Program pertumbuhan dan pembaharuan

Pendahuluan

Beberapa kali Ingrid dan saya diundang ke Madison – USA, untuk bertemu dengan para mahasiswa Katolik yang sedang belajar di University of Wisconsin (UW), Madison. Namun, mulai tahun 2009 ini, mereka meminta kami untuk mendampingi mereka secara konsisten, yaitu pertemuan satu bulan sekali. Kemudian, mereka membentuk kelompok kecil yang bertemu satu minggu sekali. Saya berfikir, ini adalah ide yang sangat bagus. Ini adalah suatu cara yang baik, sehingga para mahasiswa yang belajar di UW Madison dapat benar-benar mendalami iman Katolik dengan baik dan tidak terseret oleh pengaruh-pengaruh dari sekular maupun paham atau kepercayaan yang berbeda dengan Gereja Katolik.

Yang menjadi pertanyaan, bahan seperti apakah yang harus dipakai untuk menunjang pertumbuhan rohani? Apakah hanya sekedar “Bible sharing” atau juga diperkenalkan dengan ajaran dari Gereja Katolik? Setelah merenungkan hal ini, akhirnya saya berpendapat bahwa pertemuan harus diisi dengan kombinasi Bible sharing dengan didasari pengajaran Gereja Katolik, sehingga peserta dapat bertumbuh dalam iman seperti apa yang dipercayai oleh Gereja Katolik, namun pada saat yang bersamaan peserta juga mempunyai kesempatan untuk merefleksikan pengajaran Gereja Katolik ini di dalam hidupnya, sehingga pengajaran iman bukan berhenti pada pengajaran, namun dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Di tengah-tengah keterbatasan pelayanan di website katolisitas.org, maka saya mencoba mencari bahan-bahan yang cocok untuk mencapai tujuan ini. Namun, keterbatasan waktu akhirnya membuat saya mencoba untuk menemukan bahan yang telah ada, dengan parameter: bahan tersebut mempunyai isi yang berbobot, sesuai dengan pengajaran Gereja Katolik, cukup mudah dimengerti dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, cocok diterapkan dalam diskusi kecil. Akhirnya, saya menemukan satu set buku yang berjudul “In His Image” – Faith Enrichment for Adult Catholics, A Program of Renewal through Education, yang ditulis oleh salah satu professor kami di IPT, Ave Maria University, Prof. Douglas Bushman, S.T.L. Beliau adalah professor yang begitu luar biasa, rendah hati, sering memberikan retret ke pastor-pastor dan juga uskup-uskup. Setelah mengadakan kontak dengan beliau dan juga penerbit Ignatius Press, maka kami mendapatkan ijin untuk menterjemahkan buku panduan ini.

Menggunakan internet, sebagai media untuk bertumbuh

Setelah mempelajari akan adanya kelompok-kelompok kecil yang akan dibentuk oleh mahasiswa Katolik di UW Madison, maka saya berfikir bahwa alangkah baiknya jika bahan-bahan yang dipakai dalam kelompok kecil juga dapat ditayangkan di website katolisitas.org, sehingga kelompok-kelompok kecil yang lain atau individu-individu, yang mempunyai keinginan yang sama, dapat juga memakai bahan yang ada. Dan melalui website ini, kelompok-kelompok kecil ini juga dapat memberikan hasil diskusi dalam kelompoknya untuk dibagikan dengan kelompok yang lain. Dengan cara ini, maka terbuka juga kesempatan bagi semua orang untuk dapat belajar bersama dan bertumbuh secara spiritual, mengasihi Yesus dan juga Gereja-Nya, beserta dengan Maria dan seluruh jajaran orang-orang kudus.

Bahan panduan: In His Image

In His Image, adalah suatu program terpadu untuk pertumbuhan iman umat Katolik dewasa, yang menekankan pada pembaharuan melalui edukasi. Melalui program ini, semua peserta diajak untuk menemukan arti sebenarnya dari pembaharuan, yang sering sekali dimengerti sebagai sesuatu yang salah dan dangkal. Program ini mengimplementasikan dan mengajarkan arti pembaharuan seperti yang diserukan oleh Konsili Vatikan II, yaitu hidup kudus, karena hanya kekudusan-lah yang dapat benar-benar memperbaharui Gereja Katolik dan seluruh muka bumi. Kekudusan dapat didefinisikan sebagai mengasihi Tuhan dan sesama atas dasar kasih kita kepada Tuhan, atau kesempurnaan kasih. Namun, kita juga dapat mendefinisikan kekudusan sebagai hidup menurut dokrin dan dogma. Hal ini hanya dimungkinkan kalau seseorang mengerti secara benar apa yang diajarkan oleh Gereja Katolik dan bagaimana menerapkan ajaran tersebut di dalam kehidupan sehari-hari, sehingga tidak ada ‘gap’/ kesenjangan antara doktrin dan kehidupan sehari-hari.

