Rosario New Age?

Pertanyaan:

Mohon penjelasan yang sejelas mungkin dan selengkap mungkin tentang Rosario New age

Berkah Dalem
Pius Nugraha

Jawaban:

Shalom Pius Nugraha,

Berikut ini adalah ringkasan informasi mengenai Rosario New Age, yang kami peroleh dari beberapa situs Katolik, seperti dari EWTN (Eternal Word Television Network), selengkapnya dalam bahasa Inggris, klik di sini:

Rosario- rosario New Age ini ditemukan di daerah- daerah ziarah di Eropa, umumnya dijual murah atau bahkan diberikan GRATIS. Rosario ini dibuat dari bahan plastik yang murah, dengan warna putih, biru atau merah muda, dengan cap “made in Italy”, namun tidak diketahui siapa sebenarnya yang memproduksi rosari-rosario ini. Karena rosario- rosario ini ada di tempat ziarah, maka banyak orang berpikir bahwa rosario tersebut boleh saja digunakan. Namun sebenarnya kita perlu mewaspadainya, dan lebih baik membuangnya saja, karena pada salib/ crucifix rosario tersebut terdapat lambang- lambang yang tidak sesuai dengan simbolisme Kristiani. Informasi tentang hal ini diberikan oleh  the Marian Cenacle di Limoges, Perancis tanggal 14 Maret 2005.

Rosario- rosario tersebut dikatakan Rosario New Age karena simbol- simbol yang digunakan, yang memang hanya dapat dilihat jika diperhatikan sungguh- sungguh dari jarak dekat. Di belakang tubuh Yesus, dapat dilihat figur ular dengan tiang tegak, seperti pada lambang kedokteran, yang menurut jaman kuno adalah tongkat yang dibawa oleh para dewa seperti Hermes dan Mercury. Tongkat ini juga diartikan sebagai pengukur dunia dan kekuatan energi. Figur ular sendiri digambarkan melingkar, tersembunyi di balik tubuh Tuhan Yesus, mengandung kekuatan yang terpendam. Oleh para pengikut Iblis, ini diartikan bahwa Iblis itu co- mesianic/ co- redeemer [dan ini tentu sungguh keliru!]. Bentuk lingkaran pada crucifix berasal dari Egyptian Graeco- Roman, Phoencian, simbol Baal, disebut sebagai Pentagram, yang adalah tanda utama okultisme. Lingkaran- lingkaran/ pentagrams mempunyai lima titik yang melambangkan roh, api, bumi/ tanah, air dan udara. Pentagram ini ada di ujung-ujung kayu salib, dan yang terletak di bawah salib, diletakkan terbalik, yang melambangkan iblis dalam rupa figur kambing. Keempat lingkaran dan titik di tengah-nya melambangkan emas atau matahari di dalam alchemy/ kekuatan magis.

Namun demikian, terdapat pula suatu pandangan lain, sebagaimana dituliskan oleh Fr. Gareth Levshon, yang menganggap bahwa simbol ular tersebut dapat dikaitkan dengan Bil 21:6 dan Yoh 3:14, yaitu bahwa Kristus sendiri menggunakan gambaran ular yang ditinggikan itu sebagai gambaran akan diri-Nya sendiri yang ditinggikan di kayu salib. Lalu segilima yang ada di ujung -ujung kayu salib, melambangkan kelima luka Kristus. Jika interpretasinya demikian, maka sepertinya tidak ada yang perlu dirisaukan dengan rosario tersebut.

Menurut pengetahuan kami,  tidak ada pernyataan resmi dari pihak otoritas Gereja tentang hal ini, maka mari kita menggunakan kebijaksanaan kita (prudence), untuk memutuskan akankah kita menggunakan rosario dengan ciri-ciri sedemikian atau tidak. Menurut hemat kami,  tidak perlulah kita menggunakan rosario semacam ini, karena lambang- lambang yang ada pada salibnya dapat diinterpretasikan dengan makna yang tidak sepenuhnya sesuai dengan iman kita. Yesus tidak membagi tempatnya dengan allah lain, ataupun dengan Iblis. Para New Agers berusaha menempatkan Iblis/ Setan bersama- sama dengan Kristus, dan ini sungguh tidak sesuai dengan iman Kristiani. Adalah lebih baik jika kita menggunakan rosario yang tidak mengandung lambang-lambang yang mempunyai makna ganda tersebut.  Ya, walaupun rosario itu hanya “alat” saja untuk berdoa, tetapi mari kita menggunakan rosario yang tidak disertai dengan lambang- lambang yang dapat diinterpretasikan dengan makna yang malah bertentangan dengan iman Kristiani.

