Tentang Kayu Salib Yesus

Pertanyaan:

Shalom Pak Stef & Bu Ingrid,

Saya punya satu pertanyaan (yang agak melenceng) mengenai SALIB (kayu) yang di pikul oleh Yesus sampai pada ajalnya itu, apakah ada catatan atau tulisan dimana SALIB (kayu) itu berada? Apakah ada disimpan atau sudah hancur/lapuk?

Maaf sekali lagi, dan thanks. GBU

Simon

Jawaban:

Shalom Simon,

Kisah tentang salib Tuhan Yesus, adalah sebagai berikut: (Sumber: New Advent Catholic Encyclopdia):

Pada tahun 326, ibu dari Kaisar Konstantin, yang bernama  St. Helena (80 thn) melakukan perjalanan ke Yerusalem untuk membersihkan daerah kubur Yesus. Ia menerima wahyu bahwa ia akan menemukan kubur Yesus, dan Salib-Nya. Tugas ini dilakukan dengan bantuan dari St. Macarius, uskup di kota itu. Orang-orang Yahudi menyembunyikan Salib Yesus di semacam sumur dan ditimbuni oleh batu-batu, agar para beriman tak dapat menghormati Salib itu. Hanya sedikit orang Yahudi yang mengetahui tempat Salib itu dikuburkan, salah satunya bernama, Yudas, yang didorong oleh inspirasi ilahi, menunjukkan kepada para penggali letak dari Salib itu. Yudas ini kemudian menjadi seorang Santo, dengan nama Cyriacus.

Dalam penggalian terdapat tiga salib yang ditemukan. Menurut salah satu tradisi, untuk menentukan yang mana dari salib itu adalah Salib Tuhan Yesus, maka konon St. Macarius memerintahkan ketiga salib itu untuk dibawa ke sisi tempat tidur seorang perempuan yang sakit parah dan hampir meninggal. Persentuhan dengan kedua salib itu,  tidak memberikan akibat apapun kepada perempuan itu, sedangkan persentuhan dengan salib yang ketiga di mana diyakini sebagai Salib Kristus, mengakibatkan perempuan tersebut langsung sembuh. St. Helena-pun mengenali salib yang ketiga ini sebagai Salib Kristus melalui mukjizat: yaitu dengan menyentuhkan Salib Kristus ini dengan seorang pria yang telah wafat, dan ia dapat hidup kembali. Hal ini dituliskan dalam surat St. Paulinus kepada Severus, tertulis dalam Breviary di Paris. Namun demikian, menurut tradisi St. Ambrose, Salib Kristus dikenali di antara tiga salib itu, sebab terdapat naskah yang masih terpaku disana (yang bertuliskan INRI tersebut).

Setelah penemuan ini, maka St. Helena dan Konstantin membangun sebuah basilika yang megah di Kubur Yesus yang Kudus (Holy Sepulchre). Tepat di tempat ditemukannya Salib itu, dibangun sebuah atrium basilika. Sebuah bagian dari Salib Kristus ini tetap berada di Yerusalem, yang diselubungi relikwiari dari perak; sedangkan bagian lainnya, dengan paku-pakunya dikirim kembali ke Kaisar Konstantin, dan bagian inilah yang kemudian diletakkan di dalam patung Konstantin yang berada di Konstantinopel. Paku-paku yang lain kemudian disimpan di ketedral Monza.

Referensi tertulis yang paling awal tentang Salib ini diperoleh dari St. Cyril dari Yerusalem dalam tulisannya “Catecheses” (P.G., XXXIII, 468, 686, 776) yang ditulis tahun 348, sekitar 20 tahun setelah Salib ini ditemukan oleh St. Helena. Salib ini kemudian sempat dibawa lari oleh Raja Persia, Chosroes (Khusrau), yang dikalahkan oleh Raja Heraclius II. Kemudian Salib ini dibawa dalam kemenangan ke Konstantinopel dan pada tahun 629 ke Yerusalem. Namun kemudian, Heraclius dikalahkan oleh kaum muslim dan tahun 647 Yerusalem ditaklukkan oleh mereka.

