About

doaSelamat Datang…

Salam dalam kasih Kristus,

Tuhan adalah kasih (1 Yoh 4:8,16) dan kudus (Mz 99:9). Kasih-Nya yang tak terbatas tercurah kepada kita semua, dengan mengirimkan Putera-Nya yang terkasih, Yesus Kristus, sehingga kita memperoleh kehidupan kekal. Dan Roh Kudus, terus menerus bekerja untuk membantu umat Tuhan menjadi Kudus, sehingga semua dapat turut berpartisipasi dalam kehidupan Tuhan. Kekudusan ini bukanlah terbatas untuk para santa-santo, pastor dan suster, namun kita semua juga dipanggil untuk menjadi kudus (Ef 1:4).

Dan kekudusan ini diwujudkan dalam kasih kepada Tuhan dan kasih kepada sesama. Sejak awal penciptaan, Tuhan sendiri sudah mempersiapkan suatu wadah, yang dinamakan “Gereja”. Gereja ini dipersiapkan oleh Tuhan mulai dari umat Israel, sampai mendapatkan kepenuhannya pada waktu Yesus Kristus sendiri mendirikan Gereja, yang dikenal dengan nama: Tubuh Mistik Kristus, Kerajaan Allah, Umat Allah yang Baru, dll. Gereja ini diinstitusikan oleh Kristus: dilahirkan pada waktu darah dan air tercurah dari lambung-Nya di kayu salib, dan dinyatakan secara penuh pada waktu Pentakosta. Dari sinilah karya keselamatan diteruskan oleh para rasul dan murid-murid-Nya, yang kemudian dilanjutkan oleh para uskup dibawah pimpinan Paus, dan para pembantu mereka, yaitu para pastor. Mereka semua bersatu di dalam Gereja yang “satu, kudus, katolik, dan apostolik“. Empat tanda gereja inilah yang menjadi tanda dari “Gereja Katolik” yang bertahan selama lebih dari 2000 tahun, dari saat Pentakosta sampai saat ini dan sampai pada akhir jaman. Berangkat dari pemikiran di atas, kami memberanikan diri untuk membuat website ini, sehingga Gereja Katolik yang mempunyai “kepenuhan kebenaran” dapat juga menjangkau banyak orang.

Untuk itu, www.katolisitas.org mencoba untuk menyajikan dokumen-dokumen Gereja dan tulisan-tulisan yang berdasarkan: 1) Kitab Suci, 2) Katekismus Gereja Katolik, 3) dokumen Vatikan II, 4) Tulisan dari Paus Yohanes Paulus II dan Paus Benediktus XVI, juga para paus yang lain, 5) tulisan para santa dan santo, 6) Kitab hukum Gereja, 7) dan juga dokumen Gereja yang lain, seperti ensiklikal, surat gembala dll. Dengan dasar semua ini, diharapkan tulisan yang ditampilkan dalam website ini sesuai dengan pengajaran Gereja Katolik. Jika sampai ada yang tidak sesuai, hal itu disebabkan karena keterbatasan para penulis dan dengan segala kerendahan hati mohon maaf. Jika ini terjadi kami akan segera memperbaikinya atas dasar ketaatan kami kepada otoritas Gereja dan semua pengajaran yang diberikannya yang kami yakini berasal dari Kristus sendiri. Kami menyadari bahwa ini adalah proyek jangka panjang, dimana diharapkan nantinya dokumen-dokumen Gereja yang dimuat di situs ini akan dapat menjadi salah satu sumber informasi untuk pengajaran Gereja Katolik, baik bagi kaum awam maupun bagi yang belajar teologi. Di saat yang akan datang, kami akan berusaha untuk menyajikan dokumen Gereja, tulisan, beserta dengan “alat pencarian” yang lebih efektif, sehingga dapat benar-benar digunakan dalam proses belajar dan pada akhirnya menemukan kebenaran itu sendiri, yaitu Yesus Kristus.

Visi dan Misi

Visi: Menjadi sarana menyebarkan Kabar Gembira, yaitu  kasih Tuhan kepada semua umat manusia, yang digenapi di dalam Yesus Kristus dan Gereja-Nya, Gereja Katolik, dan ajaran- ajarannya, baik kepada umat Katolik, maupun non- Katolik; sehingga mereka dapat mengetahui dan mengasihi Kebenaran, serta dapat hidup di dalam kekudusan.

