Modul: PRAKATEKUMENAT | Sesi: 2 | Tingkat: KATEKIS
Setiap sesi dapat digunakan sebagai bahan kelas katekumen, pendalaman iman, baik pribadi, lingkungan, paroki, maupun kategorial.
Tingkat katekumen dapat diakses di sini – silakan klik

Tujuan dari sesi ini adalah:

  1. Mempersiapkan katekis untuk mengajar sesi 2: Mengapa memilih Gereja Katolik.
  2. Memberikan persiapan akan pertanyaan-pertanyaan bagi para katekis
  3. Mempersiapkan katekis maupun calon katekis dalam menghadapi sertifikasi katekis.

KELOMPOK KURSUS

Kurikulum Kursus

PANDUAN DISKUSI
Jelaskan kesan Anda tentang Gereja Katolik: sisi negatif dan sisi positif? 00:10:00
Setelah mengikuti sesi ini, apakah yang mendorong Anda untuk tetap memilih untuk menjadi Katolik? 00:10:00
HAL-HAL YANG SERING DITANYAKAN
Jika Allah menghendaki satu Gereja, mengapa Allah mengizinkan terjadinya perpecahan gereja? 00:10:00
Apakah persamaan dan perbedaan Kristen non-Katolik dan Katolik secara umum? 00:05:00
Bukankah kita diselamatkan oleh Yesus, bukan oleh Gereja? 00:07:00
Jika semua gereja Kristen berpusat pada Yesus, apakah masih penting menjadi seorang Katolik? 00:05:00
Apakah kita dapat memaksakan agama Katolik kepada orang lain? 00:05:00
Apakah di dalam Kitab Suci disebutkan tentang Gereja Katolik? 00:10:00
Apakah menjadi Katolik yang baik berarti masuk Surga? 00:05:00
Apakah yang disebut Skisma Timur dan Skisma Barat? 00:05:00
Apa yang secara garis besar terjadi di abad ke-16 tentang terjadinya gereja Protestan? 00:05:00
Apakah gereja-gereja non-Katolik adalah bidaah dan skisma? 00:08:00
Apakah Ekumenisme? 00:04:00
Apakah prinsip-prinsip dasar Katolik sehubungan dengan Ekumenisme? 00:08:00
PERTANYAAN TAMBAHAN
Apakah ada aturan (KHK atau KGK) yang melarang umat Katolik untuk mengikuti ibadah/persekutuan Kristen non-Katolik? 00:10:00
USULAN PERTANYAAN
Usulan Pertanyaan Sesi-2, Bagian Katekis 00:06:00

REVIEW KURSUS

4.9

4.9
17 ratings
  • 5 stars16
  • 4 stars1
  • 3 stars0
  • 2 stars0
  • 1 stars0
  1. Mengapa memilih gereja katolik

    5

    Bagus sekali

  2. Mengapa memilih Gereja Katolik

    4

    Materi melengkapi pemahaman mengenai Gereja Katolik sehingga menumbuhkan kesetiaan dan kecintaan kepada Gereja Katolik

  3. Mengapa memilih Gereja KatolikThx

    5

    Terima kasih.Dg mengikuti kursus ini saya sudah boleh mendapatkan tambahan pengetahuan ttg Gereja Katolik

  4. Sekali Katolik, selamanya Katolik

    5

    Sekali Katolik, selamanya Katolik.

  5. Mengapa memilih gereja katolik katfkis

    5

    Bagus

  6. Senang bisa belajar banyak

    5

    Senang bisa belajar banyak usul boleh kuis berkali2 ambil nilai tertinggi, bukan yg terakhir jadi lebih berani untuk mengetahui kebenaran dr yg telah kita terima.

  7. Mengapa memilih gereja katolik

    5

    Modulnya menarik dan mudah dipahami. Semakin mantap bagi saya untuk mengembangkan panggilan saya sebagai umat katolik. Semoga melalui modul berikutnya dapat menjawab pertanyaan2x yang muncul karena ketidaktahuan selama ini. Trima kasih

  8. "Jajan" ke gereja lain...

    5

    Dari sesi ini, saya dapat pengertian mengapa umat Katolik sebaiknya tidak “jajan” ke gereja2 lain. Saya juga baru sadar bahwa saya pernah masuk dalam golongan “heretik” ketika saya meninggalkan Gereja Katolik pada saat SMP-SMA dulu, padahal saya telah dibaptis Katolik sejak bayi. Saya bersyukur Tuhan memulangkan saya ke GerejaNya.

  9. Mengapa memilih gereja katolik

    5

    Setelah belajar pada sesi ini saya semakin mengerti dan yakin pada iman katolik saya

  10. Gereja katholik adalah suatu pilihan baik

    5

    Begitu jelas dan gamblang sesi ini mengungkapkan naik turunnya Gereja Katholik, dengan segala intrik, persoalan politik, dan serangan baik fisik maupun iman. Gereja Katolik mampu bertahan selama 2000tahun lebih dan mampu menjawab semua tantangan zaman. Umat katholik yang dicerai beraikan karena bermacam hal tetap teguh memegang iman kekristennya, bahkan sampai – sampai menlu Chou En Lai berkata jangan sekali – kali mengusik orang kristen mereka bukan domba yang dikawanan serigala namun kita adalah serigala dikawanan domba gunung yang tangguh. Nasihat terakhir kepada Mao Ze Dong. Oda Nobunaga mengatakan kaum Kiristan,” seandainya aku punya pengikut seperti Dia(Yesus) maka tidak akan ada 3negara”. Tokugawa Ieyasu, “kukira sudah membabat habis sampai keakarnya, namun sinobiku, dayang2xku, samurai bahkan damiyoku banyak mengikuti Dia(Yesus) yang bersenjata tongkat gembala.” Hideyoshi”Aku dan Dia(Yesus) sama tetapi Aku dengan kekuatan, Dia dengan “Cinta Kasih”.

