Apakah gereja Ortodoks termasuk dalam Tubuh Mistik Kristus?

Pertanyaan:

Shalom Ibu Ingrid, Bp. Stefanus, dan Romo Wanta,
Saya ada satu pertanyaan: Apakah Gereja Orthodox itu bagian dari Tubuh Mistik Kristus?
Salam dalam Kasih Kristus, – Wirawan

Jawaban:

Shalom Wirawan,

Terima kasih atas pertanyaannya tentang apakah gereja Orthodoks termasuk dalam mystical body of Christ atau tubuh mistik Kristus. Untuk menjawab hal ini, kita harus mengerti tentang konsep Gereja sebagai “means” dan gereja sebagai “end“. Hirarki, struktur, sakramen, yang terlihat adalah contoh Gereja sebagai means dan ekaristi, kekudusan, Kerajaan Allah, yang tak terlihat adalah contoh Gereja sebagai “end”. Namun, means dan end tidaklah terpisahkan, sama seperti manusia yang mempunyai tubuh dan jiwa yang tak terpisahkan. Lumen Gentium, 8 menyatakan bahwa means dan end adalah tak terpisahkan sebagaimana Kristus mempunyai kodrat manusia dan kodrat Allah. Dikatakan bahwa:

Kristus, satu-satunya Pengantara, didunia ini telah membentuk Gereja-Nya yang kudus, persekutuan iman, harapan dan cinta kasih, sebagai himpunan yang kelihatan. Ia tiada hentinya memelihara Gereja[9]. Melalui Gereja Ia melimpahkan kebenaran dan rahmat kepada semua orang. Adapun serikat yang dilengkapi dengan jabatan hirarkis dan Tubuh mistik Kristus, kelompok yang nampak dan persekutuan rohani, Gereja didunia dan Gereja yang diperkaya dengan karunia-karunia sorgawi janganlah dipandang sebagai dua hal; melainkan semua itu merupakan satu kenyataan yang kompleks, dan terwujudkan karena perpaduan unsur manusiawi dan ilahi[10]. Maka berdasarkan analogi yang cukup tepat Gereja dibandingkan dengan misteri Sabda yang menjelma. Sebab seperti kodrat yang dikenakan oleh Sabda ilahi melayani-Nya sebagai upaya keselamatan yang hidup, satu dengan-Nya dan tak terceraikan daripada-Nya, begitu pula himpunan sosial Gereja melayani Roh Kristus, yang menghimpunkannya demi pertumbuhan Tubuh-Nya (lih Ef 4:16)[11].

Itulah satu-satunya Gereja Kristus yang dalam Syahadat iman kita akui sebagai Gereja yang satu, kudus, katolik dan apostolik[12]. Sesudah kebangkitan-Nya Penebus kita menyerahkan Gereja kepada Petrus untuk digembalakan (lih. Yoh 21:17). Ia mempercayakannya kepada Petrus dan para rasul lainnya untuk diperluaskan dan dibimbing (lih. Mat 28:18 dsl), dan mendirikannya untuk selama-lamanya sebagai “tiang penopang dan dasar kebenaran” (lih. 1Tim 3:15). Gereja itu, yang didunia ini disusun dan diatur sebagai serikat, berada dalam Gereja katolik, yang dipimpin oleh pengganti Petrus dan para Uskup dalam persekutuan dengannya[13], walaupun diluar persekutuan itupun terdapat banyak unsur pengudusan dan kebenaran, yang merupakan karunia-karunia khas bagi Gereja Kristus dan mendorong ke arah kesatuan katolik.

Untuk lebih jelas menangkap natur dari dari Gereja secara lebih mendalam, maka harus juga membaca ensiklik Mystici Corporis dari Paus Pius XII, dimana dikatakan bahwa Kristus adalah kepala dari Gereja dan Roh Kudus adalah jiwa dari Gereja. Dan dalam kaitannya dengan topik Tubuh Mistik Kristus, maka Paus Pius XII mengatakan bahwa Tubuh Mistik Kristus haruslah “something definite” dan “perceptible to the senses” atau dengan kata lain haruslah kelihatan.

14. That the Church is a body is frequently asserted in the Sacred Scriptures. “Christ,” says the Apostle, “is the Head of the Body of the Church.”[13] If the Church is a body, it must be an unbroken unity, according to those words of Paul: “Though many we are one body in Christ.”[14] But it is not enough that the body of the Church should be an unbroken unity; it must also be something definite and perceptible to the senses as Our predecessor of happy memory, Leo XIII, in his Encyclical Satis Cognitum asserts: “the Church is visible because she is a body.”[15] Hence they err in a matter of divine truth, who imagine the Church to be invisible, intangible, a something merely “pneumatological” as they say, by which many Christian communities, though they differ from each other in their profession of faith, are united by an invisible bond.

