rahasia, sampai akhirnya penuh kegembiraan meraih seluruh kepenuhan kemuliaan kekal di kota Yerusalem sorgawi.” (Unitatis Redintegratio 3)

8. Dalam gerakan Karismatik terjadi sinkretisme antara ajaran Katolik yang benar dan Protestan yang sesat?

Ini keliru. Seseorang tidak akan mengatakan demikian, jika ia telah memahami apa yang diajarkan oleh Konsili Vatikan II.

9. Apakah spiritualitas Gereja Katolik kurang lengkap sehingga perlu gerakan Karismatik?

Nampaknya pandangan ini juga tidak tepat. Sebab kita ketahui bahwa sesungguhnya spiritualitas Gereja Katolik sudah cukup lengkap: terdapat banyak cara berdoa dan spiritualitas yang diajarkan oleh para kudus sepanjang sejarah Gereja Katolik. Namun mungkin yang kurang adalah, kekayaan spiritualitas Katolik itu kurang diketahui oleh  umat secara umum, sehingga tidak dijadikan sebagai gaya hidup.

Di salah satu Talk tentang Roh Kudus, Scott Hahn (seorang evangelist Protestan yang menjadi Katolik) pernah mengatakan bahwa kemungkinan di jaman akhir ini, Allah melihat bahwa diperlukan manifestasi Roh Kudus yang lebih jelas terlihat untuk meyakinkan manusia akan kehadiran-Nya di tengah umat-Nya. Maka karunia- karunia karismatik Roh Kudus dicurahkan kepada banyak orang percaya termasuk mereka yang tidak berada dalam kesatuan penuh dengan Gereja Katolik, dengan maksud untuk mempersatukan jemaat menjadi satu kawanan. Maka, bahasa roh dan karunia karismatik lainnya, yang pada awal mula diberikan kepada jemaat dengan maksud evangelisasi ke seluruh dunia, kini kembali dicurahkan, untuk membalikkan hati banyak orang kepada Tuhan dan Gereja-Nya, dan kembali meng- evangelisasi dunia yang dewasa ini sudah semakin jauh dari Tuhan. Nampaknya ini nyata dalam kesaksian hidup Scott Hahn sendiri. Atas pimpinan Roh Kudus, ia bersama dengan istrinya, Kimberly Hahn, yang keduanya adalah mantan lulusan sekolah pendeta, dapat mengenali bahwa kepenuhan kebenaran ada di Gereja Katolik. Mereka lalu bergabung dalam kesatuan dengan Gereja Katolik, seperti tertulis dalam buku mereka yang terkenal, Rome Sweet Home.

10. Gerakan Karismatik mengatakan bahwa gerakan ini perlu untuk memperoleh karunia- karunia Roh Kudus, sehingga jelas merendahkan Roh Kudus dan sakramen- sakramen Gereja Katolik?

Maka, silakan kita menilai dengan obyektif, soal hal perlu atau tidak perlu tentang gerakan Karismatik ini. Sebab jika seseorang sudah dapat menghayati iman Katoliknya dengan baik dan benar, maka mungkin saja gerakan ini tidak diperlukan olehnya. Namun demikian, tidak dapat dipungkiri bahwa ada banyak orang yang dapat ‘terbantu’ melalui gerakan ini untuk semakin menghayati misteri iman yang diajarkan oleh Gereja Katolik.

Ada banyak kesaksian orang Katolik yang mengalami pertobatan sejati setelah mengikuti gerakan Karismatik, dan semakin dapat menghayati makna Ekaristi dan sakramen- sakramen Gereja lainnya. Maka walaupun ada efek-efek negatif yang ditunjukkan oleh sekelompok orang yang menjadi ekstrim [dan ini tentu perlu dihindari], tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa ada buah- buah yang baik yang dihasilkan melalui gerakan karismatik di dalam Gereja Katolik. Yang terpenting sekarang adalah, pihak hirarki/ otoritas Gereja perlu membimbing gerakan ini, agar tidak keluar dari ajaran iman Katolik, atau semakin memancarkan ciri ke katolikannya, seperti yang disarankan oleh Paus Paulus VI di tahun 1973 dalam mencirikan pembaharuan karismatik, “… pengalaman doa yang mendalam, personal, dan di dalam kelompok, kembali ke doa kontemplasi … kesiapsiagaan bagi panggilan Roh Kudus…”

11. Tentang kesimpulan anda: Gerakan Karismatik berbahaya karena mengandung penyesatan dan penyimpangan iman dan ajaran Gereja Katolik?

