Tentang Novena Tiga Salam Maria

Pertanyaan:

Shalom,
Saya seorang Katolik yang boleh dikatakan “KTP”, mungkin dikarenakan status saya yang telah dibaptis semenjak bayi. Saya mempunyai pacar seorang Protestan, yang menurut saya sejak bersama dia, iman saya semakin bertambah, saya menjadi semakin dekat dengan Tuhan dan Gereja Katolik. Melalui setiap pertanyaan dan pemikiran dari padanya mengenai agama Katolik yang harus dapat saya jawab. Dengan harapan dia juga bisa merasa terpanggil untuk masuk gereja Katolik dan bersama membangun keluarga Katolik yang bahagia. Banyak artikel dari web ini yang begitu membantu saya, sehingga saya dapat memahami agama Katolik yang saya yakini dengan lebih baik lagi. Pada kali ini, kendala yang saya hadapi yaitu mengenai Novena Tiga Salam Maria.

Pacar saya menanyakan:
1. mengapa di doa novena itu sedemikian panjangnya dan mengapa doa salam maria harus diulang sebanyak itu? Bukankah dalam sebuah doa itu yang terpenting adalah keyakinan dan keteguhan hati?
2. mengapa dalam doa novena sampai harus disebutkan nama santo-santa yang mengenalkan doa novena tersebut? Apakah ini menjadi hal yang penting?

Menghadapi pertanyaan tersebut saya hanya bisa mengibaratkan bahwa doa novena laiknya kita melakukan upacara bendera… Mungkin banyak dalam prosesi tersebut yang tidak kita ketahui maknanya namun tetap kita lakukan karena itu sudah menjadi bagian dari prosesi tersebut. Namun dia dan saya pribadi juga merasa kurang puas terhadap jawaban yang sudah saya berikan. Kiranya Bu Inggrid / Pak Stef / Rm. Wanta bisa memperjelasnya.
Terima kasih, Tuhan memberkati. Bernardus

Jawaban:

Shalom Bernardus,

Kami bersyukur jika website ini dapat membantu anda untuk dapat semakin mengenal iman Katolik. Berikut ini adalah yang dapat saya sampaikan tentang pertanyaan anda/ pacar anda:

1. Mengapa doa novena Tiga Salam Maria itu panjang dan mengapa doa Salam Maria diulang-ulang?  Bukankah dalam sebuah doa itu yang terpenting adalah keyakinan dan keteguhan hati?

Menurut ajaran Gereja Katolik, doa pada dasarnya adalah “Ayunan hati, suatu pandangan sederhana ke surga, satu seruan syukur dan cinta kasih di tengah percobaan dan di tengah kegembiraan.” (KGK, 2558-2559, mengutip St. Teresia kanak-kanak Yesus). Dari definisi ini, maka disposisi/ sikap hati menjadi suatu yang penting. Maka selain dari keyakinan dan keteguhan hati, yang terpenting sebenarnya adalah kasih di dalam hati kita kepada Tuhan. Kasih kepada Tuhan inilah yang mendasari setiap devosi. Jika kita mengasihi Kristus, maka ada dorongan yang kuat di dalam hati kita untuk mengasihi pula setiap anggota Tubuh Mistik-Nya, yaitu khususnya para orang kudus yang telah bersatu dengan-Nya di surga, dan terutama di sini adalah Bunda Maria, yang telah diberikan oleh Yesus untuk menjadi ibu kita juga (Yoh 19: 26- 27).

Maka meskipun kelihatannya panjang, Novena Tiga Salam Maria itu sebenarnya tidak panjang bagi orang yang mendoakannya dengan kasih. Sama seperti jika anda menghabiskan waktu yang panjang dengan pacar anda untuk berbincang-bincang hal yang sama (misalnya tentang bagaimana anda mengasihinya) dan tidak bosan, demikian pula di dalam doa, meskipun panjang, namun kalau didoakan dengan kasih, seharusnya tidak terasa panjang dan membuat bosan. Perkataan yang ada jangan dianggap sebagai perkataan dalam”upacara”, karena jika dihayati maksudnya adalah kita mengucapkan ketergantungan kita kepada Allah dan kepada dukungan doa dari Bunda Maria. Diucapkan berulang, maksudnya juga antara lain melatih kita untuk berdoa dengan setia, dan untuk menunjukkan kesungguhan hati kita. Dalam doa novena, memang biasanya boleh disebutkan ujud permohonan, dan sebenarnya pengulangan penyebutan permohonan tersebut menyadarkan kita akan segala keterbatasan dan kelemahan kita dan bahwa kita sungguh membutuhkan pertolongan dari Allah.

Selanjutnya tentang doa berulang, silakan membaca di jawaban ini, silakan klik

2. Mengapa dalam doa novena sampai harus disebutkan nama santo-santa yang mengenalkan doa novena tersebut? Apakah ini menjadi hal yang penting?

