Apakah gerakan karismatik Katolik sesat?

Pertanyaan:

Stef Yth,

Tanpa mengurangi rasa hormat saya kepada Stef dan pembaca yang mengikuti gerakan karismatik, saya pribadi tidak menyukai gerakan karismatik dan memiliki kesan negatif terhadapnya karena di dalam gerakan itu terdapat penyimpangan dan kesesatan, sbb:
1. Gerakan karismatik berasal dari denominasi Protestan Pentacostal (yg tergolong heresy/bidat/skismatik) dan tidak ada dalam Tradisi Gereja. Sumbernya saja sudah sesat, tentu gerakannya juga beresiko sesat. Anehnya, mengapa ini bisa sampai tumbuh subur dlam Gereja Katolik?
2. Gerakan karismatik identik dengan tepuk tangan, musik yg keras, jingkrak2 dan sikap emosional. Bukankah berdoa itu memerlukan ketenangan dan keheningan seperti teladan Yesus sendiri?
3. Doa Karismatik yang panjang dan bertele-tele, apakah karena kuasa roh kudus sehingga ia berdoa panjang seperti itu? Ditambah lagi ada yang berdesis-desis menyahuti dengan nama Tuhan(Yesus). Tuhan Yesus saja tidak menyarankan doa yang bertele-tele.
4. kecenderungan memaksakan pemahaman/pendapat pribadi terhadap ayat2 Injil dan menganggap yang tidak sepaham adalah sesat dan berdosa.
5. Penyimpangan dari ajaran Rasul Paulus tentang penggunaan karunia Roh Kudus, khususnya mengenai bahasa roh.
6. yang paling penting(dan paling parah/sesat) adanya Baptisan roh dan praktek penumpangan tangan oleh awam untuk mendapatkan karunia roh serta praktek exorcisme oleh awam .Maksudnya baptisan roh?bukankah kita hanya mengakui satu pembaptisan seperti yang tertulis dalam Syahadat Nicea?Jelas ini melanggar hasil konsili. Dan lagi tidak sembarang orang dapat melakukan penumpangan tangan dan exorcisme.
7. Dikatakan bahwa gerakan karismatik menghasilkan buah2 yg baik. Apa benar yang dihasilkan adalah buah2 sejati?Bukankah umat beragama lain(non Katolik) juga menghasilkan buah2 yang baik melalui sembahyang mereka?
8. Dalam gerakan karismatik terdapat sinkretisme ajran Katolik(benar) dan Protestan pentakostal(sesat).

Munculnya gerakan karismatik dalam Gereja Katolik menyatakan bahwa:
a) ada yang kurang dalam spiritualitas Gereja Katolik maka perlu adanya gerakan karismatik.
sakramen2, ibadat harian, doa, devosi, puasa, meditasi, pemeriksaan batin, latihan rohani, pendalaman Kitab Suci, retret, dsb yg sudah menjadi tradisi Gereja tidak mampu mengubah dan memperbaharui hidup umat Katolik dan memberikan karunia2 roh, maka perlu mengikuti gerakan karismatik.
b)gerakan karismatik adalah upaya yg perlu untuk memperoleh karunia2 roh. Maka jelas gerakan karismatik merendahkan Roh Kudus dan sakramen2 GK.

Jadi kesimpulannya: gerakan karismatik sangat berbahaya kerena mengandung penyesatan dan penyimpangan dari iman dan ajaran Gereja Katolik.

NB: Ini adalah pendapat pribadi berdasarkan pengalaman pribadi, kesaksian teman2 dan beberapa bacaan. Maaf kalau kurang berkenan.

Salam,
Aloysius

Jawaban:

Shalom Aloysius,

Pertama- tama, dalam menyikapi suatu pengajaran Gereja, mari kita kesampingkan perasaan/ pendapat pribadi. Karena kalau demikian halnya, kita menempatkan penilaian pribadi kita di atas ajaran/ keputusan Magisterium. Jika kita terus mempertahankan sikap seperti ini, kita menempatkan diri di posisi yang beresiko, apalagi jika kemudian disertai dengan sikap menganggap diri lebih benar daripada Magisterium; dan karenanya dengan keras menentang pengajaran Magisterium. Sikap demikian tidak menampakkan buah Roh Kudus yang utama dan pertama (lih. Gal 5:22-23), yaitu kasih yang menghendaki persatuan daripada perpecahan, dan kasih yang tidak memegahkan diri dan tidak sombong (lih. 1 Kor 13:4).

