Tuhan memilih orang sederhana

Yesus dalam Roh Kudus berkata, “Aku bersyukur kepada-Mu Bapa, Tuhan langit dan bumi, karena semuanya itu Engkau sembunyikan bagi orang bijak dan orang pandai, tetapi Engkau nyatakan kepada orang kecil. Ya Bapa, itulah yang berkenan kepada-Mu.” (Luk 10:21)

Dengan seijin Pastur Dionico Maximo Tzul (Pastor Max), kami mencantumkan kesaksiannya di website ini. Berikut ini adalah kesaksian dari Pastor Max dari Guatemala, Amerika Tengah. Ia adalah seorang pastor missionaris, anggota dari Missionary Fraternity of Mary. Ia berasal dari suku Indian yang bernama Mayan, kebudayaan Quiche. Kesaksiannya disampaikan dalam homili di paroki St. Therese of Lisieux, Rothchild, Wisconsin, USA, pada hari Minggu tanggal 29 Juni 2008.

Tuhan memilih orang sederhana, yang memiliki iman dan kepasrahan yang teguh kepada-Nya.

guatemala Saya keluar dari sekolah pada umur 12 tahun, setelah saya tamat SD. Setelah itu saya bekerja sebagai penjahit selama 6 tahun. Keluarga saya sangat miskin, sehingga saya tidak dapat melanjutkan sekolah. Pada umur 18 tahun saya merasakan dorongan yang kuat untuk mejadi seorang pastor, tetapi saya ragu-ragu karena saya hanya tamatan SD. Tapi kemudian saya memberanikan diri pergi ke beberapa seminari, dengan harapan agar saya dapat diterima. Namun, mereka tidak dapat menerima saya karena mereka tidak punya dana subsidi untuk para calon pastor yang miskin.

Pada tahun 1982, saya pergi mengikuti retret di Keuskupan Quetzaltenango, dan di sanalah Tuhan membuka pintu bagi saya untuk masuk di seminari dasar. Saya menghabiskan waktu 3 tahun di sana, namun saya tetap merasa tidak pasti, karena saya tidak mendapat dukungan dari orang tua saya. Orang tua saya tidak dapat mendukung, bukan hanya karena mereka tidak punya uang, tetapi juga karena saya anak laki-laki satu-satunya di dalam keluarga. Mereka sangat mengharapkan saya menikah dan membentuk keluarga. Di samping itu, saya ingin membantu orang tua saya mendukung mereka dari segi ekonomi.

Di bulan November 1985, saya meninggalkan seminari dasar dan pergi ke kota Guatemala untuk mencari pekerjaan. Tetapi sebelum saya pergi, saya melihat brosur Missionary Fraternity of Mary, yang bertuliskan, “Apakah engkau ingin menjadi pastor missionaris? Bergabunglah dengan kami.” Brosur itu menyertakan alamat Fraternity.

Hati saya dipenuhi pergumulan, sampai akhirnya saya memutuskan untuk mengunjungi Fraternity. Saya bertemu dengan pastor pendiri Fraternity, yang berkata, “Selamat datang. Di sinilah tempat bagimu untuk menjadi seorang pastor.” Segera kukatakan sejujurnya, bahwa saya tidak punya uang untuk membayar pendidikanku, dan saya pun tidak tahu apakah saya dapat diterima menjadi seorang pastor, apalagi karena saya berasal dari suku Indian asli. Lalu pastor kepala itu berkata, “Apakah engkau pernah mendengar tentang penyelenggaraan Tuhan? Tuhan mengasihimu, dan jika Ia menginginkan engkau menjadi seorang pastor, Ia akan membukakan jalan bagimu. Banyak orang perlu mendengar Kabar Gembira (Injil). Jika engkau merasa terpanggil, jawablah panggilan itu, janganlah engkau bimbang akan soal biaya.. Mantapkanlah dirimu akan panggilan hidup itu, dan percayalah Tuhan akan mengatasi hal yang lain-lainnya.”

