Bolehkah ke dukun atau ke paranormal?

Pertanyaan:

Ytk. Bp. Stef & Ibu Ingrid

Saya mau bertanya:
1. Apakah diperbolehkan bila umat Katolik berobat atau minta bantuan dukun atau paranormal? Bila tidak diperbolehkan, apakah ada dasar hukum Gereja yang mengatur hal ini?
2. Bila paranormal itu seorang Katolik yg taat bahkan juga hidupnya baik apakah boleh kita minta bantuan kepadanya? Bahkan di Keuskupan Agung Semarang diadakan juga temu kebatinan yg terdiri dari para pemerhati kebatinan dan juga diikuti para paranormal Katolik dengan bimbingan romo bahkan selalu dipuncaki dengan Ekaristi.
3. Apakah ada perbedaan antara dukun dan paranormal?

Mohon tanggapannya. Terima kasih.
Tuhan memberkati, Barnabas

Jawaban:

Dari Admin Katolisitas: pertanyaan ini dijawab oleh Romo Wanta, dan selanjutnya oleh Ingrid]

Barnabas Yth.

Majalah hidup minggu lalu tgl 15 November menampilkan tema itu ttg kebatinan dan memang benar di Keuskupan Agung Semarang ada perkumpulan hal itu. Persoalannya bukan pada orang boleh mencari paranormal tetapi pada bagaimana Gereja Katolik mendampingi paranormal agar tidak keluar dari ajaran Gereja Katolik. Mereka ini adalah aliran kejawen yang katolik, maka dalam pertemuan itu ada penutupan dengan misa karena mereka katolik dari pada tidak misa dan tanpa pengawasan Gereja. Benar bahwa praktek paranormal kadang dapat bertentangan dengan ajaran Gereja tapi tidak semuanya demikian. Kalau minta penyembuhan dari paranormal dapat saja dilakukan asalkan tidak melanggar prinsip ajaran Gereja, namun tidak pada eksorsisme karena hal itu adalah kewenangan Uskup.

Perbedaan dukun dan paranormal adalah dukun mengobati menggunakan kepercayaan pada kuasa gaib. Paranormal mengobati dengan kuasa alam energi alam. Praktek paranornal menggunakan insting karunia Tuhan yang ada dalam dirinya untuk membaca alam, hidup sehingga dia bisa menyampaikan kebenaran. Misalnya ada seorang yang pandai mencari sumber air dengan menggunakan alat cukup dengan dahan pohon bercabang tiga bahkan dengan bandul dan sungguh ditemukan. Bagi saya ini kemamuan karunia Tuhan yang diberikan kepadanya karena naluri yang melebihi dari normal dan tidak bertentangan dengan agama Katolik.

Tapi kalau sudah dukun memakai hari tertentu ada unsur gaib itu tidak diperkenankan. Kalau sudah melampaui akal budi dan iman Katolik seperti ramalan nasib itu sudah bertentangan dengan iman katolik.

salam
Rm Wanta

Tambahan dari Ingrid:

Shalom Barnabas,

Katekismus Gereja Katolik sangat tegas melarang segala aktivitas yang berkaitan dengan perdukunan dan ilmu gaib, karena hal- hal itu bertentangan dengan ajaran Alkitab, maka dengan sendirinya umat Katolik tidak boleh pergi ke dukun ataupun terlibat dalam aktivitas perdukunan/ sihir/ ilmu gaib:

KGK 2117 Semua praktik magi dan sihir, yang dengannya orang ingin menaklukkan kekuatan gaib, supaya kekuatan itu melayaninya dan supaya mendapatkan suatu kekuatan adikodrati atas orang lain – biarpun hanya untuk memberi kesehatan kepada mereka – sangat melanggar keutamaan penyembahan kepada Allah. Tindakan semacam itu harus dikecam dengan lebih sungguh lagi, kalau dibarengi dengan maksud untuk mencelakakan orang lain, atau kalau mereka coba untuk meminta bantuan roh jahat. Juga penggunaan jimat harus ditolak. Spiritisme sering dihubungkan dengan ramalan atau magi. Karena itu Gereja memperingatkan umat beriman untuk tidak ikut kebiasaan itu. Penerapan apa yang dinamakan daya penyembuhan alami tidak membenarkan seruan kepada kekuatan-kekuatan jahat maupun penghisapan orang-orang lain yang gampang percaya.

