Diskusi Tentang Ke-Allahan Yesus Kristus

Pertanyaan:

Mengapa tidak bisa diterima akal? Karena berikut…

LOGIKA :

Seorang ayah memiliki seorang anak, kekuasaan sang ayah pasti lebih besar ketimbang kekuasaan sang anak, wajar jika seorang anak meminta tolong kepada ayahnya. Tapi apakah mereka satu?? Ya.. mereka satu, satu DNA, satu GARIS KETURUNAN, satu TEMPAT TINGGAL tetapi mereka berbeda pribadi bukan??

Begitu pula dengan Yesus, Yesus berdoa karena dia tahu hanya dari bapanyalah ada keselamatan.

Yoh. 17:3 = “Inilah hidup sejati dan kekal; supaya orang mengenal Bapa, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang diutus oleh Bapa.” (Perhatikan, Yesus tidak menyebut dirinya, tetapi Bapaknya di surga sebagai ”satu-satunya Allah yang benar”)

2 pribadi :
1. supaya orang mengenal Bapa, satu-satunya Allah yang benar
2. dan mengenal Yesus Kristus yang diutus oleh Bapa

Kalimat YANG DIUTUS mengartikan bahwa ada SANG PENGUTUS yang mengartikan 2 pribadi yang berbeda, kuasa SANG PENGUTUS pasti lebih besar ketimbang YANG DIUTUS. jadi Yesus berdoa kepada yang lebih berkuasa daripada dia.

Mat. 4:10 = Yesus menjawab, ”Pergi kau, hai Penggoda! Dalam Alkitab tertulis: Sembahlah Tuhan, Allahmu, dan layanilah Dia saja!” (Yesus jelas tidak mengatakan bahwa dirinya sendiri harus disembah.)

Yoh. 8:17, 18= Di dalam Hukum Musa tertulis begini: Kesaksian yang benar adalah kesaksian dari dua orang. Yang memberi kesaksian tentang diri-Ku ada dua — Aku dan Bapa yang mengutus Aku.” (Jadi, Yesus dengan tegas mengatakan bahwa ia adalah pribadi yang terpisah dan berbeda dengan sang Bapak.) ADA DUA.

Kol. 1:15, 16 = Kristus adalah gambar yang nyata dari diri Allah yang tidak kelihatan; Kristus adalah anak yang sulung, lebih utama dari segala yang diciptakan. Sebab melalui Dialah Allah menciptakan segala sesuatu di surga dan di atas bumi, segala sesuatu yang kelihatan dan yang tidak kelihatan, termasuk juga segala roh yang berkuasa dan yang memerintah. Seluruh alam ini diciptakan melalui Kristus dan untuk Kristus. (Dengan demikian dia diperlihatkan sebagai makhluk ciptaan, bagian dari karya ciptaan Allah.)

Mrk. 13:32 = Meskipun begitu, tidak seorang pun tahu kapan harinya atau kapan jamnya. Malaikat-malaikat di surga tidak dan Anak pun tidak, hanya Bapa saja yang tahu. (Dan andai kata, seperti dikatakan beberapa orang, Putra tidak tahu karena dibatasi oleh sifat manusiawinya, masih timbul pertanyaan, mengapa Roh Kudus tidak tahu?)

Mat. 20:20-23 = Kemudian istri Zebedeus datang dengan anak-anaknya kepada Yesus. Di hadapan Yesus ia sujud untuk minta sesuatu.
21 ”Ibu mau apa?” tanya Yesus. Ibu itu menjawab, ”Saya ingin kedua anak saya ini duduk di kiri dan kanan Bapak apabila Bapak menjadi Raja nanti.”
22 ”Kalian tidak tahu apa yang kalian minta,” kata Yesus kepada mereka. ”Sanggupkah kalian minum dari piala penderitaan yang harus Aku minum?” ”Sanggup,” jawab mereka.
23 Yesus berkata, ”Memang kalian akan minum juga dari piala-Ku. Tetapi mengenai siapa yang akan duduk di kiri dan kanan-Ku, itu bukan Aku yang berhak menentukan. Tempat-tempat itu adalah untuk orang-orang yang sudah ditentukan oleh Bapa-Ku.”

(Betapa aneh, jika, seperti anggapan orang, Yesus adalah Allah! Apakah di sini Yesus hanya menjawab sesuai dengan ’sifat manusiawinya’? Andai kata, seperti dikatakan, Yesus benar-benar ”Manusia-Allah”—Allah dan juga manusia, bukan salah satu—apakah akan benar-benar konsisten untuk memberikan penjelasan demikian? Bukankah Matius 20:23 menunjukkan bahwa Putra tidak setara dengan Bapak, bahwa Bapak mengkhususkan beberapa hak istimewa hanya untuk diri-Nya?

Kesimpulan yang sederhana bukan?? Menggunakan ayat” dari Alkitab untuk menjawab dan tidak memerlukan istilah” yang rumit sehingga orang menjadi bingung dengan istilah” yang digunakan. bukankah Yesus juga jaman dahulu menggunakan bahasa” yang sederhana untuk mengajar??

Jawaban:

Shalom Senyum,

Terima kasih atas tanggapannya. Berikut ini adalah tanggapan yang dapat saya berikan:

1. Yohanes 17:3

Anda memberikan ayat Yoh 17:3 – yang memang sering dipakai oleh Saksi-saksi Yehuwa – untuk membuktikan bahwa Yesus bukan Tuhan dan satu-satunya Tuhan adalah Allah Bapa. Saksi-saksi Yehuwa bukanlah yang pertama kali menggunakan ayat Yoh 17:3 untuk membuktikan bahwa Yesus bukanlah Tuhan, namun hanya sekedar utusan. Tujuh belas abad, ayat ini juga digunakan oleh Arius yang kemudian berkembang menjadi bidaah Arianisme.

Yohanes 17:3 menuliskan “Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus.”  Dalam ayat ini, memang terlihat bahwa Bapa adalah satu-satunya Allah yang benar. Namun, di satu sisi, kita juga dapat melihatnya bahwa ayat ini ingin menekankan bahwa Allah itu satu dengan membandingkan allah-allah lain (interpretasi yang dikemukakan oleh St. Sirilius dan St. Krisostomus). Ayat ini juga untuk menekankan sebab dan akibat, yaitu ingin mengatakan bahwa sebab dari seseorang mendapatkan kehidupan kekal adalah dia harus mempunyai iman terhadap Allah Bapa dan Yesus Kristus. Bahwa Bapa satu-satunya Allah yang benar tidaklah menutup adanya Pribadi yang lain, yang mempunyai hakekat yang sama dengan Allah Bapa. Menjadi benar bahwa Allah Bapa adalah satu-satunya Allah, kalau tidak ada Pribadi yang lain yang setara. Kesetaraan ini dapat kita lihat pada ayat ini “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya Anak tidak dapat mengerjakan sesuatu dari diri-Nya sendiri, jikalau tidak Ia melihat Bapa mengerjakannya; sebab apa yang dikerjakan Bapa, itu juga yang dikerjakan Anak.” (Yoh 5:19) Bahwa di ayat ini dikatakan Anak tidak dapat mengerjakan sesuatu dari diri-Nya sendiri, jikalau Ia tidak melihat Bapa mengerjakannya memang benar, namun sama benarnya bahwa apa yang dikerjakan Bapa, itu juga yang dikerjakan Anak. Dan lebih lanjut ditegaskan bahwa semua orang harus menghormati Anak sama seperti mereka menghormati Bapa. (lih. Yoh 5:23) Kalau Yesus hanya sekedar ciptaan dan Bapa adalah Allah, maka bagaimana mungkin Kitab Suci yang sama mengatakan bahwa manusia harus menghormati ciptaan sama seperti manusia menghormati Pencipta? Bukankah ini menjadi berhala?