23. Nor must one imagine that the Body of the Church, just because it bears the name of Christ, is made up during the days of its earthly pilgrimage only of members conspicuous for their holiness, or that it consists only of those whom God has predestined to eternal happiness. it is owing to the Savior’s infinite mercy that place is allowed in His Mystical Body here below for those whom, of old, He did not exclude from the banquet.[20] For not every sin, however grave it may be, is such as of its own nature to sever a man from the Body of the Church, as does schism or heresy or apostasy. Men may lose charity and divine grace through sin, thus becoming incapable of supernatural merit, and yet not be deprived of all life if they hold fast to faith and Christian hope, and if, illumined from above, they are spurred on by the interior promptings of the Holy Spirit to salutary fear and are moved to prayer and penance for their sins.

Dari dokumen-dokumen di atas, maka Tubuh Mistik Kristus sangatlah jelas dan lebih bersifat obyektif, karena terlihat, seperti tubuh manusia yang terlihat. Dan unsur yang terlihat ini tidak dapat dipisahkan dengan unsur yang tak terlihat. Selain terlihat, Tubuh Mistik Kristus juga harus satu dan tak terceraikan, yang hanya mungkin berada di bawah kepemimpinan Paus, penerus St. Petrus, dimana Yesus sendiri yang menjanjikan untuk menjaga dan melindungi Gereja-Nya. Dengan pengertian ini, maka gereja Ortodoks, bukanlah termasuk dalam Tubuh Mistik Kristus. Namun perlu diketahui bahwa Gereja Timur Katolik adalah termasuk dalam Tubuh Mistik Kristus, karena mereka masuk dalam kesatuan yang terlihat.

19/12/2018

26
Tinggalkan pesan

Please Login to comment
10 Comment threads
16 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
10 Comment authors
krisnachianxagustinus setiawangregoriusIngrid Listiati Recent comment authors
krisna
Guest
krisna

Teman saya ortodoks mengatakan bahwa :

Santo Serafim dari Sarov adalah presbiter Rusia Orthodox bisa menjadi seorang Santo dari gereja Katolik padahal dia lahir pada tahun 1759 dan tentunya sudah lama sekali peristiwa perpisahan katolik dengan ortodoks tahun 1054.

Dia bingung bagaimana mungkin seorang kudus dari ortodoks bisa di kanonisasikan di gereja katolik?

http://www.carmelia.net/index.php/artikel/riwayat-para-kudus/327-santo-serafim-dari-sarov

http://en.wikipedia.org/wiki/Seraphim_of_Sarov

Pertanyaan adalah

1. jadi meskipun ada beberapa orang kudus ortodoks bisa juga di kanonisasikan oleh gereja katolik?

2. jadi kita tidak perlu mempercayai Paus adalah wakil Kristus (berada di dalam gereja katolik) untuk dapat menjadi seorang santo di gereja katolik?

3. menurut admin bagaimana tanggapannya?

thanks

Ingrid Listiati
Member

Shalom Krisna, Menurut pengetahuan saya, St. Serafim dari Sarov tidak pernah melalui proses kanonisasi Gereja Katolik. Namun ia dikenal sebagai orang kudus di Gereja Timur Rusia, yang kembali dalam kesatuan penuh dengan Gereja Katolik pada tahun 1905. Mengapa sekarang St. Serafim (dan sekitar 30 orang Santo dari Gereja Timur Rusia, seperti halnya St. Sergius dari Radonezh) dikenal oleh Gereja Katolik, demikianlah yang ditulis dalam buku Butler’s Lives of the Saints, ed. Herbert J. Thurston SJ. and Donald Attwater, Volume III, July- Sept., p. 639-640: “Ketika tahun 1940 Tahta Suci meresmikan kalender liturgis untuk digunakan oleh Gereja Katolik Rusia, kalender tersebut… Read more »

krisna
Guest
krisna

Saya akan menshare kan tentang percakapan saya dengan teman saya yang beraga ortodoks Rusia… Setelah saya bercakap cakap dengan teman saya, menurut saya sangat sulit untuk mempersatukan Ortodoks Rusia dibawah kepemimpinan Paus… Ada bnayak hal keberatan yang di sampaikan oleh teman Ortodoks terhadap agama Katolik, padahal sebelumnya dia adalah seorang Katolik yang taat… Alasan dia pindah Ortodoks karena dia sudah menemukan Gereja Purba yang tetap kokoh dan tanpa perubahan dari ajaran para rasul. Gereja Ortodoks sudah masuk ke Indonesia, dan teman saya memberikan penjelasan bahwa perkembangan Ortodoks Rusia dan Yunani sudah cukup baik… Keberatan dari teman Ortodoks terhadap gereja Katolik… Read more »