Pada tgl 14 September 1241, St. Louis dari Perancis membawa fragment dari Salib Suci ini yang diterimanya dari Templars. Fragmen ini lolos dari penghancuran di jaman revolusi dan masih disimpan di Paris. Terdapat juga bagian Salib yang lain berserta dua buah paku, yang diberikan oleh Ratu Anna Gonzaga kepada biaraSaint-Germain-des-Prés. Segera setelah ditemukannya Salib Yesus ini, maka kayunya dipotong-potong menjadi relikwi dan disebarkan ke seluruh dunia. Hal ini kita ketahui dari tulisan-tulisan dari St. Ambrosius, St. Paulinus Nola, Sulpicius Severus, Rufinus, dst. Banyak bagian disimpan di Santa Croce di Gerusalemme, Roma, dan di Notre Dame, Paris (cf. Rohault de Fleury, “Mémoire”, 45-163; Gosselin, Notice historique sur la Sainte Couronne et les autres Instruments de la Passion de Note-Dame de Paris”, Paris, 1828; Sauvage, “Documents sur les reliques de la, Vrai Croix“, Rouen, 1893).

Penyebaran bagian-bagian dari kayu Salib Yesus ini menyebabkan dibuatnya sejumlah besar salib-salib, sejak dari abad ke-4 dan seterusnya, dan banyak di antaranya masih ada sampai sekarang. Sejak abad awal inilah maka dimulai devosi untuk menghormati salib pada hari Jumat Agung, yang dimaksudkan bukan untuk menghormati kayu salib, tetapi untuk menghormati Yesus yang pernah tergantung di kayu salib itu.

Baru-baru ini dibuka perbendaharaan di Sancta Sanctorum dekat Lateran, dimana disimpan benda-benda yang berkaitan dengan kayu Salib Suci, yang memberikan pengetahuan tentang salib-salib yang mengandung partikel kayu Salib Yesus itu, dan gereja-gereja yang dibangun di abad ke-5 dan 6 untuk menghormatinya. Benda yang terkenal yang ditemukan adalah salib votive dari abad ke 5, yang padanya terpasang batu-batu permata,kotak kayu berbentuk salib dengan penutup geser yang bertuliskan, “terang dan hidup” dan salib yang diberi ornamen enamel cloisonnes . Salib votive adalah benda yang paling penting sebab ini berasal pada masa yang sama dengan salib di jaman Justin II yang disimpan di basilika St. Petrus, yang mengandung relikwi dari Salib Suci yang dipasang di batu permata. Ini diyakini sebagai salib yang tertua dalam bentuk logam berharga (De Waal in “Römische Quartalschrift”, VII, 1893, 245 sq.; Molinier, “Hist. générale des arts; L’orfèvrerie religieuse et civile”, Paris, 1901, vol. IV, pt. I, p. 37).

Salib ini yang mengandung relikwi Salib Suci pertama kali ditemukan oleh Paus Sergius I (687-701) di sakristi basilika St. Petrus (cf. Duchesne, Lib. Pont., I, 347, s.v. Sergius) yang disimpan di kotak perak yang terkunci.

Demikian sekilas tentang kayu Salib Yesus. Untuk selengkapnya silakan anda membaca di link ini, silakan klik

Salam kasih dalam Kristus Tuhan,
Ingrid Listiati- www.katolisitas.org

46
Tinggalkan pesan

Please Login to comment
23 Comment threads
23 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
28 Comment authors
andri tamonobTSIngrid ListiatiRidwanBambang Recent comment authors
Bambang
Guest
Bambang

Mohon informasinya berapa ukuran salib Kristus yang beratnya mencapai 58 kg, bentuk bulat atau pesegi ya
Terima kasih