Salam kasih dalam Kristus Tuhan,
Ingrid Listiati- www.katolisitas.org

29
Tinggalkan pesan

Please Login to comment
17 Comment threads
12 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
21 Comment authors
imelnirajoice merryJohny KKOktavianus Recent comment authors
imel
Member
imel

Saya baru saja mendapatkan rosario yang tampak seperti rosario biasa hanya dalam 1 kelompok hanya ada 6 manik. Semua persis sama seperti rosario biasa kecuali jumlah manik2 dalam 1 kelompoknya. Mohon penjelasannya agar tidak sqlah pemakaian.
Terimakasih. ;)

[dari Katolisitas: kami juga belum berhasil menemukan info mengenai rosario dengan 6 butir manik ini. Mungkin ada pembaca yang mengetahuinya? Atau dapatkah Anda menanyakan kepada orang yang memberikan rosario tersebut kepada Anda?]

nira
Member
nira

saya mempunyai rosario dengan urutan berikut : salib yesus, manik 6 butir, medali lambang kepala bunda maria, 4 x manik 6 butir. Yang ingin saya tanyakan itu rosario apa? mohon penjelasan, bila ada mohon sertakan doanya, terima kasih

[dari Katolisitas: mohon maaf kami juga belum berhasil menemukan info untuk rosario 6 butir dalam 4 kelompok. Mungkin ada pembaca yang mengetahuinya? Atau dapatkah Anda menanyakan kepada orang yang memberikan rosario tersebut kepada Anda?]

joice merry
Guest
joice merry

Shalom….
Saya ingin mengetahui lebih dalam lagi mengenai berdoa Bapa Kami 77x dan menurut teman sy ada juga Rosario utk doa tsb. Bolehkan saya tahu seperti apa gambar untaian rosario utk doa tsb? Terimakasih

[dari katolisitas: Kami tidak tahu tentang hal itu. Yang kami tahu ada yang tipe rosario yang disebut: Rosary of the Seven Sorrows atau Chaplet of Seven Sorrows or the Servite Rosary, yang membagi menjadi tujuh peristiwa peristiwa sedih Maria, dan setiap peristiwa ada tujuh manik-manik. Namun, berdoanya bukan 77x Bapa kami, namun 7x Bapa Kami dan 7×7 Salam Maria]

Johny KK
Guest
Johny KK

Mohon maaf, pertanyaan saya tidak langsung berkaitan dengan Rosario New Age, tetapi berkaitan dengan Rosario pada umumnya. Saya diminta oleh sekelompok Frater-Frater untuk memberikan ceramah tentang Bunda Maria. Salah satu pertanyaan yang ingin mereka ketahui adalah: Mengapa dalam doa Rosario, pada setiap peristiwa Bapa kami 1X dan Salam Maria 10X? Mengapa tidak dibalik, misalnya Bapa kami 10X dan Salam Maria 1X? Atau seimbang Bapa kami 5X dan Salam Maria 5X? Saya sudah berusaha mencaritahu alasan tersebut, tapi belum saya temukan. Mohon penjelasan dari Tim Katolisitas. Trima kasih.
Salam.
John KK

arnold
Guest
arnold

Shallom, aku mau nanya nih..
Aku baru aja dikasih rosario oleh seorang pendoa yg baik, yg mau sy tanyakan rosario tersebut mempunyai total biji sebanyak 55 buah (bukan 59 buah sprt rosario pd umumnya) boleh info ngga ttg rosario tersebut…thx before, Tuhan memberkati.

