Apakah Ex-cathedra?

Pertanyaan:

Apa yang dimaksud : ex-cathedra? – Mei

Jawaban:

Terimakasih atas dukungannya terhadap katolisitas.org. Mari kita lihat beberapa pertanyaan yang Mei ajukan:
Ex Catedra:

1) Ex-Cathedra dalam arti harafiahnya adalah “dari tahta”, namun dalam teologi hal ini merupakan suatu dokrin atau ajaran oleh Paus. Dan kata ini mulai didefinisikan dalam Konsili Vatican I, Sess, IV, Const. de Ecclesia Christi, c.iv, yang intinya mengatakan bahwa adalah merupakan suatu dogma yang diwahyukan oleh Tuhan bahwa penerus Rasul Petrus, dalam hal ini adalah Paus, kalau Paus berbicara “ex cathedra”, maka tidak akan pernah salah. Hal ini sering disalahartikan oleh orang-orang yang mungkin tidak tahu secara persis pengajaran ini dan kemudian mengatakan bahwa bagaimana mungkin seorang Paus, yang juga manusia tidak pernah salah. Maka mari kita melihatkeberatan-keberatan ini:

2) Dokrin ex catedra ini berdasarkan akan janji Yesus sendiri di Mat 16:16-20 “Maka jawab Simon Petrus: “Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!”Kata Yesus kepadanya: “Berbahagialah engkau Simon bin Yunus sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan Bapa-Ku yang di sorga.Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya.Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Sorga. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga.” Penerus dari Petrus adalah Paus, dan dengan janji yang sama maka kunci kerajaan surga juga diteruskan oleh penerus Rasul Petrus, yaitu para paus. Oleh karena kita percaya bahwa janji Yesus adalah YA dan AMIN, kita juga harus menyakini bahwa pada saat seorang Paus berbicara ex cathedra, maka Tuhan sendiri yang akan melindunginya dari kesalahan.

3) Namun apakah persyaratannya? Ada 3 persyaratan: 1) Seorang Paus berbicara di atas kursi Peter, atau dalam kapasitasnya sebagai seorang Paus. Jadi kalau seorang Paus berbicara dalam kapasitas pribadi, dia tidak berbicara ex cathedra. 2) Kalau Paus berbicara dalam masalah iman dan moral. Jadi seorang Paus dapat salah kalau dia berbicara tentang science, art, dll. 3) Kalau Paus memberikan doktrin yang berlaku universal atau untuk umat Katolik di seluruh dunia. Jadi kalau Paus hanya memberikan pengajaran di keuskupan atau negara tertentu, maka dia tidak berbicara ex cathedra. (Lihat: Katekismus Gereja Katolik/KGK, 891, Lumen Gentium/LG, 25).

4) Suatu saat kita akan membuat topik ini dalam artikel khusus, sehingga pembahasannya dapat lebih menyeluruh.

Semoga dapat menjawab pertanyaan Mei.

Salam kasih dalam Kristus Tuhan,
stef – www.katolisitas.org

19/12/2018

9
Tinggalkan pesan

Please Login to comment
5 Comment threads
4 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
7 Comment authors
leonardTeddyStefanus TayTeddyOctavianus Recent comment authors
leonard
Guest
leonard

Syaloom Pengurus Katolisitas,

Saya mao tanya Paus ketika melancarkan Perang Salib itu dia berbicara dalam Paham sebagai Penerus Petrus atau tidak ya?

Kalau iy apakah itu Ex-Cathedra?

[dari katolisitas: Perang Salib bukanlah contoh ex-Cathedra, karena hanya memberikan indulgensi penuh bagi yang berpartisipasi.]

Terima Kasih

Teddy
Guest
Teddy

Pak Stef, Terima kasih Pak Stef atas jawabannya. Karena saya sering baca katolisitas beberapa keterangannya sebetulnya sudah saya coba jawab. Hanya pernyataan bahwa semua KB dulu tidak boleh memang cukup mengecoh saya sehingga saya sempat mikir. Saya masih ada uneg-eneg yang saya tidak tahu apakah pantas diutarakan terbuka disini. Tapi yang jelas ya, dia jelas beragama katolik, mantan dewan paroki, sering jadi moderator kalau ada seminar dari Romo tertentu. Mempunyai talenta guru menurut saya, cara bertutur kata yang baik dan banyak membaca dokumen-dokumen Gereja. Di lingkungan komunitas kami dia termasuk yang terpandang. Diskusi yang kami lakukan, mungkin juga lebih tepat… Read more »

