Tentang ratu dari Selatan dan hikmat Salomo

Pertanyaan:

salam damai.
Dear katolisitas,..mo tanya nich..tentang Ratu dari selatan dan hikmat Salomo ..yang ada di Injil Lukas 11:29-32 dan Mat 12:38-42. dalam injil Lukas ayat 31 berbunyi :… (31) pada waktu penghakiman,ratu dari selatan itu akan bangkit bersama orang dari angkatan ini dan ia akan menghukum mereka. sebab ratu ini datang dari ujung bumi untuk mendengarkan hikmat Salomo dan sesungguhnya yang ada disini lebih daripada Salomo! (32) Pada waktu penghakiman, orang-orang Niniwe akan bangkit bersama angkatan ini dan mereka akan menghukumnya.
…terus terang saya kebingungan dengan apa yang mau disampaikan oleh Yesus pada perikop tersebut ,mohon pencerahannya,terimakasih, Inus

Jawaban:

Shalom Inus,

Injil Luk 11:29-32 dan Mat 12:38-42 adalah perikop yang menceritakan tentang ajaran Yesus tentang Tanda Nabi Yunus, yang di utus Tuhan ke kota Niniweh (sekarang Irak). Akibat kabar yang disampaikan oleh Nabi Yunus, penduduk kota Niniweh bertobat (Yun 3:6-9) karena mereka mengakui nabi Yunus dan menerima pesan yang disampaikannya. Sedangkan Yerusalem, tidak mengakui Yesus, padalah nabi Yunus hanyalah gambar bayangan jika dibandingkan dengan Yesus.

Yesus menanggapi permintaan orang Farisi yang meminta tanda, dengan mengajarkan tanda Yunus yang dikaitkan dengan tanda yang akan disampaikan-Nya. Tanda yang dimaksud adalah kebangkitan-Nya dari alam maut. Kebangkitan Yesus adalah tanda/ mukjizat yang terbesar dan sempurna untuk membuktikan ke- Allahan-Nya, dan keilahian ajaran dan misi-Nya di dunia. Sama seperti ikan besar menelan nabi Yunus selama tiga hari, maka perut bumi akan menelan Yesus selama tiga hari sebelum Ia bangkit dari mati. Tanda Yunus ini pulalah yang menjadi acuan ketika Rasul Paulus mengajarkan bahwa Yesus bangkit pada hari ketiga, sesuai dengan Kitab Suci (lih. 1 Kor 15: 3-4).

Yesus kemudian membuat satu lagi perbandingan: ratu dari Selatan yang adalah Ratu dari Sheba, yang berasal dari daratan baratdaya Arab (sekarang Yemen), mengunjungi Raja Salomo (lih. 1 Raj 10: 1-10) dan sangat terkagum-kagum oleh kebijaksanaan Raja Israel tersebut. Yesus jugalah yang digambarkan secara samar-samar oleh Raja Salomo, yang menurut tradisi Yahudi adalah lambang orang yang bijaksana. Teguran Yesus diperjelas dengan kenyataan bahwa mereka yang adalah orang-orang pagan [penduduk Niniweh dan ratu dari Selatan] bertobat setelah mendengar pengajaran Tuhan, namun orang-orang Yahudi yang pada waktu itu mendengarkan Yesus, bahkan tidak mengenali pesan Tuhan yang disampaikan-Nya. Pertobatan orang-orang pagan tersebut merupakan akan gambaran awal bahwa iman Kristiani akan juga menjangkau orang-orang non- Yahudi.

Maka, pada hari penghakiman, ratu dari Selatan ini yang telah menerima pesan Allah, akan bangkit dan turut mengadili orang-orang Yahudi, karena ia termasuk dalam bilangan orang-orang percaya sedangkan orang- orang yang menolak Yesus masuk dalam bilangan orang-orang yang tidak percaya (lih. 1 Kor 6:2).

Marilah kita berdoa agar kita dapat semakin mengimani Yesus Kristus, agar kita dapat termasuk di dalam kawanan orang-orang yang percaya dan karenanya dapat masuk ke dalam kerajaan Surga.

Salam kasih dalam Kristus Tuhan,
Ingrid Listiati- www.katolisitas.org

9
Tinggalkan pesan

Please Login to comment
5 Comment threads
4 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
6 Comment authors
Stefanus TayHardja PrasadaLucas MargonoIngrid Listiatisananta sella Recent comment authors
Hardja Prasada
Guest
Hardja Prasada

Hikmat yang diterima raja Salomo apakah sama dengan hikmat yang diterima Bunda Maria yang memiliki hati tulus dan ikhlas?
Mohon tanggapannya. Thx

Stefanus Tay

Shalom Hardja, Ada perbedaan mendasar antara raja Salomo dan Bunda Maria. Walaupun raja Salomo menerima karunia kebijaksanaan, namun dia tetap dilahirkan dalam dosa dan punya kecenderungan untuk berbuat dosa, sehingga pada saat dia tidak berjaga-jaga, maka dia dapat jatuh ke dalam dosa. Namun, sebaliknya Bunda Maria bukan saja menerima seluruh karunia Roh Kudus, namun menerima kepenuhan rahmat Allah, sehingga tidak ada ruang bagi dosa (lih. Luk 1:35). Ini berarti, Bunda Maria – melalui penebusan Puteranya dan juga karena misinya sebagai Bunda Allah – telah dibebaskan dari dosa asal dan juga dosa-dosa pribadi sepanjang hidupnya. Tentang karunia Roh Kebijaksanaan, saya telah… Read more »

Lucas Margono
Guest
Lucas Margono

Terima kasih jawabannya, Mbak/ Ibu/ Suster Ingrid Listiati mengenai Ratu dari Selatan sangat mengena.