Abin
Guest
Abin

Saya mempunyai rosario gratis dari hcfm.org dan di belakang tubuh Yesus ada lambang-lambang seperti yang disebutkan bu Ingrid, tetapi bukan ular. kalau saya perhatikan itu seperti kain/selendang. Dan di http://www.catholicdailyindonesia.com dikatakan bahwa rosario tsb bukan rosario new age. Jadi bingung mana yang benar?

andreas
Guest

Maaf ini sekedar koreksi untuk penjelasan dari Katolisitas dot org soal simbol-simbol di rosario itu silahkan baca link dibawah ini biar jelas dan kita orang Katolik tidak mudah di bodohi oleh orang-orang anti Katolik, yang tidak suka kita berdevosi kepada Bunda Maria http://www.drgareth.info/na_rosary.html saya kutip dari link di atas Di Bilangan 21:6 Allah memerintahkan Musa untuk membuat ular dari tembaga pada sebuah tiang, dimana melalui itu Allah menyembuhkan orang-orang Israel yang digigit oleh ular bercun. Di Yohanes 3:14, Yesus menggunakan ular sebagai penggambaran diriNya sendiri di atas Salib jadi semua umat manusia bisa disembuhkan dari dosa. Pentagon mempunyai lima sisi.… Read more »

Armand Setiady Liwan
Guest
Armand Setiady Liwan

Shalom Bu Ingrid
Saya mau bertanya, pada salib di rosario saya ada lambang seperti matahari, kurang lebih di bawah tulisan INRI, apa sebenarnya maksud dari lambang tersebut. Lambang ini juga pernah saya liat di atas dinding atas altar gereja Fransiskus Xaverius Kuta, Terima kasih sebelumnya.

[dari Katolisitas: Kemungkinan matahari tersebut berhubungan dengan simbol untuk menunjukkan bahwa Kristus adalah Terang dunia (Yoh 8:12; 9:5) -sehingga dipakai lambang matahari.]

Mary
Guest
Mary

Apa yang harus saya lakukan jika punya rosario new age yang sudah diberkati pastor, karena saya tidak tau itu sebenarnya rosario new age?

Ryan Calvin
Guest
Ryan Calvin

Saya mempunyai sebuah rosario yang bentuknya sangat persis seperti yang dijelaskan di atas, tetapi saya mendapatkannya dari Holy Cross Family Ministries.dan juga disertai oleh kertas doa Rosario dalam bahasa Inggris (sama persis dengan doa Rosario biasa, dan bukanlah doa Rosario yang sama dengan link yang diberikan saudara Reno). Apakah benar rosario itu dari New Age ?

aloysius gonzaga
Guest
aloysius gonzaga

Mohon penjelasan jenis jenis doa rosario dan kaplet-kaplet yang sudah disahkan oleh Vatikan, apa saja? Terima kasih

Caecilia Triastuti
Editor

Shalom Aloysius, Sejauh yang kami ketahui, Vatican tidak secara khusus (detil) melakukan pengesahan terhadap berbagai jenis doa rosario maupun kaplet-kaplet (jenis doa-doa devosi yang dipusatkan pada pendarasan berbagai jenis doa rosario untuk menghormati Tri Tunggal Maha Kudus, Yesus Kristus, Bunda Maria, para Malaikat Kudus, atau para Santo/a). Namun Vatican memang memberikan panduan mengenai bagaimana sebaiknya aneka jenis dan bentuk devosi itu didoakan dan diperlakukan di dalam kehidupan menggereja umat beriman. Panduan itu tertera di dalam “Vatican Directory of Devotions : Directory on Popular Piety and the Liturgy” yang dikeluarkan oleh Congregation for Divine Worship and the Discipline of the Sacraments,… Read more »

Reno
Guest
Reno

Kita bisa melihat dimana kesesatannya… Mari kita selalu waspada dan berjaga-jaga…

http://www.summitlighthouse.org/Devotions/Rosary-for-the-New-Age-Brochure.pdf

[dari katolisitas: link tersebut adalah bukanlah doa dari Gereja Katolik dan tidak sesuai dengan iman katolik.]