  11. Sebuah awal yang baik untuk mengenal ajaran gereja Katolik lebih dalam lagi...

    5

    Topik ini sungguh menarik untuk dibaca.. memberikan inspirasi bagaimana harus bersikap terhadap pengaruh gereja non katolik..

  12. MENGAPA MEMILIH GEREJA KATOLIK?

    5

    Banyak pembahasan materi 2 baru yg berguna untuk menambah pengetahuan tentang Gereja Katolik.

  13. Mengapa memilih Gereja Katolik-Katekis

    5

    Melalui Gereja Katolik terjadi keselamatan. Gereja Katolik dibangun oleh Allah sendiri, terbukti walaupun harus melalui berbagai rintangan tetep bertahan hingga saat ini.

  14. Mengapa memilih gereja Katolik

    5

    Penjelasan sangat mendaam namun dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti, banyak saran dalam hal ekumenis terutama dialog dengan non Katolik untuk dilakukan. tetapi kenyataan yang terjadi umat non-katolik biasanya lebih menguasai firman Tuhan dibandingkan Umat katolik. dan mereka sudah mendapat doktrin dalam ajarannya. sehingga sangat sulit ditembus… menurut saya hal ini yang akan menimbulkan perdebatan yang tidak sehat karena masing2 memiliki pandangan yang berbeda. seperti sebuah kursi dengan 4 kaki, kita lihat dari depan dapat melihat 2 kaki saja, tetapi bila dilihat dari sudut jadi 3 kaki… sehingga tidak dapat terjadi kesamaan pendapat karena pandangan nya sudah berbeda… dan saling mengclaim benar… bahkan saya pernah dibilang bahwa Paus Kita adalah nabi-nabi palsu seperti yang ada pada matius 7:15

  15. sangat membantu

    5

    Kursus-kursus ini sangat membantu mengembangkan pemahaman tentang ajaran gereja.

514 PESERTA TERDAFTAR

Doa St. Thomas Aquinas

Allah Pencipta segala sesuatu, Sumber terang dan kebijaksanaan yang sejati, asal mula segala makhluk, curahkanlah seberkas cahaya-Mu untuk menembus kegelapan akal budiku. Ambillah dariku kegelapan ganda yang menyelimutiku sejak lahir, suatu ketidak-mengertian karena dosa dan ketidak-tahuan. Berilah kepadaku, pengertian yang tajam dan ingatan yang kuat dan kemampuan untuk memahami segala sesuatu dengan benar dan mendasar. Karuniakanlah kepadaku talenta untuk menjelaskan dengan tepat dan kemampuan untuk mengutarakannya dengan saksama, luwes dan menarik. Tunjukkanlah bagaimana aku memulainya, arahkanlah perkembangannya dan bantulah sampai kepada penyelesaiannya. Kumohon ini demi Yesus Kristus Tuhan kami. Amin.

Review Kursus

Romo pembimbing: Rm. Prof. DR. B.S. Mardiatmadja SJ. | Bidang Hukum Gereja dan Perkawinan : RD. Dr. D. Gusti Bagus Kusumawanta, Pr. | Bidang Sakramen dan Liturgi: Rm. Dr. Bernardus Boli Ujan, SVD | Bidang OMK: Rm. Yohanes Dwi Harsanto, Pr. | Bidang Keluarga : Rm. Dr. Bernardinus Realino Agung Prihartana, MSF, Maria Brownell, M.T.S. | Pembimbing teologis: Dr. Lawrence Feingold, S.T.D. | Pembimbing bidang Kitab Suci: Dr. David J. Twellman, D.Min.,Th.M.| Bidang Spiritualitas: Romo Alfonsus Widhiwiryawan, SX. STL | Bidang Pelayanan: Romo Felix Supranto, SS.CC |Staf Tetap dan Penulis: Caecilia Triastuti | Bidang Sistematik Teologi & Penanggung jawab: Stefanus Tay, M.T.S dan Ingrid Listiati Tay, M.T.S.
top
@Copyright katolisitas - 2008-2018 All rights reserved. Silakan memakai material yang ada di website ini, tapi harus mencantumkan "www.katolisitas.org", kecuali pemakaian dokumen Gereja. Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari website ini untuk kepentingan komersial Katolisitas.org adalah karya kerasulan yang berfokus dalam bidang evangelisasi dan katekese, yang memaparkan ajaran Gereja Katolik berdasarkan Kitab Suci, Tradisi Suci dan Magisterium Gereja. Situs ini dimulai tanggal 31 Mei 2008, pesta Bunda Maria mengunjungi Elizabeth. Semoga situs katolisitas dapat menyampaikan kabar gembira Kristus. 
X