Tentang Novena Tiga Salam Maria

Pertanyaan:

Shalom,
Saya seorang Katolik yang boleh dikatakan “KTP”, mungkin dikarenakan status saya yang telah dibaptis semenjak bayi. Saya mempunyai pacar seorang Protestan, yang menurut saya sejak bersama dia, iman saya semakin bertambah, saya menjadi semakin dekat dengan Tuhan dan Gereja Katolik. Melalui setiap pertanyaan dan pemikiran dari padanya mengenai agama Katolik yang harus dapat saya jawab. Dengan harapan dia juga bisa merasa terpanggil untuk masuk gereja Katolik dan bersama membangun keluarga Katolik yang bahagia. Banyak artikel dari web ini yang begitu membantu saya, sehingga saya dapat memahami agama Katolik yang saya yakini dengan lebih baik lagi. Pada kali ini, kendala yang saya hadapi yaitu mengenai Novena Tiga Salam Maria.

Pacar saya menanyakan:
1. mengapa di doa novena itu sedemikian panjangnya dan mengapa doa salam maria harus diulang sebanyak itu? Bukankah dalam sebuah doa itu yang terpenting adalah keyakinan dan keteguhan hati?
2. mengapa dalam doa novena sampai harus disebutkan nama santo-santa yang mengenalkan doa novena tersebut? Apakah ini menjadi hal yang penting?

Menghadapi pertanyaan tersebut saya hanya bisa mengibaratkan bahwa doa novena laiknya kita melakukan upacara bendera… Mungkin banyak dalam prosesi tersebut yang tidak kita ketahui maknanya namun tetap kita lakukan karena itu sudah menjadi bagian dari prosesi tersebut. Namun dia dan saya pribadi juga merasa kurang puas terhadap jawaban yang sudah saya berikan. Kiranya Bu Inggrid / Pak Stef / Rm. Wanta bisa memperjelasnya.
Terima kasih, Tuhan memberkati. Bernardus

Jawaban:

Shalom Bernardus,

Kami bersyukur jika website ini dapat membantu anda untuk dapat semakin mengenal iman Katolik. Berikut ini adalah yang dapat saya sampaikan tentang pertanyaan anda/ pacar anda:

1. Mengapa doa novena Tiga Salam Maria itu panjang dan mengapa doa Salam Maria diulang-ulang?  Bukankah dalam sebuah doa itu yang terpenting adalah keyakinan dan keteguhan hati?

Menurut ajaran Gereja Katolik, doa pada dasarnya adalah “Ayunan hati, suatu pandangan sederhana ke surga, satu seruan syukur dan cinta kasih di tengah percobaan dan di tengah kegembiraan.” (KGK, 2558-2559, mengutip St. Teresia kanak-kanak Yesus). Dari definisi ini, maka disposisi/ sikap hati menjadi suatu yang penting. Maka selain dari keyakinan dan keteguhan hati, yang terpenting sebenarnya adalah kasih di dalam hati kita kepada Tuhan. Kasih kepada Tuhan inilah yang mendasari setiap devosi. Jika kita mengasihi Kristus, maka ada dorongan yang kuat di dalam hati kita untuk mengasihi pula setiap anggota Tubuh Mistik-Nya, yaitu khususnya para orang kudus yang telah bersatu dengan-Nya di surga, dan terutama di sini adalah Bunda Maria, yang telah diberikan oleh Yesus untuk menjadi ibu kita juga (Yoh 19: 26- 27).

Maka meskipun kelihatannya panjang, Novena Tiga Salam Maria itu sebenarnya tidak panjang bagi orang yang mendoakannya dengan kasih. Sama seperti jika anda menghabiskan waktu yang panjang dengan pacar anda untuk berbincang-bincang hal yang sama (misalnya tentang bagaimana anda mengasihinya) dan tidak bosan, demikian pula di dalam doa, meskipun panjang, namun kalau didoakan dengan kasih, seharusnya tidak terasa panjang dan membuat bosan. Perkataan yang ada jangan dianggap sebagai perkataan dalam”upacara”, karena jika dihayati maksudnya adalah kita mengucapkan ketergantungan kita kepada Allah dan kepada dukungan doa dari Bunda Maria. Diucapkan berulang, maksudnya juga antara lain melatih kita untuk berdoa dengan setia, dan untuk menunjukkan kesungguhan hati kita. Dalam doa novena, memang biasanya boleh disebutkan ujud permohonan, dan sebenarnya pengulangan penyebutan permohonan tersebut menyadarkan kita akan segala keterbatasan dan kelemahan kita dan bahwa kita sungguh membutuhkan pertolongan dari Allah.

Selanjutnya tentang doa berulang, silakan membaca di jawaban ini, silakan klik

2. Mengapa dalam doa novena sampai harus disebutkan nama santo-santa yang mengenalkan doa novena tersebut? Apakah ini menjadi hal yang penting?

Sebenarnya doa bagi umat Katolik adalah komunikasi dengan Allah. Namun karena doa tersebut pada hakekatnya adalah “Ayunan hati dan pandangan ke surga”, maka, kita mengetahui bahwa di surga itu Allah dikelilingi oleh para kudus-Nya. Maka pandangan kita ke surga juga sebenarnya tak lepas dari pandangan kita kepada persekutuan para kudus yang memang tak henti-hentinya berdoa bagi kita yang masih berziarah di dunia. Diskusi lebih lanjut tentang persekutuan para kudus ini sudah pernah dibahas di sini, silakan klik, dan di sini, silakan klik.

Maka penyebutan akan nama Santo dan Santa yang menyebarkan devosi Tiga Salam Maria di dalam doa itu sendiri maksudnya adalah untuk mengingat jasa mereka yang mengajarkan doa novena ini, yang akhirnya banyak membantu banyak orang menerima pertolongan dari Tuhan melalui doa- doa Bunda Maria. Juga penyebutan nama-nama mereka sebenarnya untuk mengingatkan kita bahwa merekapun adalah para sahabat kita yang akan turut mendoakan kita. Bersama dengan mereka kita menghormati Bunda Maria, yang akan membawa ujud doa kita ke hadapan Tuhan.

Sebenarnya, jika kita bisa melihat para kudus itu sebagai para sahabat Yesus yang bekerjasama dengan Yesus untuk membawa banyak jiwa kepada keselamatan, maka kita akan dapat semakin memahami dan menghargai ajaran mengenai persekutuan para kudus ini. Sebab sebenarnya Tuhan Yesus tidak hanya menghendaki kita membatasi diri pada hubungan pribadi diri kita masing-masing dengan Dia (“hanya aku dengan Tuhan”) tetapi Ia menghendaki agar kita, selain datang sebagai pribadi, kita juga datang kepada-Nya dalam kesatuan bersama-sama dengan saudara/i seiman, sebagai sesama anggota Tubuh-Nya (“kami dengan Tuhan”). Itulah sebabnya dalam mengajarkan cara berdoa kepada para rasul, Yesus mengajar kita memanggil Allah sebagai “Bapa Kami” bukan “Bapa saya”.