Secara garis besar, program ini dapat dijabarkan dalam bagan berikut ini:

bagan1
klik pada gambar untuk memperbesar

Dari bagan di atas, maka kita melihat bahwa program pertumbuhan dan pembaharuan ini benar-benar menempatkan karya keselamatan Allah dalam hubungannya dengan Trinitas yang tidak terlepas dari Gereja, sebagai persekutuan para murid Kristus dan Tuhan sendiri, dimana Roh Kudus menjadi jiwa dari Gereja. Dan tiap-tiap anggota Gereja dipanggil untuk berpartisipasi dalam tiga misi keselamatan Allah, yaitu sebagai nabi, iman dan raja.

Terima kasih kepada Profesor Douglas Bushman dan Ignatius Press, yang telah memberikan ijin kepada kami untuk menerjemahkan buku “In His Image”, sehingga memungkinkan banyak umat Katolik Indonesia untuk bertumbuh dalam iman dan mengalami pembaharuan, agar pada akhirnya nama Tuhan akan semakin dipermuliakan. Kami mengundang seluruh pembaca katolisitas.org untuk turut berpartisipasi dalam program ini, dan turut menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dalam program ini.

Bunda Maria dan para kudus di Sorga, doakanlah kami, sehingga kami, umat Allah yang masih mengembara di dunia ini dapat semakin mengenal dan mengasihi Yesus dan Gereja-Nya. Amin.

Tentang penulis “In His Image”, Profesor Douglas Bushman, S.T.L.

bushmanDouglas Bushman, Director, Professor IPT – Ave Maria University
Education: S.T.L., University of Fribourg.
Courses: Spirituality, Ecclesiology, Pastoral Theology, Catechesis, John Paul II and Vatican II.

Before joining Ave Maria University, Mr. Bushman served as a parish Lay Theologian and a diocesan Coordinator of Education, directing programs of adult religious education, catechist formation and formation for permanent deacons. Most recently, Professor Bushman spent nine years developing a highly successful graduate program in Religious and Pastoral Studies. His work in this field has been recognized from coast to coast, and he brings significant expertise and resources to Ave Maria University.

Besides numerous articles in Catholic magazines, he is the author of In His Image: Program of Renewal Through Education (1990), introductions to a new publication of The Sixteen Documents of Vatican II (1999) and several articles in the Catholic Encyclopedia of Apologetics and Evangelization (2002).

His academic work is complemented by appearances on Catholic radio and television, and participation in several education-related apostolates, including; ProLife Minnesota, the Image of God religion textbook series, and the Millennium Evangelization Project. He gives lectures and retreats on a wide range of theological and spiritual topics for various groups, such as parents, parish staffs, young adults, catechists, seminarians and teachers.

Professor Bushman and his wife, JoAnn, home school their six children in Green Bay, Wisconsin.”

PROGRAM “IN HIS IMAGE”

Pengarang: Prof. Douglas Bushman, S.T.L.
Diterjemahkan oleh: katolisitas.org
dengan seijin Ignatius Press, USA.

Catatan: tidak diperkenankan mengutip bagian ini
tanpa seijin katolisitas.org

SESSION 1

Minggu 1

[catlist ID=509 order=ASC numberposts=10]

Minggu 2

[catlist ID=572 order=ASC numberposts=10]

20
Tinggalkan pesan

Please Login to comment
11 Comment threads
9 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
13 Comment authors
TeddyNathanaelJohan AdisastraPratamaBambang Setiono Recent comment authors
Nathanael
Guest
Nathanael

Salam dalam Kristus.

