Alkitab, Tradisi Suci, Magisterium, penafsiran

Pertanyaan:

Melihat 2 Tes 2:15,sesuai bpk Stef jelaskan,inilah yang mendasari Gereja Katolik mempunyai pilar kebenaran yang lain, yaitu Tradisi Suci dan teman saya yang kristen non katolik bertanya jadi coba anda baca Wahyu 22:18-19 Aku bersaksi kepada setiap orang yang mendengar perkataan-perkataan nubuat dari kitab ini: “Jika seorang menambahkan sesuatu kepada perkataan-perkataan ini, maka Allah akan menambahkan kepadanya malapetaka-malapetaka yang tertulis didalam kitab ini, Dan jikalau seorang mengurangkan sesuatu dari perkataan-perkataan dari kitab nubuat ini, maka Allah akan mengambil bagiannya dari pohon kehidupan dan dari kota kudus,seperti yang tertulis didalam kitab ini.
Jadi saya bertanya kepada dia, jika terjadi penafsiran ayat yang berbeda, otoritas apa dan kitab apa sebagai pegangan untuk menklopkannya dan dia menunjukkan contoh diayat Kis 15:1-2 dan seterusnya dia berpesan lihat ayat Mat 24:45-47 dan Kis 20:29-30.-
mohon pencerahaannya

Salam kasih – Jeffmorg

Jawaban:

Shalom Jeffmorg,
Terimakasih atas pertanyaannya dan kesungguhan Jeffmorg untuk mewartakan kebenaran. Mari kita melihatnya satu persatu.

I. Mengurangi dan menambahkan ayat-ayat.
Jeffmorg mengemukakan dasar mengapa Gereja Katolik percaya Kitab Suci and Tradisi Suci, dimana dikatakan “Sebab itu, berdirilah teguh dan berpeganglah pada ajaran-ajaran yang kamu terima dari ajaran-ajaran yang kamu terima dari kami, baik secara lisan, maupun secara tertulis” (2 Tes 2:15).
Dan kemudian teman Jeffmorg mengambil ayat dari Wahyu 22:18-19, yang mengatakan “Aku bersaksi kepada setiap orang yang mendengar perkataan-perkataan nubuat dari kitab ini: “Jika seorang menambahkan sesuatu kepada perkataan-perkataan ini, maka Allah akan menambahkan kepadanya malapetaka-malapetaka yang tertulis di dalam kitab ini.Dan jikalau seorang mengurangkan sesuatu dari perkataan-perkataan dari kitab nubuat ini, maka Allah akan mengambil bagiannya dari pohon kehidupan dan dari kota kudus, seperti yang tertulis di dalam kitab ini.” (Why 22:18-19).
Maka marilah kita menganalisanya:

  1. Teman Jeffmorg seolah-olah mau mengatakan bahwa Kitab Suci dan Tradisi Suci saling bertentangan atau Tradisi Suci seolah-olah menambahkan atau mengurangi apa yang dikatakan di dalam Kitab Suci. Namun pendapat seperti ini tidaklah benar, karena Alkitab dan Tradisi Suci tidak mungkin bertentangan, karena keduanya datang dari sumber yang sama, yaitu Tuhan. Kitab Suci sendiri mengajarkan agar kita memegang teguh Tradisi yang disampaikan kepada kita secara tertulis ataupun lisan (2Tes 2:15). Dan Rasul Paulus sendiri berkata bahwa Gereja adalah “jemaat dari Allah yang hidup, tiang penopang dan dasar kebenaran” (1Tim 3:15).
  2. Mungkin untuk membuktikan hal ini, silakan membaca beberapa artikel di katolisitas.org, yang semuanya bersumber pada Alkitab, juga Tradisi Suci, beserta dengan ajaran dari Magisterium Gereja. Dan ketiganya tidak dapat terpisahkan dan saling mendukung. Mungkin ada baiknya untuk menanyakan teman Jeffmorg, doktrin atau ajaran Katolik yang manakah yang mengurangi atau menambahkan Alkitab.
  3. Justru tanpa Tradisi Suci dan Magisterium Gereja, Alkitab dapat disalahartikan, seperti yang dikatakan oleh St. Petrus (lih. 2 Pet 3:15-17; 2 Pet 1:20-21). Dan inilah yang sebenarnya yang menjadi salah satu sebab terjadinya perpecahan gereja-gereja sampai ada 28,000 denominasi, yang jika dilihat secara objektif sebabnya adalah karena berprinsip pada Sola Scriptura atau Alkitab saja. Padahal doktrin sola Scriptura sendiri tidak ada di Alkitab. Jadi prinsip “Alkitab saja” tidaklah alkitabiah.