Kalau anda masih belum menerima hal ini dan tetap berpendapat bahwa dengan struktur kalimat seperti di atas hanya dapat diartikan bahwa Allah Bapa-lah satu-satunya Allah tanpa ada Pribadi yang lain, maka bagaimana anda menafsirkan ayat-ayat berikut ini dengan cara yang sama seperti anda menafsirkan Yohanes 17:3?

Luk 18:19 “Jawab Yesus: “Mengapa kaukatakan Aku baik? Tak seorangpun yang baik selain dari pada Allah saja.Apakah anda setuju bahwa Yesus adalah baik atau apakah anda setuju bahwa Yesus juga tidak baik karena Yesus bukan Allah menurut anda?

Yudas 1:4Sebab ternyata ada orang tertentu yang telah masuk menyelusup di tengah-tengah kamu, yaitu orang-orang yang telah lama ditentukan untuk dihukum. Mereka adalah orang-orang yang fasik, yang menyalahgunakan kasih karunia Allah kita untuk melampiaskan hawa nafsu mereka, dan yang menyangkal satu-satunya Penguasa dan Tuhan kita, Yesus Kristus.Apakah dengan cara penafsiran yang sama, maka anda berpendapat bahwa sebenarnya satu-satunya Tuhan adalah Yesus Kristus, yang berarti tidak termasuk Allah Bapa? Bagaimana anda membandingkan ayat ini dengan Yoh 17:3?

Jadi, kembali ke Yoh 17:3, memang yang diutus dan yang mengutus adalah dua pribadi yang berbeda. Dan inilah yang dipercayai oleh Gereja Katolik, bahwa Allah Bapa dan Allah Putera serta Allah Roh Kudus adalah tiga pribadi yang berbeda namun mempunyai hakekat yang sama atau satu substansi dalam tiga pribadi. Bahwa yang mengutus adalah lebih besar dari yang diutus atau Allah Bapa – yang mengutus – adalah lebih besar dari yang diutus – Allah Putera – adalah benar dalam pengertian Allah Bapa lebih besar dari Allah Putera dalam kemanusiaan-Nya. Namun, Kitab Suci yang sama juga menunjukkan bahwa Allah Putera bukan hanya sekedar utusan, namun ditunjukkan bahwa Dia adalah Tuhan. Untuk lengkapnya, silakan membaca artikel ini – silakan klik.

2. Mat 4:10

Dituliskan: “Maka berkatalah Yesus kepadanya: “Enyahlah, Iblis! Sebab ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!Memang Yesus tidak mengatakan bahwa diri-Nya sendiri yang harus disembah. Namun, jangan lupa juga bahwa Yesus tidak menolak ketika rasul Tomas mengatakan “Ya Tuhanku dan Allahku!” (Yoh 20:28). Menurut anda, mengapa Yesus menerima perkataan Tomas dan tidak mengkoreksi Tomas? Kalau Yesus bukan Tuhan, maka sungguh tidak layak dia menerima penghormatan dan pengakuan iman ke-Allahan-Nya dari rasul yang dipilihnya? Mengapa kaum Farisi mengatakan “Ia menghujat Allah.” (Mat 9:3)? Karena Yesus mengatakan di ayat sebelumnya “Percayalah, hai anak-Ku, dosamu sudah diampuni.” (Mat 9:2). Mengapa Yesus tidak menjelaskan kepada kaum Farisi bahwa Diri-Nya bukan Allah kalau memang Yesus bukan Allah? Kalau Yesus bukan Allah, mengapa Dia dapat mengampuni dosa?

3. Yoh 8:17-18

Tertulis: “17 Dan dalam kitab Tauratmu ada tertulis, bahwa kesaksian dua orang adalah sah; 18  Akulah yang bersaksi tentang diri-Ku sendiri, dan juga Bapa, yang mengutus Aku, bersaksi tentang Aku.” Saya terus terang tidak tahu pengertian anda tentang Trinitas, karena anda menyajikan ayat-ayat yang mendukung bahwa antara Allah Bapa dan Allah Putera adalah dua pribadi yang berbeda. Dan ini yang memang sebenarnya dipercayai oleh Gereja Katolik, bahwa Allah Bapa, Allah Putera, dan Allah Roh Kudus adalah tiga pribadi yang berbeda, namun mempunyai substansi atau hakekat (substance) yang sama. Jadi, dalam ayat yang anda berikan ini tidak ada pertentangan apapun.

4. Kol 1:15-16

15 Ia adalah gambar Allah yang tidak kelihatan, yang sulung, lebih utama dari segala yang diciptakan, 16  karena di dalam Dialah telah diciptakan segala sesuatu, yang ada di sorga dan yang ada di bumi, yang kelihatan dan yang tidak kelihatan, baik singgasana, maupun kerajaan, baik pemerintah, maupun penguasa; segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia.” (Kol 1:15-16) Dari ayat ini anda beranggapan bahwa Kristus hanyalah makhluk ciptaan Allah dan merupakan bagian dari karya ciptaan.

Ayat ini juga digunakan oleh Arianisme. Kita dapat menjelaskan bahwa ayat-ayat ini berbicara tentang kesetaraan Allah Putera dengan Allah Bapa, di mana Allah Putera merupakan gambar Allah (Bapa). St. Thomas Aquinas mengatakan bahwa sesuatu disebut “gambar” adalah dalam dua cara. (lih. St. Thomas Aquinas, ST, I, q.35, a.2) Cara yang pertama adalah sesuatu menjadi “gambar” karena dia mempunyai kodrat yang sama, seperti gambar seorang raja ditemukan dalam diri anaknya. Cara yang kedua adalah, sesuatu menjadi “gambar” untuk menggambarkan ketidaksempurnaan, sama seperti manusia diciptakan menurut gambar Allah (lih. Kej 1:26), di mana manusia mempunyai karakter tertentu dari Allah, namun tidaklah sempurna. Inilah sebabnya dalam Kej 1:26 tidak digunakan kata “gambar” namun “menurut gambar”. Sedangkan kalau kita lihat, di ayat Kol 1:15 dikatakan bahwa Kristus adalah gambar Allah yang tidak kelihatan. Dengan demikian, gambar di sini adalah dalam pengertian yang pertama, yang mempunyai kodrat yang sama dengan yang digambarkan. Hal ini juga didukung dengan apa yang dikatakan di dalam Kol 1:16, yang mengatakan bahwa segala sesuatu, baik yang di Sorga maupun yang di bumi, yang kelihatan maupun yang tak kelihatan, baik singasana, kerajaan, pemerintahan diciptakan oleh (by), di dalam (in), untuk (for). Siapakah yang dapat melakukan ini kalau bukan Tuhan? Bagaimana anda mengartikan Kol 1:17 “Ia ada terlebih dahulu dari segala sesuatu dan segala sesuatu ada di dalam Dia.“? Siapakah yang lebih dari segala sesuatu dan bagaimana menjelaskan bahwa segala sesuatu ada di dalam Dia?