KGK 2116 Segala macam ramalan harus ditolak: mempergunakan setan dan roh jahat, pemanggilan arwah atau tindakan-tindakan lain, yang tentangnya orang berpendapat tanpa alasan, seakan-akan mereka dapat “membuka tabir” masa depan (lih. Ul 18:10; Yer 29:8). Di balik horoskop, astrologi, membaca tangan, penafsiran pratanda dan orakel (petunjuk gaib), paranormal dan menanyai medium, terselubung kehendak supaya berkuasa atas waktu, sejarah dan akhirnya atas manusia; demikian pula keinginan menarik perhatian kekuatan-kekuatan gaib. Ini bertentangan dengan penghormatan dalam rasa takwa yang penuh kasih, yang hanya kita berikan kepada Allah.

Sesuai dengan penjelasan Romo Wanta, maka kesimpulannya adalah sebagai berikut:
1. Jika praktek paranormal itu tidak menjurus kepada kuasa gaib, dan sesungguhnya dapat dilihat berkaitan dengan ilmu pengetahuan, maka praktek tersebut masih dapat dikatakan berada dalam ‘koridor’ yang diijinkan oleh Gereja Katolik. Termasuk di sini misalnya seperti mencari sumber air, gaya magnetis bumi, meramu obat dari tumbuh-tumbuhan dst, sebab hal ini setidak-tidaknya dapat berkaitan dengan science dan akal sehat dan dapat dibuktikan.
2. Namun jika itu menggunakan kuasa-kuasa lain di luar jangkauan akal budi, menggunakan kuasa gelap, ramalan, tahayul, penyaluran energi tenaga dalam, medium bola kristal dst itu sudah merupakan praktek-praktek yang menyimpang dan sudah tidak sesuai dengan ajaran Gereja Katolik. Praktek ini sudah menjurus kepada ilmu gaib, dan harus kita hindari.

Bagi saya pribadi, saya lebih cenderung untuk berhati-hati terhadap praktek paranormal ini, justru karena batas- batas-nya yang agak kabur, tentang mana yang masih dapat diterima akal sehat dan dapat dibuktikan dengan science, mana yang tidak. Jadi alangkah baik jika kita lebih waspada dalam hal ini. Lebih baik mengusahakan penyembuhan melalui cara yang diterima oleh Gereja Katolik secara umum, yaitu dengan berdoa, sakramen, dan dengan pengobatan dan terapi medis.

Salam kasih dalam Kristus Tuhan,
Ingrid Listiati- http://www.katolisitas.org

52
Tinggalkan pesan

Please Login to comment
20 Comment threads
32 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
25 Comment authors
Rm Yohanes Dwi HarsantoHerman Jaygradzzzmarcella evelineSandy Recent comment authors
Herman Jay
Member
Herman Jay

Sikap Gereja Katolik terhadap Realitas Pocong, Tuyul, Kuntilanak ? 1. Sesuatu yang tidak kelihatan bukan berarti bukan realitas. 2. Pocong dan sejenisnya hanya dapat dilihat oleh orang tertentu, termasuk antara lain seorang anak lelaki kecil yang berada di lingkungan saya. 3. Membicarakan pocong dan sejenisnya menakutkan bagi orang pada umumnya. Apalagi jika mereka menampakkan diri dengan wajah yang menyeramkan, misalnya hanya muka sepotong. Kata orang: mereka ini mati secara tidak wajar sehingga sampai sekarang arwahnya masih gentayangan.Mereka belum mendapat tempat di alam baka. 4. Berdasarkan pengalaman Papa dari sang anak , pada saat mereka doa Angelus di rumahnya, maka pocong-pocong… Read more »

