Tentang pertanyaan dari teman Protestan

Pertanyaan:

Salam Romo dan pengelola situs ini,

Saya baru mengalami perdebatan dengan org karismatik Protestan. Emank saya sempat sangat kesel atas sikapnya yang tidak mau menerima tapi menghardik saya. Saya tau kalo saya hny membuang waktu dan tenaga, tapi saya tidak bisa nerima kalo bunda maria dihina.

Saya meminta sodara seiman untuk membantu saya, seandainya saya diserang lagi. ini pertanyaan dari dia.
1. kenapa kita harus berdoa di dpn bunda maria? berarti kita menyembah berhala.
2. di roma ada gereja yg dibangun oleh kekuatan iblis, kata dia.
3. kenapa kita katolik boleh memakan makanan yg telah disembah kepada nenek moyang?
4. kenapa saya tidak mewartakan kabar katolik buat agama lain, napa harus ke dia?
5. kenapa alkitab katolik itu tidak sama dgn kristen? Dengan nada melecehkan alkitab Katolik.

ini jawaban saya:
1. katolik tidak menyembah ke bunda maria, tapi hanya menghormati. Dan di reply oleh temen aku, maria uda di surga, jd tidak usah doa melalui dia. katanya kita bisa doa lsg ke yesus atau minta pendeta doa ke yesus. Emank di sini, aku menyerang balik dia, kalo dia menyembah salib jg di gerejanya, sebab semua gereja kristen psti ada salib. Aku bertanya balik, apakah kamu meyembah salib, bknkah salib itu dari kayu? Dia tidak menjawab pertanyaan aku ini.

2. ttg gereja ini, saya tidak ada ide. dan aku balasin, apakah kamu uda meliat? dan katanya dia kalo dia punya bukti (hanya berdasarkan buku).

3. aku tidak menjawab ini secara jelas, tapi aku merefer ke persembahan makanan di waktu misa.

4. saya menjawab kalo aku tidak suka meliat org memaksakan agama ke org lain dan merasa agamanya plg bener dan pasti masuk surga, serta merasa agama lain itu masuk neraka. Dan dia berkata kalo dia sangat yakin akan hal ini serta mengatakan sungguh kasihan meliat saya tersesat ke dlm sini (agama Katolik).

5. taukah kamu alkitab itu pertama kali dibuat oleh katolik, dan hny Martin Luther yg mengganti kitab kalian, jd kitab protestan. Dan juga saya menyuruh dia membaca kitab Mat 16:16-18, dia ngotot kalo malas dan biilang aku sombong. dia suruh aku terus membaca, dan pasti ketemu kalo katolik kita itu bobrok. Jujur saja, saya sungguh kesel and malas ngomong ama dia. Tapi kalo gereja katolik dijelekin oleh karismatik dia, aku tidak bisa terima.

6. Serta bolehkah tolong dijelasin soal EENS? Bagaimana EENS di masa ini? Sebab ada yg bilng Vatican mengoreksi ttg pemahaman EENS, karena byk yg mengakibatkan orang jd salah arah dan bertindak seperti Karismatik Protestan (bukan saya mo menjelekkan karismatik protestan, tapi saya sudah cukup dengan tindak tanduk mereka). Thank you. felix

Jawaban:

Shalom Felix,
Pertama-tama, jika kita bertukar pikiran dengan teman kita yang Protestan, kita harus mengingat bahwa sebenarnya kita saudara dan saudari seiman dalam Kristus. Sebenarnya kita memiliki banyak persamaan di dalam Kristus.

Sekarang tentang pertanyaan anda:
1. Kenapa kita harus berdoa di depan Bunda Maria? Berarti kita menyembah berhala.
Jawab:  Gereja Katolik tidak mengharuskan umatnya berdoa di depan patung Bunda Maria. Jika umat Katolik berdoa di depan patung Bunda Maria, itu tidak berarti berdoa kepada patung itu, sebab kita berdoa menghormati Bunda Maria, yang digambarkan dengan patung itu, dan bukannya patung itu sendiri. Ini sangat berbeda dengan kisah-kisah Perjanjian Lama, di mana orang menyembah berhala dengan menyembah patung lembu tuangan, di mana mereka menganggap patung itulah tuhan mereka. Selanjutnya tentang penjelasan bahwa kita tidak menyembah patung, silakan baca artikel ini (silakan klik) dan tentang bagaimana pengertian memohon doa dari Bunda Maria silahkan klik di sini.

2. Di Roma ada gereja yg dibangun oleh kekuatan iblis, kata dia.
Silakan tanyakan apa sumbernya, sampai ia mengatakan demikian.