Ingrid Listiati
Guest
Ingrid Listiati

Shalom Bambang, Terdapat informasi yang beragam tentang bentuk dan berat salib Kristus, dan semuanya bersifat hipotesa, mengingat hal itu tidak langsung dapat diamati dari bukti yang diperkirakan sebagai kayu salib tersebut. Menurut keterangan dari sumber New Advent Encyclopedia, silakan klik, di sana dikatakan bahwa jika diandaikan salib itu terbuat dari kayu pinus, maka diperkirakan beratnya adalah sekitar 75 kg, dan volumenya mencapai sekitar 178.000.000 mm3, sedangkan volume yang ditemukan hanya 4.000.000 mm3, hanya sebagian kecil saja. Namun berapapun ukuran dan berat salib Tuhan, bagaimanapun bentuk dan rupa fisiknya, yang paling penting tentunya adalah bahwa kayu salib telah menjadi tanda dan… Read more »

Dwi Putri
Guest
Dwi Putri

Bu Ingrid,saya ingin bertanya,diatas palang salib terdapat tulisan Inilah raja orang yahudi,siapakah yang memasang tulisan itu dan kenapa dipasang padahal Yesus disalibkan. Apakah maksud mereka hanya untuk memperolok-olok Tuhan Yesus?
Trims,
GBu

[Dari Katolisitas: Kitab Suci mencatat bahwa tulisan tersebut ditulis oleh Pilatus (lih. Yph 19:22), dan ia pulalah yang menyuruh agar tulisan tersebut dipasangkan di tasa kayu salib (lih. Yoh 19:19). Namun tidak dituliskan siapakah nama orang yang memasangkannya di kayu salib Kristus.]

maria
Guest
maria

salam klo kayu salib Yesus bisa mendtngkn mujizat, bagaimana dg darah Yesus yg jatuh ke tanah baik itu saat perjalanan memanggul salib ke Golgota maupun saat Yesus dipaku pasti darahnya menetes. Apa ada kisah ttg tetes2an darah Yesus tsb? Krn psti akan sangat bermujizat sekali krn bagian dr tubuh Yesus. Apakah saat Maria dn Magdalena membersihkn darah Yesus di tiang penyiksaan sesaat stlh disiksa, dicambuk di film Passion of the Christ benar adanya? Klo iya apa yg terjd dg kain2 tsb? Bagaimana dg alat2 cambuk bekas menyiksa Yesus? Apa yg terjd selanjutnya, tdkkah hal tsb jg penting, bagian dr sejarah… Read more »

ANTONIUS ADI
Guest
ANTONIUS ADI

Kayu salib Tuhan Yesus terbuat dari kayu apa ya pak, bu, pohon apa yang dibuat?

Caecilia Triastuti
Editor

Salam Antonius Adi, Ada beberapa pendapat yang berbeda dari berbagai kalangan mengenai jenis kayu yang dipakai sebagai bahan kayu salib Tuhan Yesus. Ada sebagian kalangan menyatakan pohon aras Lebanon, ada yang mengatakan kayu pohon zaitun, yang keduanya banyak dijumpai di daerah Yerusalem pada jaman itu, dan dugaan kayu yang lain. Namun menurut Catholic Encyclopedia (New Advent), kayu salib Yesus diduga dibuat dari kayu pohon pinus, berdasarkan penyelidikan mikroskopis yang dilakukan terhadap sejumlah potongan / serpihan kayu salib Yesus yang tersebar di berbagai belahan dunia sebagai relikwi. Sumber selengkapnya dapat dibaca di artikel dalam New Advent tersebut yang berjudul “Archaeology of… Read more »

Gerry
Guest
Gerry

Saya ingin bertanya, di mana Gunung Golgota sekarang? Dan di mana lokasi Yesus disalib sekarang? Mohon dijawab ya, GBU All

Maximillian Reinhart
Guest
Maximillian Reinhart

Ingrid dan Stef

Aku mau bertanya saja.
Hukuman salib mengandung konsekwensi apa jika ternyata yang disalibkan belum wafat tapi sudah diturunkan dari salib?
Terima kasih.

Pax Christi sit semper vobiscum.