II. Penafsiran yang berbeda-beda.

Pada waktu Jeffmorg menanyakan bagaimana jika terjadi penafsiran yang berbeda, maka teman Jeffmorg menambil ayat-ayat berikut ini:

  • Beberapa orang datang dari Yudea ke Antiokhia dan mengajarkan kepada saudara-saudara di situ: “Jikalau kamu tidak disunat menurut adat istiadat yang diwariskan oleh Musa, kamu tidak dapat diselamatkan.”Tetapi Paulus dan Barnabas dengan keras melawan dan membantah pendapat mereka itu. Akhirnya ditetapkan, supaya Paulus dan Barnabas serta beberapa orang lain dari jemaat itu pergi kepada rasul-rasul dan penatua-penatua di Yerusalem untuk membicarakan soal itu“(Kis 15:1-2).
  • Siapakah hamba yang setia dan bijaksana, yang diangkat oleh tuannya atas orang-orangnya untuk memberikan mereka makanan pada waktunya?Berbahagialah hamba, yang didapati tuannya melakukan tugasnya itu, ketika tuannya itu datang.Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya tuannya itu akan mengangkat dia menjadi pengawas segala miliknya” (Mat 24:45-47).
  • Aku tahu, bahwa sesudah aku pergi, serigala-serigala yang ganas akan masuk ke tengah-tengah kamu dan tidak akan menyayangkan kawanan itu.Bahkan dari antara kamu sendiri akan muncul beberapa orang, yang dengan ajaran palsu mereka berusaha menarik murid-murid dari jalan yang benar dan supaya mengikut mereka” (Kis 20:29-30).

Dari ayat-ayat di ambil di atas, kita dapat menganalisanya:

  1. Ayat yang diambil pada kis 15:1-2 adalah tepat, karena itulah yang terjadi pada waktu ada ketidaksetujuan atau untuk menetapkan doktrin, maka mereka datang kepada para rasul dan penatua-penatua di Yerusalem. Dan yang terjadi di sana adalah Petrus, yang merupakan Paus pertama (lih Mat 16:18), memberikan suatu pandangan yang diterima oleh para rasul dan para penatua (lih Kis 15:7-11).
    Dan inilah yang terjadi di dalam Gereja Katolik, dimana melalui konsili-konsili, Gereja Katolik mengambil keputusan yang diterangi oleh Roh Kudus, sehingga Gereja dapat melindungi ajaran Kristus dari penyimpangan-penyimpangan. Rasul Yakobus adalah uskup pertama Yerusalem, yang dalam kondisi sekarang adalah para uskup yang membawahi keuskupan.
    Inilah suatu bukti bahwa konsili pertama menjadi alat untuk menghindari perpecahan antara jemaat Kristen perdana dari kaum Yahudi dan non-Yahudi. Pada saat mereka mendasarkan pengajaran pada konsili yang berpegang pada pengajaran Kristus, maka perpecahan dapat dihindari. Dan inilah yang diajarkan oleh Gereja Katolik, sehingga Gereja Katolik tetap satu, kudus, katolik dan apostolik. Empat tanda Gereja Katolik inilah yang membuktikan bahwa Gereja Katolik didirikan oleh Kristus sendiri.
  2. Ayat dari Mat 24:45-47 : saya tidak terlalu mengerti maksudnya mengapa teman Jeffmorg mengutip ayat tersebut. Kalau maksudnya bahwa yang berpegang pada Firman Tuhan adalah hamba yang setia, maka semua pengajaran Gereja Katolik adalah berdasarkan Firman Tuhan.
  3. Kis 20:29-30 – Oleh karena itulah Gereja Katolik melalui Magisterium Gereja memberikan interpretasi terhadap Kitab Suci dan Tradisi Suci, sehingga Gereja dapat mewariskan pengajaran Kristus secara murni. Dan ini dapat dibuktikan dengan pengajaran yang senantiasa sama dari awal sampai saat ini, maupun sampai akhir jaman. Sebagai contoh, Kristus mengajarkan bahwa Dia sendiri hadir di dalam rupa roti dan anggur, para bapa Gereja mengajarkan hal tersebut dalam Ekaristi Kudus, dan Gereja Katolik saat ini juga mengajarkan hal yang sama. Kebenaran akan terus bertahan dan tidak tergantung oleh jaman dan opini publik.