Misi: Memaparkan dan menjelaskan ajaran iman Katolik dengan evangelisasi dan ketekisasi yang setia kepada pengajaran Magisterium Gereja Katolik yang bersumber pada Kitab Suci dan Tradisi Suci, dengan bahasa yang mudah dimengerti, sehingga: (a) Lebih banyak orang dapat mengetahui bahwa kepenuhan kebenaran ada di dalam Gereja Katolik; (b) Mereka yang Katolik dapat memperdalam iman mereka dan mencintai Gereja Katolik; mereka yang telah meninggalkan Gereja Katolik dapat kembali kepada iman Katolik; dan mereka yang non-Katolik dapat mengenal iman Katolik; (c) Semakin banyak orang dapat mengetahui dan hidup sesuai dengan pesan utama Konsili Vatikan II, yaitu: panggilan kepada semua orang untuk hidup kudus.

Siapakah yang terlibat dalam karya kerasulan ini?

Berikut ini adalah orang-orang yang terlibat dalam karya kerasulan website katolisitas.org:

Romo Prof. DR. B.S. Mardiatmadja SJ.

pastor pembimbing untuk website ini. Beliau adalah Doktor Teologi tamatan Universitas Innsbruck, Austria. (1976) dan juga pengajar tetap di Sekolah Tinggi Filsafat “Driyarkara” Jakarta, Indonesia.

RD. Dr. D. Gusti Bagus Kusumawanta (Romo Wanta)

Membantu dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan sekitar hukum Gereja dan perkawinan. Beliau adalah Hakim Tribunal Keuskupan Denpasar dan Regio Gerejawi Nusra, Sekretaris Komisi Seminari KWI (website: www.seminarikwi.org), BKBLII (Badan Kerjasama Bina Lanjut Imam Indonesia) dan pengurus UNIO Indonesia. Lulusan Fakultas Hukum Gereja di Universitas Pontifikal Urbaniana, Roma 2001.

Romo Kris, O.Carm

Romo Kris beserta dengan tim doanya, yang berjumlah delapan orang  menjadi pendoa untuk ujud-ujud doa di katolisitas.org.

Dr. Lawrence Feingold, S.T.D.

Beliau adalah seorang teolog yang begitu luar biasa namun rendah hati. Beliau memperoleh S.T.D dari Pontifical University of the Holy Cross, Roma; S.T.L. dari University of the Holy Cross, Roma; S2 dalam bidang Seni dan sejarah dari Columbia University, New York, USA. Dr. Feingold sering membantu katolisitas.org dari belakang layar. Beliau yang menjadi tempat kami berdiskusi tentang isu-isu teologis.

Dr. David Twellman D.Min., Th.M.

Beliau seorang ahli di bidang Kitab Suci, yang sebelum menjadi Katolik adalah seorang pendeta Methodis selama 13 tahun.

Romo Dr. Bernardus Boli Ujan, SVD

Beliau bergabung dengan katolisitas.org untuk membimbing dan menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar Sakramen dan Liturgi. Beliau adalah Ketua Komisi Liturgi Keuskupan Agung Merauke, Dosen tetap dalam bidang liturgi di STFK Ledalero Flores dan dosen tidak tetap di STK St. Yakobus Merauke, Direktur Rumah Bina St. Fransiskus Xaverius di Keuskupan Agung Merauke, Anggota Societas Liturgica dari Indonesia, Anggota Asian Liturgy Forum (East Asia) dari Indonesia. Doktor dalam bidang liturgi, lulusan Pontificio Istituto Liturgico Sant’ Anselmo di Roma tahun 2001.

RD. Yohanes Dwi Harsanto (Romo Santo)

Romo Santo bergabung dengan katolisitas.org sebagai kontributor. Beliau membantu katolisitas dalam menulis artikel, kesaksian, renungan. Dan di sela-sela kesibukannya, beliau juga membantu untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang masuk sehubungan dengan artikel-artikel yang ditulisnya dan hal-hal yang berhubungan dengan Orang Muda Katolik (OMK). Romo Santo dilahirkan di Bantul Yogyakarta, 08 Mei 1972 dan ditahbiskan di Yogyakarta 12 Juli 2000 oleh Mgr Ignatius Suharyo. Tahun 2000-2008 berturut-turut bertugas sebagai Ketua Komisi Kepemudaan Kevikepan DIY, pastor paroki Wates, Pastor paroki Kumetiran, Pastor Paroki Kebondalem, Ketua Komisi Kemasyarakatan Keuskupan Agung Semarang. Romo Santo juga telah menjalani kursus-kursus, seperti Kursus management di PPM Manajemen Jakarta, Kursus Spiritualitas Dialog Interrelegius di Bangkok, Kursus Pastoral Kepemudaan di Manila. Aktif dalam pendampingan Orang Muda Katolik. Tahun 2008-2015 bertugas sebagai sekretaris eksekutif  Komisi Kepemudaan, KWI. Kini, menjadi pastor kepala paroki Hati SPM Tak Bercela  Kumetiran Yogyakarta.