Rm Yohanes Dwi Harsanto
Member

Salam Herman Jay, Gereja, dalam pengakuan iman yang panjang (syahadat panjang) menyebutkan ciptaan Allah baik yang kelihatan maupun yang tidak kelihatan.‎ Doa untuk arwah selalu dilakukan. Dan Gereja Katolik selalu mendoakan mereka. Jawaban untuk pertanyaan no.8 dan 9: 8. Saya tidak menemukan data dalam Injil dan dokumen Gereja mengenai hal ini sampai saat mengetik jawaban ini. Namun iman kita menyatakan bahwa Allah memberikan anugerah apa pun kepada siapapun semau Dia, dengan tujuan demi kemuliaan Dia. ‎Sebenarnya tidaklah perlu pergi ke dukun. Sudah berkali-kali ditegakkan dalam website ini (salah satunya bisa dibaca kembali artikel di atas, silakan klik) 9.‎ Dalam janji… Read more »

gradzzz
Member
gradzzz

Selamat malam katolisitas.org Nama saya grady. Dan saya memilik seorang adik perempuan. Ia seorang atlet dan sedang mengalami cedera. Pengobatan medis sudah dilakukan berulang2 kali, tapi tidak dapat kembali seperti sediakala. Satu2nya jalan adalah operasi dan keluarga menolaknya. Kemudian ia di tawarkan untuk memakai susuk kesehatan. Memang dari yang saya baca pada posting ini semunya menyimpulkan tidak boleh apabila tidak ada ajaran sesuai agama katolik. Pertanyaan saya adalah bolehkah memakai susuk yang dijalankan hanya sekedar untuk kesehatan, tetapi tetap menjalankan rutinitas agama katolik seperti biasanya? kedua. Apabila memang sudah dipasang susuk, apakah doa yang diucapkan menjadi sia2 ? Sekian dari… Read more »

krisna
Guest
krisna

Saya bingung mau bilang ke orang tua bahwa tindakannya salah besar…. Tapi setiap kali saya katakan selalu dimentahkan dengan jawaban sakti: 1. Mama ke paranormal kan, paranormal itu menggunakan kekuatan putih jadi tidak ada minta tumbal, atau melakukan ritual ritual yang aneh… cuma buka kartu saja dan didoakan oleh paranormal… adaj juga yang membakar kertas. 2. Mama kan tidak minta persugihan atau meminta kekebalan, cuma minta dibantu usaha tokonya dan agar pelanggan yang utang cepat bayar ke mama… 3. Lagipula yang menjadi paranormal juga memasang foto Yesus dan Bunda Maria (meskipun juga ada patung mitologi dewa dewi cina) Lalu bagaimana… Read more »

RD. Yohanes Dwi Harsanto
Guest
RD. Yohanes Dwi Harsanto

Salam Krisna,

Cukuplah bila kita mengingatkan saja. Keputusan tetap ada pada yang bersangkutan. Ilmu putih maupun hitam hanyalah warnanya saja. Hakikat dan asal serta tujuannya sama, yaitu iblis. Dibantu oleh kekuatan iblis selalu “tiada yang gratis”, pastilah ada yang dirugikan. Pengalaman orang-orang yang bertobat, mengisahkan hal yang sama, yaitu hal-hal negatif. Apalah arti gambar kudus jika hanya untuk menipu pandangan orang? Doakan selalu.

Salam
RD. Yohanes Dwi Harsanto

krisna
Guest
krisna

Ini kan menyangkut keselamatan jiwa orang tua saya… saya kwatir kalau ortu aku tidak diselamatkan karena perbuatannya…

Apakah saya perlu marah atau menggunakan ancaman supaya orang tua saya sadarkan akan perbuatan dosanya?

thanks…

RD. Yohanes Dwi Harsanto
Guest
RD. Yohanes Dwi Harsanto

Salam Krisna,

Tidak perlu mengancam, karena hakikat mewartakan kebenaran Injil ialah menghargai kebebasan orang lain. Tampilkanlah fakta-fakta kebenaran saja. Dengan hormat Anda sampaikan. Website ini membantu Anda.