3. Kenapa kita katolik boleh memakan makanan yg telah disembah kepada nenek moyang?
Mengenai hal ini pernah dibahas dengan panjang lebar di tanya jawab (termasuk 8 komentar di bawahnya), link ini-silakan klik. Persembahan di Misa Kudus (yaitu hosti dan anggur) itu tidak sama dengan makanan sembahyangan di kuil. Karena hosti dan anggur dalam Misa Kudus akan diubah pada saat konsekrasi sehingga menjadi Tubuh dan Darah Kristus, sehingga meskipun wujudnya tetap hosti dan anggur, namun hakekatnya sudah bukan hosti dan anggur. Sedangkan makanan sembahyangan yang lain, itu tetap berupa makanan.

4. Kenapa saya tidak mewartakan kabar katolik buat agama lain, kenapa harus ke dia?
Hal ini memang perlu menjadi permenungan, sebab memang evangelisasi harus dikabarkan, baik kepada mereka yang sudah mengenal Kristus, agar lebih mengenal Dia, namun terutama juga kepada mereka yang belum mengenal Kristus, agar mereka mengenal Dia.

5. Kenapa alkitab Katolik itu tidak sama dgn kristen? Dengan nada melecehkan alkitab Katolik.
Alkitab yang dipakai oleh saudara-saudari kita yang beragama Kristen sebenarnya berasal dari Gereja Katolik. Sebab pada tahun 393 melalui Konsili Hippo, dan tahun 397 melalui Konsili Carthage, Gereja Katolik menentukan Kanon Kitab Suci. Selengkapnya, silakan melihat ke artikel ini (silakan klik). Bahwa pada akhirnya Alkitab Kristen Protestan berbeda dengan Alkitab Katolik, itu disebabkan karena pada abad ke 15, para pendiri gereja Protestan (dipelopori oleh Martin Luther) tidak mengikutsertakan beberapa kitab (yang disebut sebagai Deuterokanonika).

6. Penjelasan mengenai EENS (Extram Ecclesiam nula salus/ Tidak ada keselamatan di luar Gereja Katolik).
Untuk mengenai EENS, silakan lihat di sini, silakan klik. Jika ada yang belum jelas, silakan bertanya di sana. Dan untuk menjawab pertanyaan, kalau begitu, siapa yang dapat diselamatkan, silakan klik di sini.

Felix, memang menyedihkan, jika kita melihat kenyataan bahwa banyak orang yang mengaku menjadi pengikut Kristus, namun pemarah, atau berbicara kasar dan menuduh, dan tak mau mendengarkan. Ini malah seharusnya menjadikan kita lebih waspada agar jangan kita juga bersikap demikian.

Salam kasih dalam Kristus Tuhan,
Ingrid Listiati – www.katolisitas.org

19/12/2018

40
Tinggalkan pesan

Please Login to comment
14 Comment threads
26 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
26 Comment authors
agnesCalvin LimuelLintangDionisiusDoel Petot Recent comment authors
agnes
Guest
agnes

shalom, saya ingin meminta bimbingan dari romo/pengelola situs ini tentang pergumulan yang sedang saya hadapi. saya seorang katolik menikah dengan seorang beragama kristen pantekosta. Pada waktu berencana menikah, kami sudah sepakat untuk tetap memegang keyakinan masing-masing, dan saya tidak mau dibaptis selam. Dengan catatan, saya akan tetap mendampingi suami ke kebaktian gerejanya. Tapi saya juga harus diberi kebebasan yang seluas-luasnya untuk tetap berbakti di gereja katolik 1. Persoalan pertama muncul ketika kami sudah bersiap untuk menikah. Bagian konseling dari gereja pantekosta menyatakan bahwa untuk bisa diberkati digereja mereka, saya harus dibaptis selam.Waktu mendengar itu, saya hanya bisa meneteskan air mata,… Read more »

Calvin Limuel
Guest

Alkitab kami memang disusun oleh konsili Hippo dan Kartago, gereja Katolik, tapi itu sebelum GK menetapkan ajaran2 seperti perpetual virginity of Mary, the mass, celibacy, penggunaan relics dan rosary, transubstantion dsb.

Stefanus Tay

Shalom Calvin,

Apakah Anda bermaksud mengatakan bahwa penetapan Kitab Suci dari Gereja Katolik adalah benar dan pengajaran-pengajaran yang lain adalah salah? Mungkin yang perlu dipikirkan dari sikap ini adalah, apakah yang menjamin bahwa Gereja Katolik benar dalam menetapkan buku-buku mana yang menjadi bagian dari Kitab Suci, yang menjadi pegangan kebenaran satu-satunya bagi umat Kristen non-Katolik? Kalau Gereja Katolik benar dalam menetapkan Kitab Suci, maka mengapa pengajaran yang lain Anda tidak percayai? Silakan menggunakan fasilitas pencarian di pojok kanan atas dengan memasukkan kata kunci yang Anda sebutkan.

