BUKU KATEKISMUS GEREJA KATOLIK

Rp 360,000

Buku Katekismus Gereja Katolik

Berat: 1 kg

Stok 4

SKU: BK314044 Categories: , Tags: , ,

Deskripsi

Katekismus Gereja Katolik (KGK) memang adalah dokumen Gereja Katolik yang begitu penting. Dalam Konstitusi Apostolik “Fidei Depositum”, Paus Yohanes Paulus II menyatakan bahwa KGK yang disahkan pada tanggal 25 Juni 1992, adalah “alat yang sah dan legitim dalam pelayanan persekutuan Gereja, selanjutnya sebagai norma yang pasti untuk ajaran iman”.

Pada tanggal 25 Januari 1985, 20 tahun setelah Konsili Vatikan II (KV II), Paus Yohanes Paulus II mengadakan sinode luar biasa yang dihadiri oleh pemimpin semua konferensi uskup Katolik di seluruh dunia. Paus Yohanes Paulus II, pada tanggal 10 Juli 1986 membentuk komisi yang terdiri dari 12 uskup dan kardinal, yang diketuai oleh Kardinal Ratzinger (Paus Benediktus XVII). Komisi yang bertanggungjawab terhadap pengawasan dan pembuatan konsep ini dibantu oleh editor yang terdiri dari tujuh uskup serta staf ahli di bidang teologi dan ketekesis. Dari sini, kta dapat melihat bahwa KGK merupakan hasil kolegialitas dari semua uskup Gereja Katolik di seluruh dunia.

KGK mempresentasikan ajaran iman dan moral Gereja Katolik dengan pemaparan yang baik dan terstruktur yang disesuaikan dengan kehidupan Kristen pada zaman ini. Fr. J. Augustine DiNoia, OP. mengatakan demikian tentang Katekismus: “Katekismus bukan hanya sebuah compendium tentang pengetahuan yang berguna, seperti buku teks biologi atau buku manual computer. Memang, Katekismus adalah seperti buku-buku lain yang berusah mempresentasikan secara penuh berbagai hal tentang kepercayaan dan praktek Kristiani dengan cara yang dapat dipahami, akurat dan komprehensif. Tetapi, lebih dari itu, di dalam Katekismus, suara Kristus memanggil hati dan pikiran umat beriman, atau mereka yang sedang mencari, memanggil mereka kepada kehidupan baru di dalam persekutuan dengan Allah Bapa, Putera dan Roh Kudus, dan dengan sesame manusia di dalam Allah. Maka pengetahuan yang disampaikan oleh Katekismus adalah pengetahuan yang sungguh bersifat personal. Sejalan dengan katekesis Kristen yang otentik, Katekismus dimaksudkan untuk menolong kita untuk lebih mengetahui tentang Kristus yang telah kita ketahui sebagai Allah yang bangkit dan tinggal bersama kita. Untuk alasan ini juga, Katekismus bukan merupakan pengganti Kitab Suci, tetapi membuka pikiran kita kepada arti yang penuh dari Kitab Suci.

 

 

Sumber: www.katolisitas.org

Tujuan Pengiriman

Romo pembimbing: Rm. Prof. DR. B.S. Mardiatmadja SJ. | Bidang Hukum Gereja dan Perkawinan : RD. Dr. D. Gusti Bagus Kusumawanta, Pr. | Bidang Sakramen dan Liturgi: Rm. Dr. Bernardus Boli Ujan, SVD | Bidang OMK: Rm. Yohanes Dwi Harsanto, Pr. | Bidang Keluarga : Rm. Dr. Bernardinus Realino Agung Prihartana, MSF, Maria Brownell, M.T.S. | Pembimbing teologis: Dr. Lawrence Feingold, S.T.D. | Pembimbing bidang Kitab Suci: Dr. David J. Twellman, D.Min.,Th.M.| Bidang Spiritualitas: Romo Alfonsus Widhiwiryawan, SX. STL | Bidang Pelayanan: Romo Felix Supranto, SS.CC |Staf Tetap dan Penulis: Caecilia Triastuti | Bidang Sistematik Teologi & Penanggung jawab: Stefanus Tay, M.T.S dan Ingrid Listiati Tay, M.T.S.
top
@Copyright katolisitas - 2008-2018 All rights reserved. Silakan memakai material yang ada di website ini, tapi harus mencantumkan "www.katolisitas.org", kecuali pemakaian dokumen Gereja. Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari website ini untuk kepentingan komersial Katolisitas.org adalah karya kerasulan yang berfokus dalam bidang evangelisasi dan katekese, yang memaparkan ajaran Gereja Katolik berdasarkan Kitab Suci, Tradisi Suci dan Magisterium Gereja. Situs ini dimulai tanggal 31 Mei 2008, pesta Bunda Maria mengunjungi Elizabeth. Semoga situs katolisitas dapat menyampaikan kabar gembira Kristus. 
X
});