Pak Stef, Saya pernah melihat salah satu diskusi dalam site yang dipandu pak Stef dan pak Stef pernah bilang bahwa ada buku in his imange yang bapak ingin terjemahkan tetapi belum sempat.
Kalau memang memungkinkan bisakah saya minta pengarang dan penerbit dari buku itu supaya saya bisa melihat apakah ada kemungkinan saya bisa membantu untuk menterjemahkan. Kebetulan saya tinggal di Australia jadi semoga lebih mudah untuk mendapatkan buku2 yang memang dalam ditulis dalam bahasa Inggris.
Semoga bacaannya tidak terlalu berat supaya saya bisa membantu karena keterbatasan bahasa inggris saya. Tuhan Yesus memberkati.

Terima kasih.

Natanael Sumodiardjo

Johan Adisastra
Guest
Johan Adisastra

Shalom..,
Saya senang sekali bisa ketemu dan bergabung di situs Katolik ini kiranya bisa meberikan berkat bagi banyak orang .

Pratama
Guest
Pratama

Shalom, saya maw bertanya bagaimana cara membeli buku ini??
karena dalam KMK (keluarga mahasiswa katolik) saya memerlukan referensi buku-buku untuk membentuk semacam kelompok tumbuh bersama .. Terima kasih..

Bambang Setiono
Guest

Bagus sekali dan menambah wawasan kita tentang pembaharuan yang sedang berlangsung di seluruh gereja Katholik. Thanks n GBUs

Saulus
Guest
Saulus

Saya ingin ikut bergabung dalam program ini. Apa saja yang harus saya lakukan?

candida
Guest
candida

Terima kasih atas kesempatan dimana say boleh bergabung dalam program ini. Besar harapan saya , agar dapat menjadi sumber inspirasi dalam pelayanan dan sharing iman. Amin.
Tuhan selalu memberkati.

Vincentius Syofian Hari P
Guest
Vincentius Syofian Hari P

Terima kasih diijinkan untuk bejar dalam terang iman. Tuhan memberkati kita semua gerejanya

Henry Hariono
Guest
Henry Hariono

Thanks, saya akan mengikuti program ini, sebab akan banyak membantu saya untuk lebih memahami dan mendalami iman dan ajaran gereja katolik. Amin
GBUs

Augustinus Setioadhi
Guest
Augustinus Setioadhi

Thanks, saya ingin ikut program ini.
Agar bisa bertumbuh didalam pengajaran yg benar. Gbu

bernadet
Guest
bernadet

Trims untuk boleh ikut ambil bagian dalam kesempatan pembelajaran ini. Gbu

johanes
Guest
johanes

Thanks sudah mau sharingkan program ini buat yang di Indonesia. Smoga semua boleh bertumbuh dalam pengajaran iman yang benar,

Romo pembimbing: Rm. Prof. DR. B.S. Mardiatmadja SJ. | Bidang Hukum Gereja dan Perkawinan : RD. Dr. D. Gusti Bagus Kusumawanta, Pr. | Bidang Sakramen dan Liturgi: Rm. Dr. Bernardus Boli Ujan, SVD | Bidang OMK: Rm. Yohanes Dwi Harsanto, Pr. | Bidang Keluarga : Rm. Dr. Bernardinus Realino Agung Prihartana, MSF, Maria Brownell, M.T.S. | Pembimbing teologis: Dr. Lawrence Feingold, S.T.D. | Pembimbing bidang Kitab Suci: Dr. David J. Twellman, D.Min.,Th.M.| Bidang Spiritualitas: Romo Alfonsus Widhiwiryawan, SX. STL | Bidang Pelayanan: Romo Felix Supranto, SS.CC |Staf Tetap dan Penulis: Caecilia Triastuti | Bidang Sistematik Teologi & Penanggung jawab: Stefanus Tay, M.T.S dan Ingrid Listiati Tay, M.T.S.
top
@Copyright katolisitas - 2008-2018 All rights reserved. Silakan memakai material yang ada di website ini, tapi harus mencantumkan "www.katolisitas.org", kecuali pemakaian dokumen Gereja. Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari website ini untuk kepentingan komersial Katolisitas.org adalah karya kerasulan yang berfokus dalam bidang evangelisasi dan katekese, yang memaparkan ajaran Gereja Katolik berdasarkan Kitab Suci, Tradisi Suci dan Magisterium Gereja. Situs ini dimulai tanggal 31 Mei 2008, pesta Bunda Maria mengunjungi Elizabeth. Semoga situs katolisitas dapat menyampaikan kabar gembira Kristus. 
X