Salam
RD. Y. Dwi Harsanto

marcella eveline
Guest
marcella eveline

Saya lagi agak galau, krn mengetahui seorang ibu yang dulu satu lingkungan dengan saya sebelum dipecah 3, membiarkan/memberi persetujuan(atau mungkin jg dia yang mengusahakan)adik suaminya menggunakan seseorang untuk “menarik keluar dari jarak jauh” kekuatan setan yg dulu pernah menjadi sandaran suaminya, meski suaminya katholik sejak generasi orang tuanya. Wanita ini pernah bercerita pd saya bhw mertuanya selalu tidur melintang di belakang pintu masuk ke dlm rumah setiap malam jum’at kliwon, meski sudah BERAGAMA katholik. Saya memberitahukan kepada ibu ini bahwa itu artinya dia n keluarganya menggunakan kuasa setan pula, yg akan mengakibatkan roh suami tetap terikat kuasa setan. Ini memang… Read more »

RD. Yohanes Dwi Harsanto
Guest
RD. Yohanes Dwi Harsanto

Salam Eveline,

Kelompok apakah yang Anda maksud? Jika sudah jelas nama dan identitas para pengurus kelompok itu, Anda bisa tanyakan ke keuskupan Anda, apakah kelompok tersebut sah diakui sebagai komunitas doa Katolik atau tidak, ada dalam naungan BP-PDKK keuskupan atau tidak.

Salam
RD. Yohanes Dwi Harsanto

Sandy
Guest
Sandy

Dear katolisitas

Kenapa penyembuhan di romo sering tidak berhasil sementara di pengobatan alternatif yg berbau islam sering berhasil?

RD. Yohanes Dwi Harsanto
Guest
RD. Yohanes Dwi Harsanto

Salam Sandy,

Tentu saja pernyataan Anda itu perlu didukung data. Belum ada pendataan pula terhadap teman-teman Katolik yang disembuhkan oleh imam-imam dalam berbagai kesempatan kunjungan pastoral dari rumah ke rumah, retret dan rekoleksi penyembuhan, Misa, Sakramen Tobat, adorasi, dsb. Namun yang terpenting bagi kita, tujuan pokok doa penyembuhan ialah agar orang mengalami penyembuhan dan pembaharuan hidup rohani yaitu makin erat bersatu dengan Kristus dan makin mewujudkan cinta-Nya dalam hidup sehari-hari. Orang Katolik yang sakit, berdoa mohon kesembuhan namun melalui usaha yang tidak bertentangan dengan iman Katolik yaitu melalui penanganan medik dan alternatif lain yang bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

Salam

RD. Yohanes Dwi Harsanto

Charlyna
Guest
Charlyna

Shalom,,
saya ingin bertanya apakah datang ke orang tua (yang dianggap memiliki kemampuan lebih) dan di situ kita menyampaikan permohonan supaya dibantu, kemudian orang tua tsb memberi wejangan dan nasehat untuk (misalnya) meminum air kembang 7 rupa seperti itu bertentangan dengan ajaran Gereja?
Terimakasih

RD. Yohanes Dwi Harsanto
Guest
RD. Yohanes Dwi Harsanto

Salam Charlyna, Sudah banyak dibahas dalam forum ini mengenai larangan pergi ke dukun atau paranormal. Yang jadi soal ialah mengapa harus minum air kembang tujuh rupa? Air ini tentu lain dari air berkat atau air suci dari Gereja. Air dengan jampi-jampi dan rapalan itu menimbulkan pertanyaan secara iman Katolik. Doa apa saja diucapkan atas air itu? Tentu lain dari doa berkat atas air yang ada dalam buku liturgi Gereja Katolik. Pertanyaan berikutnya ialah, mengapa harus bertanya pada orang dukun? Apakah tidak percaya pada akal budi kita sendiri dalam merencanakan kehidupan? Mengapa tidak berdialog dan mencari informasi dari yang berkompeten di… Read more »

Krisna
Guest

http://www.youtube.com/watch?v=d30CZvYSPP0

apakah ilmu Grafologi ( ilmu untuk menganalisis tulisan tangan ) dapat dibenarkan dalam iman Katolik? Karena menurut saya ilmu Grafologi bisa di jelaskan dengan ilmiah…..
thanks

[dari katolisitas: Intinya sejauh hal tersebut dapat dibuktikan secara ilmu pengetahuan, maka Gereja dapat menerimanya. Namun, apakah ilmu grafologi dapat dibuktikan secara ilmiah, silakan ilmu pengetahuan yang membuktikannya.]