Mohon maaf, kami di Katolisitas tidak setuju dengan pandangan ini. Karena pandangan ini tidak sesuai dengan apa yang disampaikan oleh Paus Yohanes Paulus II dan Paus Benediktus XVI.

Dalam Audiensi dengan Kadinal Suenens dan the Council Members of the International Charismatic Renewal Office, 11 Desember 1979, Paus Yohanes Paulus II berkata demikian:

…This is my first meeting with you, Catholic charismatics . . . I have always belonged to this renewal in the Holy Spirit. . . . I am convinced that this movement is a sign of His action. The world is much in need of this action of the Holy Spirit, and it needs many instruments for this action. . . . Through this action, the Holy Spirit comes to the human spirit, and from this moment we begin to live again, to find our very selves, to find our identity, our total humanity. Consequently, I am convinced that this movement is a very important component in the total renewal of the Church, in this spiritual renewal of the Church.

Paus Yohanes Paulus II pada tanggal 4 April 1998, dalam konferensi gerakan karismatik Katolik juga mengatakan: (selengkapnya silakan klik, klik ini juga)

You are an ecclesial movement. Therefore, all those criteria of ecclesiality of which I wrote in Christifideles laici (cf. n. 30) must be expressed in your lives, especially faithful adherence to the Church’s Magisterium, filial obedience to the Bishops and a spirit of service towards local Churches and parishes.

Paus Benediktus XVI juga mengakui gerakan karismatik sebagai gerakan gerejawi/ eccesial movement, dan dalam pernyataannya kepada the Catholic Fraternity of Charismatic Covenant Communities, 31 Oktober, 2008, ia mengatakan:

As I have been able to affirm in other circumstances, the Ecclesial Movements and New Comunities which blossomed after the Second Vatican Council, constitute a unique gift of the Lord and a precious resource for the life of the ChurchThey should be accepted with trust and valued for the various contributions they place at the service of the common benefit in a an ordered and fruitful way…

Dengan demikian, jika kita sungguh mengakui kepemimpinan para Paus ini sebagai penerus Rasul Petrus, dan demi kasih kita kepada Kristus yang telah memilih mereka sebagai pemimpin Gereja-Nya, maka sudah seharusnya kitapun menerima pengajaran mereka, dengan menerima gerakan karismatik Katolik sebagai salah satu gerakan gerejawi. Kita selayaknya juga dapat melihat hal- hal positif yang dihasilkan oleh gerakan ini, dan bersama- sama dengan pihak otoritas Gereja berusaha menghilangkan efek- efek negatif dari gerakan ini, yang diakibatkan karena kurangnya pemahaman akan ajaran iman Katolik. Sebagai umat Katolik, kita memang tidak diharuskan menjadi anggota gerakan Karismatik, tetapi kita juga tidak boleh menolak mereka dengan mengatakan bahwa mereka itu sesat. Dengan mengatakan demikian, seseorang menempatkan dirinya di atas Paus, dan jika demikian, silakan diperiksa, apakah sikap seperti ini membuktikan bahwa ia sendiri dipenuhi atau dibimbing oleh Roh Kudus.

