Doa di saat Kekeringan Rohani

Doa di saat Kekeringan Rohani
oleh St. Anselmus

O, Terang yang tertinggi dan tak terhampiri
O, Kebenaran yang penuh dan terberkati
Betapa jauhnya Engkau dari aku
meskipun aku sangat dekat kepada-Mu!
Betapa jauhnya Engkau dari pandanganku
meskipun aku hadir di hadapan-Mu!
Engkau ada di manapun dengan keseluruhan diri-Mu,
namun aku tidak melihat Engkau;
di dalam Engkau aku bergerak dan hidup,
namun aku tak dapat mendekati-Mu.
O Tuhan, biarlah aku mengenal Engkau
dan mengasihi Engkau sehingga aku dapat menemukan sukacita di dalam Engkau;
dan jika aku tidak dapat melakukannya dengan sempurna di kehidupan ini,
biarlah aku sedikitnya membuat sedikit kemajuan setiap hari,
sampai pada akhirnya saat pengetahuan, kasih, dan suka cita
datang kepadaku di dalam seluruh kepenuhannya.

Amin.

19/12/2018

6
Tinggalkan pesan

Please Login to comment
4 Comment threads
2 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
5 Comment authors
Ingrid ListiatiRudolfCaecilia Triastutiandyantonius_wenang Recent comment authors
Rudolf
Guest
Rudolf

shalom tim katolisitas..saya ingin bertanya bagaimana kita tahu jika kita sedang dalam kekeringan rohani?apakah itu berarti doa yg tidak membawa sukacita lagi,atau perasaan tidak didengarkan?mohon penerangannya mnurut ajaran Bunda Gereja..

Ingrid Listiati
Member

Shalom Rudolf, Kekeringan rohani itu dapat dialami oleh siapapun, di tahap apapun dalam pertumbuhan rohani. Demikianlah yang kita ketahui dari beberapa tulisan para orang kudus. Seseorang yang baru bertumbuh di tahap awal, dapat mengalami kekeringan rohani, demikian juga mereka yang telah mencapai tahapan yang telah lanjut. Namun keadaaan ini tidak dapat disamakan, karena memang berbeda. Di tahap pertumbuhan awal, seseorang yang merasa kekeringan rohani, umumnya disebabkan karena dia sendiri tidak disiplin dalam meluangkan waktu untuk berdoa dan merenungkan Sabda Tuhan, tidak setia menerima sakramen-sakramen (Ekaristi dan Pengakuan dosa) dan juga sehari-harinya kurang memberikan perhatian kepada hal-hal rohani. Namun bagi orang-orang… Read more »

andy
Guest
andy

Terimakasih Ibu Caecilia Triastuti dan kepada seluruh pengurus web.katosilitas, saya sangat senang membaca tanggapan dari ibu Caecilia meskipun air mata saya akan terjatuh lagi dalam membaca tanggapan Ibu Caecil,dan saya akan coba menuruti saran-saran dari Ibu, dan mohon Doanya untuk kami selalu ya Bu Caecil, dan semoga dalam masa PraPaskah ini meskipun tanpa ada almh.istri saya secara pandangan visual fisiknya, namun saya tetap akan lebih semangat menjalaninya. Terimakasih dari kami Andy Oloan Siahaan & Mikhael Lovely Putra Aka Siahaan untuk seluruh staff/pengurus situs katolisitas.org Semoga Tuhan Yesus Selalu Memberkati seluruh Staff/Pengurus katolisitas.org dalam memberikan pelayanannya untuk memberikan penerangan melalui sabda… Read more »

andy
Guest
andy

saya mohon agar Romo-romo, ibu inggrid dan keluarga serta teman2 semuanya, untuk mendoakan saya yang saat ini telah ditinggal pergi oleh istri saya (Angela Maria Kartani Sagala) yang sangat saya cintai dan kasihi. meskipun sudah 25 hari kepergiaan almarhum istri saya, saya tetap merasa rapuh dan terkadang tak tau harus bagaimana sehingga saya pun merasakan seolah kekeringan rohani di dalam diri saya. (di saat menuliskan ini pun kembali saya merasakan kesedihan yang mendalam dan lagi-lagi saya menjatuhkan air mata untuk yang ke sekian kalinya). almarhum istri saya meninggalkan saya dan anak kami Mikhael Lovely Putra Aka Siahaan yang saat ini… Read more »

Caecilia Triastuti
Editor

Shalom Andy, Pertama-tama kami semua di Katolisitas turut menyampaikan rasa dukacita yang mendalam atas wafatnya istri Anda yang tercinta, Angela Maria Kartani Sagala. Dalam iman kita akan kebangkitan Kristus yang jaya bagi keselamatan umat manusia yang mengasihi Dia dan sungguh teramat dikasihiNya, kita mempunyai pengharapan indah bahwa jiwanya disambut dalam sukacita kasih setia Allah Bapa dan bersama doa-doa kita, diperkenankan mengalami kedamaian kekal di Surga. Kiranya kasih dan penghiburanNya yang melampaui segala pengertian, akan selalu dapat Anda alami dan rasakan, terutama di saat-saat ini di mana Anda masih sangat merasakan kehilangan dan kesedihan yang mendalam. Membaca kisah yang Anda tuliskan,… Read more »

antonius_wenang
Guest
antonius_wenang

Amennnnn, Haleluya.

Romo pembimbing: Rm. Prof. DR. B.S. Mardiatmadja SJ. | Bidang Hukum Gereja dan Perkawinan : RD. Dr. D. Gusti Bagus Kusumawanta, Pr. | Bidang Sakramen dan Liturgi: Rm. Dr. Bernardus Boli Ujan, SVD | Bidang OMK: Rm. Yohanes Dwi Harsanto, Pr. | Bidang Keluarga : Rm. Dr. Bernardinus Realino Agung Prihartana, MSF, Maria Brownell, M.T.S. | Pembimbing teologis: Dr. Lawrence Feingold, S.T.D. | Pembimbing bidang Kitab Suci: Dr. David J. Twellman, D.Min.,Th.M.| Bidang Spiritualitas: Romo Alfonsus Widhiwiryawan, SX. STL | Bidang Pelayanan: Romo Felix Supranto, SS.CC |Staf Tetap dan Penulis: Caecilia Triastuti | Bidang Sistematik Teologi & Penanggung jawab: Stefanus Tay, M.T.S dan Ingrid Listiati Tay, M.T.S.
top
@Copyright katolisitas - 2008-2018 All rights reserved. Silakan memakai material yang ada di website ini, tapi harus mencantumkan "www.katolisitas.org", kecuali pemakaian dokumen Gereja. Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari website ini untuk kepentingan komersial Katolisitas.org adalah karya kerasulan yang berfokus dalam bidang evangelisasi dan katekese, yang memaparkan ajaran Gereja Katolik berdasarkan Kitab Suci, Tradisi Suci dan Magisterium Gereja. Situs ini dimulai tanggal 31 Mei 2008, pesta Bunda Maria mengunjungi Elizabeth. Semoga situs katolisitas dapat menyampaikan kabar gembira Kristus. 
X