Salam kasih dalam Kristus Tuhan,
stef – katolisitas.org

Beslam
Guest
Beslam

“Akulah jalan, kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.” (Yoh 14:6). Berdasarkan sabda Yesus tersebut, saya mohon bantuan team katolisitas ini untuk menjelaskan :
1. Apakah orang yang tidak percaya kepada Yesus akan masuk surga ?
2. Apakah tokoh-tokoh suci dalam KSPL akan masuk surga juga, atau
3. Bagaimana tafsiran ayat tersebut di atas ?

terima kasih banyak, semoga Tuhan memberkati kita semua.

Stefanus Tay

Shalom Beslam, Terima kasih atas pertanyaannya. Yesus mengatakan di Yoh 14:6 “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.” Ini berarti tidak ada keselamatan di luar Yesus, karena memang Yesuslah yang memberikan Diri-Nya untuk keselamatan seluruh umat manusia. Namun, pertanyaannya, bagaimana dengan keselamatan orang-orang yang tidak mengenal Kristus dan juga tidak mengenal Gereja Katolik sebagai Sakramen Keselamatan. Hal ini tidak bisa dijelaskan hanya sekilas, mengingat kompleksitas dari topik ini. Untuk itu, silakan membaca beberapa tanya jawab sehubungan dengan hal ini: klik ini. Tokoh-tokoh yang dibenarkan oleh Tuhan dalam PL akan diselamatkan.… Read more »

Doel Petot
Guest
Doel Petot

Sebagai orang yang beriman kepada Yesus Kristus janganlah mudah menapsirkan ayat-ayat yang tertulis dalam kitab Yohanes, karena ayat-ayat tersebut tidak seperti kita baca novel atau buku cerita fiktif. dan saya mohon Tuan S Tay baca kembali kitab Injil yang ditulis oleh St. Markus 9 : 38-41 ( 38. Kata Yohanes kepada Yesus: “Guru, kami lihat seorang yang bukan pengikut kita mengusir setan demi nama-Mu, lalu kami cegah orang itu, karena ia bukan pengikut kita.” 39. Tetapi kata Yesus: “Jangan kamu cegah dia! Sebab tidak seorang pun yang telah mengadakan mujizat demi nama-Ku, dapat seketika itu juga mengumpat Aku. 40. Barangsiapa… Read more »

Dionisius
Guest
Dionisius

Yth, Tuan S Tay. Yoh. 14:6 menguatkan saya kalau Yesus adalah Allah yang menjelma sebagai manusia, karna kata “Aku” disitu untuk meyakinkan kepada yang percaya bahwa Allah bisa merubah “KeAllahannya” menjadi manusia dan dapat berbuat lebih dari apa yang dinginkan-Nya. Jadi kesimpulannya apabila orang yang bukan pengikut Yesus tetapi dengan iman selalu menyebut nama Allah dalam perbuatan baik dan benar, maka orang itu sudah mendapat haknya untuk layak hidup kekal. Kalau anda bertanya (bagaimana Anda menginterpretasikan Mat 12:22 dalam hubungannya dengan Luk 9:50? )kepada saya, itu sama artinya bahwa anda sudah merasa lebih “Pandito”. Padahal inti permasalahannya adalah “Apakah diluar… Read more »

Stefanus Tay

Shalom Dionisius, Terima kasih atas tanggapan Anda. Saya tahu bahwa pengunjung katolisitas mempunyai pengalaman iman masing-masing serta datang dari latar belakang yang berbeda-beda. Namun, dalam diskusi tentang iman, apalagi sesama umat Katolik, maka dasar iman kita bukan dari pengalaman kita masing-masing, bukan juga dari oknum-oknum yang mungkin kurang dapat memberikan contoh yang baik. Kita mencoba melihat bahwa kebenaran iman adalah berdasarkan apa yang sesungguhnya diwahyukan oleh Allah, yang dimanifestasikan dalam: Kitab Suci, Tradisi Suci dan Magisterium Gereja. Tentang hal ini, Anda dapat melihat penjelasannya di sini – silakan klik. Cobalah untuk menggali topik ini secara lebih mendalam terlebih dahulu sebelum… Read more »