Yanuanri
Guest
Yanuanri

Shalom Katolisitas, Ada hal yang ingin saya tanyakan, saya adalah seorang Katolik dan juga seorang karyawan yang bekerja di suatu perusahaan penyiaran TV swasta. Suatu ketika, saya menerima telepon dari seorang pemirsa yang telah menonton sebuah acara yang di dalamnya tentang roh-roh dan dunia spiritual. Pemirsa tersebut kemudian menanyakan kepada saya data tentang sang ahli spiritual dalam acara tersebut. Dia menanyakan alamat dan nomor teleponnya. Yang menjadi pertanyaan bagi saya adalah : Meskipun pemirsa tersebut belum tentu seorang Katolik/Kristen. Karena menurut apa yang saya ketahui, ada keyakinan lain di luar sana yang masih menyakini hal-hal yang gaib. Apakah saya boleh… Read more »

Agung
Guest
Agung

Shalom Yanuanri,

kalau boleh saya bantu dengan sebuah artikel mengenai kasus lain, tapi kurang lebih sama dengan apa yang Anda alami: http://www.indocell.net/yesaya/id1222.htm . Semoga membantu dalam membuat keputusan.

Yanuanri
Guest
Yanuanri

Shalom Agung,

Terima kasih untuk link-nya yaa…. ^_^
Tuhan Yesus memberkati kita. Amin

Arbi Rejosumarto
Guest
Arbi Rejosumarto

Shalom Team Katolisitas,

Saya ingin bertanya.
Apakah seorang yang kita sebut paranormal, boleh memberitahu tentang masa depan seseorang, missal : jodoh kita siap, karir kita bagaimana. Apakah hal tersebut dosa walaupun bertujuan baik? trims

Jacko
Guest
Jacko

Syalom,

Mohon infonya,
Suatu kali, saya bertamu ke kerabat beragama Katolik.
Dia paranormal. Dan, diberikan karunia untuk menyembuhkan melalui pijit.
Sejauh yang saya kenal, kerabat saya ini orang yang santun, halus dan taat dalam kehidupan menggereja.

Dia pernah membaca sifat dan karakter orang melalui nama. Waktu itu, saya dibilang bahwa, seseorang yang kini ‘dekat’ dengan saya memiliki sifat yang tidak baik. Ia bahkan berkata, bahwa, pikir-pikir dulu untuk melanjutkan hubungan ini, karena ini menyangkut kebahagiaan saya di masa datang.
Bagaimana pendapat gereja mengenai hal ini?

Terima kasih

Rm Yohanes Dwi Harsanto, Pr
Guest
Rm Yohanes Dwi Harsanto, Pr

Salam Jacko, Gereja Katolik dengan tegas menyatakan bahwa manusia itu diciptakan oleh Allah karena cinta, dengan badan dan jiwa serta diikutkan dengan Roh Ilahi, karena itu manusia ialah sungguh baik (KGK 1, 315, 1604, 1704, 374). Secara kodrati manusia mampu mengenal Allah dan berusaha mencari kebenaran, bahkan setelah berdosa pun, manusia tidak ditinggalkan Allah (410). Manusia punya kebebasan dan keputusan. Ia bisa berubah dari menyelewengkan kebebasan (dosa) menjadi lebih memilih Allah dan kebenaran, dipulihkan, dan diselamatkan. Karena itu, pendapat yang menghakimi seseorang sebelum mengetahui informasi dari sumber terpercaya mengenai seseorang ialah penilaian yang tidak adil dan tidak seimbang. Mengenai “pikir-pikir… Read more »

Krisnapi
Guest

Aq mau bertanya…..

Mama aq itu memberikan aq jimat, gak tau jimat untuk apa itu…

Tapi kalau aq buang takutnya ditanya macam-macam, mngkn aq bisa dimarahin…

Tapi aq gak percaya akan kekuatan dan kesaktian jimat itu, karena bagiku itu mustahil akan ada kekuatan dari sebuah benda mati…

Apakah jika aq tidak percaya akan jimat tersebut, tetapi masih aq simpan karena orang tua, apakah itu berdosa?