Maka penyebutan nama para Santo/ Santa di dalam doa tidaklah ‘mengurangi’ hormat kita kepada Tuhan, bahkan sebaliknya, malah semakin memuliakan-Nya. Karena kita tidak datang sendiri, tetapi bersama- sama dengan para kudus itu ke hadirat Tuhan, dengan harapan bahwa Tuhan akan berkenan mengabulkan doa kita yang dipanjatkan dengan dukungan para sahabat-Nya yang sudah bersatu dengan-Nya di surga. Ini hampir sama dengan kita minta agar anggota keluarga, teman atau Romo/ pendeta mendoakan kita. Tentu kita senang jika ada orang yang mau mendoakan kita, bukan? Namun biar bagaimanapun juga, mereka yang masih hidup di dunia ini tidak sempurna, dan sama-sama berdosa seperti kita; sedangkan para kudus yang sudah bersatu dengan Kristus di surga, sudah menjadi sempurna, karena telah bersatu dengan Kristus sendiri. Maka ayat Yak 5:16, “Doa orang benar besar kuasanya” itu sungguh berlaku dalam diri para kudus itu, sebab mereka adalah orang-orang yang sudah dibenarkan oleh Tuhan.

Demikianlah Bernardus, yang dapat saya tuliskan sehubungan dengan pertanyaan anda. Saya berharap bahwa tulisan ini menjawab pertanyaan anda/ pacar anda. Jika masih ada yang kurang jelas, silakan bertanya kembali, dan saya akan berusaha menjawabnya.

19/12/2018

115
Tinggalkan pesan

Please Login to comment
48 Comment threads
67 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
58 Comment authors
Clrstaaclrstaaangelicajessicamf22pardoharyulianacandra Recent comment authors
clief christofel
Guest
clief christofel

salam sejahtera buat kita semua. Selamat pagi! Syukur kepada Allah saya bisa mendapatkan situs ini! Berbagai masukan dan pertanyaan yg saya ingin pertanyaan ternyata sdh ditanyakan oleh teman” yg. yg Katolik maupun bukan katolik! Sungguh ketika saya membaca situs ini dari atas hingga akhir saya merasa diberkati. sebelum berbicara lebih lagi tentang diri saya, saya ingin perkenalkan diri! Nama saya clief christofel saya adalah anak dari keluarga katolik saya dan saya pun bangga terlahir dari keluarga katolik umur saya saat ini 23th! Tapi walaupun saya katolik, saya memang berdoa dan mengikuti devosi kepada santa Perawan Maria melalui doa Rosario, tetapi… Read more »

Ramot Sinaga
Guest
Ramot Sinaga

Shalom Bapak/ibu saya ingin bertanya dengan teks doa novena 3x salam maria yang panjang seperti itu apakah saya diperbolehkan berdoa sambil membaca teks doa tersebut sampai saya hafal?? lalu tolong teks doa novena sebenarnya seperti apa soalnya saya searching ada teks doa novena yang berbeda2 walaupun tidak terlalu besar perbedaannya… apakah sama saja atau gimana?? Tuhan memberkati [Dari Katolisitas: Umumnya orang yang mendoakan doa Novena tiga Salam Maria, juga berdoa sambil membaca teks. Silakan membaca teks, tidak mengapa. Kalau bisa hafal tentu baik, tetapi, kalau tidak, tidak menjadi masalah. Doa Novena Tiga Salam Maria merupakan devosi, jadi bukan doktrin. Maka… Read more »

Nien
Guest
Nien

Dear Pak Stef dan Bu Ingrid,

Bisa minta penjelasan mengenai asal bilangan “9” yang digunakan dalam novena.
Kis 1:4 hanya mnyebutkan Yesus meminta murid2nya tinggal berdoa tapi tidak menyebutkan jumlah harinya, jadi dari manakah asal bilanan tersebut.

Terima kasih.

Stefanus Tay

Shalom Nien, Novena berasal dari kata Medieval Latin “novena” dari Latin “novenus” dari “novem“, yang berarti 9. Ada sejarah panjang tentang angka 9 ini di dalam devosi dan liturgi Gereja. Di dalam Kitab Suci Perjanjian Baru, kita melihat bahwa sembilan hari para rasul mempersiapkan diri untuk menerima Roh Kudus pada hari Pentakosta. Dalam Kis 1:3 dituliskan “Kepada mereka Ia menunjukkan diri-Nya setelah penderitaan-Nya selesai, dan dengan banyak tanda Ia membuktikan, bahwa Ia hidup. Sebab selama empat puluh hari Ia berulang-ulang menampakkan diri dan berbicara kepada mereka tentang Kerajaan Allah.” Dari ayat ini, kita tahu bahwa dari wafat-Nya, Kristus naik ke… Read more »

Wen
Guest
Wen

Saya ingin mengucapkan Puji syukur atas terkabulnya doa 3x Salam Maria. Papa saya sembuh dari sakit batu empedunya.. terima kasih Tuhan Yesus dan Bunda Maria.

wiwi
Guest
wiwi

Terima Kasih atas dikabulkannya doa Novena 3 Salam Maria..
Terima Kasih atas dijawabnya doa kami dan diberikan pada kami hal yang kami anggap susah pun
Terima kasih Bapa..kami tau Bapa tidak akan menolak BundaMu yang menyampaikan permintaan kami selama permintaan kami selaras dengan kehendakMu dan BundaMu

Anggi
Guest
Anggi

Shalom,

Saya mau tanya, kalau orang yg sakit minta tolong di doakan tiga salam maria bisa tidak ya? dan bagian doa jauhkan aku/dia/kami dari dosa berat si pendoa milihnya aku atau dia atau kami ya?

Terima kasih

[Dari Katolisitas: Tentu bisa dan boleh saja, kita mendoakan orang yang sakit dengan doa Novena Tiga Salam Maria. Jika untuk mendoakan orang lain, dapat saja nama orang tersebut disebutkan, … jauhkanlah kami dari dosa berat, secara khusus, ….. (nama orang tersebut) yang saya doakan ini.]

Nel
Guest
Nel

Hi Katolisitas,

Saya tertarik dengan St. Mechtildis, St. Antonius dari Padua, St. Leonardus dari Porto Mauritio, St. Alfonsus Liguori yang sering disebutkan dalam novena 3 salam Maria, namun tidak dapat menemukan referensi/artikel yang lengkap di internet. Kalau ada tolong dishare.