Dengan prinsip ini, saya menanggapi pandangan anda:

1. Gerakan karismatik: sesat?

Anda mengatakan bahwa Gerakan karismatik berasal dari denominasi Protestan Pentakostal, dan gereja Pentakostal ini anda pandang heretikal/ skismatik/ sesat, dan karena itu gerakannya juga sesat.

Sejujurnya ini adalah pernyataan- pernyataan yang tidak berhubungan. Memang awal gerakan Karismatik sering dihubungkan dengan apa yang terjadi pada tanggal 1 Januari 1901 di suatu Bible college di Topeka Kansas, Amerika Serikat, atau tanggal 18 April 1906 di pertemuan doa Apostolic Faith Mission di Azusa St. Los Angeles, juga di Amerika- yang keduanya bukan komunitas Katolik-; saat terjadi apa yang kemudian dikenal dengan karunia bahasa roh. Selanjutnya, gerakan yang kemudian mempraktekkan karunia- karunia karismatik Roh Kudus ini dikenal dengan sebutan gerakan karismatik.

Walaupun gerakan ini nampak marak bertumbuh sekarang ini, namun sebenarnya karunia bahasa roh dan karunia karismatik Roh Kudus ini sudah ada sejak jaman para rasul, dan walaupun tidak banyak disorot, karunia inipun sudah ada dalam sejarah Gereja Katolik. Mari bersama kita melihatnya:

Dasar Kitab Suci tentang bahasa roh dan karunia karismatik lainnya:

Karunia bahasa roh yang dikenal dengan istilah glossolalia, disebut di beberapa ayat di kitab Perjanjian Baru, seperti:

1. Mrk 16:17: nubuat Yesus tentang orang- orang percaya, “….mereka akan berbicara dalam bahasa- bahasa yang baru bagi mereka”.

2. Kis 2: ketika Roh Kudus mengurapi keduabelas rasul, maka orang- orang dari kelimabelas bangsa yang berkumpul di Yerusalem mendengar para rasul itu berkhotbah dalam bahasa mereka sendiri.

3. Kis 10: Kornelius yang menerima karunia bahasa roh setelah menerima pewartaan Injil dari Rasul Petrus.

4. Kis 19:1-6: mengisahkan anggota jemaat di Efesus yang menerima karunia bahasa roh setelah menerima baptisan dalam nama Yesus.

5. 1Kor 12-14: mengisahkan bahwa gereja/ jemaat di Korintus menerima karunia bahasa roh dan karunia- karunia karismatik lainnya. Di 1Kor 12:7-11 disebutkan macam- macam karunia tersebut, sedangkan di 1Kor 12:28, disebutkan urutannya, mulai dari karunia sebagai rasul, nabi, pengajar, mukjizat, penyembuhan, pelayanan, pemimpin, bahasa roh.

Selanjutnya, Kitab Suci menyebutkan bahwa manifestasi Roh Kudus dalam bahasa roh itu dapat merupakan: 1) bahasa asing/ bahasa suatu bangsa tertentu, seperti terjadi pada Kis 2, Kis 11:15, dan 1Kor 14:21, ataupun 2) bahasa yang tidak terucapkan (ecstatic utterance), yang tidak dimengerti (1Kor 14:2), seperti secara implisit dikatakan dalam Rom 8:26-27. Karunia ini adalah karunia doa untuk mengucap syukur kepada Tuhan (1Kor 14:16-17) dan Rasul Paulus-pun menggunakan bahasa roh ini di dalam doa- doanya (lih. 1Kor 14: 18-19). Namun, karena tidak dimengerti, sering orang yang tidak percaya menyangka bahwa mereka yang menerima karunia ini sebagai orang yang tidak waras (lih. 1Kor 14:23).  3) Bisa juga terjadi alternatif ketiga bahwa bahasa roh tersebut dapat merupakan bahasa spiritual dan bahasa surgawi yang tak berdasarkan atas bahasa yang dikenal di dunia, namun yang dapat diinterpretasikan menurut bahasa yang dikenal di dunia, seperti yang mungkin terjadi dalam Kis 2:6-8; di mana para rasul berkata- kata dengan bahasa yang baru itu secara bersamaan, namun dapat terdengar oleh orang- orang yang berada di sana, yang datang dari berbagai bangsa, sebagai bahasa mereka sendiri (lih. Kis 2:6)

Dalam tradisi Gereja Katolik

Menarik disimak di sini adalah perkembangan yang terjadi setelah jaman para rasul. Montanus (135-177), adalah seorang yang dikenal sebagai pelopor gerakan karismatik pertama di abad kedua, dengan menekankan adanya karunia nubuat. Ia menekankan bahasa roh dan kehidupan asketisme (mati raga) yang ketat; dan ia mengklaim sebagai penerima wahyu Tuhan secara langsung, sehingga membahasakan diri sebagai orang pertama dalam nubuat-nubuatnya, seolah- olah ia sendiri adalah Tuhan. Gerakan Montanism ini akhirnya memecah Gereja di Ancyra menjadi dua; dan karena itu Uskup Apollinarius menyatakan bahwa nubuat Montanus adalah palsu (Eusebius 5.16.4)  Gerakan Montanus akhirnya ditolak oleh para pemimpin Gereja.