5. Mrk 13:32

Tentang Mrk 13:32, anda dapat melihatnya dalam diskusi ini – silakan klik. Di ayat tersebut tidak disebutkan bahwa Roh Kudus tidak tahu. Kalau kita memberikan argumentasi bahwa Allah Putera tahu dari kodrat ke-Allahan-Nya, maka apakah yang menghalangi kita untuk mempercayai bahwa Roh Kudus, yang sungguh Allah atau pribadi ke-tiga dalam Trinitas juga tahu tentang hari dan saatnya? Alasan mengapa Roh Kudus tidak disebutkan di ayat tersebut, karena memang manifestasi Roh Kudus belum saatnya dinyatakan. Manifestasi Roh Kudus dinyatakan setelah pengorbanan Kristus telah selesai. Dan hal ini dinyatakan secara jelas, ketika Kristus sendiri memberikan amanat agung, yaitu “Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus” (Mat 28:19). Sungguh menjadi sesuatu yang tidak masuk akal, kalau baptisan diberikan dalam nama yang tidak sejajar. Kristus memerintahkan bahwa baptisan harus dilaksanakan dalam tiga nama, yaitu Allah Bapa, Allah Putera, dan Allah Roh Kudus, karena memang ketiganya adalah tiga Pribadi yang berbeda namun mempunyai hakekat yang satu. Dan karena ketiga Pribadi ini adalah setara, satu hakekat, maka dapat disejajarkan. Menurut anda, apakah alasan Matius memberikan formula baptisan dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus? Apakah mungkin baptisan diberikan dalam Allah dan kemudian disandingkan dengna nama ciptaan?

6. Mat 20:20-23

Dikatakan “20 Maka datanglah ibu anak-anak Zebedeus serta anak-anaknya itu kepada Yesus, lalu sujud di hadapan-Nya untuk meminta sesuatu kepada-Nya. 21 Kata Yesus: “Apa yang kaukehendaki?” Jawabnya: “Berilah perintah, supaya kedua anakku ini boleh duduk kelak di dalam Kerajaan-Mu, yang seorang di sebelah kanan-Mu dan yang seorang lagi di sebelah kiri-Mu.” 22 Tetapi Yesus menjawab, kata-Nya: “Kamu tidak tahu, apa yang kamu minta. Dapatkah kamu meminum cawan, yang harus Kuminum?” Kata mereka kepada-Nya: “Kami dapat.” 23 Yesus berkata kepada mereka: “Cawan-Ku memang akan kamu minum, tetapi hal duduk di sebelah kanan-Ku atau di sebelah kiri-Ku, Aku tidak berhak memberikannya. Itu akan diberikan kepada orang-orang bagi siapa Bapa-Ku telah menyediakannya.”

Kembali ini juga ayat yang digunakan oleh Arianisme, yang mencoba untuk membuktikan bahwa Yesus bukanlah Allah. Ayat tersebut tidak mempertentangkan bahwa apa yang dapat dilakukan Bapa tidak dapat dilakukan oleh Kristus – dalam ke-Allahan-Nya. Kita juga mengingat ayat yang lain “Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi.” (Mat 28:18). Mengapa segala kuasa telah diberikan kepada Yesus? Karena Kristus “6 yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan, 7 melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia. 8 Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib.” (Fil 2:6-8) Karena Kristus adalah sungguh Allah, maka Dia memberikan perintah di ayat berikutnya, yaitu untuk membaptis dalam nama Allah, yaitu Allah Bapa, Putera dan Roh Kudus. (lih. Mat 28:29)

7. Kesimpulan dan pertanyaan-pertanyaan lain

Saya telah mencoba menjawab ayat-ayat yang anda gunakan, yang juga digunakan oleh Arianisme yang mencoba membuktikan bahwa Yesus bukan Tuhan. Semua ayat-ayat yang anda berikan tentu saja benar dan saya mempercayainya. Namun, perbedaan di antara kita adalah cara menginterpretasikannya. Dengan demikian tidaklah semudah yang anda katakan “Kesimpulan yang sederhana bukan?? Menggunakan ayat” dari Alkitab untuk menjawab dan tidak memerlukan istilah” yang rumit sehingga orang menjadi bingung dengan istilah” yang digunakan. bukankah Yesus juga jaman dahulu menggunakan bahasa” yang sederhana untuk mengajar??” Di Kitab Suci yang sama, juga dikatakan “Hal itu dibuatnya dalam semua suratnya, apabila ia berbicara tentang perkara-perkara ini. Dalam surat-suratnya itu ada hal-hal yang sukar difahami, sehingga orang-orang yang tidak memahaminya dan yang tidak teguh imannya, memutarbalikkannya menjadi kebinasaan mereka sendiri, sama seperti yang juga mereka buat dengan tulisan-tulisan yang lain.” (2Pet 3:16)

Terlalu menyederhanakan ayat-ayat tersebut tanpa memperhatikan ayat-ayat yang lain dapat menghasilkan interpretasi yang salah dan menyimpang. Ayat-ayat yang anda berikan sering digunakan oleh Arius dan juga diikuti oleh Saksi-Saksi Yehuwa untuk membuktikan bahwa Yesus bukanlah Tuhan. Ayat-ayat yang anda berikan memang dapat menunjukkan bahwa Yesus mempunyai kodrat manusia. Dalam beberapa ayat yang anda berikan memang terlihat bahwa Allah Bapa seolah-olah lebih tinggi dari Yesus. Hal ini disebabkan karena Kristus “6 yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan, 7 melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia.” (Phil 2:6-7) Fakta bahwa Yesus masuk dalam sejarah manusia dan mengambil rupa manusia, sama seperti manusia kecuali dalam hal dosa, telah membuktikan bahwa Kristus adalah sungguh manusia. Dan Yesus yang sungguh manusia ini juga diakui oleh Gereja Katolik. Gereja Katolik tidak berhenti pada ayat-ayat yang anda berikan, namun, juga melihat ayat-ayat yang lain, yang juga menunjukkan ke-Allahan Kristus, seperti yang dapat kita lihat sebagai berikut:

a) Pertama-tama, ketika berusia 12 tahun dan Ia diketemukan di Bait Allah, Yesus mengatakan bahwa bait Allah adalah Rumah Bapa-Nya (lih. Luk 2:49). Dengan demikian, Yesus mengatakan bahwa Ia adalah Putera Allah.

b) Pernyataan ini ditegaskan kembali oleh Allah Bapa pada saat Pembaptisan Yesus, saat terdengar suara dari langit, “Inilah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Nya Aku berkenan.”(Luk 3:22).