Tangan Tuhan membimbingku

Sekarang sudah 12 tahun berlalu. Saya sudah 12 tahun menjadi seorang pastor. Dan saya sekarang dipercaya menjadi Sekretaris Jenderal Fraternity di Guatemala. Belas kasihan Tuhan dan penyelenggaraan-Nya menyertaiku sampai sekarang. Dan saya sangat mensyukuri rahmat panggilan Tuhan ini.

Sekarang, ayah saya sangat mendukung dan sangat senang, bahwa saya menjadi seorang imam. Saya teringat, pada saya mempersembahkan misa yang pertama kali setelah saya ditahbiskan, ayah saya berbicara setelah misa, mohon ampun pada Tuhan dan juga beliau minta maaf pada saya, karena dulu beliau tidak setuju waktu saya menjawab panggilan untuk menjadi imam. Lalu, ayah saya mengatakan pada semua yang datang, betapa beliau sangat bersyukur bahwa saya akhirnya dapat menjadi seorang imam misionaris. Betapa hati saya bersyukur mendengarnya! Rencana Tuhan memang sangat indah dan ajaib. Terpujilah Tuhan!

Catatan:

Sudah sekitar 500 tahun, Guatemala menerima para misionaris dari Eropa dan Amerika. Ternyata pelayanan para misionaris itu menghasilkan buahnya, yaitu lahirlah sebuah komunitas yang bertujuan untuk misi. Missionary Fraternity of Mary didirikan di Guatemala pada tahun 1985, dimulai dengan 7 orang frater. Sekarang ini ada 190 seminarians dari bangsa dan budaya yang berbeda-beda. Selama 23 tahun ini Fraternity sudah mentahbiskan 220 pastor, termasuk Pastor Max, dan mereka mengirimkan pastor pastornya ke 10 negara.

Marilah kita berdoa,

Dalam nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus.

Bapa yang di surga, kami bersyukur atas besarnya kasih karunia yang Engkau nyatakan dalam kehidupan Pastor Max. Terima kasih ya Tuhan, untuk karunia panggilan hidup membiara yang Engkau berikan kepada Pastor Max, dan kepada semua imam di seluruh dunia. Terimakasih untuk karya kerasulan misioner mereka sehingga kami dapat menerima Kabar Gembira. Kami bersyukur, sebab melalui mereka kami dapat menerima rahmat-Mu di dalam sakramen-sakramen, terutama kami dapat menerima Tubuh dan Darah Yesus Putera-Mu di dalam Ekaristi. Bapa Pengasih, kami mohon rahmat panggilan-Mu pada kaum muda. Mampukanlah mereka untuk menjawab panggilan itu seperti Pastor Max. Kami juga mohon penyertaan-Mu untuk para imam-Mu. Jadikanlah mereka imam yang kudus, yang menggembalakan kami umat-Mu dengan kasih yang mereka terima dari-Mu. Bantulah mereka dalam karya pelayanan mereka, hiburlah dan kuatkanlah mereka jika mereka menghadapi kesulitan. Hindarkanlah mereka dari segala yang jahat dan jadikanlah mereka makin hari makin menyerupai Kristus Putera-Mu. Biarlah melalui mereka, semakin banyak orang dapat mengenal Engkau sebagai Allah yang Maha Kasih, dan semakin banyak orang menyambut dan mengasihi Engkau.
Doa ini kami naikkan dalam nama Yesus, Putera-Mu, Sang Gembala kami yang baik.

Dalam nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Amin.