Thanks,
Nel

[dari Katolisitas: Kisah-kisah mereka dapat Anda temui misalnya di situs Yesaya dan juga di Wikipedia, maupun di situs Catholic Encyclopedia (bahasa Inggris). Silakan klik, dari situs Yesaya : St. Mechtildis, St. Antonius dari Padua, St. Leonardus dari Porto Mauritio (sumber Wikipedia), St. Alfonsus Liguori

dari situs Catholic Encyclopedia : St. Mechtilde, St. Anthony of Padua, St. Leonard of Port Maurice, St. Alphonsus Liguori]

tarsisius sutapa
Guest
tarsisius sutapa

saya sedang dalam masalah keluarga yg berat menurut ukuran saya,saat ini saya mulai berdoa 3 slm Maria,mohon jln keluar.Saya biasa berdoa pada dini hari,apakah dlm berdoa novena 3 slm Maria harus pada jam yg sama setiap harinya,mohon bimbingan dan infonya agar saya lebih mantap dlm berdoa dan lebih tenang batin saya, terimakasih. [Dari Katolisitas: Silakan mendoakan doa Novena, sebaik mungkin yang Anda dapat lakukan. Sebagai bentuk devosi, tidak ada aturan yang baku tentang pelaksanaan doa novena. Umumnya memang dilakukan setiap hari, dan jika dilakukan dalam jam yang sama, tentu lebih menunjukkan ketekunan dan sikap memohon dengan sungguh-sungguh. Namun sesungguhnya harus… Read more »

Bayu
Guest
Bayu

Syalom..
Saya mau nanya, saya lg menjalani novena 3 salam maria dan sudah berjalan
Slama 3 hari, ad tertulis jika permohonan ny berat maka novena di lakukan 3 kali
Berturut2, di sini mksd ny sehari 3x novena ato gmana?
Mohon info ny?
Terima kasih
Gbu

[Dari Katolisitas: Ya, maksudnya, silakan mendoakan novena ini lebih dari sekali sehari (dianjurkan tiga kali, namun boleh lebih, jika diinginkan demikian), maksudnya adalah menunjukkan kesungguhan hati dan ketidakberdayaan kita di hadapan Tuhan, dan kepercayaan kita yang penuh akan pertolongan Tuhan dan kuatnya ikatan persekutuan kasih dalam persekutuan orang kudus, yang akan turut mendukung doa-doa permohonan kita di hadapan Tuhan.]

Paulus Suhartono
Guest

Terima kasih O Bunda Maria Yang Penuh Kuasa Allah. Engkau telah berkenan mengabulkan permohonan kami melalui Novena Tiga Salam Maria, dengan penantian 21 hari di Kuala Lumpur, sehingga kami berhasil bebas dari segala tuntutan Immigrasi Malaysia dalam masalah ijin kerja. Sungguh mujizat Allah melalui kuasa Bunda Maria. Syukur bagimu ya Bunda, kami percaya tiada yang tidak mungkin bagimu. Syukur kepada Bapa, Putera dan Roh Kudus. Terpujilah dalam nama Yesus, Maria dan Yoseph, sekarang selalu dan selamanya. Amin.

Shanti Dewi
Guest
Shanti Dewi

Puji syukur dan terima kasih atas terkabulnya permohonan doa melalui Novena Tiga Salam Maria ini..

Ichy
Guest
Ichy

Terima kasih untuk tim khatolisitas saya
lebih mengerti ttg Novena 3 Salam Maria
sekarang, jd saya dapat menjelaskan kepada
teman-teman yang beragama lain …
Good luck always all ,
God Bless You 4ever …

margaret
Guest
margaret

Novena 3 Salam Maria prnh saya lakukan pada saat saya mendpatkan beban yg sangat berat, pada waktu usia kandungan saya genap 6 bulan saya diberi tahu dokter klo melahirkan nanti saya tdk bisa melahirkan normal saya harus operasi karena bayi dlm kandungan saya posisinya sungsang, saya mrasa takut bercampur sedih karena saya sangat menginginkan melahirkan normal, tapi saya tidak putus harapan saya pun mulai novena 2x sehari selama 3 bln & akhirnya BUNDA MARIA menjawab novena saya, pada hari Minggu 19 Juni 2011 saya melahirkan bayi laki2 dgn brat 3 kg & dlm keadaan sangat sehat, saya melahirkan normal &… Read more »

Ria
Guest
Ria

Syalom..
Saya adalah seorang Kristen non-Katolik tapi ingin belajar doa Novena Tiga Salam Maria. Ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan.
1. APakah saya yg seorang Kristen non-Katolik boleh memanjatkan doa Novena Tiga Salam Maria?
2. Apakah doa tersebut di hafalkan atau di baca?
terimakasih..
Gbu

Ingrid Listiati
Member

Shalom Ria, 1. Tidak ada keharusan bahwa yang mendoakan Novena Tiga Salam Maria harus seorang Katolik. Dengan perannya sebagai Bunda yang melahirkan Tuhan Yesus, maka Bunda Maria adalah Bunda semua umat beriman, bahkan Bunda segenap umat manusia. Itulah sebabnya para Bapa Gereja menyebut Bunda Maria sebagai “Hawa Baru” (sedangkan arti “Hawa” (Eve) adalah Bunda dari segala yang hidup). Bunda Maria disebut Hawa Baru karena kerja sama ketaatannya, sehingga Kristus, Sang Adam yang baru dapat lahir ke dunia. Silakan membaca lebih lanjut tentang topik ini di artikel Bunda Maria adalah Hawa Baru, silakan klik. Maka, jika Anda terdorong, silakan mendoakan Novena… Read more »

Riswan
Guest
Riswan

Salam,
Saya mau mencoba berdiskusi dengan damai, sy merenungkan tentang perbedaan ajaran agama dan ajaran Yesus,seperti contoh 3 salam maria (novena) apakah ini ajaran Yesus atau ajaran agama? Karena tdk bisa mengajar dalam hal bagaimana berkomunikasi atau penghormatan yg berbeda dari apa yg sudah Yesus ajarkan.