Sebenarnya doa bagi umat Katolik adalah komunikasi dengan Allah. Namun karena doa tersebut pada hakekatnya adalah “Ayunan hati dan pandangan ke surga”, maka, kita mengetahui bahwa di surga itu Allah dikelilingi oleh para kudus-Nya. Maka pandangan kita ke surga juga sebenarnya tak lepas dari pandangan kita kepada persekutuan para kudus yang memang tak henti-hentinya berdoa bagi kita yang masih berziarah di dunia. Diskusi lebih lanjut tentang persekutuan para kudus ini sudah pernah dibahas di sini, silakan klik, dan di sini, silakan klik.

Maka penyebutan akan nama Santo dan Santa yang menyebarkan devosi Tiga Salam Maria di dalam doa itu sendiri maksudnya adalah untuk mengingat jasa mereka yang mengajarkan doa novena ini, yang akhirnya banyak membantu banyak orang menerima pertolongan dari Tuhan melalui doa- doa Bunda Maria. Juga penyebutan nama-nama mereka sebenarnya untuk mengingatkan kita bahwa merekapun adalah para sahabat kita yang akan turut mendoakan kita. Bersama dengan mereka kita menghormati Bunda Maria, yang akan membawa ujud doa kita ke hadapan Tuhan.

Sebenarnya, jika kita bisa melihat para kudus itu sebagai para sahabat Yesus yang bekerjasama dengan Yesus untuk membawa banyak jiwa kepada keselamatan, maka kita akan dapat semakin memahami dan menghargai ajaran mengenai persekutuan para kudus ini. Sebab sebenarnya Tuhan Yesus tidak hanya menghendaki kita membatasi diri pada hubungan pribadi diri kita masing-masing dengan Dia (“hanya aku dengan Tuhan”) tetapi Ia menghendaki agar kita, selain datang sebagai pribadi, kita juga datang kepada-Nya dalam kesatuan bersama-sama dengan saudara/i seiman, sebagai sesama anggota Tubuh-Nya (“kami dengan Tuhan”). Itulah sebabnya dalam mengajarkan cara berdoa kepada para rasul, Yesus mengajar kita memanggil Allah sebagai “Bapa Kami” bukan “Bapa saya”.

Maka penyebutan nama para Santo/ Santa di dalam doa tidaklah ‘mengurangi’ hormat kita kepada Tuhan, bahkan sebaliknya, malah semakin memuliakan-Nya. Karena kita tidak datang sendiri, tetapi bersama- sama dengan para kudus itu ke hadirat Tuhan, dengan harapan bahwa Tuhan akan berkenan mengabulkan doa kita yang dipanjatkan dengan dukungan para sahabat-Nya yang sudah bersatu dengan-Nya di surga. Ini hampir sama dengan kita minta agar anggota keluarga, teman atau Romo/ pendeta mendoakan kita. Tentu kita senang jika ada orang yang mau mendoakan kita, bukan? Namun biar bagaimanapun juga, mereka yang masih hidup di dunia ini tidak sempurna, dan sama-sama berdosa seperti kita; sedangkan para kudus yang sudah bersatu dengan Kristus di surga, sudah menjadi sempurna, karena telah bersatu dengan Kristus sendiri. Maka ayat Yak 5:16, “Doa orang benar besar kuasanya” itu sungguh berlaku dalam diri para kudus itu, sebab mereka adalah orang-orang yang sudah dibenarkan oleh Tuhan.

Demikianlah Bernardus, yang dapat saya tuliskan sehubungan dengan pertanyaan anda. Saya berharap bahwa tulisan ini menjawab pertanyaan anda/ pacar anda. Jika masih ada yang kurang jelas, silakan bertanya kembali, dan saya akan berusaha menjawabnya.

19/12/2018

115
Tinggalkan pesan

Please Login to comment
48 Comment threads
67 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
58 Comment authors
Clrstaaclrstaaangelicajessicamf22pardoharyulianacandra Recent comment authors
joan rosunday
Guest
joan rosunday

Berkah dalem..
Setiap saya berdoa novena sering kali putus tidak pernah sampai 9x..karena kadang secara tidak sadar lupa..yang ingin saya tanyakan
1. Apakah diperbolehkan dalam 1 hari doa novena langsung didoakan 9 kali
2. Apakah setiap doa novena harus didoakan pada jam yg sama?
saya mempunyai kendala dalam waktu, karena saya bekerja dalam 2 shift yg berbeda..