Montanus dan para pengikutnya lalu memisahkan diri dari kesatuan dengan Gereja yang ada pada saat itu. Oleh karena itu, tak mengherankan bahwa para Bapa Gereja pada abad- abad awal menekankan agar jemaat tunduk pada pengajaran para uskup yang adalah para penerus rasul; dan mereka relatif tidak terlalu menekankan karunia bahasa roh [kemungkinan mengingat bahwa hal itu faktanya dapat menimbulkan perpecahan]. St. Policarpus (69-159) yang hidup di jaman Rasul Yohanes, tidak menyebutkan tentang bahasa roh, demikian pula St. Yustinus Martir (110-165). St. Irenaeus (120-202) hanya menyebutkan secara sekilas dalam tulisannya Against Heresies. Selanjutnya karunia bahasa roh ini disebutkan dalam tulisan-tulisan St. Hilarius dari Poitiers (300-367) dan St. Ambrosius (340-397), walaupun tidak dikatakan secara eksplisit bahwa mereka mengalaminya. Juga pada masa itu, seorang pertapa Mesir, Pochomius (292-348) dilaporkan memperoleh karunia bahasa roh, yang disebut sebagai “bahasa malaikat”, dan di suatu kesempatan dapat menguasai bahasa Yunani dan Latin yang tidak dipelajarinya terlebih dahulu.

Namun sejak abad ke-3, dengan matinya sekte Montanus dan relatif urungnya para Bapa Gereja untuk mengekspos tentang bahasa roh, maka bahasa roh tidak lagi menjadi praktek yang umum di dalam Gereja. Beberapa Bapa Gereja yang tergolong skeptis tentang bahasa roh di antaranya adalah Eusebius (260 – 340) dan Origen (185 – 254). St. Krisostomus (344-407), uskup Konstantinopel dalam homilinya kepada jemaat di Korintus (lih. Homilies on First Corinthians, xxix, 1, NPNF2, v. 12, p. 168), mempertanyakannya, mengapa karunia bahasa roh tidak lagi terjadi di dalam Gereja; dan selanjutnya mengatakan bahwa di antara karunia- karunia Roh Kudus yang disebutkan di 1Kor 12:18, karunia bahasa roh menempati tingkatan yang ter-rendah (Homily xxxii, NPNF2, v. 12, p. 187).

Selanjutnya, St. Agustinus (354-430) memberikan pengajaran demikian tentang bahasa roh, dan prinsip inilah yang kemudian dipegang oleh Gereja untuk tujuh ratus tahun berikutnya:

“Pada awal mula, Roh Kudus turun atas mereka yang percaya: dan mereka berkata-kata dalam bahasa lidah (bahasa roh) yang tidak mereka pelajari, yang diberikan oleh Roh Kudus untuk mereka ucapkan. Ini adalah tanda- tanda yang diberikan pada saat di mana diperlukan bahasa roh untuk membuktikan adanya Roh Kudus di dalam semua bahasa bangsa-bangsa di seluruh dunia. Hal itu dilakukan sebagai sebuah bukti dan [kini] telah berlalu…. Sebab siapa yang di masa sekarang ini yang menerima penumpangan tangan berharap bahwa saat mereka menerima Roh Kudus juga akan dapat berkata- kata dalam bahasa roh?” (Homilies on 1 John VI 10; NPNF2, v. 7, pp. 497-498).

“… Bahkan sekarang Roh Kudus diterima, namun tak seorangpun berkata- kata dalam bahasa semua bangsa, sebab Gereja sendiri telah berbicara dalam bahasa semua bangsa: sebab barangsiapa tidak di dalam Gereja tidak menerima Roh Kudus.” (The Gospel of John, Tractate 32).

Maka menurut St. Agustinus, bahasa roh adalah kemurahan khusus di jaman apostolik demi kepentingan evangelisasi, yang tidak lagi terjadi di saat itu.