Ingrid Listiati
Member

Shalom Riswan, Novena Tiga Salam Maria adalah salah satu bentuk devosi, jadi bukan merupakan ajaran/ doktrin Gereja Katolik. Namun devosi ini berhubungan dengan ajaran iman Kristiani, yaitu salah satu dari perintah Tuhan sendiri dalam kesepuluh perintah Allah, “Hormatilah ayahmu dan ibu-mu” (Kel 20:12) yang kemudian diajarkan oleh Kristus (lih. Luk 18:20). Jika terhadap ibu kita sendiri saja, Tuhan Yesus menghendaki agar kita hormati, terlebih lagi terhadap ibu-Nya, yang sudah diberikan oleh Tuhan Yesus agar menjadi ibu bagi kita murid-murid-Nya (lih. Yoh 19:26-27). Arti devosi ini sendiri sudah pernah diulas di sini, silakan klik. Perlu dipahami, bahwa dalam ajaran Gereja, terdapat… Read more »

riswan
Guest
riswan

salam, saya sdh baca sebagian tetapi saya tdk membaca jauh bagian dibagian tanya jawab, saya mau fokus dulu pada perbedaan pengajaran/doktrin dari manusia dan pengajaran/doctrin dari Tuhan “Novena Tiga Salam Maria adalah salah satu bentuk devosi,jadi bukan ajaran/doktrin gereja katolik” saya mengerti ini adalah sebuah devosi tetapi siapa yg mengeluarkan devosi ini? maksud saya mungkinkah tiba2 devosi ini ada dalam alkitab atau Tuhan Yesus sendiri mengjarkan devosi maria kpd murid2 Nya yg bersama Dia selama bertahun2 tp lupa mengajarkan atau menceritakan dalam pengajarannya di dalam Alkitab? Yang berikutnya keluaran 20:12 saya tdk melihat hubungannya dengan maria mengapa (menurut GK) Yesus… Read more »

Ingrid Listiati
Member

Shalom Riswan, 1. Tentang Devosi Novena Tiga Salam Maria Tentang pengertian devosi kepada Bunda Maria, sudah pernah dibahas di artikel ini, silakan klik. Devosi umat Katolik untuk menghormati Bunda Maria dan memohon dukungan doa syafaatnya, mengambil dasar dari ajaran Kitab Suci bahwa Bunda Maria adalah ibu Tuhan (lih. Luk 1:43). Bunda Maria yang mengambil peran yang sangat istimewa dalam rencana keselamatan Allah, yaitu dengan ketaatannya, ia mengandung dan melahirkan Kristus Sang Penyelamat dunia. Oleh karena perannya ini, Maria dipersiapkan, dikuduskan/ dipenuhi dengan rahmat karunia Allah (lih. Luk 1:28); oleh karena itu ia dibenarkan Allah, dan besarlah kuasa doanya (lih. Yak… Read more »

riswan
Guest
riswan

Dari pihak katolisitas mengatakan “St. Mechtildis (1241-1298) mengajarkan devosi Novena Tiga Salam Maria ini untuk menghormati Ketiga Pribadi dalam Allah Trinitas, yang telah menganugerahi Bunda Maria dengan kekuatan-Nya (dari Allah Bapa), pengetahuan-Nya (dari Allah Putera), dan kasih-Nya (dari Roh Kudus) sehingga ia dapat membantu kita dengan doa-doa syafaatnya, terutama di saat ajal kita, untuk bertahan melawan kekuatan yang menentang Tuhan, untuk menghindari kesalahan terutama kesalahan yang disengaja, dan mengubah semua kepahitan menjadi sesuatu yang membahagiakan. Maka teks doa Tiga Salam Maria disusun berdasarkan makna ini. Demikian pula, St. Antonius dari Padua (1195-1231), St. Leonardus dari Porto Mauritio (1676-1751) dan St.… Read more »

Ingrid Listiati
Member

Shalom Riswan, Devosi itu bukan ajaran, namun adalah ungkapan kasih. Maka dasar dari devosi adalah kasih, dan ajaran tentang kasih inilah yang diajarkan dalam Kitab Suci, terutama kepada orang tua (lih. Luk 18:20; Kel 20:12; Ef 6:2). Novena Tiga Salam Maria adalah salah satu bentuk devosi yang menggambarkan kasih dan penghormatan kepada Bunda Maria, yang adalah Bunda umat beriman. Teks doa novena Tiga Salam Maria memang disusun berdasarkan penghayatan dari para Santa dan Santo (orang kudus) akan kasih dan penghormatan mereka kepada Bunda Maria yang telah dikuduskan Allah dan bersatu dengan Dia di surga. Teks doa didasari atas ajaran iman… Read more »

yusup sumarno
Guest
yusup sumarno

Saudara Riswan, Tahukah Anda bahwa banyak orang kudus yang berdevosi pada Bunda Maria, saat ini tubuhnya masih utuh (tidak membusuk) setelah meninggal berabad abad sebelumnya? Dapatkah Anda menjelaskan mengapa hal itu dapat terjadi? Siapakah yang membuat tubuh mereka tidak membusuk? Tentu saja Allah (Yesus) yang membuat mujizat itu. Itu berarti Yesus tidak merasa dilupakan/diduakan oleh para orang kudus itu, sebab memang Yesuslah perantara tunggal. Lalu di mana salahnya berdoa pada Bunda Maria (agar Bunda Maria membawa doa kita pada Yesus/Allah)? Bukankah orang protestan sendiri suka meminta bantuan doa (yang panjang panjang) pada pendetanya untuk dibawa pada Yesus/Allah? Harus diingat bunda… Read more »

riswan
Guest
riswan

Salam, Utk saya dan org percaya Doa Bapa kami adalah doa yg sempurna karena Yesus sendiri yg mengajarkan dan gereja katolik pasti setuju tetapi beranikah gereja katolik mengatakan doa novena, doa salam maria ini bukan yg di ajarkan YESUS? Saya baca satu artikel bahwa doa salam maria/rosario adalah doa yg mujarab (kurang lebih seperti itu). Padahal Yesus sdh mengajarkan kita bagaimana cara berdoa yang benar “sy ambil “Bapa kami yang ada di dalam surga dimuliakanlah namaMU.. Dari contoh Doa Bapa kami YESUS mengajarkan dalam memulai doa kita agar kita menyebut nama BAPA dan mengagungkan namaNya dulu sebelum masuk kepada pokok2… Read more »

Stefanus Tay

Shalom Riswan,
Saya ingin bertanya kepada Anda, berapa kali dalam sehari umat Kristen non-Katolik berdoa doa Bapa Kami? Dalam ibadah di gereja, apakah doa Bapa Kami didaraskan seluruh umat? Coba Anda tanyakan juga kepada teman-teman Anda. Setelah Anda memberikan jawaban, nanti kita dapat berdiskusi lebih mendalam. Semoga dapat diterima.