Ingrid Listiati
Member

Shalom Joan Rosunday, 1. Sebenarnya doa novena adalah doa yang dilakukan untuk meniru teladan para rasul, Bunda Maria dan para murid Yesus lainnya sewaktu menantikan kedatangan Roh Kudus; yang dimulai sehari setelah Kenaikan Tuhan Yesus ke surga sampai hari Pentakosta (lih Kis 1 dan 2). Maka jumlah 9 hari itu tujuannya adalah untuk menunjukkan ketekunan dalam berdoa dan menantikan pertolongan Tuhan. Dengan demikian tentu saja anda dapat berdoa sembilan kali dalam sehari, tetapi tentu ini tidak sesuai dengan maksud diadakannya novena itu, seperti yang telah disebutkan di atas. 2. Dengan prinsip ketekunan berdoa selama 9 hari itu, maka tentu cara… Read more »

lala
Guest
lala

Dear all, Saya ingin berbagi kesaksian tentang Novena Tiga Salam Maria. Dulu saya dan pacarku saling mencintai. Sekarang kita berpisah karena kesalahan pacarku. Tapi bagiku kesalahannya bisa dimaafkan. Tapi dia keras hati karena dia minder takut menyakiti hatiku. Tapi saya selalu berdoa kepada bunda Maria untuk mengembalikan pacarku kepadaku. Saya pernah berdoa apabila dia memang jodohku, Tuhan pasti akan mempertemukan kami kembali. Sambil saya berharap saya terus berdoa Novena Tiga Salam Maria. Tanpa diduga pacarku datang, dan saya sangat senang sekali. Sekarang saya terus berdoa rosario, dan saya percaya bahwa Tuhan dan Bunda Maria pasti akan mengabulkan permohonan saya. Terima… Read more »

anita
Guest
anita

Saya adalah seorang Kristen Pentakosta (GBI), yang ingin saya tanyakan adalah… apakah bisa atau boleh bila saya ingin berdoa Novena 3x Salam Maria?? Karena yg saya dengar dan tahu, doa Novena ini adalah doa permohonan, dan tolong dibantu bagaimana caranya berdoa Novena? Karena bagi saya Kristen dan Khatolik adalah sama.. sama-sama menyembah Tuhan Allah Bapa (Tri Tunggal)

Salam,
Anita.. GBU

Caecilia Triastuti
Editor

Shalom Anita, Terima kasih untuk pertanyaannya yang indah. Tentu saja Anda boleh dan bisa berdoa Novena Tiga kali Salam Maria dan novena-novena yang lain, siapa saja boleh mendoakannya, karena doa adalah salah satu perwujudan dorongan iman dan kasih kita kepada Tuhan, untuk menyerahkan kepada-Nya semua peristiwa dalam kehidupan kita, termasuk kebutuhan-kebutuhan kita. Dan jika kita berdoa dengan perantaraan para kudus Allah, secara khusus Bunda Maria, yang adalah Bunda Allah, maka iman kita percaya bahwa Tuhan sangat berkenan, sebab bersama para kudus-Nya yang sudah mulia di surga (Gereja Mulia), Tuhan menyatakan cinta-Nya kepada kita semua di dunia (Gereja Mengembara), dalam satu… Read more »

andreas deddi
Guest
andreas deddi

Shaloom..

Deddi mau bilang terima kasih sama Ibu Ingrid Listiati dan Bapak Stefanus dll atas infonya tentang doa Novena Tiga Salam Maria. Umur deddi sekarang 17 tahun, namun slama ini Deddi kurang mengenal doa novena dan cara melakukannya. Tetapi akhirnya Deddi beranikan diri mencoba mengenal dan melakukan doa novena. Tapi Deddi ragu selama ini apa Deddi melakukannya salah apa benar, tetapi setelah membaca info di atas sekrng Deddi mulai mengerti tntng doa Novena Tiga Salam Maria. Terima kasih semuanya. Tuhan Yesus Kristus memberkati kita semua. GBU.

pieter
Guest
pieter

shalom
saya mau tanya nih waktu kita melakukan doa novena, apa kita boleh menyertai air putih ?? agar di berkati dlam doa itu ?? terus boleh ga minta panduan cara doa novena yang benar ?? terima kasih

Ingrid Listiati
Member

Shalom Pieter,

Jika maksud anda adalah ingin mendapatkan air suci, silakan anda memintanya saja di gereja, sebab umumnya disediakan air putih di sana yang sudah diberkati oleh pastor/ romo. Jika tidak disediakan, silakan anda membawa air sendiri dari rumah dan memohon Romo untuk memberkatinya. Umumnya demikianlah cara memperoleh air suci.

Tentang teks doa novena Hati Kudus Yesus, klik di sini, novena Tiga Salam Maria, klik di sini

Salam kasih dalam Kristus Tuhan,
Ingrid Listiati- katolisitas.org

Alwi
Guest
Alwi

Pak Stef dan Ibu Inggrid.
Maaf saya ralat pertanyaan saya, apakah Doa Novena Tiga Salam Maria boleh dilaksanakan pada pertemuan Lingkungan pada bulan Mei (Bulan Maria)??