Demikian uraian yang dapat saya sampaikan, semoga dapat menjawab pertanyaan Jeffmorg. Perlu diingat, bahwa kita harus menyampaikan kebenaran dengan hormat dan lemah lembut (1 Pet 3:15). Bawalah diskusi seperti ini di dalam doa, sehingga Jeffmorg diberikan kebijaksanaan untuk menyampaikan kebenaran dengan kata-kata yang tepat, sehingga diskusi dapat berjalan dengan baik.

Salam kasih dalam Kristus Tuhan,
stef – https://www.katolisitas.org

5 1 vote
Article Rating
15 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
mitral
7 years ago

Thanks for another great article. Where else could anyone get that kind of information in such a perfect way of writing?
I’ve a presentation next week, and I am at the search for such info.

David
David
8 years ago

(Maaf tim katolisitas, ini saja yang ditampilkan) Kalau melihat penjelasan di atas berarti bahwa : Hal yang ABSOLUT BENAR / DIVINELY INSPIRED / DIWAHYUKAN / INFALLIBLE oleh Tuhan & Roh Kudusnya dalam Gereja Katolik adalah = 1.Deposit Of Faith ( SELURUH Tradisi Suci & Kitab Suci ) 2.Artikel – artikel Iman ( Tradisi Gereja yang berhubungan dengan Iman & Moral ), yaitu : *Seluruh Hasil – hasil Konsili Gereja. *Surat pengajaran Bapa Gereja & Bapa Paus. *Pengajaran Santo – Santa. *SELURUH dokumen Gereja (Dei Verbum, Lumen Gentium dan sebagainya) *Katekismus Gereja Katolik. *Tradisi – tradisi Liturgis Gereja & Tradisi UTAMA… Read more »

Rudi
Rudi
8 years ago

Syalom Tim Katolisitas, Dari melihat tentang tingkatan Pengajaran Magisterium Gereja saya hanya ingin memberikan kesimpulan saja. Apakah hal ini benar ? (Mohon dibenarkan jika ada yang salah, karena banyaknya pembicaraan tentang Tradisi Suci, Kitab Suci dan Magisterium Gereja pada website ini) 1. Tradisi Suci terdiri dari : *SELURUH artikel Iman yang termasuk dalam Credo Para Rasul. *Kitab Suci (karena berasal dari Tradisi Suci). *Tulisan – tulisan / surat – surat para Bapa Gereja yang berkaitan dengan point-point “De-Fide”. *SELURUH dogma & doktrin. *SELURUH hasil konsili – konsili. *SELURUH Katekismus Gereja Katolik (Karena inipun berakar pada Tradisi Suci & Kitab Suci).… Read more »