Salam kasih dalam Kristus Tuhan,
stef – katolisitas.org

riswan
Guest
riswan

Salam, Jangan begitu, apakah jumlah menjadi hal yg utama? Bukankah kita juga harus mengerti maksud yg YESUS coba sampaikan? Saya percaya GK pasti byk sekali menggunakan doa Bapa kami dalam ibadah,dasar sy menanyakan pertanyaan saya itu krn ada 2 hal pertama subuh2 istri saya terbangun karena anak saya nangis sepertinya kesal krn anak saya nangis lalu istri saya berdoa salam maria dan ketika sy menemani istri dan bapa mertua utk misa tentu anak kami di bawa ke gereja sebelum masuk terdengarlah doa salam maria roh saya tersentak lalu saya rahan anak saya utk tdk masuk dan mendengar saya diingatkan bahwa… Read more »

Santosa Wijaya
Guest
Santosa Wijaya

Riswan sodaraku. Di protestan, berdoa Bapa Kami jarang. Apalagi kalo ibadah oikumene, jarang mendoakan bapa kami. Hanya pas ibadah minggu bergereja sealiran/denominasi kita doa bapa kami itu saja kalo pendetanya ngajak doa Bapa Kami, kalo gak ya gak doa Bapa Kami. Berdoanya spontan melulu… jarang2 disusul doa yang standard Bapa kami, apalagi Salam Maria. Katolik lebih sering berdoa Bapa Kami. Di Katolik pas doa bersama dan misa, doa serentak semua bisa. Tanda salib serentak, berdoa Bapa Kami dan Salam Maria dan doa lain serentak semua. Protestan doanya spontanitas tak jelas ukuran mulai dan selesainya kapan. Untuk mengucapkan “Amin”, pendeta atau… Read more »

riswan
Guest
riswan

Salam, @ santosa memang kita tdk pernah berdoa kepada maria tp kita menghormati saja tdk lebih karena tidak punya efek apa2 utk keselamatan manusia dan tidak ada rumusan dalam berdoa klo itu keinginan agama yg sah2 saja tp dihadapan Tuhan adalah berdoa dalam Roh dan kebenaran. Saya tdk tahu saya tdk bisa melihat ke dalam hati setiap orang , istri saya yg katolik jarang sekali berdoa itu juga klo pegi misa. Saya hanya ingin tahu jawaban dr pertanyaan saya utk pengasuh. Sehebat itu kah doa salam maria yg di buat manusia? (Eh belum dijawab ama pa stef ) Yg saya… Read more »

Ingrid Listiati
Member

Shalom Riswan, Anda mungkin mengatakan bahwa doa syafaat Bunda Maria “tidak punya efek apa-apa” untuk keselamatan manusia, karena Anda belum mengalaminya. Namun Gereja Katolik yang sudah berusia 2000 tahun ini, dan banyak umat Katolik yang secara pribadi telah mengalami kuasa doa Bunda Maria, tidak akan mengatakan demikian. Sebab mereka yang memohon dukungan doa syafaat Bunda Maria dapat mengalami jawaban doanya, dengan memperoleh rahmat pertobatan (entah bagi dirinya sendiri atau orang lain yang didoakannya) dan ini berpengaruh untuk keselamatan manusia; demikian juga rahmat perlindungan dari mara bahaya dan dari kuasa kegelapan. Kita dapat melihat hal ini secara nyata dalam kesaksian hidup… Read more »

riswan
Guest
riswan

dear indri, Shalom Riswan, “Anda mungkin mengatakan bahwa doa syafaat Bunda Maria “tidak punya efek apa-apa” untuk keselamatan manusia, karena Anda belum mengalaminya. Namun Gereja Katolik yang sudah berusia 2000 tahun ini, dan banyak umat Katolik yang secara pribadi telah mengalami kuasa doa Bunda Maria, tidak akan mengatakan demikian. Sebab mereka yang memohon dukungan doa syafaat Bunda Maria dapat mengalami jawaban doanya, dengan memperoleh rahmat pertobatan (entah bagi dirinya sendiri atau orang lain yang didoakannya) dan ini berpengaruh untuk keselamatan manusia; demikian juga rahmat perlindungan dari mara bahaya dan dari kuasa kegelapan. Kita dapat melihat hal ini secara nyata dalam… Read more »

Ingrid Listiati
Member

Shalom Riswan, Mohon maaf jika jawaban kami terlambat. Mohon pengertian Anda, sebab ada banyak pertanyaan yang masuk ke redaksi Katolisitas, dan banyak di antaranya mengharuskan kami untuk meneliti terlebih dahulu kepada sumber-sumber ajaran Gereja, sehingga memakan waktu yang tidak singkat. Dan pertanyaan-pertanyaan itu datang kepada kami jauh lebih dahulu daripada pertanyaan Anda. Oleh karena itu, harap dimaklumi jika tanggapan kami kepada Anda tertunda. Sudah menjadi komitmen kami untuk menanggapi pertanyaan-pertanyaan yang masuk, jika disampaikan dengan maksud berdialog dengan baik, dengan kata-kata yang santun. Kalau Anda memutuskan untuk menghentikan dialog ini itu adalah hak Anda, dan kebetulan memang sudah menjadi kebijakan… Read more »

Ioannes
Member

Salam, Riswan Syukur pada Allah karena Riswan memiliki kecintaan yang besar pada Kristus. Dengan memahami bahwa doa Salam Maria berpusat dan berpuncak pada Kristus, Riswan tidak perlu lagi merasa khawatir akan doa Salam Maria. Pertama-tama, Doa Salam Maria adalah doa yang alkitabiah. Setiap kalimat dalam doa tersebut tercatat dalam Kitab Suci atau setidaknya memiliki kaitan dengan Kitab Suci. Ini telah dibahas dalam salah satu artikel di Katolisitas. Silahkan anda search dengan fasilitas yang telah disediakan. Berikutnya, bila kita melihat lebih lanjut, struktur doa Salam Maria sebenarnya bergerak menuju Kristus sebagai puncak doa. “Salam Maria, Penuh Rahmat, Tuhan sertamu,” (dari Kitab… Read more »

riswan
Guest
riswan

salam, @Ioannes Wirawan Trimaksih buat perhatiannya: “Syukur pada Allah karena Riswan memiliki kecintaan yang besar pada Kristus”, more than you know. “Dengan memahami bahwa doa Salam Maria berpusat dan berpuncak pada Kristus, Riswan tidak perlu lagi merasa khawatir akan doa Salam Maria” siapa bilang saya memahami? saya tidak menyangka bahwa doa salam maria itu berpusat pada YESUS tetapi itu menurut GK dan anda mengimani itu. “Pertama-tama, Doa Salam Maria adalah doa yang alkitabiah. Setiap kalimat dalam doa tersebut tercatat dalam Kitab Suci atau setidaknya memiliki kaitan dengan Kitab Suci. Ini telah dibahas dalam salah satu artikel di Katolisitas. Silahkan anda… Read more »

Caecilia Triastuti
Editor

Shalom Riswan, Ijinkan saya untuk menanggapi posting Anda yang terakhir kepada Yusup Sumarno dan Ioannes Wira ini. Tidak ada dari antara kami yang mengatakan bahwa Anda sebagai orang percaya membenci Maria. Namun kalau Anda mengatakan bahwa Anda juga menghormati Bunda Maria ibu Yesus, maka rasanya tidak pas bila Anda sampai menuliskan, “Perlukah Maria?” dan bereaksi sekeras ini terhadap devosi umat Katolik kepada Bunda Maria. Sebab penghormatan kita kepada sang ibu Penebus dinyatakan juga dengan pengakuan kita bahwa perannya dalam rencana keselamatan Allah itu diperlukan. Selanjutnya ijinkan saya juga mengklarifikasi pernyataan Anda yang lain, yaitu yang Anda tuliskan sebagai  “pemutarbalikan kebenaran Firman… Read more »