c) Pada saat Yesus memulai pengajaranNya, terutama dalam Khotbah di Bukit (Delapan Sabda Bahagia), Ia berbicara di dalam nama-Nya sendiri, untuk menyatakan otoritas yang dimiliki-Nya (Mat 5:1-dst). Ini membuktikan bahwa Ia lebih tinggi dari Musa dan para nabi, sebab Musa berbicara dalam nama Tuhan (lih. Kel 19:7) ketika Ia memberikan hukum Sepuluh Perintah Allah; tetapi Yesus memberikan hukum dalam nama-Nya sendiri, “Aku berkata kepadamu….” Hal ini tertera sedikitnya 12 kali di dalam pengajaran Yesus di Mat 5 dan 6, dan dengan demikian Ia menegaskan DiriNya sebagai Pemberi Hukum Ilahi (the Divine Legislator) itu sendiri, yaitu Allah. Demikian pula dengan perkataan “Amen, amen…”, pada awal ajaranNya, Yesus menegaskan segala yang akan diucapkan-Nya sebagai perintah; bukan seperti orang biasa yang mengatakan ‘amen’ diakhir doanya sebagai tanda ‘setuju’.

d) Jadi dengan demikian Yesus menyatakan bahwa Ia adalah Taurat Allah yang hidup, suatu peran yang sangat tinggi dan ilahi, sehingga menjadi batu sandungan bagi orang-orang Yahudi untuk mempercayai Yesus sebagai Sang Mesias. Hal ini dipegang oleh banyak orang Yahudi yang diceriterakan dengan begitu indah dalam buku Jesus of Nazareth, yaitu dalam percakapan imajiner seorang Rabi Yahudi dengan Rabi Neusner, mengenai bagaimana mencapai kesempurnaan hidup. Kesempurnaan inilah yang dimaksudkan oleh Yesus ketika Ia berbicara dengan orang muda yang kaya, “Jika engkau mau sempurna, pergilah, juallah segala milikmu dan bagikanlah kepada orang-orang miskin, maka engkau akan beroleh harta di surga, kemudian datanglah ke mari dan ikutlah Aku” (Mat 19:21). “Aku” di sini hanya mungkin berarti Tuhan sendiri.

e) Yesus menyatakan DiriNya sebagai Seorang yang dinantikan oleh para Nabi sepanjang abad (lih. Mat 13:17). Ia juga berkata,“…supaya kamu menanggung akibat penumpahan darah orang yang tidak bersalah mulai dari Habel, … sampai Zakharia… semuanya ini akan ditanggungkan pada angkatan ini!” (Mat 23:34-36). Secara tidak langsung Ia mengatakan bahwa darah-Nya yang akan tertumpah dalam beberapa hari berikutnya merupakan rangkuman dari penumpahan darah orang yang tidak bersalah sepanjang segala abad.

f) Yesus sebagai Tuhan juga terlihat dengan jelas dari segala mukjizat yang dilakukan dalam nama-Nya sendiri, yang menunjukkan bahwa kebesaran-Nya mengatasi segala sesuatu. Yesus menghentikan badai (Mat 8: 26; Mrk 4:39-41) menyembuhkan penyakit (Mat 8:1-16), mengusir setan (Mat 8:28-34), mengampuni dosa (Luk5:24; 7:48), dan membangkitkan orang mati (Luk 7:14; Yoh 11:39-44). Di atas semuanya itu, mukjizat-Nya yang terbesar adalah: Kebangkitan-Nya sendiri dari mati (Mat 28:9-10; Luk 24:5-7,34,36; Mrk 16:9; Yoh 20:11-29; 21:1-19).

g) Pada saat Ia menyembuhkan orang yang lumpuh, Yesus menyatakan bahwa Ia memiliki kuasa untuk mengampuni dosa (Mat 9:2-8; Luk5:24), sehingga dengan demikian Ia menyatakan DiriNya sebagai Tuhan sebab hanya Tuhan yang dapat mengampuni dosa.

h) Pada beberapa kesempatan, Yesus menyembuhkan para orang sakit pada hari Sabat, yang menimbulkan kedengkian orang-orang Yahudi. Namun dengan demikian, Yesus bermaksud untuk menyatakan bahwa Ia adalah lebih tinggi daripada hari Sabat (lih. Mat 12:8; Mrk 3:1-6).

i) Yesus juga menyatakan Diri-Nya lebih tinggi dari nabi Yunus, Raja Salomo dan Bait Allah (lih. Mt 12:41-42; 12:6). Ini hanya dapat berarti bahwa Yesus adalah Allah, kepada siapa hari Sabat diadakan, dan untuk siapa Bait Allah dibangun.

j) Yesus menyatakan Diri-Nya sebagai Tuhan, dengan berkata “Aku adalah… (I am)” yang mengacu pada perkataan Allah kepada nabi Musa pada semak yang berapi, “Aku adalah Aku, I am who I am” (lih. Kel 3:14):

Pada Injil Yohanes, Yesus mengatakan “Aku adalah….” sebanyak tujuh kali: Yesus menyatakan Dirinya sebagai Roti Hidup yang turun dari Surga (Yoh 6:35), Terang Dunia (Yoh 8:12), Pintu yang melaluinya orang diselamatkan (Yoh 10:9), Gembala yang Baik yang menyerahkan nyawa-Nya bagi domba-domba-Nya (Yoh 10:10), Kebangkitan dan Hidup (Yoh 11:25), Jalan, Kebenaran, dan Hidup (Yoh 14:6), Pokok Anggur yang benar (Yoh 15:1).

Yesus menyatakan diri-Nya sebagai sumber air hidup yang akan menjadi mata air di dalam diri manusia, yang terus memancar sampai ke hidup yang kekal (Yoh 4:14). Dengan demikian Yesus menyatakan diri-Nya sebagai sumber rahmat; hal ini tidak mungkin jika Yesus bukan Tuhan, sebab manusia biasa tidak mungkin dapat menyatakan diri sebagai sumber rahmat bagi semua orang.

Yesus menyatakan, “Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku” (Yoh 14:6); dan dengan demikian Ia menempatkan diri sebagai Pengantara yang mutlak bagi seseorang untuk sampai kepada Allah Bapa.

Ia menyatakan bahwa “… kamu akan mati dalam dosamu… jika kamu tidak percaya bahwa Akulah Dia” (Yoh 8:24) yang datang dari Bapa di surga (lih. Yoh 21-29).

Yesus mengatakan, “Aku ini (It is I)…”, pada saat Ia berjalan di atas air (Yoh 6:20) dan meredakan badai.

Yesus mengatakan, “Akulah Dia,” pada saat Ia ditangkap di Getsemani.

Ketika Yesus diadili di hadapan orang Farisi, dan mereka mempertanyakan apakah Ia adalah Mesias Putera Allah, Yesus mengatakan, “Kamu sendiri mengatakan, bahwa Akulah Anak Allah.”