Ingrid Listiati
Reply to  Rudi
8 years ago

Shalom Rudi, Berikut ini adalah tanggapan kami atas pertanyaan Anda: 1. Ya, pengertian Anda tentang Tradisi Suci sudah benar. 2. Yang harus dipercaya/ diimani dengan iman yang ilahi dan iman Katolik (divine and Catholic faith) adalah pengajaran di tingkat Credenda, yaitu: Sabda Tuhan, perbendaharaan iman/ deposit of faith, dogma, seluruh artikel iman. Artinya jika seseorang tidak mempercayai hal- hal yang termasuk di katagori Credenda maka ia bukan seorang Katolik. Sedangkan pengajaran di tingkat Tenenda harus diterima dengan dipegang dengan teguh dan tidak ditolak, tetapi tingkatannya tidak setingkat dengan iman Katolik. 3. Pengajaran di Credenda dan Tenenda adalah Kebenaran yang tidak… Read more »

Nien Mitano
Nien Mitano
8 years ago

Saya ingin banyak belajar mengenai tradisi dan ajaran gereja.
Mohon penjelasannya.

Ingrid Listiati
Reply to  Nien Mitano
8 years ago

Shalom Nien, Sebenarnya, cara termudah untuk mempelajari Tradisi Suci dan ajaran Gereja Katolik adalah dengan membaca dan mempelajari Katekismus Gereja Katolik, karena di sana dituliskan ajaran Gereja Katolik, beserta dengan dasar ajarannya yang berasal dari Kitab Suci, Tradisi Suci dan ajaran Magisterium Gereja. Jika anda masih mempunyai pertanyaan tentang topik tertentu yang belum pernah dituliskan di situs ini, dapat anda tanyakan. Silakan mencoba untuk mengetik kata kunci topik yang ingin anda ketahui di rubrik pencarian di sudut kanan atas halaman homepage, dan lalu tekan enter. Semoga anda telah menemukan beberapa judul pembahasan di sana, dan silakan klik di judul tersebut.… Read more »

Budi Darmawan Kusumo
Budi Darmawan Kusumo
9 years ago

Syalom Tim katolisitas, Saya ingin bertanya agak detail beberapa hal tentang Tradisi Suci lagi, semoga Tim Katolisitas bisa membantu : 1.Apa itu deposit of faith ? apakah kitab suci termasuk di dalamnya ? 2.Buku dari Santo Thomas Aquinas ( yang katanya lebih tebal dari alkitab ), apakah itu termasuk tradisi suci yang kebenarannya absolut 100% ? 3.Apakah katolisitas punya daftar tradisi suci ? 4.Apakah katolisitas juga punya daftar deposit of faith ? 5.Waktu itu dikatakan ada surat bapa gereja yang salah itu RELATIF SANGAT SEDIKIT ? 6.Ada juga dikatakan bahwa surat Bapa Gereja termasuk SALAH SATU ELEMEN dalam Tradisi Suci,… Read more »

Ingrid Listiati
Reply to  Budi Darmawan Kusumo
9 years ago

Shalom Budi Darmawan, 1. The Deposit of Faith Berikut ini adalah pengertian the Deposit of Faith, seperti yang dijelaskan oleh Fr. John A. Hardon SJ, seperti tertulis di link ini, silakan klik. (Fr. John Hardon SJ adalah salah seorang penulis dan pengajar/ katekis iman Katolik terkenal di dunia. Bukunya yang terkenal adalah Catholic Catechism, the Modern Catholic Dictionary, and the Treasury of Catholic Wisdom): “The Deposit of Faith (Puska Suci Iman) adalah milik kepunyaan Gereja tentang kebenaran yang tidak berubah: Apa yang Tuhan nyatakan melalui para nabi-Nya di Perjanjian Lama dan melalui Putera-Nya yang Ilahi di Perjanjian Baru. The Deposit… Read more »