[Dari Katolisitas: Pertanyaan Anda kurang jelas. Apakah maksud Anda adalah pandangan yang menyangka bahwa Yesus tidak/ belum wafat tetapi sudah diturunkan dari salib? Sebab jika ini pertanyaan Anda, maka sudah pernah dibahas di sini, silakan klik. Jika maksud Anda orang lain, maka jawabnya dapat bervariasi, namun yang jelas orang itu akan suatu saat wafat juga, tidak seperti Tuhan Yesus yang wafat sekali saja di kayu salib dan sesudah itu bangkit dari kematian-Nya. ]

Maximillian Reinhart
Guest
Maximillian Reinhart


Yah, link itu sangat berarti buat aku dalam berapologi. Terima kasih.

Victor
Guest
Victor

Shalom.
Pak saya mau bertanya yg mungkin agak aneh bagi semua.

Berapakah jarak Yesus saat memanggul salib dari Istana Pilatus sampai Golgota?
Dan berapakah berat SALIB yang dipikul Yesus?

Jika Bapak/Ibu mengetahuinya saya berharap dijawab. :)
Terimakasih. GBU

Isa Inigo
Guest
Isa Inigo

Dear Katolisitas, Simon orang Kirene dipaksa memanggul salib Yesus dalam Mat 27:32; Mark 15:21 , Luk 23:26; tapi mengapa di Injil Yohanes tidak disebut? Simon dari Kirne itu dalam Markus 15:21 disebut ayah Alexander dan rufus. Siapakah Alexander dan Rufus? Terimakasih. Salam: Isa Inigo

Franky Latupeirissa
Guest
Franky Latupeirissa

Yesus sangat luar biasa bagi yang percaya kepadaNya, Dia adalah Tuhan dan Juru selamat kita, terpujilah namamu dari dulu sekarang dan selamanya

jacklin nangkoda
Guest
jacklin nangkoda

tuhan yg ajaib tuhan yg perkasa

Joan Heru
Guest
Joan Heru

Syaloom….
Kalo boleh saya menanyakan..mungkin ini tidak berhubungan langsung dengan salib, tetapi ada hubungan dengan kematian Yesus juga , konon saya denganr bahwa tombak yang digunakan untuk menusuk Yesus juga pernah ditemukan..apa benar?..pernah ada rumor bahwa Hitler jaya dikarenakan mempunyai tombak tersebut.dan mulai kalah ketika dia kehilangan tombak..karena dicuri..oleh sipa saya kurang tahu..apa benar ya rumor tentang hal tersebut..terimakasih..mohon tanggapannya

lucia
Guest

syalom pak stef dan bu inggrid. bolehkah saya memberi kesaksian tentang salib yesus? trims sebelumnya. …waktu anak saya meninggal krn sakit dss, namanya maria, usianya 3 th…ketika dia dijemput saya melihat tangan maria menggapai ke arah salib… dan ‘yang datang itu’ berjalan maju sekitar lima langkah sehingga anak saya berseru “saliiim” itu istilahnya bila menyalami tangan suster atau pastur yg ditemui sehari-harinya. lalu spt ada yg membimbing anakku berdoa dan bernyanyi lagu merdu dlm bahasa yg tak termengerti sebelum meninggalnya dlm gendongan saya dia berkata “aku ada dimana?” sambil melihat ke arah bawah, lalu dia berseru YESUS…,MARIA… Itulah kesaksian saya… Read more »

vyerly
Guest
vyerly

dalam Islam saya lihat semuanya diatur dengan tertib. baik arah mesjidnya, bacaan sembahyang nya, dan juga gerakan sembahyangnya. tapi kok Vatikan g mau atur arah gerejanya ya. dan masing -masing gereja pun punya gaya dan doa tersendiri.
saya pikir, kalau tuhan mau ampuni dosa umatnya, tinggal diampuni, ya sudah, selesai. lalu suruh rajin beribadat. .tapi kok pakai rela disalib pula agar dosa umatnya diampuni???? ntar banyak pula orang tua yang mau di salib agar dosa-dosa anaknya yang sangat dia sayangi dapat diampuni

