Apakah Eden sama dengan Surga?

Pertanyaan:

Ibu Ingrid,
menurut penjelasan ibu bahwa taman eden tidak sama dengan surga. Bisa dijelaskan lebih lanjut apa itu taman eden dan apa itu surga? Penjahat yang disalib, di samping Yesus, bertobat dan dikatakan oleh Yesus bahwa hari ini juga dia akan bersama Yesus di firdaus. Taman firdaus = taman eden atau taman firdaus = surga? Terima kasih, Chandra.

Jawaban:

Shalom Chandra,

Taman Eden tidak sama dengan Surga, walaupun memang lokasi taman Eden tidak secara persis dijelaskan di dalam Alkitab. Pada kitab Kejadian, dengan disebutkannya suatu sungai yang terbagi menjadi empat cabang sungai (Kej 2:10), maka para ahli kitab suci memperkirakan Taman Eden terletak di sekitar Mesopotamia (sekarang Irak) [lihat peta berikut, yang menunjukkan adanya 4 cabang sungai di sekitar Ur. Catatan: ini adalah hanya salah satu penafsiran]. Walaupun tentu, ada perbedaan yang sangat menyolok antara Taman Eden sebelum jatuhnya Adam dan Hawa ke dalam dosa asal dengan lokasi tersebut di jaman sekarang.

Peta diambil dari: http://www.mega.nu:8080/ampp/eden/roots.html

Firdaus yang dijanjikan oleh Yesus kepada pencuri yang bertobat yang disalibkan di sisi-Nya itu tidak sama dengan Taman Eden, dan juga tidak sama dengan Surga. Firdaus di sini adalah berupa keadaan jiwa-jiwa orang-orang baik yang berada di pangkuan Bapa Abraham (the limbo of the just). Maka si pencuri yang bertobat itu akan digabungkan bersama-sama dengan para jiwa yang menantikan kedatangan Yesus, yaitu para orang benar yang telah meninggal sebelum Kristus. Para jiwa ini akan dibawa serta oleh Yesus masuk Surga, saat Ia naik ke Surga dan membuka pintu Surga bagi mereka. Silakan membaca lebih lanjut mengenai hal ini pada jawaban Stef yang ada di sini, terutama point 3 dan 4 (silakan klik).
Saat ini Kristus dan Bunda Maria ada di Surga, yaitu dengan jiwa dan badan mereka yang telah dimuliakan, bagaikan berada di suatu tempat tertentu. Namun ‘tempat’ ini tak dapat dijelaskan secara empiris, dan karenanya tak ada gunanya kita terlalu menyelidiki mengenai hal ini.
Surga inilah yang dikatakan oleh Rasul Paulus sebagai “Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia” (1 Kor 2:9). Atau, suatu keadaan dimana kita akan memandang Allah “dalam keadaan-Nya yang sebenarnya” (1Yoh 3:2).
Kini Kristus ada di Surga, setelah kebangkitan-Nya dari kematian dan kenaikan-Nya ke Surga. Mengikuti jejak Kristus, kitapun menantikan saatnya masuk Surga (tentu jika kita setia beriman dan menjaga kekudusan), jiwa dan badan, setelah kebangkitan badan dan Pengadilan Terakhir di akhir zaman.

Salam kasih dalam Kristus Tuhan,
Ingrid Listiati- https://www.katolisitas.org.

4.3 4 votes
Article Rating
24/02/2020
17 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Rita
Rita
6 years ago

Shalom,

Rakan sekerja saya mengatakan Bahasa Arab adalah bahasa surga. Lalu saya bertanya kalau bahasa Arab itu bahasa surga, kenapa Adam dan Hawa tidak berbahasa surga? Rakan saya bertanya semula, Bukan Adam berbahasa Arabkah? Saya mengatakan, kitab kami tidak menyatakan mereka berbahasa Arab.

Bagaimana penjelasan katolisitas tentang hal ini?

Terimakasih.

[Dari Katolisitas: Nampaknya, entah apapun bahasa yang digunakan di Surga, namun bahasa itu dimengerti oleh semua yang ada di sana, dan bukan merupakan bahasa monopoli dari suatu bangsa/ kelompok tertentu.]