Ingrid Listiati
Member

Shalom Alwi,
Tidak ada larangan untuk mendoakan Novena Tiga Salam Maria di pertemuan Lingkungan pada bulan Mei. Memang yang lebih umum adalah doa rosario, tetapi tentu dao novena Tiga Salam Maria juga dapat saja didoakan bersama. Mungkin yang perlu disadari adalah doa novena tersebut lebih singkat daripada doa rosario, sehingga perlu dipertimbangkan juga apakah mau disambung dengan doa syafaat/ doa umat/ doa spontan, ataukah disambung dengan pembacaan dan renungan Kitab Suci, atau dengan pengajaran iman Katolik tentang topik Bunda Maria.

Salam kasih dalam Kristus Tuhan,
Ingrid Listiati- katolisitas.org

Christoforus
Guest
Christoforus

Salam sejahtera, Saya seorang katolik yang lahir dari keluarga yang mengajarkan betapa pentingnya arti kehadiran Tuhan dan doa dalam kehidupan.Ketika saya memasuki umur 7 tahun,saya baru mengenal Bunda Maria secara khusus dan pribadi.Saya sering berdoa rosario dan novena tiga salam Maria,namun terkadang doa yang saya sampaikan tidak kunjung dikabulkan,sehingga saya mulai berpikir apakah ada kesalahan dalam cara berdoa saya,atau mungkin permohonan yang disampaikan terlalu egois dalam konteks memikirkan diri sendiri,dan hal lain. Namun puji Tuhan,meski terkadang tidak terkabulkan,saya masih terus melakukannya sampai saat ini.. mohon sarannya.Saat ini saya sudah berusia 19 tahun dan saya memulai doa kepada Bunda Maria lebih… Read more »

Leonard
Guest
Leonard

Shalom katolisitas,

Novena berarti “sembilan”, nah kalau misalnya doa kita sudah melewati hari yang ke-9 dan misalnya belum terjawab doa kita, lalu apa kita berdoa novena berhenti di hari ke-9 itu dan selesai tinggal menunggu atau terus berdoa sampai doa kita terkabul??

TerimaKasih, God Bless

Ingrid Listiati
Member

Shalom Leonard,
Kata novena memang berkonotasi 9, namun bukan berarti merupakan suatu batas waktu bagi doa. Maka, silakan anda terus mendoakannya, walau sudah lewat 9 hari. Anda dapat terus mendoakannya bahkan setelah permohonan anda dikabulkan. Mungkin sepanjang proses itu, Tuhan membentuk anda menjadi lebih berpasrah dan berserah kepada rencana Tuhan; dan umumnya dengan sikap yang demikian, malah anda dapat memperoleh jawaban doa anda, yang walaupun tidak persis sama dengan permohonan anda, namun akhirnya malah lebih baik bagi anda.

Salam kasih dalam Kristus Tuhan,
Ingrid Listiati- katolisitas.org

benedicta
Guest
benedicta

mau tanya kalo mau doa novena yudas tadeus 6x dalam sehari itu dilakukan berturut turut apa jam2 yang berbeda? dan apakah jamnya harus sama?

terima kasih

Ingrid Listiati
Member

Shalom Benedicta, Menurut hemat saya, tidak ada peraturan yang rinci tentang bagaimana mendoakan novena tersebut, kecuali bahwa umumnya novena dilakukan selama 9 hari berturut- turut; seperti halnya para rasul berdoa 9 hari sejak Kenaikan Yesus ke surga sampai dengan hari Pentakosta. Maksud utama doa novena adalah untuk mendekatkan diri kepada Tuhan, sehingga jika seseorang merasa terbantu dengan mendoakan doa tersebut pada waktu- waktu yang sama setiap harinya, tentu itu adalah suatu komitmen yang baik sekali. Namun jika karena satu dan lain hal, ia tidak dapat mendoakannya pada jam yang sama, maka bukan berarti bahwa novenanya gagal/ tidak ada artinya. Novena… Read more »

Kay Roven
Guest
Kay Roven

Ini yang kesekian kali saya merespon tetapi tdk ada tanggapan, KENAPA? Maka walaupun hal “mengabulkan doa” orang beriman sebenarnya menjadi hak Tuhan, namun kita mengetahui bahwa dalam beberapa kesempatan, Tuhan mengizinkan Bunda Maria turut mengambil bagian di dalamnya. Benarkah? Dasarnya apa ya? Kalo masi dikatakan “mengabulkan doa” orang beriman sebenarnya hak MENJADI HAK TUHAN kok kepastian dijawab ama bunda maria jadi tidak pasti ya jadi plinplan ya? Mengingat bunda maria adalah bunda orang percaya. Dan kalo jemaat tidak berdoa kepada bunda suci sah2 aja dong lagian sudah jelas yg punya hak menjawab kan Tuhan, orang beriman sudah tau jawaban dari… Read more »