Mungkin yang paling jelas adalah pada saat Yesus menyatakan keberadaan DiriNya sebelum Abraham, “…sebelum Abraham jadi, Aku telah ada.” (Yoh 8:58)

Dengan demikian, Yesus menyatakan DiriNya sudah ada sebelum segala sesuatunya dijadikan. Dan ini hanya mungkin jika Yesus sungguh-sungguh Tuhan. Mengenai keberadaan Yesus sejak awal mula dunia dinyatakan oleh Yesus sendiri di dalam doa-Nya sebelum sengsara-Nya, “Bapa, permuliakanlah Aku pada-Mu sendiri dengan kemuliaan yang Kumiliki di hadirat-Mu sebelum dunia ada.” (Yoh 17:5)

k) Dengan keberadaan Yesus yang mengatasi segala sesuatu, dan atas semua manusia, maka Ia mensyaratkan kesetiaan agar diberikan kepadaNya dari semua orang. “Barangsiapa mengasihi bapa atau ibunya lebih dari Aku, ia tidak layak bagi-Ku” (Mat 10:37). Ia kemudian berkata bahwa apa yang kita lakukan terhadap saudara kita yang paling hina, itu kita lakukan terhadap Dia (lih. 25:40). Ini hanya dapat terjadi kalau Yesus adalah Tuhan yang mengatasi semua orang, sehingga Dia dapat hadir di dalam diri setiap orang, dan Ia layak dihormati di atas semua orang, bahkan di atas orang tua kita sendiri.

l) Yesus menghendaki kita percaya kepada-Nya seperti kita percaya kepada Allah (lih. Yoh 14:1), dan Ia menjanjikan tempat di surga bagi kita yang percaya. Dengan demikian Ia menyatakan diriNya sebagai yang setara dengan Allah Bapa, “Siapa yang melihat Aku, melihat Bapa, (Yoh 14:9), Bapa di dalam Aku dan Aku di dalam Bapa (Yoh 10:38). Tidak ada seorangpun yang mengenal Anak selain Bapa, dan mengenal Bapa selain Anak (lih. Mat 11:27). Yesus juga menyatakan DiriNya di dalam kesatuan dengan Allah Bapa saat mendoakan para muridNya dan semua orang percaya, ”… agar mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau…” (Yoh 17:21). Ini hanya mungkin jika Ia sungguh-sungguh Tuhan. Pernyataan Yesus ini berbeda dengan para pemimpin agama lain, seperti Muhammad dan Buddha, sebab mereka tidak pernah menyatakan diri mereka sendiri sebagai Tuhan.

m) Ketika Yesus menampakkan diri kepada para murid setelah kebangkitan-Nya, Thomas, Rasul yang awalnya tidak percaya menyaksikan sendiri bahwa Yesus sungguh hidup dan ia berkata, “Ya Tuhanku dan Allahku”. Mendengar hal ini, Yesus tidak menyanggahnya (ini menunjukkan bahwa Ia sungguh Allah), melainkan Ia menegaskan pernyataan ini dengan seruanNya agar kita percaya kepadaNya meskipun kita tidak melihat Dia (Yoh 20: 28-29).

n) Yesus menyatakan Diri sebagai Tuhan, dengan menyatakan diriNya sebagai Anak Manusia, yang akan menghakimi semua manusia pada akhir jaman (lih. Mat 24:30-31), sebab segala kuasa di Surga dan di dunia telah diberikan kepada-Nya, seperti yang dikatakanNya sebelum Ia naik ke surga, “Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi. Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa, dan Putera dan Roh Kudus…” (Mat 28:18). Dengan demikian, Yesus menyatakan diriNya sebagai Pribadi Kedua di dalam Allah Tritunggal Maha Kudus, dan dengan kuasaNya sebagai Allah ini maka ia akan menghakimi semua manusia di akhir dunia nanti, seperti yang dinubuatkan oleh nabi Daniel (Dan 7:13-14). Yesus tidak mungkin membuat pernyataan sedemikian, jika Ia bukan sungguh-sungguh Tuhan.

Jadi, saya mengundang anda untuk memberikan jawaban dari beberapa pertanyaan yang saya beri warna (merah) dan silakan memberikan penjelasan terhadap ayat-ayat di atas di point 7 (kesimpulan). Saya hanya berharap bahwa anda juga dapat melihat bahwa di samping ayat-ayat yang membuktikan kemanusiaan Yesus, ada juga ayat-ayat di dalam Alkitab yang membuktikan ke-Allahan Yesus. Kita seharusnya mengambil semua ayat-ayat tersebut sebagai satu paket, sehingga kita dapat mempercayai Kristus yang sungguh manusia dan sungguh Allah. Dan satu hal yang harus direnungkan, kalau anda memang anggota saksi-saksi Yehuwa, apakah anda mempercayai semua yang diajarkan oleh Saksi Yehuwa? Silakan membaca artikel tentang Saksi Yehuwa di atas – silakan klik dan kalau anda tidak setuju akan artikel yang saya berikan, silakan memberikan argumentasi. Saya juga pernah memberikan tulisan yang menyanggah apa yang ditulis oleh traktat dari Saksi Yehuwa tentang Trinitas di sini – silakan klik. Kembali, saya mengundang anda untuk membaca dua link tersebut dan kemudian anda dapat memberikan tanggapan. Semoga diskusi ini dapat berguna bagi kita dan pembaca katolisitas.

Salam kasih dalam Kristus Tuhan,
stef – katolisitas.org

5 1 vote
Article Rating
50 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
GUEST
GUEST
11 years ago

Kalau tidak salah ingat,saya pernah memberi komentar. Tapi di ulang tidak apa. Menurut kebenaran alkitab, TIDAK mungkin Yesus itu adalah Tuhan Bagaimana mungkin. Menurut alkitab,Yesus dibangkitkan dari kematiannya pada hari ketiga.{Lukas 24:7] Jadi waktu diantara kematian Yesus dan kebangkitan Yesus ada TIGA hari. Maka selama tiga hari SEBELUM Yesus dibangkitkan TIDAK boleh ada Yesus dalam wujud APAPUN yang hidup,apakah dalam wujud jasmani ataupun rohani. Kalau ada Yesus dalam wujud apapun yang hidup di waktu TIGA hari sebelum Ia dibangkitkan maka,ini berarti Yesus sudah BANGKIT SEBELUM tiga hari. Ini bukan yang alkitab ajarkan. Nah,kalau Yesus adalah Allah maka,sewaktu Manusia Yesus mati… Read more »

Andrew Simbolon
Andrew Simbolon
11 years ago

Kalau saya pribadi, Allah Tritunggal tidak bisa dilogikakan dengan apapun..suatu konsep yang sudah sangat terlalu sempurna bagi saya sebagai manusia berdosa untuk menjelaskan dengan nalar..

Anyway, terima kasih untuk segala penjelasan diatas.