Ioannes
Member

Salam, Riswan Saya percaya dan bersyukur bahwa kasih anda pada Kristus sangatlah besar diluar apa yang saya bayangkan. Dengan mengerti bahwa Kristus memberikan ibuNya menjadi sebagai ibu seluruh muridNya, semoga kasih Riswan pada Kristus bertumbuh lebih besar lagi. Sebagaimana kebijakan Katolisitas karena keterbatasan waktu dan tenaga kerja, ini juga akan menjadi tanggapan terakhir saya untuk topik ini. Mohon maaf dan semoga bisa dimaklumi. Sekali lagi, saya ingin menjelaskan bahwa kesalahpahaman mengenai peran Bunda Maria (yang dianggap non-Katolik sebagai subjek sembahan orang Katolik) sebetulnya tidak akan terjadi apabila kita memahami bahwa Kristianitas memiliki jiwa sebuah keluarga. Allah memberikan kita keluarga besar… Read more »

yusup sumarno
Guest
yusup sumarno

Komentar yang sangat bagus dari Pak Ioannes (bahkan untuk saya yang sudah tidak takut untuk belajar mengasihi Maria). Saya sangat bisa memahami mengapa saudara kita dari Protestan sangat tidak senang bila kita menghormati Maria. Itu karena mereka melupakan kerjasama antara Allah dan Maria. Mereka melupakan rencana keselamatan yang dirancang oleh Allah demi keselamatan manusia; dan dalam rencana besar Allah itu, Allah melibatkan Maria. Mereka lupa bahwa Allah Bapa memenuhi Maria dengan rahmat (salam Maria penuh rahmat). mereka lupa bahwa Yesus lahir ke dunia dengan perantaraan Maria (Tuhan sertamu, dan terpujilah Buah tubuhmu Yesus). Mereka lupa bahwa Maria adalah bunda Yesus… Read more »

yusup sumarno
Guest
yusup sumarno

Sangat setuju dgn analogi dr katolisitas.
Karena Maria adalah karya istimewa Allah. Krn istimewa maka ia penuh rahmat ato roh kudus, sehingga tdk ada tempat bgi dosa. Krn istimewa Ia mengutus m. Gabriel mengunjunginya.

riswan
Guest
riswan

salam pa stef
“[dari katolisitas: Silakan menjawab pertanyaan “berapa kali umat Kristen non-Katolik berdoa Doa Bapa Kami sehari dan apakah digunakan dalam ibadah bersama, mengingat bahwa kita semua setuju bahwa Doa Bapa Kami adalah Doa yang sempurna, yang diajarkan oleh Kristus sendiri.]”

menjadi pertanyan besar saya buat pa stef “apakah pa stef tahu jumlah doa BApa kami yg di doakan umat katolik?

Stefanus Tay

Shalom Riswan, Terima kasih atas komentar Anda. Sebenarnya diskusinya sederhana, yaitu pertama, Anda mengatakan bahwa doa yang paling sempurna adalah doa Bapa Kami dan bukan doa Salam Maria. Umat Katolik meyakini hal yang sama, sehingga saya tanyakan kepada Anda – yang meyakini bahwa doa Bapa Kami adalah doa yang sempurna – berapa kali umat non-Katolik berdoa doa Bapa Kami. Anda kemudian mengatakan jangan menghitung dari berapa kali didoakan. Kalau kita meyakini bahwa Doa Bapa Kami adalah doa yang sempurna, maka kita juga harus melakukannya. Umat Katolik biasa mendoakan doa yang sempurna ini dalam doa pagi dan doa malam. Kalau umat… Read more »

riswan
Guest
riswan

Trimakasih, Saya percaya doa salam maria doa yg “alkitabiah” karena ayat2 yg di pakai cocok utk setiap perkataan dalam doa ini, TAPI tetap doa ini bukan doa yg sesuai dengan Tuhan YESUS ajarkan dan tdk bisa lebih hebat dari doa pribadi yg spontan ini lebih mulia karena alkitab mengajarkannya utk bagai mana berdoa yg benar, mintalah dalam nama-Ku, berdoa dalam Roh dan kebenaran. Pa stef, Tuhan Yesus mengerti dan melihat dari kedalaman hati kita tp harus kita mengulang2 doa,ketika stefanus di rajam mati apakah stefanus berdoa kepada maria? Ketika Yesus hampir pada kematian-Nya kepada siapa Yesus berteriak? Nah pa stef… Read more »

Andreas
Guest
Andreas

Shalom Katolisitas, saya ingin bertanya mengenai Novena Tiga Salam Maria. Kita mengetahui bahwa jika kita berdoa pada Bunda Maria, Bunda Maria berkedudukan sebagai pengantara doa kita kepada Yesus. Tetapi, saya bingung mengenai beberapa kalimat yang mengandung kata “mengabulkan”, seperti: 1. “Baik keluhuran Tuhan, penghormatanku kepadamu … akan bertambah seandainya … mengabulkan segala permohonanku ini.” 2. “O Maria, Bunda Kebijaksanaan Ilahi, sudilah kiranya Bunda mengabulkan permohonanku yang mendesak ini.” 3. “Ingatlah akan keluhuran Puteramu saja, serta kerahiman dan kebaikan hatimu yang terpancar dengan mengabulkan permohonanku ini melalui perantaraan Puteramu.” Apakah kata-kata “mengabulkan” tersebut meminta Bunda Maria mengabulkan doa kita, padahal hanya… Read more »

Ingrid Listiati
Member

Shalom Andreas, Ya benar, bahwa Bunda Maria adalah pengantara doa kita kepada Tuhan Yesus, dan jika kita mengucapkan doa kepadanya, maksudnya adalah agar Bunda Maria membawa permohonan doa kita kepada Yesus. Hal ini jelas juga disebutkan di dalam teks doa Novena Tiga Salam Maria itu, yaitu demikian: “….Dengan sangat aku mohon pertolonganmu dalam kesulitanku ini, janganlah hendaknya engkau meninggalkan aku, sebab aku yakin engkau pasti dapat menolong, meski dalam perkara yang sulit, yang sudah tidak ada harapannya, engkau tetap menjadi pengantara bagi Puteramu.” Maka jika ada perkataan kepada Bunda Maria, “sudilah mengabulkan segala permohonanku ini”, maksudnya adalah agar Bunda Maria… Read more »

Richard
Guest
Richard

Shalom Om Stefanus dan Tante Inggrid.

saya mau tahu aja om dan tante mengenai Novena 3 kali salam maria.
khan berdasarkan dari apa yang saya selama ini dengar,doa tersebut terbukti setidaknya hampir sering mengabulkan permohonan umat yang membutuhkan.yang membuat saya bingung adalah dalam pelaksanaannya.doa tersebut apakah cukup minimal sekali saja didoakan atau menggunakan batas waktu(misalnya 9 hari kayak beberapa doa yang disarankan untuk dalam batas waktu tersebut) atau bagaimana?