14
Tinggalkan pesan

Please Login to comment
9 Comment threads
5 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
10 Comment authors
Ingrid ListiatikrismaDOMINIPhillo NarahaRomo Wanta, Pr. Recent comment authors
krisma
Guest
krisma

Salam Damai Kasih Kristus, Maaf jika diizinkan saya ingin bertanya kepada tim katolisitas tentang panggilan ini. Yang ingin saya tanyakan adalah : Bagaimana membedakan ‘panggilan’ dengan ‘interest’ ? Interest disini dalam arti kita hanya tertarik saja, belum tentu Tuhan yang memang memanggil kita. Misalnya, kita melihat cara hidup para suster, bruder, pastor, atau kaum berjubah lainnya lalu kita tertarik dengan hal tersebut sehingga kita merasa ingin menjadi salah satu bagian dari mereka. Jika ada orang yang memiliki interest tersebut apa yang harus dilakukannya? lalu, bagaimana jika seseorang yang ternyata memang dipanggil Tuhan tetapi tidak menanggapi panggilan tersebut? apakah itu dosa?… Read more »

Ingrid Listiati
Member

Shalom Krisma, Panggilan Tuhan dapat dimulai dari hal yang sederhana, yang pada awalnya merupakan suatu dorongan untuk meminati suatu jalan hidup. Jika anda mempunyai kenalan seorang biarawan/ biarawati, anda dapat menanyakan hal ini kepada mereka, karena banyak dari mereka memutuskan untuk menjadi biarawan/ biarawati karena pada awalnya hanya “tertarik”/ interested terhadap kehidupan para biarawan/ biarawati yang mereka kenal. Maka jika anda mempunyai suatu minat untuk mengetahui lebih jauh tentang kehidupan membiara, silakan anda menjajakinya. Silakan anda mengikuti retret pribadi, jika memungkinkan memohon bimbingan dari seorang Romo/ Suster. Jika kemudian dorongan itu terus ada, dan terus ‘mengusik’ hati nurani anda, maka… Read more »

DOMINI
Guest

Terima kasih atas web pewartaannya. Siapa sebenarnya Bunda Maria Itu ? Siapa sebenarnya PuteraNya Yesus ? Kedua tokoh Iman yang fenomenal dalam sejarah manusia. Kehidupan dan karya-karya di dunia 1900an tahun silam menjadi menjadi diskusi tanpa habisnya. Bunda Maria adalah seorang gadis desa Nasaret yang sederhana. Menurut Injil Ia didatangi malaikat Gabriel (sebuah penampakan) untuk menyiapkan dirinya menjadi Bunda Isa Almasih Penebus Dunia. Ia menanggapi wahyu Allah dengan segala resiko (menghadapi prinsip adat Yahudi pada masa itu) dalam kepasrahan (penyerahan) diri secara total kepada Kehenadak Allah). Jika audisi satu kecantikan dunia melalui penilaian super ketat. Bagaimana cara Allah memilih Bunda… Read more »

Phillo Naraha
Guest

Terima kasih atas pewartaan dan kesaksian via :http://www.katolisitas.org – Era / zaman terus berkembang. Kecerahan berpikir manusia semakin meningkat dan menghasilkan teknologi industri informasi dan telekomunikasi yg dengan mudah menghipnotis manusia di zaman ini. Tuhan menjadi problem bagi orang beriman, dan iman menjadi problem bagi setiap orang dan agama menjadi pemasalahan diskusi tanpa habisnya. Manusia dengan kemampuan berpikirnya tidak saja bertanya : mengapa hidup saya, dunai seperti ini ? Tetapi Siapa Tuhan dan apa yang diperbuat terhadap dunia sekarang ini. Manusia dengan otak dan buatan tangan teknologi telah merusak dunia, menderita karnanya. Dalam penderitaan itu seakan-akan Tuhan dipaksa untuk turut… Read more »

ignatius yayan suryana
Guest
ignatius yayan suryana

saya juga seorang anak yang berumur 19thn ingin menjadi pastor tetapi saya takut tidak di terima karna saya cuma lulusan sd dulu agama saya muslim orang tua saya orang yang sangat minim jadi saya harus bagaimana agar dapat melaksanakan panggilan dari tuhan tersebut agar dapat manjalani tugas mulia untuk melayani sesama apa hanya orang kaya saja yang bisa menjadi seorang pastor?