Lintang
Guest
Lintang

Pagi Bung Dionisius, Mungkin harus kita sadari terlebih dahulu, bahwa kita harus berterima kasih dgn katolisitas yg memberikan katekese dan jawaban atas semua pertanyaan kita, untuk semua nada pertanyaan, mereka selalu berkata “semua baik adanya”. Jawaban yg diberikan dari katolisitas adalah jawaban dengan harapan anda mau merenungkan kembali hal hal tsb. Akan menjadi sulit sekali, mencari pembenaran apa yg sudah anda yakini sebagai kebenaran yang paling benar, sementara disisi lain ada keraguan dan ada suatu keinginan untuk mendapatkan konfirmasi dari sisi ajaran katholik bahwa yang anda yakini tsb adalah sudah benar. Jika kita cukup jeli melihat Yoh. 10:16, di akhir… Read more »

YB Teguh
Guest
YB Teguh

Shalom, Salam dalam damai kasih Kristus. Saya sangat prihatin dan sedih, banyak menjumpai kenyataan kita sering terlibat saling menonjolkan perbedaan-perbedaan dengan saudara-saudara kita umat kristen(protestan) dan menjurus pada bentuk-bentuk saling tuding dan saling tuduh.Padahal esensinya kita adalah saudara seiman dalam Tuhan Yesus. Agama saya di KTP adalah katolik,tetapi saya berkeyakinan bahwa iman bukanlah persoalan legalitas atau hukum-hukum gereja atau agama tertentu.Bagi saya menjadi murid Tuhan Yesus bukanlah persoalan memeluk agama tertentu.Tuhan Yesus tidak membawa ajaran agama tertentu.Keselamatan adalah anugerah dari Tuhan Yesus bukan karena kita berbuat baik dan memeluk agama tertentu.Menurut saya anugerah keselamatan memerlukan respon yang bertanggung jawab dari… Read more »

Stefanus Tay

Shalom YB Teguh, Terima kasih atas tanggapan dan pertanyaannya. Saya ingin menegaskan bahwa situs ini adalah situs yang memaparkan pengajaran Gereja Katolik, yang tentu saja mempunyai warna dan pengajaran Gereja Katolik. Pembahasan tentang perbedaan-perbedaan yang ada adalah karena pertanyaan-pertanyaan yang masuk, yang sering diajukan oleh saudara/i kita dari Kristen non-Katolik. Kalau kita mengatakan bahwa semua agama sama karena alasan toleransi, maka sebenarnya kita telah menutupi kebenaran, karena memang ada sisi persamaan, namun juga ada sisi perbedaan. Menjadi tugas kita sebagai umat Katolik untuk dapat mempertanggungjawabkan iman kita dengan hormat dan lemah lembut (lih. 1Pet 3:15). Dan sudah seharusnya umat Katolik… Read more »

Budi
Guest
Budi

Saya ingin mensharingkan hal – hal baru bagi teman – teman kita Katolik !! saudaraku, jangan pernah menilai kebenaran suatu agama dari mukjizat ataupun kesalahan yang terjadi. 1.Banyak orang bilang kepada saya kalau gereja katolik melakukan kesalahan di masa lalu ( berarti gereja tersebut sesat ). JAWABAN : biasanya saya jawab, kalau begitu yang paling sesat itu YESUS kalau kamu bertanya seperti itu. kenapa ? karena YESUS salah pilih murid, banyak murid – muridnya yang melakukan KESALAHAN ( Yudas = menjual YESUS, Petrus = Menyangkal YESUS, PAULUS = membunuh umat kristen ), kenapa tidak memilih murid yang sempurna tanpa dosa,… Read more »

Stefanus Tay

Shalom Budi, Terima kasih atas sharingnya dalam membagikan iman Katolik kita kepada agama lain. 1) Untuk dapat sampai kepada pengertian yang disampaikan oleh Budi tentang Gereja, seseorang harus tahu tentang hakikat dari Gereja, sebagai Tubuh Mistik Kristus, sebagai sarana (means) dan sebagai tujuan (end). Untuk itu, silakan melihat artikel ini (silakan klik). Meskipun Gereja itu kudus, namun Gereja juga terdiri dari para kudus dan pendosa. Oleh karena itu, para kudus akan membangun Gereja dan para pendosa akan menjadi batu sandungan. (lih. KGK, 867) Namun, seperti yang dikatakan oleh Budi, iman dewasa tidak akan berhenti pada individu-individu, namun terus berjuang untuk… Read more »

Agun
Guest
Agun

hmm.. saya seorang kristen protestan yg sedang belajar mengenal Tuhan yg benar seperti apa.