Terima Kasih n Tuhan Yesus Memberkati…
-Richard

Ingrid Listiati
Member

Shalom Richard,Novena Tiga Salam Maria merupakan salah satu bentuk devosi. Pengertian devosi, dapat dibaca di sini, silakan klik. Tentang apa itu devosi kepada Bunda Maria, klik di sini. Berdasarkan pengertian ini, kita mengetahui bahwa walaupun memang ada ketentuannya, namun ketentuan ini tidak merupakan ketentuan yang mati, artinya kalau tidak dipenuhi, artinya batal atau tidak berarti sama sekali. Tidak demikian. Novena memang mengacu kepada angka sembilan, maka doa novena didoakan selama sembilan hari. Namun tentu saja, kalau orang memutuskan untuk mendoakan doa novena Tiga Salam Maria setiap hari, boleh saja, dan tentu sangat baik. Atau kalau sampai karena satu dan lain… Read more »

Sylvia
Guest
Sylvia

Syalom tim katolisitas, saya ingin menanyakan. Apa perbedaan Novena Tiga Salam Maria dengan Novena Hati Kudus Yesus? Kapan waktu yang tepat dipakai untuk masing2 doa novena tersebut? Maaf, saya sudah mencari di bbrp arsip dan artikel belum dapat jawabannya. Terima kasih.

Ingrid Listiati
Member

Shalom Sylvia, Novena Hati Kudus Yesus adalah salah satu bentuk devosi kepada Tuhan Yesus, dengan merenungkan kasih dan pengorbanan-Nya bagi kita; dan Novena Tiga Salam Maria adalah salah satu bentuk devosi kepada Bunda Maria yang adalah ibu bagi kita kaum beriman. Perbedaan antara Novena Tiga Salam Maria dan Novena kepada Hati Kudus Yesus, terlihat jelas juga pada teksnya. Silakan klik di sini untuk membaca teks doa novena Hati Kudus Yesus. Silakan klik di sini untuk membaca teks doa novena Tiga Salam Maria. Karena kedua novena ini merupakan devosi, dan devosi ini merupakan ungkapan kasih, maka tidak ada keharusan yang baku… Read more »

Sylvia
Guest
Sylvia

Shalom Inggrid, Terima kasih yang sebesar2nya untuk penjelasan dan pencerahan atas pertanyaan saya. Mohon maaf kalau merepotkan tapi saya ingin menanyakan lebih detail lagi mengenai doa novena. Apabila kita dihadapkan oleh suatu masalah, bagaimana kita memilih doa novena mana yang akan kita panjatkan? Apakah perbedaanya terletak di kepada siapa kita tujukan devosi kita? (Novena Tiga Salam Maria merupakan devosi kepada Bunda Maria dan Novena Hati Kudus Yesus merupakan devosi kepada Tuhan Yesus?) Atau pemilihan devosi tergantung permasalahannya? Contohnya saya sering mendengar banyak pasangan yang meminta keturunan melalui Novena Tiga Salam Maria. Terima kasih yang sebanyak2nya dan sekali lagi maaf apabila… Read more »

Ingrid Listiati
Member

Shalom Sylvia, Novena adalah salah satu bentuk devosi, ungkapan kasih kepada Allah. Nah, ungkapan kasih kepada Allah ini dapat juga kita nyatakan melalui orang-orang kudus-Nya, yang mengambil bagian dalam karya penyelamatan Allah itu. Termasuk di sini adalah Bunda Maria, yang memang telah diberikan oleh Tuhan Yesus agar menjadi ibu bagi kita juga. Sebagai seorang ibu, Bunda Maria sungguh memahami pergumulan hidup seorang perempuan dan sebagai seorang ibu dalam keluarga. Hal kepekaan Bunda Maria sebagai seorang ibu, nampak dalam kisah perkawinan di Kana (lih. Yoh 2:1-11) di mana ia memahami masalah yang sedang dihadapi pihak keluarga pengantin, karena mereka kehabisan anggur,… Read more »

Sylvia
Guest
Sylvia

Terima kasih yang sangat besar saya ucapkan kepada Ibu Inggrid. Penjelasannya sangat jelas dan sekarang saya sangat mengerti tentang Doa Novena dan maksud dibalik devosi2 tersebut. Puji Tuhan hari ini saya diberikan kesempatan untuk belajar lebih banyak lagi tentang Tuhan kita melalui Ibu Inggrid. Saya berdoa agar Ibu Inggrid dan seluruh tim katolisitas agar dapat terus menjadi hamba Tuhan yang dapat membantu memberikan pencahan kepada umat2 yang lainnya.

God bless you always.

ika
Guest
ika

Shalom bu Ingrid. Saya mau tanya : 1. Berapakah permohonan yang seharusnya kita minta dalam Novena Hati Kudus Yesus ? 2. Apakah Doa Rosario Pembebasan juga termaksud Novena ? Terus terang ketika saya mau berdoa memohon sesuatu yang penting, saya lebih terdorong untuk berdoa Rosario Pembebasan atau Novena Hati Kudus Yesus (dan doa saya sering terkabulkan) dari pada berdoa Novena 3 kali salam Maria. Bukan berarti saya tidak tau akan kekuatan novena 3 salam Maria. Saya menyaksikan kekuatan doa novena kepada Maria lewat orang-orang di sekitar saya.tetapi ketika saya mau berdoa yang sering timbul dalam pikiran saya seperti ini kata… Read more »

Ingrid Listiati
Member

Shalom Ika, Segala macam bentuk novena merupakan bentuk devosi. Devosi adalah bentuk ungkapan kasih kepada Allah, sehingga dalam hal ini tidak ada aturan yang baku dan kaku. Memang, dari pengertiannya, novena diambil dari kata ‘sembilan’ sehingga umumnya didoakan selama sembilan hari berturut-turut, mengambil prinsip bagaimana para rasul dan Bunda Maria selama sembilan hari berturut-turut berdoa menantikan kedatangan Roh Kudus, dari hari Kenaikan Yesus ke surga sampai pada hari Pentakosta. Namun demikian, tidak ada salahnya jika doa novena tersebut diadakan setiap hari. Maka silakan mendaraskan doa Novena yang Anda pilih, baik itu Novena Hati Kudus ataupun doa Rosario Pembebasan. Sebagai orang… Read more »

ika
Guest
ika

Terima kasih atas jawabannya. Semoga artikel2 yang bu ingrid berikan dapat membawa saya lebih memahami, mengasihi dan mengobati kerinduan saya untuk juga berdevosi kepada Bunda Maria.