Ingrid Listiati
Member

Shalom Krisna, 1&7. Tentang Filioque Sebenarnya tentang topik ini sudah panjang lebar dibahas di artikel ini, silakan klik. Silakan membaca di artikel tersebut terlebih dahulu. Di sana sudah kami sampaikan kronologi kejadian tentang isue Filioque ini, dan dengan membacanya dengan hati jernih, seseorang akan mengetahui bahwa sebenarnya tidak ada perbedaan dalam hal iman tentang Trinitas, antara Gereja Timur (Yunani) dan Barat (Latin); hanya keduanya mengekspresikannya dengan berbeda, yang harus diakui juga karena keterbatasan bahasa. Dalam hal ini adalah terjemahan kata Latin yang menjelaskan Roh Kudus dari “yang keluar” (ekporeuetai) dari Bapa (Yoh 15:26). Kata ekporeuetai dalam bahasa Yunani mengacu kepada… Read more »

krisna
Guest
krisna

comment image&size=931%2C371

comment image&size=186%2C400

mohon tanggapan anda sekalian dan admin karena saya mendapatkan info dari seorang yang beragama ortodoks, apakah kejadian di atas benar – benar terjadi atau hanya hoak saja? thanks…

Ingrid Listiati
Member

Shalom Krisna, Sejujurnya, saya tidak dapat menemukan catatan sejarah yang jelas tentang kejadian yang tragis di Mount Athos tersebut. Di salah satu situs Orthodox sendiri ditulis ada 2 kemungkinan tahun terjadinya kejadian tersebut, yaitu tahun 1259 atau 1276-1280. Ini sendiri secara obyektif menunjukkan kurangnya akurasi deskripsi kejadian, sebab kalau memang kejadian itu sungguh terjadi dan ada keterlibatan Paus di dalamnya, tentu sejarah akan mencatatnya dengan jelas, tahunnya kapan, dan Gereja Katolik tidak akan menyembunyikannya. Beberapa catatan tentang kehidupan Paus tertentu yang tidak sesuai dengan penggilan hidupnya sebagai pemimpin Gereja, dapat dibaca dalam ensiklopedi Katolik, seperti yang online dapat dibaca di… Read more »

chianx
Guest
chianx

Shalom bapak/ibu admin
Saya mohon kalau sudah ada waktu luang agar dibuatkan artikel tentang sejarah pemisahan Gereja Orthodox dan penyebab pemisahan tersebut seperti contohnya filioque. Saya kira banyak umat yang belum memahami seperti saya ini.
Salam dan terima kasih sebelumnya.

Stefanus Tay

Shalom Chianx,
Terima kasih atas permintaannya. Tentang Filioque sudah pernah dibahas di jawaban ini, silakan klik.

Salam kasih dalam Kristus Tuhan,
Stef – katolisitas.org

agustinus setiawan
Guest
agustinus setiawan

Pak Stefanus dan Bu Inggrid,

Salam Damai Kristus,
melalui media ini, saya merasa sangat terbantu untuk penyegaran belajar kembali tentang pengetahuan iman Katolik. Pada saat ini saya mau tanya mengenai makna Gereja sebagai paguyuban mistik? Bagaimana paguyuban mistik itu di wujudkan dalam hidup perseorangan dan hidup paguyuban jemaat?
terimakasih atas jawabannya.