Saya mau tanya apa benar orang katolik boleh melakukan ritual “sembayangan” (menyembanyangi roh leluhur dan memberi sesajian)??

thnx atas infonya

Thomas Rizal Trika
Guest
Thomas Rizal Trika

Dear Bro Felix,

dulu sy juga sering “berdebat” dengan saudara kita Protestan mengenai hal-hal diatas. Tapi lama-lama, cape juga jadi dari pengalaman pribadi ada 2 hal yg akhirnya saya lakukan:

1. Ikut KEP di paroki
2. Utk saudara2 Protestan yang banyak nanya “kenapa Gereja Katolik ini..itu..” dan “katanya sih Gereja Katolik itu..ini..”, saya cuma bilang mereka, nah kalau anda rindu untuk mengetahui semua itu, kenapa juga tidak bergabung ke Katolik sekalian biar nanti puas dibimbing & dijawab oleh gereja. Kok gitu aja repot.

Shalom
Thomas

Stefanus Tay

Shalom Thomas, Terima kasih atas tanggapannya. Memang berdebat dapat menguras tenaga dan pikiran. Namun, kita terus memohon kepada Tuhan agar kita diberi kekuatan untuk dapat mempertanggungjawabkan iman Katolik kita dengan baik dan bijaksana. Dan melalui dialog, maka kita akan dapat bertumbuh dan semakin mengerti dan mengasihi iman Katolik kita. Yang terpenting, dalam dialog adalah kita telah melakukan bagian kita, yaitu menyampaikan kebenaran dengan hormat dan lemah lembut (1 Pet 3:15). Perkara merubah hati, hanya Tuhan saja yang dapat melakukannya. Oleh karena itu, doa menjadi bagian yang penting untuk mendukung dialog yang baik. Mari, kita bersama-sama terus berusaha dengan segala kekuatan… Read more »

Herwin Anggeriana
Guest
Herwin Anggeriana

Salam Kristus kepada romo pengelola situs.. Saya ingin bertanya : Pada Tahun pertengahan 2007, dalam kesulitan ekonomi dan masa-masa pengangguran saya mencari pekerjaan.. Tiba-tiba saya diajak oleh sebuah headhunter yang me-rekrut saya untuk bekerja pada sebuah organisasi international ministry dan hanya terikat kontrak beberapa bulan / kurang lebih 1 taun.. Awalnya saya tertarik ikut dan bekerja pada organisasi tersebut karena atas dasar salary yang diberikan… Motif awal terbentuknya organisasi ini, saya melihat adanya unsur kuat dari denominasi gereja – gereja non katolik… sedangkan saya katolik.. Motif tersebut bukanlah alasan pribadi atopun sepihak perasaan saya saja… Dari struktur organisasi tersebut, pucuk… Read more »

Rm Gusti Kusumawanta
Member

Herwin Yth Pendapat saya, anda sudah di jalur yang benar: sekali Katolik selamanya Katolik. Sejarah membuktikan bahwa Yesus Kristus hadir dalam Gereja Katolik yang memiliki ciri hierarki dari para rasul dan sakramen- sakaramen-Nya. Komunio itu membentuk Gereja yang mengimani Yesus Kristus sedangkan mereka adalah komunitas orang yang percaya pada Kristus karena itu tercatat banyak denominasi Gereja yang berkembang pesat karena setiap orang dalam kumpulannya bisa menjadi komunitas yang mereka sebut sebagai “gereja” tapi bukan dalam arti Gereja sebenarnya. Meskipun demikian bisa jadi kehadiran anda mengganggu mereka karena anda teguh; tapi jangan mencela mereka. Tindakan memaksa orang untuk pindah agama bertentangan… Read more »

Herwin Anggeriana
Guest
Herwin Anggeriana

Puji Tuhan…Thanks berat pada Rm Wanta…
Menjadi katolik merupakan suatu kekayaan rohani bagi saya..
rosario, sakramen, ekaristi, liturgi penciuman salib, banyak deh tradisi katolik yang sungguh-sungguh menyelami iman saya akan Kristus…

Terlebih magisterium, suatu panduan dan pedoman yang jelas bagi perkembangan iman Kristus..
Saya patut mengacungkan jempol, website ini sangat membantu memperkaya iman katolik saya..

Saya jadi merasa, seperti ikut serta dalam penderitaan para martir yang berjuang mempertahankan iman katolik… he10x..