Romo Dr. Bernardinus Realino Agung Prihartana, MSF (Romo Agung)

Romo Agung bergabung dengan katolisitas untuk menulis artikel dan menjawab pertanyaan sehubungan dengan keluarga. Beliau lahir pada tanggal 7 Oktober 1967; ditahbiskan tgl 10 Agustus 1998. Setelah ditahbiskan masih melanjutkan studi lincenciat teologi di Fakultas Teologi Wedabhakti Yogyakarta dan selesai pada tahun 2000. Selanjutnya bertugas sebagai pastor pembantu di paroki Ratu Rosari Jagakarsa Keuskupan Agung Jakarta sampai bulan April 2001. Bulan Mei ditugaskan ke Roma untuk melanjutkan studi teologi perkawinan dan keluarga di Istituto Giovanni Paolo II. Selesai pada tahun 2005 dengan disertasi Faith Education in the Families of disparity of cult marriages. Dari bulan Desember 2007 sampai sekarang bertugas sebagai sekretaris eksekutif Komisi Keluarga KWI. Selain itu tugas lain yang dipercayakan adalah sebagai Asisten IV Propinsial MSF Propinsi Jawa dan Ketua Dewan Pendidikan Propinsi MSF.

RD. F.X. Didik Bagiyowinadi (Romo Didik)

Setelah ditahbiskan menjadi imam praja  Keuskupan Malang, 5 September 2002, Romo Didik ditugaskan menjadi pastor pembantu di Paroki St. Albertus de Trappani, Blimbing, Malang (2002-2006). Aktif menulis buku-buku kerasulan kitab suci dan katekese untuk umat. Setelah mendapat licensiat Kitab Suci dari Institut Biblicum Roma (2010), kini ditugaskan sebagai Staf Pengajar STFT Widya Sasana dan Staf Pembina Seminari Tinggi Praja Beato Giovanni Malang. Blog://bagiyowinadi.blogspot.com/

Romo Alfonsus Widhiwiryawan, SX, STL (Romo Alfons)

Beliau adalah seorang Romo dari ordo Xaverian. Beliau yang lahir di Rembang, kemudian memasuki seminari St. Vincentius a Paulo, Garum Blitar dan melanjutkan studi filsafat di STF Driyarkara, Jakarta dari tahun 2001-2004. Setelah itu, beliau mengambil teologi di Studio Teologico Interdiocesano Reggio Emilia di Italia tahun 2005-2009, yang kemudian melanjutkannya dengan Lisensiat Teologi Spiritual di  Pontificia Universita Gregoriana Roma, Italia dari tahun 2009 – 2011. Sekarang ini, beliau bekerja sebagai formator Postulat Xaverian dan juga dosen tamu di STF Driyarkara. Beliau akan membantu katolisitas dalam bidang spiritualitas, sesuai dengan bidang yang beliau tekuni.

Stefanus Tay, M.T.S dan Ingrid Listiati, M.T.S

Penulis tetap dan penanggung jawab situs  Katolisitas. Stefanus Tay dan Ingrid Listiati Tay adalah pasangan awam yang keduanya mempunyai latar belakang sarjana teknik Arsitektur, lulusan Universitas Parahyangan Bandung, angkatan 1987. Setelah sekian tahun bekerja di dunia sekular, mereka akhirnya memutuskan untuk mengambil S2 jurusan Teologi di Institute for Pastoral Theology di Ave Maria University, Amerika Serikat, dari tahun 2006- 2009. Mereka berdua adalah pendiri dan penanggungjawab situs katolik Katolisitas.org yang mulai diluncurkan pada tanggal 31 Mei 2008. Sekarang mereka berdua melakukan karya kerasulan awam secara penuh (full- time) secara khusus melalui situs Katolisitas.org, dan beberapa seminar dan pengajaran tentang iman Katolik.

Maria Brownell, M.T.S. (Lia)

Dia menikah dengan seorang berkebangsaan Amerika dan dikaruniai empat orang anak laki-laki. Lia mempunyai latar belakang teknik kimia S2 dari University of Wisconsin – Madison. Bersama dengan suami, Lia telah menyelesaikan Master of Theological Studies di Institute for Pastoral Theology – Ave Maria University, USA. Lia membantu katolisitas untuk hal-hal yang berhubungan dengan pendidikan anak, keluarga dan pendidikan sekolah.