Akhirnya, perlu diketahui untuk Gereja Katolik di Indonesia sudah ada Badan Pelayanan Nasional Pembaharuan Karismatik Katolik Indonesia (BPNPKKI) dapat menjadi sarana untuk membimbing gerakan ini di tanah air agar mempunyai arah yang benar dan turut serta dalam membangun Gereja Katolik dari dalam, sesuai dengan visi dan misinya, di mana di point ke-5 dikatakan, “Untuk memupuk pertumbuhan yang terus menerus dalam kesucian melalui integrasi yang tepat antara penekanan segi karismatik ini dengan kehidupan yang utuh dari Gereja. Hal ini terlaksana melalui partisipasi dalam suatu kehidupan sakramental dan liturgis yang kaya, penghargaan terhadap tradisi doa-doa dan spiritualitas katolik dan pembinaan terus menerus dalam ajaran-ajaran Katolik dibawah bimbingan Magisterium Gereja dan peran serta dalam rencana pastoral Gereja.” Dengan demikian sudah ada langkah- langkah dari pihak otoritas Gereja Katolik di Indonesia untuk mengkoordinasikan gerakan karismatik ini agar sesuai dengan kehidupan Gereja secara keseluruhan.

Selanjutnya, mari bersama dalam kesatuan dengan seluruh Gereja, kita memohon pimpinan Roh Kudus, namun pertama- tama mari memohon kerendahan hati untuk dapat dipimpin oleh Roh Kudus.

Selanjutnya tentang hal-hal positif dan negatif tentang gerakan Karismatik, silakan klik di sini.

Salam kasih dalam Kristus Tuhan,
Ingrid Listiati- katolisitas.org

4.4 7 votes
Article Rating
19/12/2018
110 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Yulianus
Yulianus
11 years ago

Dear Tim Katolisitas, sepertinya tim yang mengedit setiap komentar adalah orang yang sepaham dengan gerakan karismatik. Saya pernah ikut gerakan karismatik diparoki saya, akan tetapi saya berhenti. karena tata cara yang dilakukan sangat berbeda dengan apa yang ada di GK. seperti praktek yang mereka sebut “Berbahasa Roh” atau “berdesis desis seperti ular”. jadi, apakah berbahasa roh itu? dengan bahasa apakah ROH KUDUS berbahasa?? apakah dengan “bahasa burung-burung”(artinya bahasa yang tidak jelas)?? [Dari katolisitas: Kalau memang Anda tidak tertarik mengikuti gerakan Karismatik Katolik, maka Anda mempunyai kebebasan untuk tidak mengikutinya dan cobalah untuk bertumbuh dalam sakramen-sakramen maupun kelompok teritorial maupun kategorial… Read more »

Maximillian Reinhart
Maximillian Reinhart
11 years ago

Dear Ingrid. Sebelum menulis di sini, aku berupaya untuk membaca lebih dahulu sebagian besar tulisan yang berada dalam topik ini. Terima Kasih atas pemahaman Ingrid yang telah menuliskannya kepada kami dengan baik, indah dan benar. Aku juga membutuhkan jawaban dari kamu yang dikerucutkan, yakni tentang “Penumpangan Tangan”, Ingrid menulis demikian: “Namun di luar liturgi, belum ada larangan resmi/ tertulis yang menyatakan bahwa orang awam dilarang menumpangkan tangan atas orang yang didoakan.” Bagaimana jika aku tuliskan demikian, “Namun di luar liturgi, (juga) belum ada larangan resmi/ tertulis yang menyatakan bahwa orang awam DIIJINKAN menumpangkan tangan atas orang yang didoakan?” Apakah bisa… Read more »

Yohanes Budi
Yohanes Budi
11 years ago

Sy ingin bertanya, Apa yang terjadi pada waktu Retret “Duquesne Weekend”? Apakah para mahasiswa dicurahi oleh org kristen/non-katolik? Apakah dlm tahun itu bahasa roh di abad itu memang sudah ada dlm gereja non-katolik?

Sy merindukan balasan anda, secepatnya..
Thanks..

Tegar
Tegar
11 years ago

Link pada poin 11, setelah kalimat “Paus Yohanes Paulus II pada tanggal 4 April 1998, dalam konferensi gerakan karismatik Katolik juga mengatakan:…dst” kenapa jika di-klik yang keluar, “Page not found”? Mohon diperbaiki link-nya.