elida
Guest
elida

syalom,,,, saya prostestan,,dan bukan anggota jemaat katolik,,,saya tdk mengerti sama sekali meggunakan doa rosario,,tetapi saya mempunyai rosario. saya mempunyai rosario bkn sekdar membeli atau iseng2,,krn saya mendapat mimpi,ketika itu mimpi saya begitu sgt menyeramkan,,tetapi d dalam mimpi itu tangan dan jemari saya seperti menggunakan rosario,saya menjadi tenang …..awalnya saya menggubris mimpi itu,,,lalu mimpi itu dtg lagi sehingga saya mau d bawa ke dalam kematian….tangan dan jemari saya seperti menggunakan rosario,,,saya pun selamat,,krn mimpi itu lah akhirnya saya membeli rosario. karena saya tdk tau cara menggunakan rosario itu,,saya hanya berdoa doa bapa kami….bahkan tidak saya hitung. mimpi roh jahat selalu datang… Read more »

david
Guest
david

Salam damai, Kristus

Bagaimana kalau ada seorang Katolik menggunakan rosarionya untuk berdoa, namun juga memakainya sebagai kalung atau bagian dari kostum?
Apakah rosario/ kaplet tersebut harus diberkati ulang?

[Dari Katolisitas: Tidak apa- apa menggunakan rosario untuk berdoa maupun untuk dikalungkan/ dipakai sebagai kalung. Jika rosario tersebut sudah diberkati (dan bukan rosario New Age), maka rosario itu dapat dipakai, dan tidak perlu diberkati ulang]

andryhart
Guest
andryhart

Shalom Bu Ingrid, Saya diberi rosario dengan 7 butir manik pada rantai pendek tempat tergantung salib dan 7 x 10 butir manik pada rantai panjang yang melingkar. Pada salib TIDAK TERDAPAT SIMBOL NEW AGE seperti disebutkan oleh Bu Ingrid. Rosario ini dibeli teman adik saya dari Jerman dan butir-butir maniknya berwarna-warni sehingga tampak indah. Adik saya menggunakan rosario ini untuk berdoa Bapak kami sebanyak 77 kali atau untuk berdoa Koronka. Jika dipakai untuk doa Rosario biasa juga bisa karena jumlah maniknya dalam satu urutan tetap 10 buah. Mohon pendapat Ibu tentang rosario ini, apakah masih dapat dipakai untuk doa Rosario… Read more »

Agung
Guest
Agung

wah.. saya punya ternyata rosario new age.. :p

[dari katolisitas: Jangan menyimpannya, namun silakan membuang atau memusnahkannya]

Pius Nugraha
Guest
Pius Nugraha

Mohon penjelasan yang sejelas mungkin dan selengkap mungkin tentang Rosario New aga
Berkah Dalem
Pius Nugraha

[Dari Katolisitas: Pertanyaan ini sudah dijawab di atas, silakan klik]

Romo pembimbing: Rm. Prof. DR. B.S. Mardiatmadja SJ. | Bidang Hukum Gereja dan Perkawinan : RD. Dr. D. Gusti Bagus Kusumawanta, Pr. | Bidang Sakramen dan Liturgi: Rm. Dr. Bernardus Boli Ujan, SVD | Bidang OMK: Rm. Yohanes Dwi Harsanto, Pr. | Bidang Keluarga : Rm. Dr. Bernardinus Realino Agung Prihartana, MSF, Maria Brownell, M.T.S. | Pembimbing teologis: Dr. Lawrence Feingold, S.T.D. | Pembimbing bidang Kitab Suci: Dr. David J. Twellman, D.Min.,Th.M.| Bidang Spiritualitas: Romo Alfonsus Widhiwiryawan, SX. STL | Bidang Pelayanan: Romo Felix Supranto, SS.CC |Staf Tetap dan Penulis: Caecilia Triastuti | Bidang Sistematik Teologi & Penanggung jawab: Stefanus Tay, M.T.S dan Ingrid Listiati Tay, M.T.S.
top
@Copyright katolisitas - 2008-2018 All rights reserved. Silakan memakai material yang ada di website ini, tapi harus mencantumkan "www.katolisitas.org", kecuali pemakaian dokumen Gereja. Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari website ini untuk kepentingan komersial Katolisitas.org adalah karya kerasulan yang berfokus dalam bidang evangelisasi dan katekese, yang memaparkan ajaran Gereja Katolik berdasarkan Kitab Suci, Tradisi Suci dan Magisterium Gereja. Situs ini dimulai tanggal 31 Mei 2008, pesta Bunda Maria mengunjungi Elizabeth. Semoga situs katolisitas dapat menyampaikan kabar gembira Kristus. 
X