yvonne
Guest
yvonne

Salam damai… saya adalah seorang Kristiani, tp suami sy adalah seorang Katolik. Saat ini kmi blm menikah krna terbentur agama, sbenarnya saya sangat mncintai Bunda Maria, tp dr kluarga tidak mengijinkan sya untuk msuk Katolik, permasalahn mlai mncul saat dr pihak lelaki tak knjung dtg untuk sgra mnikahkan kmi, krna itu akhirnya suami sya memutuskan agr msk protestan, tp benar itu bkn kmauan sy, dy pun bgtu.. mulai dr itu masalah pun mulai bermunculan 1/1. Sya puncaknya saat dy mabuk dn dy menikam bpak sya dgn kaca d kepla. Sy sngt bngung saat ini. Sy ingin bercrta sdkit, saat saya… Read more »

Ingrid Listiati
Member

Shalom Yvonne, Terus terang saya kurang paham, apakah sekarang Anda sudah menikah dengan kekasih Anda atau belum? Sebab di kalimat pertama Anda mengatakan “suami” Anda, tetapi kemudian di kalimat berikutnya, Anda mengatakan bahwa “saat ini kami belum menikah“. Karena apa yang Anda tuturkan selanjutnya menjadi berbeda halnya, antara kalau Anda sudah menikah dan kalau Anda belum menikah dengan dia. Pertama, tentang bahwa pasangan Anda itu dalam keadaan mabuk telah menikam bapak Anda, memang merupakan perbuatan yang sangat keliru. Namun karena sudah terlanjur terjadi, maka yang dapat dilakukan adalah ia memohon ampun kepada bapak Anda (dan juga ibu Anda) yang pasti… Read more »

Didik Prasetyo
Guest
Didik Prasetyo

Dear Ibu Ingrid & Pak Stef : Saya almt di Sda wkt sblm married sy aktif di Katolik dan stlh married sy aktif di greja Kristen sy pernah lakukan doa novena Tiga Salam Maria dan novena Hati Kudus Yesus sekaligus dgn wkt bersamaan yg sy mau tanyakan : 1. apakah kendala dan kesulitan yg saya hadapi apabila sdh mulai dikabulkan doa novena ini dihentikan atau sampai semua kesulitan sudah diselesaikan dg tuntas baru dihentikan ? 2. Apabila sy pd hari ke4 kelewatan tdk lakukan doa pada jam yg ditentukan apakah pada hari ke 5 sy hrs melakukan doa double dg… Read more »

Ingrid Listiati
Member

Shalom Didik, Pertama- tama, harap diketahui bahwa novena (baik novena Tiga Salam Maria maupuan novena Hati Kudus Yesus) adalah devosi. Devosi sendiri merupakan ungkapan kasih kepada Tuhan, sehingga walau memang ada aturannya, namun bukan merupakan aturan yang kaku sehingga diartikan jika tidak terpenuhi maka doanya menjadi mubazir. Sebab tidak ada doa yang percuma/ mubazir di hadapan Tuhan. Maka dengan prinsip ini saya mencoba menanggapi pertanyaan Anda: 1. Jika novena dihentikan sebelum waktunya.Tentu pertanyaannya adalah, mengapa dihentikan? Apalagi jika sesungguhnya sudah dirasakan bahwa sudah mulai terlihat bahwa permohonan mulai dikabulkan. Bukankah malah seharusnya terus dilakukan dengan ucapan syukur? Namun jika sampai… Read more »

Kristina
Guest
Kristina

Dear Pak Stef dan Bu Ingrid, Saya sungguh berimakasih untuk jerih payahnya dalam menjelaskan dan mensharingkan iman Katolik. Saya bersyukur dan berdoa semoga Tuhan selalu menyertai kita, membimbing Tim Katolisitas supaya tidak jemu-jemu menjadi uluran tanganNya melalui web ini. :) Saya merasa sungguh tersentuh membaca penjelasan mengenai Doa Novena dan Rosario, yang semakin menguatkan saya. Komentar-komentar negatif dari saudara2 kita membuat saya merasa sedih akan perpecahan kita dalam Tubuh Kristus, namun di saat yang bersamaan saya merasa semakin kaya (dengan semakin memahami kekayaan ajaran dari Tradisi dan Magisterium Gereja Katolik)… Pertanyaan, sindiran maupun cemooh dari saudara-saudara kita yang selalu dijawab… Read more »

Ingrid Listiati
Member

Shalom Kristina,
Terima kasih atas dukungan Anda kepada kami di katolisitas. Tentu jika memang Tuhan berkehendak kita dapat bertemu kembali dan jika Anda berminat membantu kami dalam karya kerasulan ini, kita dapat membicarakannya.
Salam kami kepada ayah dan ibu (P. Santo dan I. Monica).

Salam kasih dalam Kristus Tuhan,
Ingrid & Stef- katolisitas.org

Romo pembimbing: Rm. Prof. DR. B.S. Mardiatmadja SJ. | Bidang Hukum Gereja dan Perkawinan : RD. Dr. D. Gusti Bagus Kusumawanta, Pr. | Bidang Sakramen dan Liturgi: Rm. Dr. Bernardus Boli Ujan, SVD | Bidang OMK: Rm. Yohanes Dwi Harsanto, Pr. | Bidang Keluarga : Rm. Dr. Bernardinus Realino Agung Prihartana, MSF, Maria Brownell, M.T.S. | Pembimbing teologis: Dr. Lawrence Feingold, S.T.D. | Pembimbing bidang Kitab Suci: Dr. David J. Twellman, D.Min.,Th.M.| Bidang Spiritualitas: Romo Alfonsus Widhiwiryawan, SX. STL | Bidang Pelayanan: Romo Felix Supranto, SS.CC |Staf Tetap dan Penulis: Caecilia Triastuti | Bidang Sistematik Teologi & Penanggung jawab: Stefanus Tay, M.T.S dan Ingrid Listiati Tay, M.T.S.
top
@Copyright katolisitas - 2008-2018 All rights reserved. Silakan memakai material yang ada di website ini, tapi harus mencantumkan "www.katolisitas.org", kecuali pemakaian dokumen Gereja. Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari website ini untuk kepentingan komersial Katolisitas.org adalah karya kerasulan yang berfokus dalam bidang evangelisasi dan katekese, yang memaparkan ajaran Gereja Katolik berdasarkan Kitab Suci, Tradisi Suci dan Magisterium Gereja. Situs ini dimulai tanggal 31 Mei 2008, pesta Bunda Maria mengunjungi Elizabeth. Semoga situs katolisitas dapat menyampaikan kabar gembira Kristus. 
X