[dari katolisitas: Linknya saya cek berjalan dengan baik. Silakan mencoba ini: http://www.vatican.va/holy_father/john_paul_ii/speeches/1998/april/documents/hf_jp-ii_spe_19980404_spirito-santo_en.html dan http://www.archdpdx.org/ccr/popes.html ]

Henny Matheson
Henny Matheson
11 years ago

-JMJ- Banyak grup karismatik yang salah mengerti gerakan karismatik itu apa. Contoh-contohnya sudah dibicarakan di sini. Hal ini sama juga dengan kelompok lain di dalam Gereja Katolik atau bahkan pribadi yang menolak untuk menerima ajaran Gereja yang sudah diberikan pada kita, dan tetap bertahan dengan pengertiannya sendiri. Otoritas dari St. Petrus diacuhkan. Namun ada juga kelompok karismatik yang betul-betul mengerti maknanya dan juga dilaksanakan dengan benar. Mother Angelica sendiri (pendiri TV Catholic terbesar di dunia EWTN) sangat meyakini ini dan pada saat yang bersamaan tetap fokus pada adorasi Ekaristi yg hening. Contoh lain adalah Sr. Briege McKenna dari Irlandia yang… Read more »

Jordy
Jordy
11 years ago

Kalau saya rasa, gerakan kharismatik itu menakjubkan.. bagi kalian yang tidak percaya, cobalah ikuti kharismatik karena kalian akan mengerti mengapa ada pengikut kristus di dalamnya :D Tuhan tidak hanya ada dalam 1 gereja :D Tuhan bisa ada dimana saja, maka tidak menutup kemungkinan kalau Tuhan juga ingin berkarya lewat kharismatik.. :D jika ada yang mengatakan kharismatik itu sesat, perhatikanlah brother and sister, dasar dari kharismatik dan peraturan” yg ada dalam kharismatik tidak pernah menyimpang dari ajaran kristen khatolik sendiri :D terkadang manusia harus melihat dan merasakan baru bisa menyatakan :D saran saya, don’t judge the book from the cover, try… Read more »

kris
kris
11 years ago

EHM MUNGKIN INILAH YANG PERLU DILURUSKAN, BAHWA KARUNIA ROH ITU MASIH BERLANGSUNG SAMPAI SEKARANG. YANG MENGATAKAN TIDAK ITUKAN KATA GEREJA. BUKAN KATA FIRMAN. DAN ANDA AKAN MENGERTI KALAU ANDA MENGALAMI SENDIRI. KRISTEN ITU MENGALAMI KRISTUS, BUKAN HANYA SEKEDAR AJARAN, ATURAN2 YANG DIPAKSAKAN. KITA HARUS KEMBALI DASRNYA ADALAH FIRMAN. BUKAN KATA SANTO, KATA GEREJA. JANJI TUHAN KEKAL KOK BAHWA IA AKAN MEMBERIKAN PENOLONG, YAITU ROH KUDUS. KENAPA HARUS JINGKRAK2 SORAK-SORAI, COBA BACA YES 66, 65, MAZ 149, FILIPI 4:4-8. TUHAN MAU KITA BERSUKA CITA, COBA BACA RAJA DAUD BAGAIMANA MEMULIAKAN TUHAN, , , DAN TUHAN SUKA. MAKANYA KEMBALI LAGI DASRNYA ADALAH… Read more »

Valentinus
11 years ago

Selamat Siang Berkah Dalem… Pendapat saya, tetep saya kurang suka dengan karismatik katolik.. memang itu suatu pergumulan tapi…itu tidak masuk dalam devosi dalam gereja katolik.. alasan nya banyak, salah satu nya ada di awal komentar paling atas.. karismatik hanya akan memecahkan kesatuan katolik dan akan memunculkan katolik difabel yang lain lain..so hanya memberikan saran.. bagi yang sudah masuk ke dalam karismatik katolik.. janganlah jadi kan karismatik sebagai hal utama dan menganggap karismatik adalah segalanya ingat Sarana penyelamatan Allah tetaplah Ekaristi..puncak keselamatan adalah Ekaristi.. Jaga kesatuan Katolik Kita…jangan sampai terpecahkan… [dari katolisitas: Kalau anda tidak suka dengan Karismatik, anda tidak perlu… Read more »

yusup sumarno
yusup sumarno
11 years ago

hemmm…saya jadi tertarik untuk ikut karismatik nih, agar tau yang sebenarnya “di dalamnya” kayak apa. apa benar bisa berbahasa roh. Selama ini saya memang tidak tertarik dg karismatik sih karena saya suka yang kalem kalem saja, di keuskupan Mimika, Papua sayangnya tidak ada.