Budi Darmawan Kusumo
Budi Darmawan Kusumo
Reply to  Ingrid Listiati
9 years ago

Syalom Bu Ingrid, Terima kasih atas penjelasan untuk tiap pertanyaan, saya sangat menghargai tanggapan & waktu anda. 1) Tapi sebenarnya saya masih susah menerima Tradisi Suci. Menurut saya ( ini konsep saya pribadi ), seharusnya Tradisi Suci itu adalah ajaran, teladan, perintah dari Yesus yang DILAKSANAKAN & DITULIS oleh para rasul menjadi banyak kitab ( misalnya saja menjadi 10 kitab ). Lalu 2 dari 10 kitab dibukukan / dikanonisasi menjadi alkitab. Nah sehingga Tradisi Suci ini adalah 8 kitab, Injil ( yang asalnya dari Tradisi Suci ) adalah 2 kitab dan Magisterium adalah pengajaran yang muncul di kemudian hari dan… Read more »

Ingrid Listiati
Reply to  Budi Darmawan Kusumo
9 years ago

Shalom Budi, 1. Semua Tradisi Suci harus dituliskan? Sebenarnya secara garis besar, seluruh Depositum fidei (Tradisi Suci dan Kitab Suci, pengajaran Magisterium) sudah dituliskan dalam Katekismus Gereja Katolik. Maka jika anda mau mempelajari keseluruhan ajaran iman Katolik secara garus besar, pelajarilah Katekismus Gereja Katolik. Bahwa ada Tradisi Suci yang tidak tertulis dalam Kitab Suci, itu sejalan dengan firman Tuhan sendiri yang mengatakan, “Masih banyak hal-hal lain lagi yang diperbuat oleh Yesus, tetapi jikalau semuanya itu harus dituliskan satu per satu, maka agaknya dunia ini tidak dapat memuat semua kitab yang harus ditulis itu.” (Yoh 21:25). Harap kita ketahui bahwa agama… Read more »

Simon
Simon
9 years ago

Shalom Bu Ingrid,
[kutipan]
Matius juga menuliskan Injil di antara umat Yahudi di dalam bahasa mereka, sedangkan Petrus dan Paulus mengajarkan Injil dan mendirikan Gereja di Roma….
Pertanyaan saya :
1. Ketika Petrus dan Paulus mengajarkan Injil di Roma, apakah Injil sudah selesai ditulis? Tahun berapakah
itu? Seperti kita ketahui bahwa Injil Matius ditulis +/- thn 50 M kemungkinan belum selesai bukan?
2. Apakah Injil yang diajarkan oleh Petrus dan Paulus adalah berupan ajaran-ajaran Suci (Tradisi Suci)?

Mohon penjelasannya. Terima kasih. JBU

Simon

Ingrid Listiati
Reply to  Simon
9 years ago

Shalom Simon, Menurut para ahli sejarah dan berdasarkan Alkitab, maka diperkirakan Rasul Petrus pertama kali ke Roma untuk mewartakan Injil pada tahun 42-49, sebelum kemudian ia diusir oleh Claudius, penguasa kota Roma. Tahun 54-57 Rasul Petrus kembali ke Roma; di sinilah Injil Markus ditulis atas pengarahan Petrus. Tahun 62-67 adalah persinggahan ketiga (terakhir) Rasul Petrus di Roma, sebelum ia dibunuh sebagai martir di Roma. Pada sekitar waktu yang sama Rasul Paulus juga datang di Roma dan di sana jugalah ia dibunuh sebagai martir. Fakta ini menunjukkan bahwa memang pada saat pewartaan Injil oleh Rasul Petrus dan Paulus di Roma, Injil… Read more »

Andreas
Andreas
10 years ago

Halo Pak Stef dan Bu Ingrid. Saya pusing banget membaca kitab Deuterokanonika. Kok ayat-ayat Deuterokanonika dalam Douay Rheims Bible, New American Bible, dan terbitan Lembaga Biblika Indonesia berbeda-beda? Misal kitab Esther, ada yang membuat chapter A, B, C, D, dst. Ada yang membuat chapter angka dan chapter huruf, dll. Sesama Katolik kok Alkitabnya berbeda-beda? Pusing sekali saya membacanya. Mana yang paling benar: Douay Rheims Bible, New American Bible, dan terbitan Lembaga Biblika Indonesia? Saya tanya juga sekalian masalah yang satu ini. Mereka-mereka yang diangkat ke Surga atau ke awan yakni Henokh (Kej. 5:24 Dan Henokh hidup bergaul dengan Allah, lalu… Read more »