Rgds,
Andrew Simbolon

[dari katolisitas: Silakan melihat dua artikel ini – silakan klik dan klik ini]

Sandy firdaus p.
Sandy firdaus p.
11 years ago

Saya ingin percaya bahwa yesus adalah Tuhan, karna ada t’tulis “hanya karena iman kita di benarkan” tpi saya tdk bisa membohongi diri saya sendiri kalau ada keraguan yg amat besar dalam hati saya yg paling dalam. Tolong bantu saya dalam iman. Di sini saya tinggal dalam komunitas nonkristen jadi saya merasa hidup saya penuh kesesakan. Tuhan tolong ampuni. Thanks

[dari katolisitas: Silakan membaca artikel kristologi ini – silakan klik. Kalau setelah membaca Anda masih mempunyai pertanyaan, silakan untuk bertanya lebih lanjut.]

Dionisius Ganesha
Dionisius Ganesha
12 years ago

Shalom katolisitas.org Dari berbagai artikel yang tetuang di dalam situs ini yang sudah saya baca dan saya tanggapi Khususnya jawaban dari Sdr. Stefanus Tay semakin meragukan saya akan keberadaannya sebagai fasilitator pencerahan iman., masalahnya beliau sendiri sudah tidak mengimani Yesus sebagai Allah. Menurut saya kita hidup dihadapkan oleh dua pilihan Yaitu “PERCAYA” atau “TIDAK PERCAYA” atau dengan kata lain “Mau memilih Jalan Yang Lurus” atau “Memilih Jalan Yang Bengkok” dan bisa juga diartikan “Mau pilih jalan yang terang” atau ” Jalan yang gelap”. Nah bila Sdr. Tay memilih jalan menurut Iman Katolik ya jangan setengah-setengah mengartikannya, yang jelas jika jalan… Read more »

Allik
Allik
12 years ago

“Saint Paul telah menulis di dalam salah satu suratnya bahwa hukum-hukum agama itu merupakan satu kutukan dan Jesus Kristus telah datang untuk menyelamatkan kita daripada kutukan tersebut. Apakah makna kata-katanya itu?” Menurut pendapatku apabila hukum-hukum agama itu merupakan satu kutukan dan Nabi Isa datang mahu menyelamatkan penganut-penganut agama Kristian dari kutukan itu maka pencurian, penzinaan, penderhakaan kepada ibubapa seharusnya dapat dibenarkan di dalam agama Kristian meskipun barangkali tidak ada orang Kristian yang percaya tentang pembenaran berlakunya perkara-perkara itu.” “ialah di dalam Kitab Perjanjian Lama, hukum-hukum agama memerintahkan bahwa kita tidak boleh mencuri, tidak boleh berzina, tidak boleh menimbulkan kesukaran kepada… Read more »

xellz
xellz
Reply to  Stefanus Tay
11 years ago

syalom pak stef,
bagaimana manjawab pertanyaan seperti ini :
1. jika Yesus dan Allah adalah satu, bukankah kesaksian (Yoh 8:17-18), harusnya berbobot satu, bukan dua?

2. jika Yesus adalah Allah, siapakah yang akan datang pada waktu kiamat?

udin
udin
12 years ago

Maaf, saya bertanya paling mendasar apakah diyakini, suatu zat yg tidak alami? Yang menguasai karena mampu menciptakan juga mampu menghancurkan sekaligus? Bila iya, tentunya zat itu hidup hingga sekarang, ada dan pernah menurunkan wahyu (sudah berakhir), ia mengerti bahwa seorang anak manusia itu mesti lapar, makan ataupun mati, namun sekaligus mengatur bahwa gandum itu akan tumbuh lalu dapat diolah menjadi roti, sekaligus juga lalat yg merebutnya dari piring kita secara bersamaan? Lalu, apakah zat tersebut mesti menjadi tuhan, pula? Keimananlah yang mampu menjawab, namun keimanan yang diajari oleh logika mampukah? Untuk itu, perlu diturunkan wahyu yang terakhir yang menyempurnakan [dari… Read more »

arif lali jiwo
arif lali jiwo
12 years ago

Shalom alaikhem.. “Ada suatu tempo, yang di dalam tempo waktu itu Yesus belum ada, sedang Allah bersifat Maha Dulu dan Maha Abadi. Karena Yesus adalah makhluk Allah, maka dia bersifat fana (tidak kekal), dan sudah tentu tidak memiliki sifat abadi. Karena Yesus itu makhluk, maka dia termasuk obyek bagi perubahan seperti makhluk berakal lainnya. Karena hanya Allah saja yang tidak berubah, maka Yesus bukanlah oknum Tuhan.” “Jika Yesus sendiri telah mengatakan: “Bapa lebih besar dari pada Aku.” (Matius 14:28), bagaimana kita bisa percaya bahwa Allah dan Yesus itu sama?. Kepercayaan seperti itu sangat bertentangan dengan firman Yesus sendiri di dalam… Read more »

romundua
romundua
12 years ago

Sebagai penganut protestan hingga hari ini saya belum yakin kalau Yesus itu Tuhan. Yesus lahir tahun 7-SM sementara langit dan bumi ini tercipta jutaan tahun sebelum Yesus lahir. Jika Yesus tuhan tak mungkin dia baru lahir setelah alam ini tercipta, lalu siapakah yang menciptakan jagad raya ini. Ketika Yesus msh kecil alam ini juga berputar sebagaimana adanya. Kalau begitu siapa yang menciptakan dan yang memutar alam inilah TUHAN yang sebenarnya. Kita harus jujur bahwa Yesus tak mungkin TUHAN tapi dia hanyalah manusia baik-baik yang disayangi tuhan. Menjadi orang baik dan pintar tidak harus dianggap tuhan. Maaf saya ragu…

alexander wang
alexander wang
Reply to  Stefanus Tay
12 years ago

Pak Stef yang kami hormati

apakah Gereja menetapkan bahwa memegang pendapat bahwa Allah Putra memiliki kodrat manusia sebelum Inkarnasi termasuk sesat? Bukankah Tuhan Yesus tetap sama untuk selamanya? Kalau kodrat manusia “didapatkan” setelah inkarnasi, berarti Tuhan Yesus berubah dong? Padahal Tuhan tidak terikat waktu. Masa ada periode Allah Putra hanya memiliki kodrat satu yaitu Allah dan ada periode Allah Putra memiliki dua kodrat?

Saya bingung akan hal ini. Mohon penjelasannya.
Terima kasih

elma
elma
12 years ago

saya semakin memahami ttg trinitas dsini.
Mengapa sgt tdk mgkn 3 adl 1?
Unsur air kita mengenalny dg 3 wujud. Cair, uap, dan padat. Ketiga unsur ini memiliki sifat bbeda, bentuk bbeda, dan FUNGSI berbeda. Tp mrk adl 1 yaitu air (walau nantiny memiliki nama bbeda. Padat = es)
Begitu jg Allah Bapa, Allah Putra, Allah Roh Kudus. Tiapkali Yesus bkata bhwa kita hrz menyembh Allah Bapa krn mana mungkn es bs meninggalkan air yg cair? Mana mgkn kita bs membuat es teh bila hany ada es batu?
Itulah yg sya tangkap dr trinitas. Bila slh m0h0n dbenarkan.

