Apakah hubungan antara Api Penyucian dengan Pengadilan Khusus dan Pengadilan Terakhir?

Kita tahu bahwa segera setelah manusia meninggal dunia, maka dia akan diadili langsung oleh Kristus. Pengadilan ini disebut Pengadilan Khusus (lih. Ibr 9:27; Luk 16:19-31). Mereka yang meninggal dunia dalam kondisi rahmat, artinya tidak dalam dosa berat, namun belum sempurna dalam kasih, akan dimurnikan dahulu dalam Api Penyucian. Dengan demikian, Pengadilan Khusus memberikan keputusan bahwa sejumlah jiwa orang-orang yang meninggal dunia  akan masuk ke dalam Api Penyucian (atau ke Surga atau ke neraka).

Sedangkan Pengadilan Terakhir terjadi ketika kedatangan Kristus yang kedua atau akhir zaman (lih. Luk 8:17; Mat 25:32-33). Pada saat Pengadilan Terakhir ini, jiwa-jiwa di Api Penyucian yang belum terangkat ke Surga akan mendapatkan tubuh yang telah dibangkitkan dan kemudian diadili di hadapan seluruh umat manusia. Setelah itu, mereka akan masuk ke dalam Surga, tubuh dan jiwa-nya. Setelah Pengadilan Terakhir, Api Penyucian tidak ada lagi karena tidak diperlukan lagi proses pemurnian. Sebab segala sesuatu telah dinyatakan dengan sempurna, dan setiap orang telah memperoleh konsekuensi dari segala perbuatannya.

19/12/2018
Romo pembimbing: Rm. Prof. DR. B.S. Mardiatmadja SJ. | Bidang Hukum Gereja dan Perkawinan : RD. Dr. D. Gusti Bagus Kusumawanta, Pr. | Bidang Sakramen dan Liturgi: Rm. Dr. Bernardus Boli Ujan, SVD | Bidang OMK: Rm. Yohanes Dwi Harsanto, Pr. | Bidang Keluarga : Rm. Dr. Bernardinus Realino Agung Prihartana, MSF, Maria Brownell, M.T.S. | Pembimbing teologis: Dr. Lawrence Feingold, S.T.D. | Pembimbing bidang Kitab Suci: Dr. David J. Twellman, D.Min.,Th.M.| Bidang Spiritualitas: Romo Alfonsus Widhiwiryawan, SX. STL | Bidang Pelayanan: Romo Felix Supranto, SS.CC |Staf Tetap dan Penulis: Caecilia Triastuti | Bidang Sistematik Teologi & Penanggung jawab: Stefanus Tay, M.T.S dan Ingrid Listiati Tay, M.T.S.
top
@Copyright katolisitas - 2008-2018 All rights reserved. Silakan memakai material yang ada di website ini, tapi harus mencantumkan "www.katolisitas.org", kecuali pemakaian dokumen Gereja. Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari website ini untuk kepentingan komersial Katolisitas.org adalah karya kerasulan yang berfokus dalam bidang evangelisasi dan katekese, yang memaparkan ajaran Gereja Katolik berdasarkan Kitab Suci, Tradisi Suci dan Magisterium Gereja. Situs ini dimulai tanggal 31 Mei 2008, pesta Bunda Maria mengunjungi Elizabeth. Semoga situs katolisitas dapat menyampaikan kabar gembira Kristus. 
X