[Dari Katolisitas: Seseorang boleh memiliki bermacam motivasi untuk mengikuti kegiatan karismatik, tidak menjadi masalah. Namun mungkin yang terbaik adalah sikap membuka diri terhadap karya Roh Kudus yang dapat mengubah hidup kita, tentu ke arah yang lebih baik]

vinzen
vinzen
11 years ago

Shalom Ingrid, ini mengenai istilah baptisan Roh. dalam satu diskusi dgn sdr. Aloysius anda mengatakan (dan setuju) bahwa istilah baptisan Roh kurang tepat. lalu anda menuliskan satu opsi istilah yang menurut anda lebih tepat yaitu pencurahan Roh (outpouring). menurut saya penggunaan istilah baptisan Roh tidak salah, malah kalau dikatakan kurang tepat jadinya menimbulkan celah lagi bagi karismatik untuk dikritik sebagai ada sesuatu yang salah. menurut pendapat saya, yang perlu dijelaskan kepada umat banyak adalah pengertian kata baptis itu sendiri. sebagaimana kita ketahui bahwa asal kata baptis adalah dari bahasa Yunani, bapto – baptizo – baptismos, yang mengandung banyak arti, antara… Read more »

vinzen
vinzen
11 years ago

Shalom Stef dan Ingrid, Saya mau bagi kesaksian hidup saya, semoga bisa ikut menjelaskan tentang misi komunitas karismatik. Sejak SMU saya senang dengan ilmu-ilmu kebathinan dan kuasa kegelapan (kesaktian). Banyak sekali ragam ilmu2, mulai dari beladiri, ilmu gaib yang saya kuasai. Bahkan saya pernah berikrar masuk satu agama hanya karena tertarik oleh ilmu kesaktian yg dimiliki oleh seorang kyai, dan akhirnya saya bisa belajar dan mendapat ilmu tsb asal mau ucapkan ikrar tsb. Setelah saya lulus kuliah dan menikah dan aktif di Paroki, kebiasaan mencari ilmu kebathinan tidak pernah surut, malah bertambah terus ragamnya, misalnya bertambah dengan menguasai ilmu tenaga… Read more »

Acong
Acong
11 years ago

Yth Admin Katolisitas, Z adalah seorang Katolik yg juga mengikuti Karismatik. Tapi saya orang yg kritis dan biasax mempelajari dan mengaitkannya dengan ajaran Gereja agar saya tidak salah dan masih berada dalam koridor ajaran Gereja yg benar. Ada yg say mau tanyakan..Biasa dalam mengikuti kegiatan karismatik, kan biasa ada doa sebelum renungan/pengajaran yg biasa dibawakan teman atau kita sendiri kalau sudah giliran kita. Dimana setelah menyanyikan lagu dan ada beberapa orang yg berbahasa roh dan dalam doa atau waktu yg hening itu biasa ad beberapa ada teman yg katax mereka bernubuat atau mendapat nubuat untuk dikatakan. Yg saya mau tanyakan,… Read more »

suciharto
suciharto
11 years ago

Dear Katolisitas, saya setuju dengan uraian tentang karismatik (katolik) ini. Saya juga sangat yakin dengan adanya bahasa Roh, namun satu hal yang ingin saya tanyakan mengenai Bahasa Roh, terutama bentuk atau manifestasi bahasa Roh yang dimaksud secara panjang lebar dengan argumen Kitab Suci maupun patristik : apakah benar bahwa yang dimaksud dengan berbahasa Roh itu adalah kata-kata ungkapan syalakata wala lalalala, dst? I don’t think so indeed! Saya setuju dengan Bahasa Roh, namun saya tidak yakin jika manifestasi bahasa Roh itu adalah kalimat syawalakata alalalalalalal, dst. Apakah ada bukti kalimat itu yang diucapkan oleh para rasul, para Bapa Gereja, atau… Read more »

suciharto
suciharto
Reply to  Ingrid Listiati
11 years ago

Dear Bu Inggrid,

Terima kasih atas pencerahannya. Saya lebih senang berbahasa Roh dalam perbuatan dan pertobatan sebagaimana ibu jelaskan. sekali lagi terima kasih.