Lalu bagaimana yang harus saya lakukan?

Thanks……

Yohanes Dwi Harsanto, Pr
Guest
Yohanes Dwi Harsanto, Pr

Salam Krisnapi,

Jimat hendaknya dimusnahkan. Jika Anda ditanya, Anda bisa menjelasakan kepada orangtua, bahkan ini menjadi kesempatan mewartakan keselamatan yang hanya ada dalam Kristus. Anda pun berhak mewartakan warta keselamatan itu dan orangtua Anda pun berhak mendengarkan Anda, karena keselamatan kekal ialah ururan yang teramat berharga untuk dilewatkan. Kristus bukan hanya agama, apalagi seremeh jimat. Kristus ialah Sang Jalan Kebenaran dan Kehidupan. Wartakanlah Dia.

Salam
Yohanes Dwi Harsanto, Pr

Fransiskus Dany
Guest
Fransiskus Dany

Syalom….

Ibu tolong berikan pengertian bagi saya,bagai mana pandangan kita menurut Alkitap, kalau ada yang sakit pergi berobat pada seorang dukun atau berobat kampung,karena ada seorang ibu yang sudah berobat ke dr tdk kunjung sembuh,karena penyakit yang di deritanya adalah kiriman orang (katanya) Terimakasih,Tuhan Memberkati

[Dari Katolisitas: Silakan membaca artikel di atas, silakan klik]

Nikolaus Johan
Guest
Nikolaus Johan

Saya ingin menanyakan beberapa hal yang membuat saya ragu: 1. Saya mempunyai seorang Nenek yang sudah sangat lanjut usia. Sekarang beliau terkena stroke dan lumpuh. Orang tua saya dan juga orang-orang lain mengatakan kalau-kalau Nenek memakai susuk. Kata mereka kalau memakai susuk maka matinya susah dan orang itu akan menderita sekali kecuali susuknya dicabut. Setelah dicabut maka beberapa hari kemudian orang itu akan meninggal ‘dengan tenang’. Saya sangat mencintai Nenek saya. Diantara para cucu hanya saya yang bisa nyambung bila diajak berbicara dengannya. Memang merawat orang stroke sangat melelahkan juga makan biaya besar. Saya tidak setuju ketika orang tua saya… Read more »

Romo Yohanes Dwi Harsanto, Pr.
Guest
Romo Yohanes Dwi Harsanto, Pr.

Salam Nikolaus Johan 1. Dalam buku romo Gabrielle Amorth “Seorang Eksorsis Menceritakan Kisahnya” (MCI, 2011), disebut istilah “Infestation” pada daftar istilah halaman 7, yang berarti “kekuatan roh jahat yang menyerang rumah, benda-benda, atau hewan. Dalam Katekismus Gereja Katolik no 1673 ditegaskan bahwa Gereja, melalui eksorsisme, memohon dalam nama Yesus Kristus agar orang atau benda dilindungi dari kekuatan jahat, atau meminta agar kekuatan jahat ditarik dari benda atau orang. Jadi, KGK 1673 itu berbicara mengenai pembebasan kuasa jahat tidak hanya dari manusia namun juga dari benda-benda, rumah, hewan, dll. Hukum Gereja membuat eksorsisme dapat diterapkan tidak hanya untuk kerasukan setan pada… Read more »

welly
Guest
welly

saya curiga suami saya di dukun ex girlfriend nya, dia bicara dengan saya sudah lain tidak seperti dulu, kalau saya bahas soal ex girlfriend nya dia cenderung membela bhkan rada bentak dengan sya,

Nico
Guest
Nico

Romo, pak Stef, dan bu Ingrid Bagaimana jika orang pintar itu melakukannya semata – mata untuk kebaikan? Seperti yang terjadi pada saya. Mertua saya bisa dibilang masih percaya pada orang pintar. Sering sekali bertanya pada orang pintar jika ada sesuatu hal yang jelek terjadi. Anak saya mengalami keterlambatan perkembangan sehingga pada umur sekarang, 2 tahun, masih belum dapat bicara dan tidak merespon jika dipanggil namanya. Kami sebagai orang tua sudah membawanya untuk terapi di klinik tumbuh kembang anak tiap minggu. Dan hasilnya memang ada perkembangan yang baik walaupun masih belum sempurna. Nah, mertua saya bertanya pada orang pintar kenapa anak… Read more »

Romo Yohanes Dwi Harsanto, Pr.
Guest
Romo Yohanes Dwi Harsanto, Pr.