Krisna
7 years ago

bukankah setiap Santo Santa akan berada di surga bersama dengan Allah, menurut saya Santo Dismas ( penjahat yang disalibkan bersama dengan Yesus) pastinya sekarang berada di surga karena di adalah seorang Santo…. http://ratnaariani.com/2010/03/27/santo-dismas-pengaku-iman/ [Dari Katolisitas: Sebelum Yesus bangkit dan membuka pintu surga, memang Yesus menjanjikan dia berada di Firdaus bersama Yesus (lih. Luk 23:43), yang artinya adalah di tempat/ keadaan yang sama dengan jiwa-jiwa para orang benar yang meninggal sebelum zaman Yesus, yaitu di tempat penantian jiwa orang-orang benar, di pangkuan Abraham. Sebab ke tempat penantian inilah Kristus turun, pada hari itu juga, segera setelah wafat-Nya. Namun setelah Yesus bangkit… Read more »

brian
brian
7 years ago

Shalom katolisitas! Saya mau bertanya seputar manusia pertama dan taman eden. Waktu saya masih sekolah minggu saya menangkap bahwa gambaran taman eden itu seperti gambaran sorga, karena di sana ada kebahagiaan dan kedamaian (semua ciptaan Tuhan hidup rukun damai). Di taman eden juga ada pohon pengetahuan. Dan ketika manusia berdosa, mereka diusir dari taman eden. Guru saya bilang mereka akhirnya turun ke bumi. Ketika saya remaja, saya memiliki pemahaman bahwa taman eden ini di bumi, karena masih merupakan satu kesatuan penciptaan. Pertanyaan saya, manakah yang benar? Di mana persisnya taman eden itu? Sekian dan terima kasih. Tuhan memberkati! [Dari Katolisitas:… Read more »

xellz
xellz
8 years ago

syalom katolisitas, menurut saya pendefinisian taman eden tidak sama dengan surga masih perlu diselidiki atau diberi penjelasan lagi. sebab, setahu saya disekolah minggu, anak-anak diberi kisah tentang kajatuhan adam dan hawa ke dalam dosa terjadi di taman eden atau surga sehingga adam dan hawa diusir dari taman eden atau diturunkan ke dunia (dari surga). bahkan pelajaran dari saudara protestan, malah menyamakan taman eden dengan firdaus (taman firdaus). bagaimana mungkin penjahat yang disalib bersama Yesus bisa berada di dalam firdaus bersama dengan Yesus, jikalau firdaus bukan surga? apakah Yesus juga tidak di surga? atau pendapat dari sebagian saudara muslim juga menyamakan… Read more »

Peter
Peter
8 years ago

sdri Inggrid,
Memang benar taman Eden tdk = Firdaus.
Tetapi Firdaus adalah merupakan tempat bahagia atau surga seperti yg di janjikan.
Klo tdk demikian maka Tuhan Yesus pun tak akan mengatakannya.
Firdaus adalah tempat/tingkatan surga yang paling bawah. Seperti kata Paulus ada surga tingkat ketiga (surga III). Maka ada tingkatan surga di kerajaan Allah Bapa kita.

Stefanus Tay
Reply to  Peter
8 years ago

Shalom Peter, Kata Firdaus dalam Kitab Suci digunakan dalam beberapa arti yang berbeda. Dalam kitab Wahyu dituliskan bahwa Firdaus merupakan tempat kediaman Allah dan para kudus-Nya (lih. Why 2:7). Firdaus juga digambarkan oleh rasul Paulus sebagai berikut “Aku tahu tentang seorang Kristen; empat belas tahun yang lampau–entah di dalam tubuh, aku tidak tahu, entah di luar tubuh, aku tidak tahu, Allah yang mengetahuinya–orang itu tiba-tiba diangkat ke tingkat yang ketiga dari sorga. Aku juga tahu tentang orang itu, –entah di dalam tubuh entah di luar tubuh, aku tidak tahu, Allah yang mengetahuinya–  ia tiba-tiba diangkat ke Firdaus dan ia mendengar… Read more »

aloysius
aloysius
10 years ago

Salam Sdri Inggrid,

Saya pernah mengikuti kursus Kitab Suci di sebuah paroki di jakarta. Kursus itu dibimbing oleh seorang pastor WNA[warga negara asing] dari sebuah kongregrasi. Pastor itu mengatakan bahwa (kerajaan) surga itu bukanlah suatu tempat melainkan adalah suatu keadaan atau kondisi dimana Allah meraja.

Benarkah apa yg dikatakan pastor tersebut?

Terima kasih,

Stefanus Tay
Reply to  aloysius
10 years ago

Shalom Aloysius, Terima kasih atas pertanyaannya tentang sorga. Mari kita melihat apa yang dikatakan oleh Katekismus Gereja Katolik (KGK) tentang Sorga: 1026. Oleh kematian dan kebangkitan-Nya, Yesus Kristus telah “membuka” surga bagi kita. Kehidupan orang bahagia berarti memiliki secara penuh buah penebusan oleh Kristus. Ia mengundang mereka, yang selalu percaya kepada-Nya dan tetap setia kepada kehendak-Nya, mengambil bagian dalam kemuliaan surgawi-Nya. Surga adalah persekutuan bahagia dari semua mereka yang bergabung sepenuhnya dengan Dia. 1027. Misteri persekutuan berbahagia dengan Allah ini dan dengan semua mereka yang berada dalam Kristus, mengatasi setiap pengertian dan setiap gambaran. Kitab Suci berbicara kepada kita mengenai… Read more »

Ryan10
Ryan10
10 years ago

Shalom tim katolisitas

Maaf kalau sudah pernah dibahas. Saya ingin menanyakan tentang hal lain tetapi masih berhubungan dg penciptaan. Dikatakan bahwa pd hari pertama diciptakan siang & malam. Bagaimana hal ini bisa dijelaskan, bukankah matahari & benda2 langit baru diciptakan pada hari keempat.