salam dari Serambi Bait Allah

Yohanes
Yohanes
12 years ago

6:43 “Karena tidak ada pohon yang baik yang menghasilkan buah yang tidak baik, dan juga tidak ada pohon yang tidak baik yang menghasilkan buah yang baik.
6:44 Sebab setiap pohon dikenal pada buahnya. Karena dari semak duri orang tidak memetik buah ara dan dari duri-duri tidak memetik buah anggur.

Lukas 6 : 43 – 44

[dari katolisitas: perlu diperjelas maksud dari memberikan ayat-ayat tersebut di atas.]

Leo
Leo
12 years ago

Perdebatan / argumentasi terhadap ajaran tidak pernah tuntas dan cenderung bertele-tele dan melelahkan. Masalah karismatik dan ajarannya sebenarnya semua pimpinan gereja sudah mengetahui semuanya. Tinggal mengambil keputusan ya atau tidak untuk melarangnya. Mereka semua tahu bahwa itu bentuk pelanggaran terhadap gereja Katolik. Namun harap dipahami bahwa umat di kelompok karismatik adalah kelompok The Have, jadi mereka ini merupakan sumber dana yang sangat potensial untuk pundi pundi gereja. Dari pada melarang mereka, ya lebih baik dibina, karena potensi dana mereka sangat berlimpah. [dari katolisitas: Menurut saya men-generalisasi bahwa kelompok karismasik adalah kelompok the have dan berpotensi untuk menambah pundi-pundi Gereja tidaklah… Read more »

dody
dody
12 years ago

Sesuatu disebut sesat atau tidak sesat, itu semua tergantung tujuan nya…jika kita orang katolik tetapi tujuan kita bukanlah melakukan kehendak Allah, tetapi untuk keinginan dan kepentingan diri sendiri (kedagingan/duniawi, demikian juga orang kharismatik, inilah yang disebut penyesatan yang sebenarnya…Kebenaran itu relatif, karena Kebenaran itu sebenarnya Kehendak Allah itu sendiri. Ibarat stasiun kereta api dan rel kereta api, agama itu hanyalah stasiun itu, buat apa kita sombong dengan agama kita tetapi ketika kereta itu lewat, kita terlalu asyik dan berbangga dengan stasiun kita, tetapi membiarkan kereta itu lewat melalui rel kereta api itu…kita ternyata ketinggalan kereta (Tuhan)

Ve
Ve
12 years ago

Dear Stef/Inggrid, Saya awam, tergerak untuk ikut menuliskan keluhan saya bulan lalu saat mengikuti retret 4 hari di pertapaan Karmelit. Secara garis besar saya cukup senang mengikuti retret di sana, saya juga tidak mempermasalahkan adanya pencurahan Roh Kudus dan nyanyian yang ‘pop’ selama dinyanyikan di luar Ekaristi. Namun hal yang paling sulit diterima adalah: Tentang Liturgi 1. Saat Misa/Ekaristi dibawakan lagu2 pop non Katolik seperti ‘kumau cinta Yesus, di saat badai(saya g tau judul tepatnya) dan cukup meriah ditambahkan adanya bahasa2 roh di awal. 2. Salam damai juga terlalu riuh, karena semua orang bersalaman dengan banyak orang. Saya sempat bertanya… Read more »

Rocky fame
Rocky fame
12 years ago

menurut saya orang yang mengatakan karismatik itu sesat orang itu adalah orang yang belum mengenal karismatik dan ajaran Katolik pada umumnya
dan meragukan penyelamatan dari Yesus sebagai Tuhan kita.