Ingrid Listiati
Reply to  elma
12 years ago

Shalom Elma, Ya, salah satu analogi yang mudah (walaupun tetap tidak sepenuhnya dapat menjelaskan secara tuntas) tentang Trinitas adalah analogi es batu, air dan uap air. Tetap tidak secara tuntas menjelaskan, karena Allah itu tidak berwujud (jadi bukan seperti ciptaan yang berwujud materi), dan Ia adalah Pribadi bukan hanya sekedar ‘sesuatu’. Namun bahwa ketiga hal itu (es, air dan uap air) pada hakekatnya adalah H20, itulah yang menyerupai Trinitas, bahwa walau ada Tiga Pribadi Allah, yaitu Bapa, Putera dan Roh Kudus, namun ketiganya itu satu dan sama hakekatnya, yaitu sebagai Allah. Maka sebagaimana dalam wujud es, ia tetap H20; dalam… Read more »

sitiawan
sitiawan
12 years ago

Ada kejanggalan jika menurut kristen Yesus sehabis “memproklamasikan” dirinya * sebagai Tuhan (???) selanjutnya malah sembunyi gara gara akan dilempari batu oleh orang Yahudi atas ucapannya itu …. Tuhan ternyata takut pada lemparan batu …..

sebelum Abraham jadi, Aku telah ada.” (Yoh 8:58)

BIS (1985) ©SABDAweb Yoh 8:59
Lalu orang-orang Yahudi itu mengambil batu untuk melempari-Nya; tetapi Yesus menyembunyikan diri, lalu pergi meninggalkan Rumah Tuhan.

Ingrid Listiati
Reply to  sitiawan
12 years ago

Shalom Sitiawan, Dalam Yoh 8:58-59 dikatakan: “Kata Yesus kepada mereka: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sebelum Abraham jadi, Aku telah ada.” Lalu mereka mengambil batu untuk melempari Dia; tetapi Yesus menghilang dan meninggalkan Bait Allah.” Lalu Anda mempertanyakan, “Ada kejanggalan jika menurut Kristen Yesus sehabis “memproklamasikan” dirinya * sebagai Tuhan (???) selanjutnya malah sembunyi gara gara akan dilempari batu oleh orang Yahudi atas ucapannya itu ….Tuhan ternyata takut pada lemparan batu …..“ Memang salah satu pernyataan Yesus yang menunjukkan ke- Allahan-Nya adalah Yoh 8:58. Kristus mengatakan bahwa sebelum Abraham ada, Dia sudah ada, dan dengan demikian menyatakan ke-Allahan-Nya. Para Bapa Gereja… Read more »

teas
teas
12 years ago

Salam Bapak Ibu sekalian ..
Saya tahu blog ini karena membaca undangan seseorang di sini..

dan, sedikit bertanya gpp ya …

Sebelumnya, mohon maaf …

Memandang tentang siapa Yesus, saya memandang merupakan suatu yang terlihat aneh, bahwa Yesus yang dilahirkan dari rahim seorang Ibu, kemudian tentu beliau menyusu, dan pipis, dsb, ternyata Ia seorang Tuhan. Kalo ia seorang Tuhan, apa ia tidak malu ketika disembah ia sedang menyusu atau sedang pipis ? apalagi waktu Yesus sudah besar, apabila beliau makan, kemudian saat ke kamar kecil, bagaimana kira-kira beliau menanggapi yang sedang menyembahnya ?

mohon maaf, terima kasih ..

Ingrid Listiati
Reply to  teas
12 years ago

Shalom Teas, Tampaknya yang menjadi kunci agar kita dapat memahami ajaran Gereja Katolik tentang Pribadi Kristus adalah, bahwa Kristus itu adalah sungguh-sungguh Tuhan dan sungguh-sungguh manusia. Maka memang ada dua kodrat dalam Pribadi Kristus, yaitu sebagai Allah dan sebagai manusia. Sebagai Allah, Ia sama sehakekat dengan Bapa, dan sebagai manusia ia melakukan segala sesuatu yang layak dan umum dilakukan oleh manusia, kecuali dalam hal dosa. Katekismus Gereja Katolik mengajarkan: KGK 470    Karena dalam inkarnasi, dalam persatuan yang penuh misteri ini, “kodrat manusia disambut, bukannya dienyahkan” (Gaudium et Spes 22,2), Gereja harus menegaskan sepanjang sejarah, agar mengakui kenyataan penuh dari jiwa… Read more »

Margareta
Margareta
12 years ago

Begitu Maha Kuasa Allah Bapa, Allah Putra, Allah Roh Kudus, sampai – sampai tidak ada kata kata yang mampu menjelaskan apalagi dengan menggunakan logika tentang Trinitas yang tunggal.
Begitu Maha Kuasa Allah Bapa, Allah Putra, Allah Roh Kudus sampai – sampai pemikiran atau otak kita ini tidak mampu memahami tentang Trinitas yang tunggal.

Chrisy
Chrisy
12 years ago

Ribet juga ya.. ^^

Sebenarnya simple, kalau anda bisa mempertanyakan tentang ayat2 yg menyatakan Yesus = manusia, kenapa anda juga tidak mempertanyakan ayat2 yg menyatakan bahwa Yesus = Allah?

Dalam beberapa konteks, memang mungkin sukar dipahami bahwa Yesus=Allah, dan masih menimbulkan kontradiksi, sebab masih merujuk pada interpretasi logis manusia, tetapi di beberapa dan bahkan banyak ayat, jelas sekali ditegaskan bahwa Yesus adalah Allah seperti yg sudah dipaparkan oleh saudara Stef..

Baiknya direnungkan dulu dengan hati terbuka, pikiran yg jernih, terlepas dari segala kebekuan hati kita dalam menerima Firman Tuhan ^^

Winto
Winto
12 years ago

Salam damai Saya penganut Katolik, namun tidak terlalu paham ajaran, saya berniat untuk rajin memantau site ini untuk lebih dalam lagi mengenal Tuhan Yesus. Dari pertanyaan dan tanggapan senior2 di atas, saya hanya mengambil kesimpulan bahwa saya bersyukur mempunyai Magisterium yang menginterpretasi Alkitab, karena kembali lagi bahwa tidak semua umat mempunyai karunia untuk memahami Alkitab secara benar, karena jalan yang dikira lurus oleh kita, kadang bisa membawa kita ke maut.— dan pelajaran kedua, membaca Alkitab, jangan dipotong-potong atau mengambil bagian per bagian, bisa repot hasilnya. Dan semoga site ini tetap ada sebagai tempat untuk belajar dan berkembang dalam iman. Terima… Read more »

senyum
senyum
12 years ago

Pertanyaan1 : (Yoh 5:23) Kalau Yesus hanya sekedar ciptaan dan Bapa adalah Allah, maka bagaimana mungkin Kitab Suci yang sama mengatakan bahwa manusia harus menghormati ciptaan sama seperti manusia menghormati Pencipta? Bukankah ini menjadi berhala? Jawban : Ingat konteks mengenai Yesus adalah utusan Allah dan di ayat sebelumnya ada kalimat “Bapa tidak menghakimi siapa pun, melainkan telah menyerahkan penghakiman itu kepada anaknya” ayat yang ke 22 dari Yohanes pasal 5, guru agung kita Yesus Kristus mengajarkan kita untuk melakukan perumpamaan, jadi perumpamaannya seperti ini, Seorang raja yang sangat berkuasa menyerahkan pemerintahan untuk sementara waktu kepada anaknya agar anaknya dapat melanjutkan… Read more »