Sekali Thanks Rm Wanta.. Smoga Kristus memberkati romo juga..
“Sekali Katolik, Selamanya Katolik”

Herwin Anggeriana
Guest
Herwin Anggeriana

Dear Stef, Abis mau gimana lagi… saya sudah berusaha untuk tidak hadir tetapi setiap kali meeting dan pelaporan kerja, selalu diikuti dengan perjamuan kudus.. klo saya enggak hadir, saya tidak bisa memberikan laporan kerja.. pintu tertutup dan saya tidak boleh masuk hanya untuk pelaporan kerja.. Secara nurani saya, saya menghormati ekaristi, dan saya sangat percaya ekaristi adalah pesan dari Yesus sendiri.. Saya sudah konsultasi dengan romo paroki tempat tinggal saya, romo paroki menyarankan hal yang sama seperti Rm Wanta dan Stef.. saya pun diberikan saran yang baik, klo cuma hadir mengikuti doang tanpa mengambil hosti dan anggur yg bukan ekaristi..… Read more »

Stefanus Tay

Shalom Herwin,

Memang menjadi suatu kendala besar tatkala pekerjaan memaksa untuk beribadah sesuai dengan cara mereka yang bertentangan dengan iman Katolik yang kita percayai. Pada kondisi seperti itu, kita mohon belas kasihan Tuhan, agar kita mendapatkan pekerjaan yang baru. Bersyukurlah bahwa konflik batin ini telah berlalu, sehingga Herwin dapat lebih berfokus untuk bertumbuh dalam iman Katolik.

Salam kasih dalam Kristus Tuhan,
stef – http://www.katolisitas.org

Isa Inigo
Guest
Isa Inigo

Shalom Herwin. Saya secara pribadi salut dan kagum atas keteguhan iman Anda. Selamat dan terima kasih telah ikut meneguhkan iman saya dan pembaca lainnya. Saya pernah pula mengalami situasi yang mirip seperti itu tapi tak seberat Herwin. Waktu itu saya katakan: “Kalau mau memaksa, saya bisa lapor yang berwajib, karena agama ialah soal pilihan hidup, dan diatur dalam UUD 1945, juga ada pasal dalam KUHP, yaitu kalian melakukan tindakan yang tidak menyenangkan”. Habis saya mengatakan hal itu, mereka mundur. Waktu itu saya memang belum tahu ajaran Katolik secara lebih lengkap, karena belum baca-baca http://www.katolisitas.org hehe… Tapi jawaban seperti itu saya… Read more »

Kris
Guest
Kris

Wah… untuk Herwin,

salut buat perjuangannya, nah,.. karena skrg sudah selesai kontrak kerjanya, saya ikut doakan supaya dapet kerjaan baru yg lebih bagus ya..

Alexander Pontoh
Guest
Alexander Pontoh

romo wanta, kalau soal di universitas-universitas tertentu dimana mahasiswa dipaksa untuk ikut ibadat, saya rasa itu sudah seharusnya (gak heran lah) jika universitas itu universitas kristen (protestan).

seperti sewaktu saya SMP di St. Agnes dan SMAK St. Louis I, semua pelajar, tidak peduli agama apapun, hari mengikuti misa tiap awal bulan.

jadi kalo lembaganya kristen trs ada kewajiban ikut kebaktian y biasa lah. kan kita di katolik jg begitu. justru dari sana kita bisa saling mengenal antar agama.

Lia
Guest
Lia

Halo semua, mau urun rembug aja. Untuk pertanyaan kenapa kita tidak mewartakan Katolik buat agama lain, saya sependapat dengan Felix. Mewartakan dalam arti memberi informasi oke-oke saja (menjawab jika ditanya, menjelaskan jika diminta) tapi jika berarti memaksakan agama kita ke orang lain, bahkan yang belum beragama (karena menurut saya mereka juga punya keyakinan mereka sendiri=> Tuhan tidak ada/Tuhan ada tapi no need for organized religion), menurut saya tidak etis dan hanya mengundang kebencian. Saat ini stereotip orang Katolik adalah moderat dan tidak agresif seperti kebanyakan denominasi Kristen, dan itu yang membuat saya sedikit banyak jatuh cinta dengan agama ini. Dalam… Read more »

andi
Guest
andi

Saudari Inggrid, Shaloom, Pertama2 saya ingin minta maaf, saya berasal dari kalangan protestan tapi saya tidak suka menggunakan “kekerasan”, atau kasar. Saudariku dalam Kristus, pertama2 kita perlu meluruskan, bahwa keterpisahan antara Katolik dan Protestan lebih didasari pada keyakinan. Martin Luther bergerak karena pada masa lampau (mohon maaf) gereja Katolik melakukan banyak kesalahan. Kami dari pihak protestan mengakui apa yang difirmankan Tuhan. Untuk masalah “tradisi” selagi itu tidak bertentangan dengan Firman Tuhan maka tidak salah. Tapi jika “tradisi” sudah menggantikan Firman Tuhan maka kami tidak bisa menerimanya. Mengenai pertanyaan anda, saya akan menjawab beberapa : 1. kenapa kita harus berdoa di… Read more »