[dari katolisitas: Menjadi tantangan bagi seluruh anggota karismatik Katolik agar dapat hidup dalam Roh, yang berakar pada kehidupan doa dan kehidupan sakramen yang baik, terutama Sakramen Ekaristi dan Sakramen Tobat.]

honey
honey
12 years ago

Salam damai Kristus 2. Kis 2: ketika Roh Kudus mengurapi keduabelas rasul, maka orang- orang dari kelimabelas bangsa yang berkumpul di Yerusalem mendengar para rasul itu berkhotbah dalam bahasa mereka sendiri. Dari teks di atas jelas bahwa yg dimaksud (seharusnya) bahasa Roh adalah bahasa yg diucapkan dalam “bahasa (bunyi) tertentu tetapi dapat dimengerti oleh segala bangsa yg mendengarnya (saat itu juga tanpa harus mempelajarinya). Dewasa ini banyak sekali manusia yg mendapat karunia “bahasa roh” yg tidak dapat dimengerti oleh org yg mendengarnya bahkan mungkin oleh dirinya sendiri. Tidak sedikit org memuji/mengagumi mrk yg berbahasa roh yg tdk jelas tersebut, hal… Read more »

Andre Wijaya
Andre Wijaya
12 years ago

Maaf sbelumnya..
justru saya bingung, saya mengalami goncangan, banyak referensi karismatik diperbolehkan di Gereja Katolik, sedangkan di website [dari Katolisitas: kami edit: salah satu situs katolik] justru meyakinkan kalau bahwa karismatik sesat dan ini juga website Katolik sehingga membuat saya bingung.

[dari Katolisitas: link kami edit/hapus]

Mohon penjelasannya.. Terimakasih..

vinzen
vinzen
Reply to  Ingrid Listiati
11 years ago

shalom, saya baru saja menemukan situs katolisitas ini dan sangat senang dengan paparan2 penjelasan dari begitu banyak pertanyaan, terutama mengenai karismatik. semoga pengurus rubrik ini (Stef dan Inggrid) senantiasa dilimpahi kesabaran, kedamaian dan hikmat di dalam memberi jawab thd pertanyaan2 yg (terkadang menurut saya) sangat menyudutkan karismatik, ada unsur kebencian,bahkan iri, mrk hanya melihat satu kasus kecil ttp digeneralisasikan se-olah2 begitu semua (misalnya umat karismatik dicap sombong,sok lebih tahu KS/kebenaran, dlsb)ini jls tidak fair. padahal umat yg ‘tidak beres’ pun dr kalangan kategorial lain jg kalau mau diungkap secara terbuka tentu banyak. kl sy simpulkan, pertanyaan2 itu timbul bukan krn… Read more »

Lukas Cung
Lukas Cung
Reply to  vinzen
11 years ago

Shalom Vinzen, Saya tersentuh sekali membaca komentar Anda yang luar biasa ini, sehingga memutuskan untuk ikut menanggapi. Anda menulis: “…dari para penanya itu sendiri yg menurut sy perlu memahami misi kedatangan Tuhan Yesus ke dunia ini.” Tanggapan saya: Terima kasih sudah mengingatkan saya untuk lebih memahaminya. Anda menulis: “di luar sana ada banyak penderitaan…. justru disini umat karismatik saya lht menjadi pelopor terjun mengisi celah2 untuk melayani umat yg bermasalah.” Tanggapan saya: Begitu ya hasil dari berkarismatik; merasa telah menjadi pelopor daripada yang lain? Ini wujud ungkapan bersyukur atau kesombongan ya? Semoga bukan yang kedua! Hanya Anda sendiri yang tahu!… Read more »

vinzen
vinzen
Reply to  Ingrid Listiati
11 years ago

Shalom Lukas Chung dan Inggrid, Rupanya Lukas chung menanggapi pernyataan saya sedikit lepas dari konteks. Saya itu sedang menanggapi para penanya tentang karismatik dirubrik katolisitas, dan ini faktanya bahwa para penanya itu selalu memunculkan satu sampel yang negatif untuk ‘menggugat’ gerakan karismatik. Dan (ini bukti) bahwa tanpa Lukas Chung sadari, ia juga terjebak dalam hal yang sama. [dari Katolisitas: diedit] … bahwa apa pun yang dilakukan oleh komunitas karismatik selalu dicap negatif, apa pun. Mengapa sih kelompok karismatik ini selalu saja dicap sombong? Apa yang disombongkan? Coba berikan bukti yang konkret. [Dari Katolisitas: Sesungguhnya di tulisan-tulisan terdahulu dari orang-orang yang… Read more »