Paus Leo I Agung (440-461) mendukung pandangan St. Agustinus. Maka setelah kepemimpinannya sampai abad ke- 12, tidak ada literatur yang menyebutkan tentang bahasa roh.

Namun demikian, walaupun tidak umum, beberapa kejadian sehubungan dengan bahasa roh terjadi di dalam kehidupan beberapa orang kudus. Seorang biarawati Benediktin St. Hildegard dari Bingen (1098 – 1179) dilaporkan menyanyikan kidung dengan bahasa yang tidak diketahui yang disebutnya sebagai “konser Roh”. Sekitar seratus tahun kemudian St. Dominic (1221) kelahiran Spanyol dilaporkan dapat berbicara dalam bahasa Jerman setelah berdoa dengan khusuk. St. Antonius dari Padua (wafat 1231) menuliskan tentang pengalaman rohaninya bahwa lidahnya menjadi pena Roh Kudus. Demikian pula St. Joachim dari Fiore (1132-1202) yang memulai kebangunan rohani yang mempengaruhi masa akhir Abad Pertengahan.

St. Thomas Aquinas (1247) menyinggung tentang bahasa roh dalam bukunya Summa Theology (ST II-II, q.176, a.1&2), dan mengutip kembali pengajaran St. Agustinus. St. Thomas mengatakan bahwa pada awalnya memang diberikan karunia bahasa roh kepada para rasul, agar mereka dapat menjalankan tugas mereka untuk mewartakan Kabar Gembira kepada segala bangsa. Sebab tidaklah layak bagi mereka yang diutus untuk mengajar orang lain harus diajar terlebih dahulu oleh orang lain. Selanjutnya ia mengatakan bahwa karunia bernubuat adalah lebih tinggi daripada karunia bahasa roh (lih. 1Kor 14:5).

Setelah sekitar seabad berlalu, St. Vincentius Ferrer (1350) dicatat telah berbicara dalam bahasa roh. Di Genoa, para pendengarnya yang terdiri dari bangsa yang berbeda- beda, dapat mendengarnya bicara dalam bahasa mereka. Setelah ditanyakan tentang hal ini, St. Vincent menjawab, “Kamu semua salah, dan [sekaligus] benar, sahabat- sahabatku,” katanya dengan senyum, “Saya berbicara dalam bahasa Valencian, bahasa ibu saya, sebab selain Latin dan sedikit bahasa Ibrani, saya tidak mengenal bahasa Spanyol. Adalah Tuhan yang baik, yang membuat perkataan saya dapat kamu mengerti.” Hal ini adalah salah satu yang diuji dalam proses kanonisasi St. Vincentius, dan dinyatakan benar oleh lebih dari 100 orang saksi …. (Angel of the Judgment: A Life of St. Vincent Ferrer, 1953, p. 137-138). Selain dari bahasa roh, St. Vincent dapat (tentu hanya karena rahmat Tuhan) menyembuhkan orang buta, tuli, lumpuh dan mengusir setan pada orang- orang yang kerasukan; dan juga membangkitkan beberapa orang dari kematian. Mukjizat-mukjizat publiknya ini mencapai ribuan.

Di abad ke-16 kejadian-kejadian serupa termasuk berkata- kata dalam bahasa roh dicatat dalam kehidupan dua orang Santo, yaitu St. Fransiskus Xavier dan St. Louis Bertrand (Kelsey, p. 50). Selanjutnya, beberapa orang mistik seperti St. Yohanes dari Avila (1500 – 1569), St. Teresa dari Avila (1515 – 1582), St. Yohanes Salib (1542 – 1591) dan St. Ignatius Loyola (1491-1556), menulis tentang banyaknya pengalaman rohani yang mereka alami, termasuk bahasa roh. (Laurentin. pp 138-142).

Selanjutnya, di abad 19-20, kita mengetahui bahwa St. Padre Pio (1887-1968) juga mempunyai berbagai karunia Roh Kudus dan juga karunia khusus lainnya seperti karunia nubuat, mukjizat, menyembuhkan, membeda- bedakan roh, membaca pikiran/ hati orang lain, karunia dapat mempertobatkan orang, karunia bilocation, dan termasuk juga karunia bahasa roh.

Di gereja- gereja non Katolik

Demikian pula di luar Gereja Katolik, karunia bahasa roh juga dicatat, seperti terjadi pada denominasi Quaker (abad ke-17), Shakers (abad ke-18), gerakan misionaris Moravian dan gereja Methodis (abad ke-18) oleh John Wesley. Gerakan Pentakostal yang terjadi di awal abad 20 merupakan pecahan dari gereja Methodis ini.