Stefanus Tay

Shalom Vyerly, Terima kasih atas komentarnya. Untuk beberapa arsitektur Islam, anda dapat melihat contoh beberapa masjid di beberapa negara di sini – silakan klik, yang juga terlihat beradaptasi dengan arsitektur lokal. Tentang bangunan Gereja Katolik, terlihat juga beragam. Namun, sebenarnya, ada petunjuk dari Vatican, seperti letak tabernakel, dll. Dan memang hal ini, perlu diperketat, sehingga bangunan Gereja Katolik dapat mencerminkan karakteristik Gereja Katolik. Tentang liturgi, sebenarnya kalau anda pernah menghadiri Misa di beberapa daerah di Indonesia, maka mereka sebenarnya mempunyai susunan yang sama, hanya dengan bahasa lokal. Kalau misa di luar negeri, maka kita juga akan melihat struktur misa yang… Read more »

didiktarsisius
Guest
didiktarsisius

Maaf Vyerly, pikiran anda dalam memahami agama sangat berbeda dengan kami yang mengimaninya. kami tidak mengandai andaikan seperti pemikiran manusia, Pikiran Roh Kuduslah ynag ada di hati kami. Rancangan Tuhan berbeda dengan rancangan manusia.

septiyana
Guest
septiyana

saya mendengar bahwa salib tuhan berada di ka’bah saudi arabia apakah desas desus itu memeng benar dan kenapa bisa ada disana??????????

fxe
Guest
fxe

bu Ingrid;

kenapa ya — sejauh saya tahu — Vatikan masih belum mengeluarkan sikap resmi:
relikui itu otentik (kain Yesus) atau tidak otentik…
padahal belum ada relikui lain yg begitu di-kritis-i spt kain Turin ini,
tetapi Gereja berani menyatakan itu otentik.

fxe
Guest
fxe

Untuk kondisi penyaliban;
kita bisa mengambil referensi studi Shroud of Turin,
dimana telah terbukti sebagai pembungkus jenasah korban penyaliban di abad pertama.

disitu kalau tidak salah dibahas posisi kaki dan juga posisi pakunya, juga posisi tangan,
tinggi rentang tangan thd kepala , dsb dsb.

walaupun hasil studi ini tidak menjadi standar resmi…

Samuel R.S
Guest
Samuel R.S

Shalom Ibu Inggrid… Mengenai Salib Yesus, kalau saya perhatikan di setiap Salib yang ada di toko-toko, di gereja atau di rumah-rumah umat katolik, saya melihat ada perbedaan mengenai posisi kaki Yesus saat dipaku di kayu Salib (corpus), Kaki Yesus yang sebelah kanan atau kiri posisinya di atas?, maksudnya saat Yesus di paku dan di salib apakah kaki kiri (punggung kaki) di bawah atau kaki kanan yang ada di bawah ? Lalu sebelah mana arah posisi kepala Yesus saat menghembuskan nafas terakhir, apakah tertunduk di sebelah kiri, di sebelah kanan, atau tertunduk ke depan bawah ? Apakah tidak ada standarisasi dari… Read more »

Dominic.K
Guest
Dominic.K

shalom ……… sdr samuel jika anda ingin lebih banayk mengetahui perjalanan sengsara Kristus, anda bisa membaca dari wahyu pribadi yg diterima oleh Anna Katharina Emmerick, seorng biarawan Agustinian di Agnetenberg, Dülmen . klik ——) http://www.indocell.net/yesaya/pustaka3/id32.htm dan silahkan anda pilih bagian Bab XXXVIII . Dan menurut berita” film Passion of Christ ” yg di sutradarai oleh mel gibson adalah inspirasi dari buku Anna Katharina Emmerick.thank
Buat katolisitas.org , terima kasih atas kesetiannnya sampai saat ini dalam membantu dan menguatkan iman kepercayaan kami dalam ajaran gereja katolik yg kudus.Tuhan memberkati team katolisitas,
thanks Dominic.K