Stefanus Tay

Shalom Agustinus Setiawan, Terima kasih atas pertanyaannya tentang Gereja sebagai Tubuh Mistik Kristus. Untuk itu, silakan membaca artikel di atas – silakan klik, beserta dengan tanya jawab di bagian bawahnya. Secara prinsip, Tubuh Mistik Kristus dapat diumpamakan seperti kodrat manusia yang terdiri dari tubuh dan jiwa, atau juga kodrat Kristus yang sungguh Allah dan sungguh manusia. Gereja sebagai Tubuh Mistik Kristus dapat menjadi suatu tujuan (end) maupun sarana untuk mencapai tujuan (means). Dengan menyadari hakekat Gereja yang mempunyai dualitas seperti yang diterangkan di atas, maka dalam konteks umat beriman, kita berada dalam ikatan yang kuat (baik dalam ikatan Ilahi –… Read more »

gregorius
Guest
gregorius

Syalom, Saya sangat bersyukur telah menemukan website ini. Sungguh, iman dan pengetahuan saya bertambah besar. walaupun saya sedari kecil sudah dididik secara katolik, namun baru akhir2 ini saja saya benar2 berniat untuk mendalami pengetahuan saya mengenai katolik. Ada satu pertanyaan yang mengganjal saya, yaitu 1Kor 12:20 “memang ada banyak anggota, tetapi hanya satu tubuh”. apakah ayat ini (termasuk ayat2 sebelum dan sesudahnya) dapat dikaitkan dengan beragamnya aliran kekristenan di dunia? maksudnya, walaupun kekristenan secara umum terpecah2 menjadi ribuan aliran (termasuk katolik yang saya cintai), tetapi tetap menjadi satu tubuh, yaitu tubuh Yesus Kristus? kalau benar, bagaimana tanggapan Gereja katolik terhadap… Read more »

Stefanus Tay

Shalom Gregorius, Terima kasih atas dukungannya untuk situs ini. Bersyukurlah bahwa anda diberikan kerinduan untuk mempelajari iman Katolik. Tentang 1 Kor 12:20 dan kaitannya dengan denominasi-denominasi, maka kita harus mengerti akan kodrat dari Tubuh Mistik Kristus. Bacalah artikel di atas – silakan klik, yang mencoba membahas bahwa Gereja Katolik-lah yang disebut Tubuh Mistik Kristus, karena Tubuh Mistik Kristus harus terlihat dan sekaligus mempunyai makna spiritual, sama seperti tubuh dan jiwa yang mempunyai persatuan yang tak terpisahkan atau sama seperti kodrat Kristus yang sungguh Tuhan dan sungguh manusia, yang mempunyai empat tanda: satu, kudus, katolik dan apostolik. Hubungan antara Gereja Katolik… Read more »

gregorius
Guest
gregorius

Salam, Terima kasih pak Stef yang telah memberikan penjelasan mengenai pertanyaan saya. Saya sudah lebih dari dua kali membaca penjelasan bapak. Agar tidak salah menangkap maksud bapak, saya rangkum saja: 1. yg dimaksud dengan saudara2 kita adalah mereka yg beriman kepada Kristus dan dibabtis secara sah. Pertanyaannya, babtisan yg bagaimana yg diakui oleh Katolik terkait dengan pernyataan pak Stef? Mohon maaf, seingat saya memang sudah ada pembahasan mengenai babtisan di katolisitas, tapi saya lupa dimana. Mohon pak stef memberikan link nya. 2. Karena mereka dibabtis dan mengimani Kristus, mereka juga mendapatkan karunia2 dan buah2 Roh Kudus, karena Roh Kudus pun… Read more »

Stefanus Tay

Shalom Gregorius, Terima kasih atas tanggapanya tentang Tubuh Mistik Kristus. Berikut ini adalah jawaban yang dapat saya berikan: 1. Kalau kita mau melihat siapa saudara kita, maka kita harus melihat bahwa seluruh umat manusia ini, baik yang mengenal Kristus maupun yang tidak mengenal Kristus adalah saudara kita yang harus kita kasihi. Namun, dalam konteks iman, tentu saja kita dapat mengatakan bahwa hubungan kita dengan gereja Ortodoks adalah lebih dekat dibandingkan dengan gereja-gereja Protestan, maupun dengan umat dari non-Kristen atau yang tidak beragama. Anda dapat melihat diskusi ini lebih lanjut di sini – silakan klik. Tentang Baptisan, sejauh dilakukan dengan materi… Read more »

gregorius
Guest
gregorius

Salam,

terima kasih pak stef atas penjelasannya. saya sudah dapat memahami penjelasan pak stef. semoga team katolisitas tetap bisa bekerja dengan penuh kasih sehingga kami para kaum awam ini bisa memperkuat iman dan kepercayaan akan Kristus dan Gereja katolik yang satu, kudus, dan apostolik.
JLU

David
Guest
David

Halo apologeters, mohon pencerahan.

Dari kacamata Gereja Katolik, apakah Ortodoks juga adalah Katolik? Karena mereka mengklaim bahwa merekapun salah satu bagian dari Gereja Katolik. Oleh karena itu, mereka seringkali menyebut diri “Katolik Ortodoks” / “Orthodox Catholic”.

