Kepastian

Sharing pengalaman oleh Pastor Felix Supranto, SS.CC

Pada tanggal 27 November 2016 aku bersepeda melalui perkampungan Ciben (China Benteng) di belakang Gereja St. Odilia, Citra Raya-Tangerang. Aku melewati beberapa nisan Tionghoa di sana. Banyak orang di kampung itu memang memakamkan saudara-saudarinya tidak jauh dari rumah mereka.

Perhatianku tertuju kepada seorang anak laki-laki, kira-kira kelas lima Sekolah Dasar. Anak itu sedang menabur bunga dan berdiam diri sambil memegang batu nisan mamanya. Kehadiranku di sampingnya tidak mengganggu doanya. Doanya sangat indah untuk didengar: “Mama, hari ini aku ulang tahun. Aku sebenarnya kangen dengan kue buatan Mama yang telah siap di meja ketika aku bangun tidur pada saat hari ulang tahunku. Mama tidak usah sedih karena kue buatan Mama masih terasa enak kok sampai sekarang. Ma… aku masih rajin belajar dan berdoa seperti nasihat Mama supaya aku dapat menjadi polisi yang baik hati seperti cita-citaku. Dengan menjadi polisi, aku mau menolong orang-orang menyeberang jalan dengan aman. Mama memang sudah tidak bisa dilihat mata, tetapi aku yakin Mama bisa melihat dan mendengarkan aku. Doakan aku ya Ma… biar cepat gede dan meraih impianku”.

Anak itu teryata yatim piatu. Ayahnya telah lama meninggal dunia karena kecelakaan lalu lintas. Penyebab kematian ayahnya itu telah membentuk cita-citanya untuk menjadi polisi yang dapat membantu sesamanya. Setelah ayahnya meninggal dunia, ia hidup bersama ibunya. Ibunya sangat mengasihinya. Ibunya senantiasa mengajarinya untuk hidup mengandalkan Tuhan. Ibunya itu meninggal dunia beberapa tahun silam karena penyakit kanker yang tak pernah ia rasakan. Ibunya meninggal dunia dengan mewariskan iman yang mendalam kepadanya. Anak itu sekarang diasuh oleh pamannya. Aku yakin ia pasti bisa melewati tahap kehidupannya yang sulit karena Tuhan senantiasa berjumpa dengannya dalam doanya untuk menolongnya dalam mencapai masa depannya yang indah: “sendengkanlah telinga-Mu kepadaku, bersegeralah melepaskan aku! Jadilah bagiku gunung batu tempat perlindungan, kubu pertahanan untuk menyelamatkan aku! (Mazmur 31:3).

Aku dapat mengungkapan isi hatinya yang mendalam dalam bait-bait puisi singkat berikut ini:

Cita-citaku yang ingin kugapai

tak mudah kuraih,

bagaikan bahtera di tengah samudera

perlu kekuatan dan kesiapan untuk menghadapi samudera.

Meskipun ada luka yang kurasakan,

senyuman lebar dan mata berbinar menjadi kepastian

karena dermaga telah menambat jiwa.

Kesimpulan dari pengalaman iman ini adalah Tuhan akan memberikan kita kekuatan dalam menghadapi setiap masalah. Karena itu, jangan menjadi cemas karena persoalan kita, tetaplah kuat bersama Tuhan sebab hanya orang yang kuat yang akan mendapatkan pertolongan-Nya. Di dalam Dia ada jalan keluar, pengharapan dan kepastian: “Karena itu rendahkanlah dirimu di bawah tangan Tuhan yang kuat, supaya kamu ditinggikanNya pada waktunya. Serahkanlah segala kekuatiranmu kepadaNya, sebab Ia yang memelihara kamu” (1 Petrus 5:6-7).

19/12/2018
Romo pembimbing: Rm. Prof. DR. B.S. Mardiatmadja SJ. | Bidang Hukum Gereja dan Perkawinan : RD. Dr. D. Gusti Bagus Kusumawanta, Pr. | Bidang Sakramen dan Liturgi: Rm. Dr. Bernardus Boli Ujan, SVD | Bidang OMK: Rm. Yohanes Dwi Harsanto, Pr. | Bidang Keluarga : Rm. Dr. Bernardinus Realino Agung Prihartana, MSF, Maria Brownell, M.T.S. | Pembimbing teologis: Dr. Lawrence Feingold, S.T.D. | Pembimbing bidang Kitab Suci: Dr. David J. Twellman, D.Min.,Th.M.| Bidang Spiritualitas: Romo Alfonsus Widhiwiryawan, SX. STL | Bidang Pelayanan: Romo Felix Supranto, SS.CC |Staf Tetap dan Penulis: Caecilia Triastuti | Bidang Sistematik Teologi & Penanggung jawab: Stefanus Tay, M.T.S dan Ingrid Listiati Tay, M.T.S.
top
@Copyright katolisitas - 2008-2018 All rights reserved. Silakan memakai material yang ada di website ini, tapi harus mencantumkan "www.katolisitas.org", kecuali pemakaian dokumen Gereja. Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari website ini untuk kepentingan komersial Katolisitas.org adalah karya kerasulan yang berfokus dalam bidang evangelisasi dan katekese, yang memaparkan ajaran Gereja Katolik berdasarkan Kitab Suci, Tradisi Suci dan Magisterium Gereja. Situs ini dimulai tanggal 31 Mei 2008, pesta Bunda Maria mengunjungi Elizabeth. Semoga situs katolisitas dapat menyampaikan kabar gembira Kristus. 
X