Romo Wanta, Pr.
Guest

Yth Ignatius,
Untuk menjadi seorang calon imam minimal dia seorang laki-laki tentunya telah lulus SMA atau yang sederajat, telah dibaptis 3 thn dan memiliki kemampuan pengetahuan yang cukup memadai ttg agama Katolik. ada test seperti bahasa Indonesia, Inggris, Agama, psikotest, pengetahuan umum. Tidak benar bahwa yang dapat menjadi calon imam hanya orang kaya saja, sebab yang miskin juga bisa, bahkan kenyataannya mayoritas calon imam berasal dari kalangan menengah ke bawah. Semoga Tuhan memberkatimu.
salam Rm Wanta

Stella
Guest
Stella

Dear Romo,
Romo, saya sangat senang telah menemukan website http://www.katolisitas.org di google …
Romo, saya mau minta ijin, boleh tidak artikel2 kesaksian yang di website ini saya ambil dan saya masukkan untuk majalah di paroki kami (MeLOdi = Media Lawatan umat st.Odilia)… karena saya melihat disini semua artikel sangat bagus dan membangun, dan saya pikir kalau boleh saya mau membagikan juga kepada umat di gereja paroki St.Odilia di majalah paroki triwulan.
Sebelumnya terima kasih Romo atas perhatiaannya. Semoga semakin berkembang karya penyebaran kabar baik di website ini.

Best Regards, ^^ Stella

Stefanus Tay

Shalom Stella,

Terima kasih atas kunjungannya ke katolisitas.org. Stella boleh mengutip artikel dari katolisitas.org dengan menyebutkan sumbernya, yaitu http://www.katolisitas.org, sehingga orang yang ingin bertanya lebih lanjut atau memberikan masukan dapat menghubungi kami. Mari kita bersama-sama melayani Tuhan dengan segenap hati, kemampuan dan kekuatan kita.

Salam kasih dari http://www.katolisitas.org
stef & ingrid

semang
Guest
semang

kesaksian iman yang sederhana tetapi menyentuh perasaan.Semoga berkat Tuhan sentiasa bersama Father Max dalam tugas dan pelayanannya. Dan dalam kesempatan ini saya ingin minta budi baik saudara Stefanus Tay jika boleh,tolong tulis artikel secara detail berkenaan dengan sejarah kehidupan peribadi dan pelayanan ke12 rasul kita(St Peter dan sahabat2nya)?
Harap dipertimbangkan.sekian terima kasih.

Stefanus Tay

Shalom Semang,

Terima kasih atas usulannya. Saya minta maaf bahwa saat ini kami masih belum dapat memenuhinya, dikarenakan masih begitu banyak artikel yang belum kami tulis dan juga begitu banyak pertanyaan-pertanyaan yang belum kami jawab. Namun ada beberapa website yang dapat membantu Semang untuk mempelajari kisah para rasul, dimana Semang dapat melihatnya disini untuk Bahasa Indonesia (silakan klik), dan disini untuk bahasa Inggris (silakan klik).
Salam kasih dari http://www.katolisitas.org
stef

Antonius Gunarso
Guest
Antonius Gunarso

Syallom, Terpujilah Tuhan, boleh bergabung dengan saudara seiman di media ini,pengalaman Pastor Max merupakan salah satu berkat Tuhan yang boleh hadir di Guatemala semoga Berkat Tuhan senantiasa menyertai Pastor Max dalam tugas perutusan dan pelayanannya. Tuaian melimpah tapi pekerja sedikit, banyak yang dipanggil tapi hanya sedikit yang terpilih. Indonesia saat ini membutuhkan banyak pekerja dalam pelayanan ditengah masyarakat, terlepas banyak tekanan yang datang dari luar maupun dalam indonesia tapi keadaan Indonesia sangat membutuhkan banyak pekerja untuk Tuhan, khususnya bagi anak-anak, remaja dan mudika yang sangat ini sangat mudah mengikuti keadaan dunia, tantangan bagi kita dan orang tua untuk mempersiapkan penerus… Read more »