Stefanus Tay

Shalom Andi, Terima kasih atas kunjungannya ke katolisitas. Kami tidak pernah menuduh bahwa saudara dari protestan berkata kasar, karena kami tahu bahwa kalaupun ada, itu hanyalah kasus. Dan kejadian yang sama juga terjadi pada umat yang beragama Katolik. Kita bersama-sama – yang telah mengenal dan diubah oleh Kristus – berjuang untuk hidup dalam kekudusan. Saya ingin juga meluruskan, bahwa kami menerima pertanyaan dari salah satu pengunjung katolisitas.org, dimana dia berdiskusi dengan teman protestan tentang beberapa hal. Jadi, pertanyaan-pertanyaan di atas diajukan oleh teman protestannya. Andi mengatakan bahwa keterpisahan antara Katolik dan Protestan lebih didasari oleh keyakinan. Hal ini memang ada… Read more »

New Year Spirit
Guest
New Year Spirit

Mengenai makanan sembahyangan, kita lihat secara logika kesehatan. Pertama, sy tidak peduli dengan anggapan menyembah berhala atau semacamnya. Makanan tersebut dikepuli asap hio selama berjam-jam, dimakan atau tidak, menurut sy, makanan itu sudah tercemar bahan kimia dan tidak sehat untuk dimakan. Sy sendiri pada dasarnya sangat tidak tertarik untuk membuat ritual sembahyangan untuk menghormati leluhur (walau sy Chinese) karena bagi sy, sayang banget ya makanan enak diberikan pada arwah, sementara kita ga tau apa benar leluhur kita yang menikmati makanan itu atau mungkin malah arwah lain…juga begitu banyak orang kelaparan. Sudah berbau asap hio, akan kah dimakan? Dibuang pun sayang… Read more »

georgius
Guest
georgius

Syallom…

menanggapi saudara felix….
Agama sifatnya sangat pribadi… bagi saya pegangan utama saya adalah HUKUM CINTA KASIH, itulah inti yang ada didalam seluruh alkitab INJIL… jika saya bingung menafsirkan, ya saya coba ambil benang merahnya dgn HUKUM CINTA KASIH tsb.

Matius 7 :1-5 ; HAL MENGHAKIMI juga jadi pegangan saya supaya saya lebih bijak.
Terima kasih, Tuhan Yesus memberkati.
GBU.

Devy
Guest
Devy

Shalom..
Sebelumnya saya ingin minta maaf mewakili org karismatik Protestan dgn sikap kami yg sudah menghakimi & kasar. Percayalah tidak smua org karismatik Protestan seperti itu. Kami tetap mengasihi saudara seiman kami dr gereja Katolik. :)
Jujur pertanyaan kmu jg jd pertanyaan saya utk org2 Katolik & saya sudah mendapat jawabannya di sini.
Perbedaan hanya terdapat dlm doktrin & liturgi. Saya berharap itu tidak membuat perbedaan dlm iman & kepercayaan kita kpd yesus Kristus.

Tuhan Yesus memberkati.. :)

Stefanus Tay

Shalom Devy, Terima kasih atas kunjungannya ke katolisitas.org. Menjadi tantangan bagi kita semua, termasuk umat Katolik agar dapat menerapkan hukum kasih, yaitu kasih kepada Tuhan dan kasih kepada sesama yang didasari akan kasih kepada Tuhan. Saya yakin ada juga umat Katolik yang mungkin berkata kasar kepada saudara kita dari agama lain. Jadi, kita sama-sama berjuang untuk dapat hidup kudus, dengan cara bekerjasama dengan rahmat Allah. Saya juga tahu bahwa saudara/i dari protestan banyak mempertanyakan doktrin dan dogma dari Gereja Katolik yang mungkin dipandang tidak Alkitabiah. Semoga situs ini dapat memberikan jawaban akan keberatan-keberatan tersebut. Memang Gereja Katolik dan Protestan meyakini… Read more »