Ingrid Listiati
Member

Shalom Kay, Memang hal mengabulkan doa adalah hak Tuhan, tetapi memang kenyataannya Tuhan mengizinkan para orang kudus-Nya untuk mengambil bagian dalam hal pengabulan doa tersebut. Hal besarnya kuasa doa orang kudus/ orang benar itu diajarkan dalam Yak 5:16. Maka jika anda tidak mau memohon dukungan doa para orang kudus atau Bunda Maria, silakan saja, itu hak anda. Tetapi jika kami umat Katolik memohon dukungan doa dari para orang kudus, itu juga adalah hak kami, dan ini ada dasarnya, baik dari Kitab Suci maupun Tradisi Suci. Jemaat Kristen awal sudah melakukan hal ini, silakan membaca beberapa artikel berikut ini (silakan klik… Read more »

Kay Roven
Guest
Kay Roven

Bagaimana mungkin mbak inggrid menggunakan yak 5:16 menunjukkan kpd org kudus spt maria dll dapat mengambil bagian dalam pengabulan doa saya mau katakan itu salah mbak tp klao memang memaksakan berarti saya melihat bahwa umat katolik masih bukan orang2 benar dan masi hidup dalam kuasa dosa, Tuhan menjanjikan kpd org yg percaya kepadaNya kita diperdamaikan dengan kematianNya dan kita di benarkan dan dikuduskan, Kalo memang org protestan tdk berdoa kpd org2 suci spt umat katolik ya jawabannya karena anak2 Tuhan adalah orang benar2 dan kita saling menguatkan satu sama lain

Ingrid Listiati
Member

Shalom Kay Roven, Doa umat Katolik ditujukan kepada Tuhan Allah Bapa melalui pengantaraan Kristus. Maka tidak benar bahwa umat Katolik berdoa kepada orang kudus seperti berdoa kepada Allah Bapa. ini adalah pandangan yang keliru. Kepada orang kudus, kamu umat Katolik hanya memohon dukungan doa, seperti halnya anda umat Protestan memohon dukungan doa dari saudara- saudari anda sesama jemaat atau kepada pendeta anda. Bedanya adalah saudara- saudari yang anda minta dukungan doanya masih hidup di dunia ini, sedangkan kami orang Katolik memohon dukungan doa kepada para orang kudus yang telah beralih dari dunia ini. Jadi nampaknya anda tidak berkeberatan bahwa kita… Read more »

Tristan
Guest
Tristan

Shalom pengasuh katolisitas yang baik hati

Mohon dijelaskan lagi soal doa novena, dan tentang ttg bunda Maria dalam doa itu ditulis sbb:
1. “..kuasa yang tak terbatas yang dianugerahkan oleh Allah Bapa kepadamu..”
2. “..engkau dianugerahi pengetahuan Ilahi yang tak terhingga oleh Puteramu,..”
3. “..kebijaksanaanmu yang tiada bandingnya, yang dikaruniakan oleh Puteramu melalui Sabda Ilahi kepadamu.”

Dasar dari ketiga pernyataan tsb? (apakah dari Alkitab, ayat mana? atau dari Tradisi suci? tradisi apa, tertulis dimana, oleh siapa..)

Mohon disertakan juga agar saya bisa lebih memahaminya..
thanks..

Ingrid Listiati
Member

Shalom Tristan, Novena Tiga Salam Maria diajarkan oleh St. Antonius dari Padua (1195–1231) , St. Alfonsus Liguori (1696–1787), St. Leonardus dari Porto Mauritio (1676-1751). Kedua orang kudus yang bernama St. Mechtildes (1241-1298) dan St. Getrude (1256–1301), memperoleh wahyu pribadi yang menunjukkan kebaikan/ keistimewaan praktek novena doa tiga Salam Maria ini. Teks novena tiga Salam Maria ini kemungkinan berasal dari doa yang diajarkan kepada St. Mechtildes dalam salah satu wahyu pribadinya, yaitu bagaimana melalui doa Tiga Salam Maria maka Allah Trinitas sungguh dihormati, karena Allah Trinitas-lah yang mengaruniakan rahmat secara khusus kepada Bunda Maria dan melakukan perbuatan- perbuatan yang besar kepada-Nya.… Read more »

Kristina Sari
Guest
Kristina Sari

Terima kasih atas penjelasan2nya,Ibu Inggrid….
Sungguh menjadi suatu pencerahan yg menakjubkan bagi saya…. ^^

Alexander Pontoh
Guest
Alexander Pontoh

haruskah novena tiga salam maria didoakan pada jam yang sudah kita tetapkan? (misal saya menetapkan setiap jam 12 malam setiap hari selama 9 hari)