Ingrid Listiati
Reply to  Andreas
10 years ago

Shalom Andreas, 1. Sebenarnya, tidaklah membingungkan membaca Kitab Deuterokanonika, secara khusus yang anda tanyakan dalam hal ini, yaitu Kitab Ester. Perlu diketahui, pembagian Perikop dan penomoran ayat dibuat setelah Alkitab tersebut ditulis, untuk memudahkan untuk dibaca. Namun hal itu tidak mengubah isi Alkitab. a) Pada Kitab Ester yang lengkap (seperti pada Douay Rheims, New American Bible, Revised Standard Version- Catholic Edition, LBI- Deuterokanonika) terdapat 16 bab. Kita ketahui bahwa saudara/i kita yang Protestan hanya mengakui 10 bab kitab Ester. Maka terdapat 6 bab Kitab Ester yang tidak termasuk dalam Alkitab mereka. Nah, ke-6 bab ini dalam kitab LBI dinamai A… Read more »

Jeffmorg
Jeffmorg
11 years ago

Shalom bpk Stef Melihat 2 Tes 2:15,sesuai bpk Stef jelaskan,inilah yang mendasari Gereja Katolik mempunyai pilar kebenaran yang lain, yaitu Tradisi Suci dan teman saya yang kristen non katolik bertanya jadi coba anda baca Wahyu 22:18-19 Aku bersaksi kepada setiap orang yang mendengar perkataan-perkataan nubuat dari kitab ini: “Jika seorang menambahkan sesuatu kepada perkataan-perkataan ini, maka Allah akan menambahkan kepadanya malapetaka-malapetaka yang tertulis didalam kitab ini, Dan jikalau seorang mengurangkan sesuatu dari perkataan-perkataan dari kitab nubuat ini, maka Allah akan mengambil bagiannya dari pohon kehidupan dan dari kota kudus,seperti yang tertulis didalam kitab ini. Jadi saya bertanya kepada dia, jika… Read more »

Romo pembimbing: Rm. Prof. DR. B.S. Mardiatmadja SJ. | Bidang Hukum Gereja dan Perkawinan : RD. Dr. D. Gusti Bagus Kusumawanta, Pr. | Bidang Sakramen dan Liturgi: Rm. Dr. Bernardus Boli Ujan, SVD | Bidang OMK: Rm. Yohanes Dwi Harsanto, Pr. | Bidang Keluarga : Rm. Dr. Bernardinus Realino Agung Prihartana, MSF, Maria Brownell, M.T.S. | Pembimbing teologis: Dr. Lawrence Feingold, S.T.D. | Pembimbing bidang Kitab Suci: Dr. David J. Twellman, D.Min.,Th.M.| Bidang Spiritualitas: Romo Alfonsus Widhiwiryawan, SX. STL | Bidang Pelayanan: Romo Felix Supranto, SS.CC |Staf Tetap dan Penulis: Caecilia Triastuti | Bidang Sistematik Teologi & Penanggung jawab: Stefanus Tay, M.T.S dan Ingrid Listiati Tay, M.T.S.
top
@Copyright katolisitas - 2008-2018 All rights reserved. Silakan memakai material yang ada di website ini, tapi harus mencantumkan "www.katolisitas.org", kecuali pemakaian dokumen Gereja. Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari website ini untuk kepentingan komersial Katolisitas.org adalah karya kerasulan yang berfokus dalam bidang evangelisasi dan katekese, yang memaparkan ajaran Gereja Katolik berdasarkan Kitab Suci, Tradisi Suci dan Magisterium Gereja. Situs ini dimulai tanggal 31 Mei 2008, pesta Bunda Maria mengunjungi Elizabeth. Semoga situs katolisitas dapat menyampaikan kabar gembira Kristus. 
15
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
X