Teddy
Guest
Teddy

Dear Katolisitas, Mohon maaf saya tidak tahu mau ditaruh dimana, ada beberapa pertanyaan yang pada dasarnya menyangkut infabilitas Paus. Saat ini saya sedang berdiskusi dengan senior saya, beliau sering juga mengajar ajaran-ajaran Gereja Katolik juga. Walaupun tidak tegas ia katakan, karena pertanyaan saya tidak langsung dijawab tapi memberi contoh2 bahwa Ia meragukan doktrin infabilitas Paus. Beberapa argumen yang dikemukakan antara lain: (mungkin sudah pernah dijawab) 1. KB, dulu semua tidak boleh tapi akhirnya metoda kalender boleh. 2. Kremasi dulu tidak boleh, sekarang boleh dengan catatan. Untuk kedua masalah diatas, ia membedakan ajaran iman dan moral, dan kedua diatas masuk moral… Read more »

Octavianus
Guest
Octavianus

Terima kasih atas penjelasannya y Bu. Apakah ada milis yg membahas masalah ataupun tg ajaran2 Gereja Katolik spt ini? Bila ada, bagaimana utk menjadi anggota milis tsb? Tuhan memberkati.

[dari katolisitas: kami belum mempunyai milis. Kalau anda mau, anda dapat menggunakan fasilitas RSS (di kiri atas yang ada tulisan “berlangganan”). Beberapa situs Katolik menyediakan forum, seperti ekaristi.org.]

endro wibowo
Guest
endro wibowo

3) Namun apakah persyaratannya? Ada 3 persyaratan: 1) Seorang Paus berbicara di atas kursi Peter, atau dalam kapasitasnya sebagai seorang Paus. Jadi kalau seorang Paus berbicara dalam kapasitas pribadi, dia tidak berbicara ex cathedra. 2) Kalau Paus berbicara dalam masalah iman dan moral. Jadi seorang Paus dapat salah kalau dia berbicara tentang science, art, dll. 3) Kalau Paus memberikan doktrin yang berlaku universal atau untuk umat Katolik di seluruh dunia. Jadi kalau Paus hanya memberikan pengajaran di keuskupan atau negara tertentu, maka dia tidak berbicara ex cathedra. (Lihat: Katekismus Gereja Katolik/KGK, 891, Lumen Gentium/LG, 2 pertanyaan saya: 1. Paus sering… Read more »

Ingrid Listiati
Member

Shalom Endro, Pengajaran yang bersifat ex-cathedra, itu adalah pernyataan definitif dalam hal iman dan moral, sehingga di sini Paus tidak saja hanya “bicara” tetapi ajaran tersebut secara definitif dituliskan dalam suatu dokumen Gereja. Jika Paus berbicara dalam kapasitasnya sebagai Penerus Rasul Petrus, maka Paus akan mengatakan dengan jelas, seperti demikian: “Kami, atas nama Rasul Petrus, menyatakan bahwa ……”.Contohnya, adalah dalam ajaran The Immaculate Conception (Ineffabilis Deus)/ Maria yang dikandung tidak bernoda. Mari kita lihat salah satu contoh pengajaran ex-cathedra, dari Bapa Pius IX yang dikeluarkan tanggal 8 Desember 1854: The Definition Wherefore, in humility and fasting, we unceasingly offered our… Read more »

Romo pembimbing: Rm. Prof. DR. B.S. Mardiatmadja SJ. | Bidang Hukum Gereja dan Perkawinan : RD. Dr. D. Gusti Bagus Kusumawanta, Pr. | Bidang Sakramen dan Liturgi: Rm. Dr. Bernardus Boli Ujan, SVD | Bidang OMK: Rm. Yohanes Dwi Harsanto, Pr. | Bidang Keluarga : Rm. Dr. Bernardinus Realino Agung Prihartana, MSF, Maria Brownell, M.T.S. | Pembimbing teologis: Dr. Lawrence Feingold, S.T.D. | Pembimbing bidang Kitab Suci: Dr. David J. Twellman, D.Min.,Th.M.| Bidang Spiritualitas: Romo Alfonsus Widhiwiryawan, SX. STL | Bidang Pelayanan: Romo Felix Supranto, SS.CC |Staf Tetap dan Penulis: Caecilia Triastuti | Bidang Sistematik Teologi & Penanggung jawab: Stefanus Tay, M.T.S dan Ingrid Listiati Tay, M.T.S.
top
@Copyright katolisitas - 2008-2018 All rights reserved. Silakan memakai material yang ada di website ini, tapi harus mencantumkan "www.katolisitas.org", kecuali pemakaian dokumen Gereja. Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari website ini untuk kepentingan komersial Katolisitas.org adalah karya kerasulan yang berfokus dalam bidang evangelisasi dan katekese, yang memaparkan ajaran Gereja Katolik berdasarkan Kitab Suci, Tradisi Suci dan Magisterium Gereja. Situs ini dimulai tanggal 31 Mei 2008, pesta Bunda Maria mengunjungi Elizabeth. Semoga situs katolisitas dapat menyampaikan kabar gembira Kristus. 
X