Mohon penegasannya. Apakah mereka sah-sah saja mengklaim diri “katolik” dari kacamata Gereja Katolik?

Terima kasih.

Ingrid Listiati
Member

Shalom David, Pertama- tama perlu dipahami dahulu istilah "Orthodox". Orthodox dalam pengertian bebasnya adalah "right believer", sehingga seharusnya menjadi klaim semua orang beragama. Namun kita ketahui sekarang ini perkataan "Orthodox" mengacu kepada Gereja- gereja Timur yang memisahkan diri dari Gereja Katolik Roma, setelah skisma yang dipimpin oleh Photius (abad ke-9) dan Michael Cerularius (abad ke-11). Memang setelah skisma tersebut terjadi pemisahan antara Gereja- gereja Timur (yang kemudian menyebut diri sebagai ‘Orthodox’) dari Gereja Katolik yang berpusat di Roma. Namun demikian dewasa ini sebagian dari Gereja- gereja Timur tersebut (terdapat 22 Gereja) telah kembali ke dalam persekutuan dengan Gereja Katolik, yang… Read more »

David
Guest
David

Terima kasih atas jawabannya. Saya rasa, saya perlu mengkoreksi beberapa hal : 1. Memang saat ini ada 22 Gereja Timur Katolik; namun tidak semuanya adalah bekas Gereja Orthodox yang kemudian kembali bersatu dengan Katolik Roma. Ada setidaknya 2 Gereja Timur yang sejak semula selalu bersatu dengan Katolik Roma dan tidak pernah memisahkan diri dari communion Gereja Katolik universal; yaitu Gereja Katolik Maronit dan Gereja Katolik Italo-Albania. Kedua Gereja ini selalu mengakui primat universal Paus Roma. 2. Dari sisi Gereja Katolik Timur sendiri (dan juga Gereja Katolik Roma), mereka memandang bahwa gereja-gereja timur yang sejati adalah gereja-gereja timur yang bersatu dengan… Read more »

Ingrid Listiati
Member

Shalom David,

Terima kasih atas koreksi anda. Ya memang benar yang anda katakan, bahwa di antara Gereja- gereja Timur, ada yang tidak pernah memisahkan diri dari kesatuan dari Gereja Katolik, yaitu Gereja Maronites dan Italo- Albanian Catholic Church, demikian juga dengan Syro- Malabar Church di India.

Data dari beberapa ritus yang ada dalam persekutuan dengan Gereja Katolik Roma, dapat dilihat di link ini, silakan klik

Salam kasih dalam Kristus Tuhan,
Ingrid Listiati- katolisitas.org

Herman Jay
Guest
Herman Jay

Istilah “Tubuh Mistik Kristus” sering digunakan tapi kemungkinan besar banyak umat katolik belum memahami dengan benar maknanya. Untuk menghindari istilah tersebut menjadi jargon, mohon dijelaskan secara gamblang agar dapat digunakan sebagai bahan sosialisasi kepada umat-umat sederhana yang tidak menguasai istilah teologis.Terima kasih.

Stefanus Tay

Shalom Herman Jay,

Terima kasih atas pertanyaannya tentang Tubuh Mistik Kristus. Pemaparan di atas (silakan klik), dapat menjawab pertanyaan Herman. Secara prinsip, Tubuh Mistik Kristus hanya ada satu, dan Tubuh Mistik Kristus adalah Gereja Katolik. Klaim ini hanya mungkin, kalau Yesus sendiri yang mendirikan Gereja Katolik. Untuk itu, silakan membaca artikel tentang Gereja Katolik di sini (silakan klik). Semoga dapat membantu.

Salam kasih dalam Kristus Tuhan,
stef – http://www.katolisitas.org

David
Guest
David

Halo, Mohon bantuan saudara : Menurut Paus Pius XII dalam Ensiklik Humani Generis, 12 Agustus 1950: “[i]Tubuh Mistik Kristus dan Gereja Katolik adalah satu hal yang sama. Dan sepertinya mulai tahun 300an selalu dikatakan bahwa Tubuh Mistik Kristus adalah Gereja Katolik. 1) Mohon konfirmasi, apakah Tubuh Mistik Kristus adalah Gereja Katolik (saja)? 2) Jadi gereja Ortodoks (yang berpisah waktu skisma 1054 dengan gereja Katolik itu apakah termasuk dalam Tubuh Mistik Kristus atau tidak ya? Saya agak bingung karena saya baca “Karena mereka ini, yang percaya kepada Kristus dan menerima pembaptisan dengan baik, berada dalam semacam persekutuan dengan Gereja Katolik, walaupun… Read more »