Berikut saya mau menanyakan lagi sebagai berikut hal ini juga ditanyakan oleh sdr kita itu,

1 . Apakah Maria itu Perawan seperti yg di puja-puja oleh umat Katholik / orang katholik ???

2 . Setelah melahirkan Yesus Kristus , apakah Maria itu memiliki anak Lagi ???

3 . Di manakah Maria wafat dan dikuburkan dan di mana tempatnya ???

4 . Apakah Maria sebelum wafat juga diangkat ke Surga ????

5 . Jika Yesus dikatakan Anak Pertama dari Maria, maka siapakah adik dari Yesus itu ???

Terima kasih atas bantuannya. Tuhan memberkati!

Lucas Margono
Guest
Lucas Margono

Yth. Admin katolisitas

Mohon penjelasan :
1. “Siapakah Ratu dari Selatan yang dimaksud dalam Injil Lukas dan Matius?”
2. Bukti atau petunjuk bahwa Ratu Sheba menerima/ mendapat pesan dari Allah, baik langsung maupun secara tersirat.

Hal ini saya tanyakan karena saat diskusi dengan orang Kristen (bukan Katolik) dia menanyakan hal tersebut. Dia minta ditunjukkan bukti baik secara kiasan ataupun nyata yang dikatakan dalam alkitab.
Dia menyatakan bahwa Ratu Sheba datang ke Salomo hanya mendengarkan Salomo.

Demikian atas bantuannya diucapkan banyak terima kasih. Syalom, Tuhan memberkati!

sananta sella
Guest
sananta sella

Dear Ibu Inggrid dan Pak Stef,

Sehubungan dengan Lukas 11:31 atau Mat 12:42 di http://scripturecatholic.com/deuterocanon.html disitu dikatakan

Jesus refers to the wisdom of Solomon which was recorded and made part of the deuterocanonical books

Thx. GBU

Inus
Guest
Inus

salam damai. Dear katolisitas,..mo tanya nich..tentang Ratu dari selatan dan hikmat Salomo ..yang ada di Injil Lukas 11:29-32 dan Mat 12:38-42. dalam injil Lukas ayat 31 berbunyi :… (31) pada waktu penghakiman,ratu dari selatan itu akan bangkit bersama orang dari angkatan ini dan ia akan menghukum mereka. sebab ratu ini datang dari ujung bumi untuk mendengarkan hikmat Salomo dan sesungguhnya yang ada disini lebih daripada Salomo! (32) Pada waktu penghakiman, orang-orang Niniwe akan bangkit bersama angkatan ini dan mereka akan menghukumnya. …terus terang saya kebingungan dengan apa yang mau disampaikan oleh Yesus pada perikop tersebut ,mohon pencerahannya,terimakasih, Inus [Dari Admin… Read more »

Romo pembimbing: Rm. Prof. DR. B.S. Mardiatmadja SJ. | Bidang Hukum Gereja dan Perkawinan : RD. Dr. D. Gusti Bagus Kusumawanta, Pr. | Bidang Sakramen dan Liturgi: Rm. Dr. Bernardus Boli Ujan, SVD | Bidang OMK: Rm. Yohanes Dwi Harsanto, Pr. | Bidang Keluarga : Rm. Dr. Bernardinus Realino Agung Prihartana, MSF, Maria Brownell, M.T.S. | Pembimbing teologis: Dr. Lawrence Feingold, S.T.D. | Pembimbing bidang Kitab Suci: Dr. David J. Twellman, D.Min.,Th.M.| Bidang Spiritualitas: Romo Alfonsus Widhiwiryawan, SX. STL | Bidang Pelayanan: Romo Felix Supranto, SS.CC |Staf Tetap dan Penulis: Caecilia Triastuti | Bidang Sistematik Teologi & Penanggung jawab: Stefanus Tay, M.T.S dan Ingrid Listiati Tay, M.T.S.
top
@Copyright katolisitas - 2008-2018 All rights reserved. Silakan memakai material yang ada di website ini, tapi harus mencantumkan "www.katolisitas.org", kecuali pemakaian dokumen Gereja. Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari website ini untuk kepentingan komersial Katolisitas.org adalah karya kerasulan yang berfokus dalam bidang evangelisasi dan katekese, yang memaparkan ajaran Gereja Katolik berdasarkan Kitab Suci, Tradisi Suci dan Magisterium Gereja. Situs ini dimulai tanggal 31 Mei 2008, pesta Bunda Maria mengunjungi Elizabeth. Semoga situs katolisitas dapat menyampaikan kabar gembira Kristus. 
X