Lukas Cung
Lukas Cung
Reply to  vinzen
11 years ago

Shalom Vinzen, Saya mohon maaf karna kalimat yang telah saya tulis berikut ini telah memberikan cap “sombong” kepada kelompok karismatik: “Begitu ya hasil dari berkarismatik; merasa telah menjadi pelopor daripada yang lain? Ini wujud ungkapan bersyukur atau kesombongan ya? Semoga bukan yang kedua! Hanya Anda sendiri yang tahu! Sangat disayangkan kalau ternyata yang kedua, karna orang yang hidupnya dipenuhi oleh Roh Kudus tidak pernah seperti itu.” Dan juga mohon maaf untuk tanggapan saya telah sedikit lepas dari konteks. Betul, contoh tentang ibu pembaca Ruah saat khotbah misa ditujukan kepada semua. Tentu saja saya tidak mengatakan bahwa semua umat yang tidak… Read more »

vinzen
vinzen
Reply to  Lukas Cung
11 years ago

shalom Lukas Chung, senang berjumpa kembali dengan anda, walau pun bbrp hari kemarin sy ckp sibuk dgn berbagai jadwal kegiatan & pelayanan. saya mau mengutip bagian akhir ungkapan anda sbb: “Maka, yang mau saya katakan kepada Anda di kesempatan ini adalah: saya (kami) pun tidak berdiam diri saja, saya (kami) pun bersaksi dengan cara saya (kami) sendiri, walaupun tidak terjun melayani umat yang bermasalah seperti yang telah Anda lakukan selama ini. Karna saya (kami) pun “diutus” setelah menghadiri misa kudus. Semoga bisa Anda terima cara bersaksi yang demikian.” tanggapan saya: oh tentu saja saya pribadi bisa memahami dan senang sekali… Read more »

Romo pembimbing: Rm. Prof. DR. B.S. Mardiatmadja SJ. | Bidang Hukum Gereja dan Perkawinan : RD. Dr. D. Gusti Bagus Kusumawanta, Pr. | Bidang Sakramen dan Liturgi: Rm. Dr. Bernardus Boli Ujan, SVD | Bidang OMK: Rm. Yohanes Dwi Harsanto, Pr. | Bidang Keluarga : Rm. Dr. Bernardinus Realino Agung Prihartana, MSF, Maria Brownell, M.T.S. | Pembimbing teologis: Dr. Lawrence Feingold, S.T.D. | Pembimbing bidang Kitab Suci: Dr. David J. Twellman, D.Min.,Th.M.| Bidang Spiritualitas: Romo Alfonsus Widhiwiryawan, SX. STL | Bidang Pelayanan: Romo Felix Supranto, SS.CC |Staf Tetap dan Penulis: Caecilia Triastuti | Bidang Sistematik Teologi & Penanggung jawab: Stefanus Tay, M.T.S dan Ingrid Listiati Tay, M.T.S.
top
@Copyright katolisitas - 2008-2018 All rights reserved. Silakan memakai material yang ada di website ini, tapi harus mencantumkan "www.katolisitas.org", kecuali pemakaian dokumen Gereja. Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari website ini untuk kepentingan komersial Katolisitas.org adalah karya kerasulan yang berfokus dalam bidang evangelisasi dan katekese, yang memaparkan ajaran Gereja Katolik berdasarkan Kitab Suci, Tradisi Suci dan Magisterium Gereja. Situs ini dimulai tanggal 31 Mei 2008, pesta Bunda Maria mengunjungi Elizabeth. Semoga situs katolisitas dapat menyampaikan kabar gembira Kristus. 
110
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x