Caecilia Triastuti Djiwandono (Triastuti)

Triastuti membantu mengkoordinasikan rubrik Kesaksian Iman dan Sepercik Renungan. Dia adalah seorang ibu rumah tangga yang selalu rindu untuk menggali lebih dalam cinta dan kebaikan Tuhan. Hobi utamanya adalah membaca bacaan rohani dan menulis pengalaman bersama Tuhan. Pernah bekerja sebagai guru namun kemudian harus mengikuti karir suami yang berpindah dari satu negara ke negara lain. Sejak akhir November 2012 Triastuti berdomisili di Brisbane, Australia. Ia memutuskan untuk bergabung full-time dengan Katolisitas, karena rindu untuk mengasihi Tuhan lebih dalam lagi dan merasakan bimbingan Tuhan yang begitu indah untuk ikut melayani-Nya di website katolisitas. Tulisan-tulisan Triastuti yang menyentuh dapat dibaca di Rubrik Sepercik Renungan – silakan klik, dan kisah kesaksian hidupnya dapat dibaca di sini – silakan klik.

Ioannes

Seorang biasa yang dipanggil Yesus untuk mengikutiNya dan bersatu dengan denganNya dalam Gereja yang Ia dirikan sendiri. Mencintai santo-santa dan berharap boleh mendapat anugerah ketaatan dan kerendahan hati seperti mereka. Saat ini sedang meretas jalan dan kesiapan diri untuk bergabung dengan salah satu ordo religius.

Akhirnya, kami juga berterima kasih kepada para donatur yang telah membiayai kelangsungan website ini. Semoga Tuhan membalas segala kebaikan dan kemurahan hati mereka. Kami juga mengundang semua orang yang mengunjungi site ini untuk berpartisipasi dalam mendoakan kelangsungan website ini, sehingga dapat menjadi alat Tuhan untuk mewartakan kebenaran. Semoga Tuhan Yesus Kristus semakin dikenal dan dikasihi, dan Gereja-Nya dapat membawa terang kasih-Nya sampai ke ujung dunia.

Salam kasih dalam Kristus Tuhan

www.katolisitas.org

Stefanus Tay & Ingrid Listiati Tay

(Stefanus Tay, M.T.S dan Ingrid Listiati Tay, M.T.S adalah pasangan suami istri (awam) yang telah menyelesaikan studi S2 dalam bidang theologi di Institute for Pastoral Theology (IPT) – Ave Maria University, USA pada tahun 2009)

