Apa dasarnya dikatakan Yesus berusia kira-kira 33 tahun ketika wafat?

Sejujurnya, Kitab Suci tidak menyebutkan bahwa Yesus tepat berusia 33 tahun pada saat wafat-Nya. Angka 33 adalah perkiraan para ahli Kitab Suci, berdasarkan pernyataan yang tertulis dalam Injil, demikian:

1. Yesus berumur kira-kira 30 tahun saat memulai karya publik-Nya.

Luk 3:23, “Ketika Yesus memulai pekerjaan-Nya, Ia berumur kira-kira tiga puluh tahun…”

Disebutkan “kira-kira”, jadi tidak pasti tepat 30 tahun. Namun disebut angka 30 tahun karena di usia tersebutlah umumnya orang diperbolehkan untuk mengajar, dalam adat Yahudi.

2. Injil Yohanes menyebutkan adanya tiga perayaan Paskah Yahudi dalam rentang waktu karya publik Yesus.

Disebutkan setidak-tidaknya adanya tiga kali perayaan Paskah Yahudi dalam Injil Yohanes, mengakibatkan para ahli Kitab Suci menyimpulkan bahwa rentang waktu karya publik Yesus adalah sekitar tiga tahun atau dua tahun lebih.

a. Paskah pertama: “Ketika hari raya Paskah orang Yahudi sudah dekat, Yesus berangkat ke Yerusalem.” (Yoh 2:13)
b. Paskah kedua: “Sesudah itu Yesus berangkat ke seberang danau Galilea, yaitu danau Tiberias…. Dan Paskah, hari raya orang Yahudi, sudah dekat.” (Yoh 6:1-4)
c. Paskah ketiga: “Pada waktu itu hari raya Paskah orang Yahudi sudah dekat dan banyak orang dari negeri itu berangkat ke Yerusalem untuk menyucikan diri sebelum Paskah itu.” (Yoh 11:55)

Faktanya, memang tidak terdapat tahun yang pasti yang disepakati oleh semua ahli Kitab Suci tentang tahun kelahiran dan wafat Kristus.

Paus Benediktus XVI, dalam bukunya “Jesus of Nazareth: Infancy Narratives” pernah menyampaikan kemungkinan perkiraan bahwa sesungguhnya kelahiran Tuhan Yesus terjadi di tahun 7-6 BC, silakan klik, dengan memperkirakan bahwa ia lahir sebelum Raja Herodes wafat di tahun 4 BC, dan pada saat terjadi fenomena bintang di timur- yang diperkirakan terjadi konjungsi planet Yupiter dan Saturnus yang terjadi di tahun 7-6 BC.

Sedangkan tentang tahun perkiraan Yesus wafat memang cenderung bervariasi. Belakangan ini ada prediksi bahwa itu terjadi pada tanggal 3 April 33 AD, namun nampaknya masih diperlukan bukti-bukti yang lebih kuat, untuk memastikan tanggal tersebut. Tentang hal ini telah dibahas panjang lebar di forum pembaca situs Catholic Answers, silakan klik.

Kita umat Katolik, percaya penuh bahwa apa yang disampaikan dalam Kitab Suci adalah kebenaran. Kita percaya walaupun Kitab Suci bukan buku sejarah, namun apa yang disampaikannya mengandung kebenaran sejarah. Kebenaran itu tidak terpengaruh dengan tanggal persisnya kelahiran dan tanggal kematian Kristus secara historis. Sebab semua itu tidak membantah kebenaran bahwa Yesus memulai misi publik-Nya pada saat Ia berumur kira-kira 30 tahun, dan kemungkinan Ia melaksanakan karya publik-Nya sekitar 3 tahun.

19/12/2018

2
Tinggalkan pesan

Please Login to comment
2 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
2 Comment authors
whynesemuel bandaso Recent comment authors
whyne
Guest
whyne

Tuhan berfirman “kira2”? Aneh jika tuhan memakai kata kira kira? Bknkh tuhan maha tau segalanya?
Alkitab tlh terkontaminasi dgn ciri2:
1. Disana ada firman tuhan
2. Ada perkataan yesus
3 pekataan penulis,
Sdh Tidak ada bahasa asli alkitab yg bs kita bc lg. Yg bnyk adalh versi2 tanpa ada bahasa aslinya.

[dari katolisitas: Apanya yang aneh dengan perkataan “kira-kira” sehubungan dengan umur? Apakah Anda dapat menemukan perkataan “kira-kira” sehubungan dengan pengajaran? Silakan membaca juga beberapa hal berkaitan dengan Kitab Suci ini – silakan klik]

semuel bandaso
Guest
semuel bandaso

Adakah tertulis dlm alkitab bahwa org kristen harus mengikut/ masuk gereja Katolik, protestant ,Pantekosta, Tiberias, Advent dll banyak lagi, kemudian kita dpt diselamatkan? atau umpama kalau anda protestant adalah salah masuk pantekosta yg benar dsb. tidakkah ini semua hanya ciptaan manusia yg pikirannya tdk benar dan berusaha mencari domba yg sdh berjalan di tempat yg benar sesuai hati sanubarinya krn sesuatu ajaran yg sebenarnya hanyalah ciptaannya/ ktrn kepopulerannya sehingga domba-domba itu masuk dan mendapat byk penghasilan… tak lain semuanya bermuara kepada pencarian Dana. [dari katolisitas: Yang perlu didiskusikan adalah apakah Kristus mendirikan Gereja. Dan kalau Dia mendirikan Gereja, maka kita… Read more »

Romo pembimbing: Rm. Prof. DR. B.S. Mardiatmadja SJ. | Bidang Hukum Gereja dan Perkawinan : RD. Dr. D. Gusti Bagus Kusumawanta, Pr. | Bidang Sakramen dan Liturgi: Rm. Dr. Bernardus Boli Ujan, SVD | Bidang OMK: Rm. Yohanes Dwi Harsanto, Pr. | Bidang Keluarga : Rm. Dr. Bernardinus Realino Agung Prihartana, MSF, Maria Brownell, M.T.S. | Pembimbing teologis: Dr. Lawrence Feingold, S.T.D. | Pembimbing bidang Kitab Suci: Dr. David J. Twellman, D.Min.,Th.M.| Bidang Spiritualitas: Romo Alfonsus Widhiwiryawan, SX. STL | Bidang Pelayanan: Romo Felix Supranto, SS.CC |Staf Tetap dan Penulis: Caecilia Triastuti | Bidang Sistematik Teologi & Penanggung jawab: Stefanus Tay, M.T.S dan Ingrid Listiati Tay, M.T.S.
top
@Copyright katolisitas - 2008-2018 All rights reserved. Silakan memakai material yang ada di website ini, tapi harus mencantumkan "www.katolisitas.org", kecuali pemakaian dokumen Gereja. Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari website ini untuk kepentingan komersial Katolisitas.org adalah karya kerasulan yang berfokus dalam bidang evangelisasi dan katekese, yang memaparkan ajaran Gereja Katolik berdasarkan Kitab Suci, Tradisi Suci dan Magisterium Gereja. Situs ini dimulai tanggal 31 Mei 2008, pesta Bunda Maria mengunjungi Elizabeth. Semoga situs katolisitas dapat menyampaikan kabar gembira Kristus. 
X