Ingrid Listiati
Member

Shalom Alexander, Novena Tiga Salam Maria merupakan salah satu bentuk devosi, yaitu pernyataan kasih kita kepada Tuhan dan segenap para kudus-Nya. Maka yang disebut pernyataan kasih, tidaklah mensyaratkan sesuatu yang mutlak seperti hukum/ peraturan. Semakin kita mengasihi seseorang, semakin kita mau berkorban/ melakukan apa saja untuk menyatakannya. Demikian juga dengan segala bentuk devosi ini. Maka untuk menjawab pertanyaan anda: apakah novena tersebut harus dilakukan pas pada jam- jam tertentu setiap hari, maka tentu jika anda dapat melakukannya sangatlah baik, dan itu menunjukkan kesungguhan hati anda. Namun jika untuk suatu alasan yang masuk akal, jika pada suatu hari novena anda tidak… Read more »

Alexander Pontoh
Guest
Alexander Pontoh

Bolehkah Novena Tiga Salam Maria dilakukan setiap hari?

Ingrid Listiati
Member

Shalom Alexander Pontoh,
Tidak ada larangan untuk mendoakan doa novena setiap hari. Silakan anda mendoakannya sebagai devosi anda.

Salam kasih dalam Kristus Tuhan,
Ingrid Listiati- katolisitas.org

intan
Guest
intan

shalom,
jika ada seorang yang bkn beragama katolik namun ia beriman mengikuti ajaran katolik dan bersunggh2 melakukan doa novena.apakah doanya akan dkabulkan.apakah doa novena hanya untk umat katolik saja??apakah bisa orang yang bkn katolik namun ia mengasihi allah,yesus dan bunda maria melakukan novena?

Ingrid Listiati
Member

Shalom Intan, Sejauh yang saya ketahui, Tuhan dapat saja mengabulkan doa orang-orang yang bukan Katolik namun sungguh- sungguh berdoa secara Katolik, seperti novena dan hadir dalam Misa Kudus. Contoh yang jelas misalnya terlihat di gereja Novena, Singapura. Gereja itu selalu ramai dikunjungi orang setiap hari, tidak hanya oleh orang Katolik, tetapi juga orang- orang yang non- Katolik. Saya mempunyai seorang sahabat [yang tadinya] beragama Hindu, namun ia tetap dapat mengalami jamahan Tuhan melalui doa novena [sewaktu ia masih beragama Hindu]. Saat itu ia mengalami penyakit yang parah, silih berganti, sehingga sampai pada satu titik ia hampir putus asa. Masalahnya ini… Read more »

G. Heri Pitarso
Guest
G. Heri Pitarso

Saya sudah dapat teks doa novena 3x salam maria. Bagaimana cara berdoanya :
1. Apakah dalam 1 hari dilakukan 3 x dengan waktu yang sama selama 9 hari?
2. Apakah dalam 1 hari hanya dilakukan 1 x dengan waktu yang sama selama 9 hari?

Ingrid Listiati
Member

Shalom Heri,
Menurut pengetahuan saya, doa novena (secara umum, termasuk novena Tiga Salam Maria) dilakukan sekali sehari selama 9 hari. Namun tentu jika anda mau mendoakannya tiga kali sehari selama 9 hari itu juga sangat baik. Sebenarnya yang terpenting juga adalah sikap batin pada saat mendoakannya: yaitu dengan penuh kerendahan hati memohon agar Bunda Maria mendoakan kita dan membawa ujud permohonan kita ke hadapan Tuhan Yesus. Selanjutnya kita berserah sepenuhnya kepada penyelenggaraan dan kebijaksanaan Tuhan.

Salam kasih dalam Kristus Tuhan,
Ingrid Listiati- katolisitas.org

Puer Delmora
Guest
Puer Delmora

Seputar tentang Novena Dari sekian banyak Novena yang menjadi kekayaan doa-doa Gereja kita, ada juga salah satu Doa Novena kepada St. Yudas Thadeus yang katanya Novena Yang Tak pernah Gagal. Jika mendoakan Novena ini selama 6 kali sehari selama 9 hari berturut-turut dan meninggalkan salinan doa ini sebanyak 9 lembar di Gereja maka doa akan dijawab pada hari ke-9 atau sebelumnya. Pertanyaan saya : 1. Mengapa Doa Novena ini mempunyai ciri khusus dengan harus mempebanyak selama 9 lembar x 9 hari? Kalau ini mungkin ini sebagai salah satu bentuk menyebarkan Devosi St. Yudas Thaddeus namun rasanya memang sedikit agak lebih… Read more »