Stefanus Tay

Shalom Antonius,
Selamat bergabung dalam katolisitas.org.
Memang karya Tuhan begitu ajaib terhadap Pastor Max. Namun karya Tuhan juga luar biasa dalam kehidupan kita masing-masing.
Mari kita sama-sama berdoa agar banyak anak muda yang mau menjawab panggilan Tuhan sebagai pastor atau suster. Dan dalam kapasitas kita masing-masing, mari kita membantu kaum muda untuk menemukan Kristus.
Kalau ada kenalan pastor atau suster yang mau membagikan pengalaman mereka, dapat dikirim ke: katolisitas[at]gmail.com

Salam kasih dari: http://www.katolisitas.org
stef

Stefanus Tay

Hi Nicola,
Website dengan wajah baru adalah untuk menanggapi beberapa usulan pembaca. Mudah-mudahan layout baru ini akan membantu para pembaca.
Untuk “website” di “Post a Response” – yang saya sudah ganti dengan “Silakan memberikan pesan atau komentar” – dapat diisi nama website/situs pembaca, jika mempunyai. Kalau belum mempunyai website, tidak usah diisi.

Usulan agar diberikan foto daerah pelayanan romo Max, kita akan perhatikan. Mudah-mudahan akan semakin banyak romo, suster, juga awam yang bersedia untuk memberikan kesaksian.
Terima kasih juga untuk doa-doanya dan juga usulannya. Mari kita bersama-sama memuliakan Tuhan dengan pelayaan kita.

Salam kasih dari http://www.katolisitas.org – stef & Ing

Y Nicola
Guest
Y Nicola

Hi, Lay out baru… woouw makin hore d! Maju terus! Makin banyak berkat dicurahkan untuk Anda berdua ya Stef/Ing. Sambil tanya, kolom ‘website’ pada Post a Response, seharusnya diisi dengan apa? mohon penjelasannya ya. Membaca kesaksian Pastor Max, saya membayangkan bagaimana wajahnya yang indian asli. Bayangan yg muncul ya wajah macam di TV – film cowboy, lengkap dengan baju ‘sriwil’ dan topi mahawk. kemudian di belakangnya ada bukit2 dengan orang2 indian berkuda dan di bawah sana, di lembah, banyak tenda2 tempat mereka tinggal. Lalu, Pastor Max melayani mereka dengan penuh kasih dengan baju Indian berkalung salib besar. Mengadakan perjamuan Ekaristi… Read more »

Romo pembimbing: Rm. Prof. DR. B.S. Mardiatmadja SJ. | Bidang Hukum Gereja dan Perkawinan : RD. Dr. D. Gusti Bagus Kusumawanta, Pr. | Bidang Sakramen dan Liturgi: Rm. Dr. Bernardus Boli Ujan, SVD | Bidang OMK: Rm. Yohanes Dwi Harsanto, Pr. | Bidang Keluarga : Rm. Dr. Bernardinus Realino Agung Prihartana, MSF, Maria Brownell, M.T.S. | Pembimbing teologis: Dr. Lawrence Feingold, S.T.D. | Pembimbing bidang Kitab Suci: Dr. David J. Twellman, D.Min.,Th.M.| Bidang Spiritualitas: Romo Alfonsus Widhiwiryawan, SX. STL | Bidang Pelayanan: Romo Felix Supranto, SS.CC |Staf Tetap dan Penulis: Caecilia Triastuti | Bidang Sistematik Teologi & Penanggung jawab: Stefanus Tay, M.T.S dan Ingrid Listiati Tay, M.T.S.
top
@Copyright katolisitas - 2008-2018 All rights reserved. Silakan memakai material yang ada di website ini, tapi harus mencantumkan "www.katolisitas.org", kecuali pemakaian dokumen Gereja. Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari website ini untuk kepentingan komersial Katolisitas.org adalah karya kerasulan yang berfokus dalam bidang evangelisasi dan katekese, yang memaparkan ajaran Gereja Katolik berdasarkan Kitab Suci, Tradisi Suci dan Magisterium Gereja. Situs ini dimulai tanggal 31 Mei 2008, pesta Bunda Maria mengunjungi Elizabeth. Semoga situs katolisitas dapat menyampaikan kabar gembira Kristus. 
X