Jus Soekidjo
Guest
Jus Soekidjo

Sdr Felix. Tak usah nada berkecik hati. Aku pernah mengalami kasus yang sama seperti anda. Kalau kita layani capai, karena mereka begitu banyak denominasi. Tapi kita harus cerdik bagai ular dan tulus bagai merpati. Mereka ini hanya mengandaklkan “sola scriptura”, sola fide, dan sola gratia”. Jadi kalau tidak tertulis di dalam Kitab Suci mereka tak akan percaya. Sementara orang Katolik memiliki 3 pilar sumber firman yakni Kitab Suci, Tradisi Suci dan magisterium”. Tradisi Suci dan magisterium mereka tak akan yakin karena ini dianggap buatan manusia. Saya pernah tanya kepda romo tentang hal ini, romo malah bilang capai menanggapi mereka. Selain… Read more »

felix
Guest
felix

Salam Romo dan pengelola situs ini,
Saya baru mengalami perdebatan dengan org karismatik Protestan. ……
Saya meminta sodara seiman untuk membantu saya, seandainya saya diserang lagi.
ini pertanyaan dari dia.
1. napa kita harus berdoa di dpn bunda maria? berarti kita menyembah berhala.
2. di roma ada gereja yg dibangun oleh kekuatan iblis, kata dia.
3. napa kita katolik boleh memakan makanan yg telah disembah kepada nenek moyang?
4. napa saya tidak mewartakan kabar katolik buat agama lain, napa harus ke dia?
5. napa alkitab katolik itu tidak sama dgn kristen? Dengan nada melecehkan alkitab Katolik.
Thank you. felix
[Dari Admin: Pertanyaan ini sudah dijawab di atas]

hari prasetyo
Guest

saudara – saudaraku, mohon maaf ikut ” urun rembuk ” disini. janganlah kita bersilang pendapat masalah suatu keyakinan . apalagi membandingkan keyakinan kita dengan keyakinan orang lain. lebih pas kalau kita mempermasalahkan bagaimana kita hidup. Dasar ajaran Katolik & Protestan sama yaitu KASIH. Marilah kita merenung sejenak, apakah ucapan dan tindakan kita sudah sesuai dengan ajaran kristen ? Apakah ucapan dan tindakan kita menyinggung perasaan orang lain. Dalam hal beragama, seseorang harus bersikap fanatik, tetapi fanatisme tidak digunakan untuk menyerang orang lain. Marilah kita berdiskusi dengan penuh kedewasaan, agar damai sejahtera senantiasa melingkupi hidup kita, amin. [dari katolisitas: saya hapus… Read more »

De Santo
Guest
De Santo

Atas penjelasan Sdr. Andi, telah ditanggapi dg apik oleh Sdr. Stef. Namun tanggapan Sdr. Stef juga memerlukan tanggapan lebih lanjut dari Sdr. Andi. Dengan demikian kita menjadi tahu, apakah diamnya Sdr. Andi ini adalah karena menjadi mengerti atau tetap tidak mengerti dan mengajukan argument lebih lanjut.

Sayang sekali belum ada tanggapan berikutnya dari Sdr. Andi.

Syalom

Romo pembimbing: Rm. Prof. DR. B.S. Mardiatmadja SJ. | Bidang Hukum Gereja dan Perkawinan : RD. Dr. D. Gusti Bagus Kusumawanta, Pr. | Bidang Sakramen dan Liturgi: Rm. Dr. Bernardus Boli Ujan, SVD | Bidang OMK: Rm. Yohanes Dwi Harsanto, Pr. | Bidang Keluarga : Rm. Dr. Bernardinus Realino Agung Prihartana, MSF, Maria Brownell, M.T.S. | Pembimbing teologis: Dr. Lawrence Feingold, S.T.D. | Pembimbing bidang Kitab Suci: Dr. David J. Twellman, D.Min.,Th.M.| Bidang Spiritualitas: Romo Alfonsus Widhiwiryawan, SX. STL | Bidang Pelayanan: Romo Felix Supranto, SS.CC |Staf Tetap dan Penulis: Caecilia Triastuti | Bidang Sistematik Teologi & Penanggung jawab: Stefanus Tay, M.T.S dan Ingrid Listiati Tay, M.T.S.
top
@Copyright katolisitas - 2008-2018 All rights reserved. Silakan memakai material yang ada di website ini, tapi harus mencantumkan "www.katolisitas.org", kecuali pemakaian dokumen Gereja. Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari website ini untuk kepentingan komersial Katolisitas.org adalah karya kerasulan yang berfokus dalam bidang evangelisasi dan katekese, yang memaparkan ajaran Gereja Katolik berdasarkan Kitab Suci, Tradisi Suci dan Magisterium Gereja. Situs ini dimulai tanggal 31 Mei 2008, pesta Bunda Maria mengunjungi Elizabeth. Semoga situs katolisitas dapat menyampaikan kabar gembira Kristus. 
X