Terima kasih. GBU

[dari katolisitas: silakan melihat tanya jawab ini – silakan klik]

Chandra
Chandra
11 years ago

Ibu Ingrid,
menurut penjelasan ibu bahwa taman eden tidak sama dengan surga. Bisa dijelaskan lebih lanjut apa itu taman eden dan apa itu surga? Penjahat yang disalib, di samping Yesus, bertobat dan dikatakan oleh Yesus bahwa hari ini juga dia akan bersama Yesus di firdaus. Taman firdaus = taman eden atau taman firdaus = surga?
Terima kasih.

Chandra
Chandra
Reply to  Ingrid Listiati
11 years ago

Terima kasih atas jawabannya bu Ingrid, tapi mohon maaf saya yang awam; jadi taman eden tidak sama dengan taman firdaus? Waktu di sekolah atau di buku-buku pelajaran agama dulu koq dikatakan bahwa taman eden = taman firdaus? dan kebanyakan orang mempunyai pengertian bahwa taman eden itu adalah taman firdaus. Bisakah saya katakan bahwa taman eden adalah taman dimana Adam dan Hawa dulunya hidup sebelum berbuat dosa dan lokasinya ada di dunia ini (Irak sekarang)? Jadi ternyata juga selain neraka, surga, dan api penyucian, di dunia ‘orang mati’ (maksudnya dunia setelah seseorang meninggal dunia dan berpindah ke dunia baka) ada “tempat… Read more »

Chandra
Chandra
Reply to  Ingrid Listiati
11 years ago

Terima kasih atas penjelasannya sekarang saya lebih mengerti akan hal itu. Namun, ada satu pertanyaan lagi mengenai : “Luk 16:23 Orang kaya itu juga mati, lalu dikubur. Dan sementara ia menderita sengsara di alam maut ia memandang ke atas, dan dari jauh dilihatnya Abraham, dan Lazarus duduk di pangkuannya.” Ibu Ingrid, dari Luk 16:23 bukankah orang kaya tersebut ada di neraka (tempat penderitaan Luk 16:28) karena sewaktu hidup di dunia dia telah menerima segala yang baik dan setiap hari bersukaria dalam kemewahan serta tidak ada kasih dalam dirinya sehingga Lazarus pengemis yang penuh borok hanya mendapatkan makanan yang jatuh dari… Read more »

Chandra
Chandra
Reply to  Ingrid Listiati
11 years ago

Mohon maaf Bu Ingrid, saya yang tidak teliti membaca, penjelasan Ibu sebelumnya ternyata sudah menjawab pertanyaan saya.
Terima kasih

Romo pembimbing: Rm. Prof. DR. B.S. Mardiatmadja SJ. | Bidang Hukum Gereja dan Perkawinan : RD. Dr. D. Gusti Bagus Kusumawanta, Pr. | Bidang Sakramen dan Liturgi: Rm. Dr. Bernardus Boli Ujan, SVD | Bidang OMK: Rm. Yohanes Dwi Harsanto, Pr. | Bidang Keluarga : Rm. Dr. Bernardinus Realino Agung Prihartana, MSF, Maria Brownell, M.T.S. | Pembimbing teologis: Dr. Lawrence Feingold, S.T.D. | Pembimbing bidang Kitab Suci: Dr. David J. Twellman, D.Min.,Th.M.| Bidang Spiritualitas: Romo Alfonsus Widhiwiryawan, SX. STL | Bidang Pelayanan: Romo Felix Supranto, SS.CC |Staf Tetap dan Penulis: Caecilia Triastuti | Bidang Sistematik Teologi & Penanggung jawab: Stefanus Tay, M.T.S dan Ingrid Listiati Tay, M.T.S.
top
@Copyright katolisitas - 2008-2018 All rights reserved. Silakan memakai material yang ada di website ini, tapi harus mencantumkan "www.katolisitas.org", kecuali pemakaian dokumen Gereja. Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari website ini untuk kepentingan komersial Katolisitas.org adalah karya kerasulan yang berfokus dalam bidang evangelisasi dan katekese, yang memaparkan ajaran Gereja Katolik berdasarkan Kitab Suci, Tradisi Suci dan Magisterium Gereja. Situs ini dimulai tanggal 31 Mei 2008, pesta Bunda Maria mengunjungi Elizabeth. Semoga situs katolisitas dapat menyampaikan kabar gembira Kristus. 
17
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
X