PAKAIAN LITURGI Casula croce round – rose pink

Rp 3,265,000

PAKAIAN LITURGI
Casula croce round – rose pink

Material : Polyester

Made in Italy

Stok kosong

Deskripsi

Dec1612ParishReuters9a_zps692c72e4

Warna merah muda menghadirkan suasana sukacita, kegembiraan, dan kebahagiaan. Biasanya imam mengenakan kasula rose pada minggu ketiga masa Advent, yang disebut Gaudete Sunday (Minggu Sukacita), juga pada minggu keempat masa Prapaskah, yang disebut Laetare Sunday. Baik kata Gaudete maupun Laetare merupakan kata pertama yang diambil dari teks Introit pada kedua minggu tersebut, yang keduanya sama-sama berarti sukacita. Berikut ini teks Minggu Gaudate dan Laetare secara berurutan:

“Bersukacitalah senantiasa dalam Tuhan! Sekali lagi kukatakan: Bersukacitalah. Hendaklah kebaikan hatimu diketahui semua orang. Tuhan sudah dekat! Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur.”

“Bersukacitalah bersama-sama Yerusalem, dan bersorak-soraklah karenanya, hai semua orang yang mencintainya! Bergiranglah bersama-sama dia segirang-girangnya, hai semua orang yang berkabung karenanya.”

Teks Introit dan warna merah muda yang digunakan ini menunjukkan adanya harmoni dan kesatuan dalam Liturgi untuk membangkitkan suasana sukacita di hati umat beriman. Tetapi, mungkin anda bertanya: bukankah pada masa Advent dan Prapaskah, suasana yang lebih kental ialah suasana pertobatan, yang tentunya menggambarkan atmosfir yang penuh kesedihan, penyesalan akan dosa, dan karenanya suasana tersebut menjadi terasa muram?

Nah, hal ini perlu diperhatikan: benar bahwa suasana pertobatan dan penyesalan akan dosa manusia memberikan nuansa yang agak suram. Pada masa Advent, warna merah muda ini berkata kepada kita, lihat, sebentar lagi Tuhan akan datang ke dunia. Ia adalah penyelamat dunia, Ia membebaskan kita dari dosa-dosa kita. Tuhan akan datang, tapi Ia belum datang. Jadi, dalam masa penantian ini, minggu Gaudete mengajak kita untuk bersukacita, namun ini sukacita yang meluap-luap, karena ia masih bercampur dengan kesedihan.

Penggunaan warna merah muda ini, pada masa Advent dan Prapaskah, bertujuan untuk sedikit meringankan suasana yang terlihat gelap dan muram, bahwa sekalipun kita menyesal akan dosa kita, namun janganlah berputus asa.

Pada pertengahan masa Prapaskah, warna merah muda ini memberikan dorongan pada kita untuk melanjutkan pertobatan kita dan tetap memiliki harapan, karena sebentar lagi kita akan merayakan Paskah, mengenang cinta Kristus yang tak berkesudahan, yang mengorbankan diri hingga wafat di salib untuk menebus dosa-dosa manusia.

Kasula Rose dan Minggu Sukacita

Ulasan

Belum ada ulasan.

Hanya pelanggan yang telah membeli produk ini yang dapat memberikan ulasan.

Tujuan Pengiriman

Romo pembimbing: Rm. Prof. DR. B.S. Mardiatmadja SJ. | Bidang Hukum Gereja dan Perkawinan : RD. Dr. D. Gusti Bagus Kusumawanta, Pr. | Bidang Sakramen dan Liturgi: Rm. Dr. Bernardus Boli Ujan, SVD | Bidang OMK: Rm. Yohanes Dwi Harsanto, Pr. | Bidang Keluarga : Rm. Dr. Bernardinus Realino Agung Prihartana, MSF, Maria Brownell, M.T.S. | Pembimbing teologis: Dr. Lawrence Feingold, S.T.D. | Pembimbing bidang Kitab Suci: Dr. David J. Twellman, D.Min.,Th.M.| Bidang Spiritualitas: Romo Alfonsus Widhiwiryawan, SX. STL | Bidang Pelayanan: Romo Felix Supranto, SS.CC |Staf Tetap dan Penulis: Caecilia Triastuti | Bidang Sistematik Teologi & Penanggung jawab: Stefanus Tay, M.T.S dan Ingrid Listiati Tay, M.T.S.
top
@Copyright katolisitas - 2008-2018 All rights reserved. Silakan memakai material yang ada di website ini, tapi harus mencantumkan "www.katolisitas.org", kecuali pemakaian dokumen Gereja. Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari website ini untuk kepentingan komersial Katolisitas.org adalah karya kerasulan yang berfokus dalam bidang evangelisasi dan katekese, yang memaparkan ajaran Gereja Katolik berdasarkan Kitab Suci, Tradisi Suci dan Magisterium Gereja. Situs ini dimulai tanggal 31 Mei 2008, pesta Bunda Maria mengunjungi Elizabeth. Semoga situs katolisitas dapat menyampaikan kabar gembira Kristus. 
X