Salam Nico, Tak mustahil Allah berkarya melalui orang-orang yang sekehendak-Nya Ia pilih untuk menyembuhkan dan membuat kondisi kesehatan menjadi pulih. Seperti halnya orang dipanggil menjadi dokter tak peduli ia beragama Katolik atau tidak Katolik, maka demikian pula anugerah supra natural non-medik bisa Ia anugerahkan kepada siapapun. Yesus sendiri meminta para murid membiarkan orang yang bukan pengikut Kristus mengusir setan dalam namaNya (Luk 9:49). Namun kita juga tahu bahwa setan juga memberikan kemampuan-kemampuan adikodrati pula kepada orang-orang yang menghamba padanya, baik kepada orang yang halus budi bahasanya (“orang baik”) maupun kepada yang memang telanjur jahat. Maka patutlah orang Katolik meneliti pilihan… Read more »

Nico
Guest
Nico

Terima kasih romo atas penjelasannya

GBU

yongky
Guest
yongky

ikut komentar perihal dukun dan paranormal : saya seorang katolik , tetapi saya lebih mengimani Yesus daripada : dukun , paranormal , ilmu putih , tenaga dalam , yoga , reiki , taici , accuntment cakra cakra dsb – saya mencoba melihat dalam Yohanes 5 : 1-10 , disitu ada sebuah kolam , dan sewaktu waktu turun malaikat Tuhan , dan terjadi kesembuhan , dan Tuhan Yesus melihat ada seorang yang sudah tiga puluh delapan tahun lamanya sakit , dan Tuhan bertanya “Maukah engkau sembuh?” , orang tsb percaya pada kolam tsb , tapi karena keterbatasannya , dia tidak mendapat… Read more »

Laurentius
Guest
Laurentius

Shalom,

Saya mau tanya: Belum lama ini teman saya memberi tahu soal video di YouTube yang katanya bisa menghipnotis orang menjadi gila. Pada awalnya saya takut dan percaya akan video tersebut. Kemudian saya merasa bersalah karena dengan percaya terhadap hal seperti itu (menurut saya) adalah dosa berat.

Setelah itu saya memberanikan diri untuk melihat sendiri videonya. Ternyata setelah saya lihat, terbukti bahwa itu adalah hoax.

Jadi, apakah saya berdosa berat dengan rasa “takut dan percaya akan hoax” yang saya alami sebelum melihat video tsb?
Terima kasih.
Laurentius

Stefanus Tay

Shalom Laurentius, Terima kasih atas pertanyannya. Dalam kasus anda, mungkin perlu dilihat masalah yang lebih mendasar, dan bukan hanya masalah takut dan percaya akan video yang dapat menghipnotis tersebut. Di balik itu semua, yang perlu ditanyakan apakah anda percaya bahwa kuasa-kuasa di dunia ini dan kuasa gelap dapat mengalahkan kuasa Tuhan? Selama anda percaya bahwa kuasa Tuhan berada di atas segalanya, maka ketakutan seperti yang anda alami bukanlah dosa berat. Mungkin yang harus diperhatikan adalah agar anda dapat meminta kekuatan kepada Tuhan, sehingga tidak terlalu terganggu dengan hal-hal yang kecil. Yang terpenting adalah, kita semua harus terus berjalan dan bertumbuh… Read more »