Samuel R.S
Guest
Samuel R.S

Syalom Sdr. Dominic… Terima kasih atas link yang diberikan. Saya sudah mengetahui cukup jelas Kisah Sengsara Tuhan Yesus Kristus, saat saya mengikuti seminar Kain Kafan dan mengamati foto2 Kisah Sengsara Tuhan Yesus, dan saya sudah menulis untuk Warta Regina Caeli. Berikut tulisan saya yg termuat di Warta RC : Seminar Misteri Kain Kafan Yesus Pameran dan Seminar Kain Kafan Seksi Katakese Paroki Regina Caeli menggelar acara Pameran & Seminar Kain Kafan dan Kisah Sengsara Yesus Kristus pada tgl 16 – 18 April lalu. Pameran diadakan hari Jumat – Minggu, pk. 09.00 – 12.00 dan pk. 16.00 – 20.00; sedangkan Seminar… Read more »

feny
Guest
feny

Saya ada pertanyaan sehubungan dengan salib Yesus dari Bp.Simon.
Apakah benar paku yang di gunakan menyalib Yesus terbuat dari kayu yang panjang dan ujungnya tajam?
Panjang kayu sekitar 25 cm dan ujungnya yg tumpul bulat berdiameter sekitar 2 cm?
Maaf sebelumnya, karena saya pernah berdoa ( doa 15 bapa kami-St.Brigita) dan di karunai pengelihatan Yesus di salib tsb.
Terima kasih.
Tuhan memberkati

DV
Guest
DV

kt temen saya, serpihan salib Yesus ada digereja saya..krn gereja saya memakai nama SALIB SUCI…..
kaget dan senang jg pas tau ini..

Simon
Guest
Simon

Shalom Pak Stef & Bu Ingrid,

Saya punya satu pertanyaan (yang agak melenceng) mengenai SALIB (kayu) yang di pikul oleh Yesus sampai pada ajalnya itu, apakah ada catatan atau tulisan dimana SALIB (kayu) itu berada? Apakah ada disimpan atau sudah hancur/lapuk?

Maaf sekali lagi, dan thanks. GBU, Simon

[Dari Admin Katolisitas: pertanyaan ini sudah dijawab di atas, silakan klik]

Romo pembimbing: Rm. Prof. DR. B.S. Mardiatmadja SJ. | Bidang Hukum Gereja dan Perkawinan : RD. Dr. D. Gusti Bagus Kusumawanta, Pr. | Bidang Sakramen dan Liturgi: Rm. Dr. Bernardus Boli Ujan, SVD | Bidang OMK: Rm. Yohanes Dwi Harsanto, Pr. | Bidang Keluarga : Rm. Dr. Bernardinus Realino Agung Prihartana, MSF, Maria Brownell, M.T.S. | Pembimbing teologis: Dr. Lawrence Feingold, S.T.D. | Pembimbing bidang Kitab Suci: Dr. David J. Twellman, D.Min.,Th.M.| Bidang Spiritualitas: Romo Alfonsus Widhiwiryawan, SX. STL | Bidang Pelayanan: Romo Felix Supranto, SS.CC |Staf Tetap dan Penulis: Caecilia Triastuti | Bidang Sistematik Teologi & Penanggung jawab: Stefanus Tay, M.T.S dan Ingrid Listiati Tay, M.T.S.
top
@Copyright katolisitas - 2008-2018 All rights reserved. Silakan memakai material yang ada di website ini, tapi harus mencantumkan "www.katolisitas.org", kecuali pemakaian dokumen Gereja. Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari website ini untuk kepentingan komersial Katolisitas.org adalah karya kerasulan yang berfokus dalam bidang evangelisasi dan katekese, yang memaparkan ajaran Gereja Katolik berdasarkan Kitab Suci, Tradisi Suci dan Magisterium Gereja. Situs ini dimulai tanggal 31 Mei 2008, pesta Bunda Maria mengunjungi Elizabeth. Semoga situs katolisitas dapat menyampaikan kabar gembira Kristus. 
X
});