Stefanus Tay

Shalom David, Terima kasih atas pertanyaannya sehubungan dengan gereja. Berikut ini adalah jawaban yang dapat saya berikan: 1 & 2 & 3) Tubuh Mistik Kristus adalah hanya Gereja Katolik, karena tubuh adalah kelihatan, dan ini terlihat di dalam Gereja Katolik yang satu, kudus, katolik dan apostolik. Lihat jawaban lengkapnya di sini – silakan klik. Silakan membaca link saya berikan terlebih dahulu, dan kalau masih ada yang belum jelas sehubungan dengan hal ini, maka David dapat menanyakannya kembali. Tentang pengajaran Gereja Katolik – Council of Florence dan setelah Vatikan II: 1) Ajaran Gereja Katolik tidak berubah-ubah, namun kita harus mengartikannya sebagaimana… Read more »

Wirawan
Guest
Wirawan

Shalom Ibu Ingrid, Bp. Stefanus, dan Romo Wanta,
Saya ada satu pertanyaan: Apakah Gereja Orthodox itu bagian dari Tubuh Mistik Kristus?
Salam dalam Kasih Kristus,
Wirawan

[dari katolisitas: silakan melihat jawaban di atas – silakan klik]

BUDI YOGA PRAMONO
Guest
BUDI YOGA PRAMONO

Shalom Ibu Ingrid, Bp. Stefanus, dan Romo Wanta,
Menurut saya itu jawaban yang menyesatkan , karena diluar katolik roma berarti “tidak selamat” .
Berarti mengulangi kesalahan gereja katolik masa lalu yang merasa paling benar & tidak ada keselamatan diluar Paus.

Stefanus Tay

Shalom Budi, Terima kasih atas komentarnya. Budi mengatakan “Menurut saya itu jawaban yang menyesatkan , karena diluar katolik roma berarti “tidak selamat” . Berarti mengulangi kesalahan gereja katolik masa lalu yang merasa paling benar & tidak ada keselamatan diluar Paus.” Berikut ini adalah tanggapan dari saya: 1) Jawaban tersebut tidak menyesatkan, karena itulah yang dipercayai oleh Gereja Katolik. Sebelum melanjutkan diskusi ini secara lebih mendalam, saya mohon agar Budi dapat membaca beberapa link yang saya telah berikan: Keselamatan dan hubungannya dengan Baptisan – Sep 21, 2009Mengapa Yesus disunat, kita tidak? – Sep 15, 2009Kasih dan keadilan Allah yang dimanifestasikan melalui… Read more »

Romo pembimbing: Rm. Prof. DR. B.S. Mardiatmadja SJ. | Bidang Hukum Gereja dan Perkawinan : RD. Dr. D. Gusti Bagus Kusumawanta, Pr. | Bidang Sakramen dan Liturgi: Rm. Dr. Bernardus Boli Ujan, SVD | Bidang OMK: Rm. Yohanes Dwi Harsanto, Pr. | Bidang Keluarga : Rm. Dr. Bernardinus Realino Agung Prihartana, MSF, Maria Brownell, M.T.S. | Pembimbing teologis: Dr. Lawrence Feingold, S.T.D. | Pembimbing bidang Kitab Suci: Dr. David J. Twellman, D.Min.,Th.M.| Bidang Spiritualitas: Romo Alfonsus Widhiwiryawan, SX. STL | Bidang Pelayanan: Romo Felix Supranto, SS.CC |Staf Tetap dan Penulis: Caecilia Triastuti | Bidang Sistematik Teologi & Penanggung jawab: Stefanus Tay, M.T.S dan Ingrid Listiati Tay, M.T.S.
top
@Copyright katolisitas - 2008-2018 All rights reserved. Silakan memakai material yang ada di website ini, tapi harus mencantumkan "www.katolisitas.org", kecuali pemakaian dokumen Gereja. Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari website ini untuk kepentingan komersial Katolisitas.org adalah karya kerasulan yang berfokus dalam bidang evangelisasi dan katekese, yang memaparkan ajaran Gereja Katolik berdasarkan Kitab Suci, Tradisi Suci dan Magisterium Gereja. Situs ini dimulai tanggal 31 Mei 2008, pesta Bunda Maria mengunjungi Elizabeth. Semoga situs katolisitas dapat menyampaikan kabar gembira Kristus. 
X