surya
Guest
surya

halo… saya ingin bertanya perihal hipnotheraphy yang sedang gencar gencarnya… ada salah satu tim di dalam persekutuan saya yang akhirnya terjerat dengan hipnotheraphy yang dia katakan bahwa itu bukan dosa…. saya pribadi belum mengerti apakah hypnotheraphy itu dosa atau tidak namun yang saya tahu itu adalah jalan pintas dan sangat tidak mencerminkan gereja katolik yang percaya dengan kuasa iman dan pengharapan kepada Allah Tritunggal… pertanyaan saya… 1. apakah hypnotheraphy dosa? 2. bagaimana hypnotheraphy dilakukan? karena menurut teman saya yang satu tim ini, theraphy ini menggunakan kekuatan pikiran dan perkataan….namun saya pikir jugam bagaimana mungkin seseorang akan secara otomastis dalam sekejap… Read more »

Hanes
Guest
Hanes

Shalom ibu ingrid,
adik ipar saya (perempuan), berawal kenalan dengan pria (dilain kota) melalui chatting, kemudian adik ipar saya langsung jatuh cinta kepada pria tersebut, bahkan kemarin (30 november)adik ipar saya kabur dari rumah untuk menemui pria tersebut dilain kota. Pihak keluarga menduga adik ipar saya dipelet (dipengaruhi kuasa gelap).
pertanyaan saya doa apa yang dapat menghancurkan kuasa pelet, agar adik ipar saya disadarkan dan dapat kembali kerumah keluarga.

saya sangat mengharapkan bimbingan doa dari ibu. Terima kasih, Tuhan Yesus memberkati pelayanan ibu.

Hanes

Barnabas
Guest
Barnabas

Ytk. Bp Stef dan Ibu Ingrid Maaf mengganggu lagi nih krn beberapa waktu lalu saya sempat bertanya tentang boleh atau tidaknya orang Katolik berobat/percaya kepada dukun dan paranormal. Sampai sekarang saya belum mendapat jawabannya. Mungkin Bp Stef atau Bu Ingrid terlalu sibuk karena situs ini semakin lama semakin banyak penggemarnya….Bravo! .Dengan hormat dan rendah hati, berkenanlah Anda menjawab pertanyaan saya ini. 1. Apakah ada hukum Katolik yang menegaskan bahwa umat Katolik boleh/tidak boleh berobat atau percaya kepada dukun dan atau paranormal? 2. Kalau paranormal itu Katolik dan hidupnya juga baik bahkan tekun dalam imannya (seperti di Keuskupan Agung Semarang malah… Read more »

Romo pembimbing: Rm. Prof. DR. B.S. Mardiatmadja SJ. | Bidang Hukum Gereja dan Perkawinan : RD. Dr. D. Gusti Bagus Kusumawanta, Pr. | Bidang Sakramen dan Liturgi: Rm. Dr. Bernardus Boli Ujan, SVD | Bidang OMK: Rm. Yohanes Dwi Harsanto, Pr. | Bidang Keluarga : Rm. Dr. Bernardinus Realino Agung Prihartana, MSF, Maria Brownell, M.T.S. | Pembimbing teologis: Dr. Lawrence Feingold, S.T.D. | Pembimbing bidang Kitab Suci: Dr. David J. Twellman, D.Min.,Th.M.| Bidang Spiritualitas: Romo Alfonsus Widhiwiryawan, SX. STL | Bidang Pelayanan: Romo Felix Supranto, SS.CC |Staf Tetap dan Penulis: Caecilia Triastuti | Bidang Sistematik Teologi & Penanggung jawab: Stefanus Tay, M.T.S dan Ingrid Listiati Tay, M.T.S.
top
@Copyright katolisitas - 2008-2018 All rights reserved. Silakan memakai material yang ada di website ini, tapi harus mencantumkan "www.katolisitas.org", kecuali pemakaian dokumen Gereja. Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari website ini untuk kepentingan komersial Katolisitas.org adalah karya kerasulan yang berfokus dalam bidang evangelisasi dan katekese, yang memaparkan ajaran Gereja Katolik berdasarkan Kitab Suci, Tradisi Suci dan Magisterium Gereja. Situs ini dimulai tanggal 31 Mei 2008, pesta Bunda Maria mengunjungi Elizabeth. Semoga situs katolisitas dapat menyampaikan kabar gembira Kristus. 
X