Perkembangan Website

  1. 31 Mei 2008: Website dengan nama katolisitas.org diluncurkan ke publik.
  2. 29 Juni 2008: Prof. DR. B.S. Mardiatmadja SJ menjadi pastor pembimbing untuk www.katolisitas.org. Usulan nama “katolisitas” adalah dari Romo Mardi.
  3. 18 Desember 2008: Romo Diocesan (RD). Dr. D. Gusti Bagus Kusumawanta menjadi pembimbing website ini untuk masalah hukum Gereja dan perkawinan. Romo Wanta juga secara aktif menulis artikel dan menjawab pertanyaan-pertanyaan dari pembaca.
  4. 1 Februari 2009: Romo Kris, O.Carm beserta dengan tim doanya, yang berjumlah delapan, menjadi pendoa untuk ujud-ujud doa di katolisitas.org. Pojok Doa dapat diakses di halaman pojok doa (silakan klik).
  5. 14 Februari 2009: dalam waktu sekitar 8,5 bulan, katolisitas.org telah menampilkan 1,000 pesan (komentar, pertanyaan, jawaban), baik dari umat Katolik, Kristen non-Katolik, kaum Muslim, dan juga yang lain. Terima kasih atas semua partisipasi dan doa dari para pengunjung setia katolisitas.org
  6. 31 Mei 2009: Ulang tahun pertama katolisitas.org. Dalam waktu satu tahun ini, katolisitas telah menampilkan 1,800 pesan (komentar, pertanyaan, jawaban). Terima kasih atas partisipasi dari semua pengunjung setia katolisitas.org. Salah satu professor kami di IPT- Ave Maria University, Dr. Lawrence Feingold, S.T.D.,  bersedia untuk menjadi pembimbing dalam hal teologi (theological advisor) untuk website ini. Kisah perjalanan imannya, dapat dilihat di artikel “Dari seorang atheis menjadi seorang katolik” (silakan klik). Katolisitas.org juga berganti penampilan, sehingga pembaca dapat melihat pengelompokan artikel dan tanya jawab dengan lebih terstruktur.
  7. 7 Juni 2009: Penulis tetap dan Penanggungjawab website Katolisitas, yaitu Stefanus Tay dan Ingrid Listiati Tay lulus, diwisuda, dan memperoleh gelar Master of Theological Studies dari the IPT (Institute for Pastoral Theology), Ave Maria University.
  8. 28 Juli 2009: Dr. David Twellman, D.Min., Th.M.,  menjadi penasehat di bidang Alkitab di website ini. Kisah perjalanan imannya dapat dilihat dalam wawancaranya dengan Marcus Grodi, the EWTN, dalam acara Journey Home.
  9. 25 Maret 2010:  Dr. Bernardus Boli Ujan, SVD menjadi pembimbing website ini dalam bidang Sakramen dan Liturgi.
  10. 1 Mei 2010: Caecilia Triastuti Djiwandono (Uti) bergabung dengan katolisitas,org. Uti akan membantu mengkoordinasikan rubrik Kesaksian Iman dan Sepercik Renungan.
  11. 7 Desember 2010: Temu Darat Katolisitas 1 dengan tema “Gereja Katolik kuno? Siapa Bilang?”, dengan sekitar 120 orang hadir dari berbagai paroki. Laporan lengkap tentang temu darat ini dapat dilihat di sini  – silakan klik.
  12. 16 Desember 2010: RD. Yohanes Dwi Harsanto (Romo Santo) bergabung dalam tim katolisitas sebagai salah satu kontributor, baik dalam penulisan artikel, dan membantu tanya jawab sehubungan dengan artikel yang ditulisnya dan yang berhubungan dengan Orang Muda Katolik (OMK).
  13. 29 Januari 2011: Temu Darat Katolisitas 2 dengan tema “Pembinaan iman Katolik anak sejak usia dini di dalam keluarga, paroki dan sekolah”, yang laporannya dapat dilihat di sini – silakan klik.
  14. 9 Februari 2011: Romo Bernardinus Realino Agung Prihartana, MSF (Romo Agung) bergabung dalam tim katolisitas.org untuk membina rubrik keluarga.
  15. 9 Maret 2011: RD F.X. Didik Bagiyowinadi (Romo Didik) bergabung dengan tim katolisitas.org untuk turut menjawab pertanyaan-pertanyaan sekitar Kitab Suci, katekese, dan juga teologis.
  16. 31 Jan 2013: Ioannes bergabung dengan katolisitas untuk mengasuh kolom gulali Santo Santa – silakan klik.
Romo pembimbing: Rm. Prof. DR. B.S. Mardiatmadja SJ. | Bidang Hukum Gereja dan Perkawinan : RD. Dr. D. Gusti Bagus Kusumawanta, Pr. | Bidang Sakramen dan Liturgi: Rm. Dr. Bernardus Boli Ujan, SVD | Bidang OMK: Rm. Yohanes Dwi Harsanto, Pr. | Bidang Keluarga : Rm. Dr. Bernardinus Realino Agung Prihartana, MSF, Maria Brownell, M.T.S. | Pembimbing teologis: Dr. Lawrence Feingold, S.T.D. | Pembimbing bidang Kitab Suci: Dr. David J. Twellman, D.Min.,Th.M.| Bidang Spiritualitas: Romo Alfonsus Widhiwiryawan, SX. STL | Bidang Pelayanan: Romo Felix Supranto, SS.CC |Staf Tetap dan Penulis: Caecilia Triastuti | Bidang Sistematik Teologi & Penanggung jawab: Stefanus Tay, M.T.S dan Ingrid Listiati Tay, M.T.S.
top
@Copyright katolisitas - 2008-2016 All rights reserved. Silakan memakai material yang ada di website ini, tapi harus mencantumkan "www.katolisitas.org", kecuali pemakaian dokumen Gereja. Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari website ini untuk kepentingan komersial Katolisitas.org adalah karya kerasulan yang berfokus dalam bidang evangelisasi dan katekese, yang memaparkan ajaran Gereja Katolik berdasarkan Kitab Suci, Tradisi Suci dan Magisterium Gereja. Situs ini dimulai tanggal 31 Mei 2008, pesta Bunda Maria mengunjungi Elizabeth. Semoga situs katolisitas dapat menyampaikan kabar gembira Kristus. 
Howdy,
Buy Premium Version to add more powerful tools to this place. https://wpclever.net/downloads/wp-admin-smart-search
X