Ingrid Listiati
Member

Shalom Puer Delmora, St. Yudas Thaddeus adalah saudara dari Yakobus, saudara sepupu Yesus. St. Yudas Thaddeus ini dikenal juga sebagai Rasul yang terlupakan, terutama karena ia mempunyai nama yang sama dengan rasul yang mengkhianati Yesus, yaitu Yudas Iskariot. Kemungkinan karena inilah, Tuhan Yesus mempercayakan tugas kepadanya untuk mendoakan masalah- masalah yang hampir tidak ada jalan keluarnya (most desperate cases); agar ia dapat mengambil bagian dalam karya keselamatan Tuhan untuk mendatangkan rahmat pengabulan doa kepada mereka yang hampir berputus asa. Silakan membaca ajaran dari St. Thomas Aquinas tentang memohon dukungan doa dari para orang kudus, yang pernah dibahas di sini, silakan… Read more »

Pelayan
Guest
Pelayan

coba baca baik2 kata per kata doa novena, betapa kurang ajarnya kita sebagai manusia!

GBU

Stefanus Tay

Shalom Pelayan, Terima kasih atas tanggapannya. Kalau anda menganggap kata-kata di dalam doa Novena adalah kurang ajar, tolong dijelaskan di bagian mana atau kalimat mana dari doa Novena di bawah ini yang dipandang kurang ajar. Akan lebih baik kalau anda dapat berfokus pada satu kalimat dan kita membahas sampai tuntas satu kalimat tersebut. Setelah selesai satu kalimat, anda kemudian dapat membahas lagi satu kalimat yang lain. Semoga kita dapat berdiskusi dengan baik, sebagaimana layaknya umat beriman yang mengenal Kristus. Salam kasih dalam Kristus Tuhan, stef – http://www.katolisitas.org Berikut ini adalah doa Novena Tiga Salam Maria. Urutan doa 1) Doa Pembukaan… Read more »

Alexander Pontoh
Guest
Alexander Pontoh

Pak Stef, saya ingin bertanya.

Bunda Maria, Perawan yang berkuasa, bagimu tidak ada sesuatu yang tak mungkin, karena kuasa yang dianugerahkan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa kepadamu.
–>
kalimat ini seperti ingin menggantikan posisi Yesus. benarkah?

Stefanus Tay

Shalom Alexander Pontoh,

Terima kasih atas pertanyaannya. Doa tersebut tidak bermaksud untuk menggantikan Yesus dengan Maria. Kalau dikatakan hanya "Bunda Maria, Perawan yang berkuasa, bagimu tidak ada sesuatu yang tak mungkin" dan tidak dilanjutkan koma, maka mungkin dapat terjadi kesalahpahaman. Namun kalimat tersebut dilanjutkan dengan "karena kuasa yang dianugerahkan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa kepadamu." Ini berarti apa kuasa yang diberikan oleh Maria adalah bersumber pada kuasa yang diberikan oleh Allah Tritunggal. Dalam hal ini, kita melihat peran Maria sebagai Mediatrix dan Co-Redemptrix. Semoga dapat membantu.

Salam kasih dalam Kristus Tuhan,
stef – katolisitas.org

Alexander Pontoh
Guest
Alexander Pontoh

Baik keluhuran Tuhan dan penghormatanku kepadamu maupun keselamatan jiwaku akan bertambah seandainya engkau sudi mengabulkan segala permohonanku ini. –> mungkin juga, ini kalimat yang tidak bisa dimengerti oleh pihak protestan. karena seolah-olah kita mendapatkan keselamatan dari bunda maria. dan juga seolah-olah bunda maria yang mengabulkan permohonan kita. Submitted on 2010/05/29 at 6:10am Pengharapanku yang besar ini, berdasarkan atas kuasa yang tak terbatas yang dianugerahkan oleh Allah Bapa kepadamu. Dan untuk menghormati besarnya kuasamu itu, … –> seolah-olah kita berpengharapan kepada Bunda Maria. Meski kuasa itu dianugerahkan oleh Allah Bapa. Kenapa Allah Bapa menganugerahkan kuasa itu kepada Bunda Maria? apakah ada… Read more »

Ingrid Listiati
Member

Shalom Alexander Pontoh, 1, 2. Pertama- tama, harap dimengerti terlebih dahulu, bahwa apapun yang ada pada Bunda Maria, entah itu kuasa, pengetahuan dan belas kasihan, dst., itu disebabkan karena rahmat yang diberikan oleh Allah Bapa kepadanya. Oleh sebab itulah maka Bunda Maria disebut sebagai “full of grace“/ “kecharitomene” (Yunani) yang terjemahannya adalah “penuh rahmat.” (Luk 1:28) Maka walaupun hal “mengabulkan doa” orang beriman sebenarnya menjadi hak Tuhan, namun kita mengetahui bahwa dalam beberapa kesempatan, Tuhan mengizinkan Bunda Maria turut mengambil bagian di dalamnya. Ini bukan hal yang asing, sebab dalam Kitab Yohanes 2:1-11, dikisahkan bahwa Bunda Maria berperan serta dalam… Read more »

Alexander Pontoh
Guest
Alexander Pontoh

Saya berdoa, semoga Pelayan membaca penjelasan Bu Inggrid dan Pak Stef ttg doa Novena.