Tarsisius Didik
Tarsisius Didik
12 years ago

Misteri Allah Tritunggal Maha Kudus tdk bisa diterima sepenuhnya dengan logika tetapi dengan iman yang dituntun oleh Roh Kudus itu sendiri…jadi kalau ada yang bertanya Trinitas tdk masuk akal atau sangat tdk bisa diterima akal sehat, berarti orang tersebut memang belum dikuasai Roh Kudus…biarkan saja kalau Allah berkehendak barulah orang tersebut bisa menerimanya…Arianisme baru sekarang ini sangatlah banyak…tetapi kita tdk perlu berkecil hati…karena penyesat2 itu tak akan henti2nya mengganggu orang2 yang percaya kepada Allah Tri Tunggal.

budi halasan
budi halasan
Reply to  Tarsisius Didik
12 years ago

Wah……saya hanya mau kasih satu ayat saja. saya yakin sekali akan kata-kata Yesus Kristus saat berkotbah di Gunung tentang akhir zaman, yang dicatat di Matius 24 : 36 ”Sehubungan dengan hari dan jamnya tidak ada yang tahu, malaikat-malaikat di surga tidak, Putra pun tidak, kecuali Bapak” Yesus dengan gamblang bilang tidak tahu tentang hari itu. Apakah Yesus berbohong? Tentu saja Yesus bicara jujur dan apa adanya. Karena kalau Yesus berbohong…..maka nilai tebusan dari tubuh dan darahnya tidak bisa menebus dosa umat manusia di seluruh dunia. ayat ini adalah bukti kalau Yesus bukan Allah Bapa yang maha kuasa. Yesus hanya putra… Read more »

Teguh
Teguh
12 years ago

Injil Yohanes 1:1-4
1:1. Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.
1:2 Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah.
1:3 Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan.
1:4 Dalam Dia ada hidup dan hidup itu adalah terang manusia.

Bagi saya, perikop injil ini sudah jelas mensahkan ke-Allah-an Yesus. Saya tidak perlu logika lain ;p

[Dari Katolisitas: Ya benar, memang ayat Yoh 1:1 adalah salah satu ayat yang penting untuk menyatakan ke- Allahan Yesus]

Tony D
Tony D
12 years ago

Bagaimana dengan Amsal 8:22-36
Apakah ayat ini menunjuk kepada Yesus.?
Jika ya, mengapa di ayat 22, dikatakan “TUHAN telah menciptakan aku sebagai permulaan pekerjaan-Nya, sebagai perbuatan-Nya yang pertama-tama dahulu kala.”
Bukankan Yesus juga salah satu dari Pribadi Allah yang tidak diciptakan?
Mohon pencerahan,
Trimakasih.

senyum
senyum
Reply to  Tony D
12 years ago

kepada tony…

kenapa ayat tersebut mengatakan hal itu??
karena memang seperti itulah adanya, jadi kita tidak perlu berspekulasi sana-sini untuk mengartikan kalimat itu, karena alkitab sendiri menggunakan bahasa yang mudah dimengerti mengenai itu…

senyum
senyum
Reply to  Stefanus Tay
12 years ago

anda mengetikkan ““nubuat-nubuat dalam Kitab Suci tidak boleh ditafsirkan menurut kehendak sendiri” (2Pet 1:20)”. apakah saya menafsirkan dengan kata” sendiri?? tidak kan… saya mengatakan “kenapa ayat tersebut mengatakan hal itu?? karena memang seperti itulah adanya, jadi kita tidak perlu berspekulasi sana-sini untuk mengartikan kalimat itu, karena alkitab sendiri menggunakan bahasa yang mudah dimengerti mengenai itu…” untuk ayat yang di berikan oleh tony saya tidak menambah kan apa-apa… saya mengatakan memang seperti itulah adanya… anda mengatakan : “Dalam istilah teologis, kita mengenal istilah operasi yang “immanent” dan “transitive“. Immanent operation menghasilkan sesuatu di dalam sedangkan yang lain menghasilkan sesuatu di luar.… Read more »

Harryawan
Harryawan
12 years ago

Penjelasan yang menarik dan gamblang. Dan saya percaya kepada Allah Bapa Khalik langit & bumi, kepada Tuhan Yesus Kristus yang diutus oleh Allah untuk menyelamatkan manusia dan dunia, dan kepada Roh Kudus yang diutus oleh Allah sebagai Penghibur, Penolong dan yang membawa kita kepada Kebenaran dan takut akan Tuhan. Allah Bapa, Anak dan Roh Kudus adalah Satu dan Sehakekat walapun masing-masing Berpribadi. Dengan kemampuan kita yang kita miliki saat ini tidak mungkin memahami semuanya, tetapi ada saatnya kita akan berjumpa dan paham.

Arief Prilyandi
Arief Prilyandi
12 years ago

Terima kasih atas penjelasan dari Bpk. Stef yang menguatkan iman. Semoga bentuk-bentuk Arianisme yang kembali muncul ini dapat menemukan jalan kebenaran untuk pulang ke Gereja yang Satu, Kudus, Katolik, dan Apostolik.

Romo pembimbing: Rm. Prof. DR. B.S. Mardiatmadja SJ. | Bidang Hukum Gereja dan Perkawinan : RD. Dr. D. Gusti Bagus Kusumawanta, Pr. | Bidang Sakramen dan Liturgi: Rm. Dr. Bernardus Boli Ujan, SVD | Bidang OMK: Rm. Yohanes Dwi Harsanto, Pr. | Bidang Keluarga : Rm. Dr. Bernardinus Realino Agung Prihartana, MSF, Maria Brownell, M.T.S. | Pembimbing teologis: Dr. Lawrence Feingold, S.T.D. | Pembimbing bidang Kitab Suci: Dr. David J. Twellman, D.Min.,Th.M.| Bidang Spiritualitas: Romo Alfonsus Widhiwiryawan, SX. STL | Bidang Pelayanan: Romo Felix Supranto, SS.CC |Staf Tetap dan Penulis: Caecilia Triastuti | Bidang Sistematik Teologi & Penanggung jawab: Stefanus Tay, M.T.S dan Ingrid Listiati Tay, M.T.S.
top
@Copyright katolisitas - 2008-2018 All rights reserved. Silakan memakai material yang ada di website ini, tapi harus mencantumkan "www.katolisitas.org", kecuali pemakaian dokumen Gereja. Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari website ini untuk kepentingan komersial Katolisitas.org adalah karya kerasulan yang berfokus dalam bidang evangelisasi dan katekese, yang memaparkan ajaran Gereja Katolik berdasarkan Kitab Suci, Tradisi Suci dan Magisterium Gereja. Situs ini dimulai tanggal 31 Mei 2008, pesta Bunda Maria mengunjungi Elizabeth. Semoga situs katolisitas dapat menyampaikan kabar gembira Kristus. 
50
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x