Endang
Guest

masalah doa rosario dan doa novena memang sering menjadi perdebatan yang serius antara umat kristen dan katholik. saya pikir pemahaman tentang Bunda maria yang mendapatkan tempat istimewa di gereja katholik tidak harus ditanggapi secara logika, tapi lebih kepada pandangan iman. saya memberikan apresiasi yang besar terhadap ibu inggrid yang bisa memberikan jawaban dan gambaran tepat untuk pertanyaan ini.

Renol
Guest
Renol

Syaloom Ibu Inggrid :
saya mau tanya, apa bedanya berdoa rosario dgn berdoa doa novena ?

terima kasih, JBU

Ingrid Listiati
Member

Shalom Renol,
Doa rosario dan doa novena berbeda. Berikut ini saya sertakan cara berdoa Rosario, berikut dengan teksnya, silakan klik. Dan berdoa novena, yaitu novena Hati Kudus Yesus, silakan klik dan Novena Tiga Salam Maria, silakan klik.

Salam kasih dalam Kristus Tuhan,
Ingrid Listiati- http://www.katolisitas.org

Bernardus
Guest
Bernardus

Shalom, Saya seorang Katolik yang boleh dikatakan “KTP”, mungkin dikarenakan status saya yang telah dibaptis semenjak bayi. Saya mempunyai pacar seorang Protestan, yang menurut saya sejak bersama dia, iman saya semakin bertambah, saya menjadi semakin dekat dengan Tuhan dan Gereja Katolik. …… Banyak artikel dari web ini yang begitu membantu saya, sehingga saya dapat memahami agama Katolik yang saya yakini dengan lebih baik lagi. Pada kali ini, kendala yang saya hadapi yaitu mengenai Novena Tiga Salam Maria. Pacar saya menanyakan: 1. mengapa di doa novena itu sedemikian panjangnya dan mengapa doa salam maria harus diulang sebanyak itu? Bukankah dalam sebuah… Read more »

Nicodemus
Guest
Nicodemus

Dear all,
Saya tidak bisa banyak bicara ttg agama karena pengetahuan saya ttg agama yang memang tidak cukup dalam, namun saya ingin membagi sedikit dari pengalaman saya, yang saya anggap dapat membuktikan bahwa Tuhan hadir dalam hidup saya.
Walaupun pengetahuan saya ttg agama terbatas, tiap kali saya menghadapi masalah saya berdoa pada Tuhan, salah satunya doa novena ini. Dalam tulisan saya ini, saya ingin bersyukur atas terkabulnya doa saya ini. Saya harap untuk selanjutnya saya bisa menjadi orang yang tidak hanya selalu meminta namun juga bersyukur dalam setiap doa saya. Terima kasih atas berkatmu Yesus dan terima kasih atas perantaraanmu bunda.

1 2 3
Romo pembimbing: Rm. Prof. DR. B.S. Mardiatmadja SJ. | Bidang Hukum Gereja dan Perkawinan : RD. Dr. D. Gusti Bagus Kusumawanta, Pr. | Bidang Sakramen dan Liturgi: Rm. Dr. Bernardus Boli Ujan, SVD | Bidang OMK: Rm. Yohanes Dwi Harsanto, Pr. | Bidang Keluarga : Rm. Dr. Bernardinus Realino Agung Prihartana, MSF, Maria Brownell, M.T.S. | Pembimbing teologis: Dr. Lawrence Feingold, S.T.D. | Pembimbing bidang Kitab Suci: Dr. David J. Twellman, D.Min.,Th.M.| Bidang Spiritualitas: Romo Alfonsus Widhiwiryawan, SX. STL | Bidang Pelayanan: Romo Felix Supranto, SS.CC |Staf Tetap dan Penulis: Caecilia Triastuti | Bidang Sistematik Teologi & Penanggung jawab: Stefanus Tay, M.T.S dan Ingrid Listiati Tay, M.T.S.
top
@Copyright katolisitas - 2008-2018 All rights reserved. Silakan memakai material yang ada di website ini, tapi harus mencantumkan "www.katolisitas.org", kecuali pemakaian dokumen Gereja. Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari website ini untuk kepentingan komersial Katolisitas.org adalah karya kerasulan yang berfokus dalam bidang evangelisasi dan katekese, yang memaparkan ajaran Gereja Katolik berdasarkan Kitab Suci, Tradisi Suci dan Magisterium Gereja. Situs ini dimulai tanggal 31 Mei 2008, pesta Bunda Maria mengunjungi Elizabeth. Semoga situs katolisitas dapat menyampaikan kabar gembira Kristus. 
X