Maka walaupun banyak orang menyangka bahwa bahasa roh itu berasal dari gerakan Pentakostal di awal abad ke-20, namun sebenarnya karunia bahasa roh ini sudah lama ada, bahkan sejak awal mula sejak jaman para rasul, dan juga merupakan bagian dari tradisi Gereja Katolik. Memang, kemudian pertanyaannya adalah, mengapa bahasa roh juga diberikan kepada orang- orang di luar kesatuan penuh dengan Gereja Katolik? Nampaknya ini merupakan tanda bahwa Allah bebas melakukan pekerjaaan-Nya seturut kebijaksanaan-Nya. Kita tidak dapat memahami sepenuhnya rencana Allah, namun yang jelas bahasa roh tersebut bukan karunia yang asing bagi Gereja Katolik. Karunia bahasa roh itu sudah lama menjadi milik Gereja Katolik, hanya saja mungkin tidak terlalu ditonjolkan, apalagi dipandang lebih penting daripada ketujuh karunia Roh Kudus yang disebutkan dalam Yes 11.

Dengan demikian, tidak benar bahwa karunia bahasa roh itu berasal dari gereja Protestan, dan karenanya sesat. Bahwa ada aliran- aliran tertentu di luar Gereja Katolik yang juga mengajarkan tentang bahasa roh, tidak menjadikan bahwa bahasa roh ini sesat. Sebab Gereja Katolik, berdasarkan Konsili Vatikan II mengajarkan demikian:

Gereja tahu, bahwa karena banyak alasan ia berhubungan dengan mereka yang karena dibaptis mengemban nama kristen, tetapi tidak mengakui ajaran iman seutuhnya atau tidak memelihara kesatuan persekutuan dibawah Pengganti Petrus…. Selain itu ada persekutuan doa-doa dan kurnia-kurnia rohani lainnya; bahkan ada suatu hubungan sejati dalam Roh Kudus, yang memang dengan daya pengudusan-Nya juga berkarya di antara mereka dengan melimpahkan anugerah-anugerah serta rahmat-rahmat-Nya, dan menguatkan beberapa di kalangan mereka hingga menumpahkan darahnya. Demikianlah Roh membangkitkan pada semua murid Kristus keinginan dan kegiatan, supaya semua saja dengan cara yang ditetapkan oleh Kristus secara damai dipersatukan dalam satu kawanan dibawah satu Gembala. Untuk mencapai tujuan itu Bunda Gereja tiada hentinya berdoa, berharap dan berusaha, serta mendorong para puteranya untuk memurnikan dan membaharui diri, supaya tanda Kristus dengan lebih cemerlang bersinar pada wajah Gereja.” (Lumen Gentium, 15)

Dari sini kita melihat bahwa Gereja Katolik mengakui adanya karunia- karunia rohani yang diberikan kepada persekutuan- persekutuan doa di luar Gereja Katolik. Selanjutnya, hal yang juga penting diketahui adalah Gereja Katolik tidak menganggap bahwa gereja- gereja Kristen non- Katolik yang ada sekarang adalah bidaah/ heretikal. Tentang hal ini sudah pernah dibahas di sini, silakan klik.

Yang lebih ditekankan dalam Gereja Katolik

Maka, meskipun Gereja Katolik juga mengakui adanya karunia bahasa roh, Gereja Katolik lebih menekankan kepada sapta karunia Roh Kudus (lih. Yes 11) yaitu takut akan Tuhan, keperkasaan, kesalehan, nasihat, pengenalan, pengertian, kebijaksanaan. Mengapa? Karena ketujuh karunia tersebut lebih tinggi tingkatannya daripada karunia- karunia karismatik (seperti karunia bahasa roh, nubuat, menyembuhkan, mukjizat, dll), sebab sapta karunia Roh Kudus adalah karunia yang menguduskan seseorang, sedangkan karunia- karunia karismatik tidak otomatis menguduskan seseorang, namun lebih bertujuan untuk membangun jemaat. Oleh karena itu, dapat terjadi misalnya, mereka yang dapat menyembuhkan tersebut tidak kudus hidupnya, dan jika ini yang terjadi, orang itu juga akhirnya tidak berkenan di hadapan Allah, seperti yang dikatakan oleh Yesus sendiri dalam Mat 7:21-23. Maka tantangannya bagi orang yang memperoleh karunia karismatik Roh Kudus adalah juga berjuang untuk hidup kudus dan bertumbuh di dalam ketujuh karunia Roh Kudus tersebut.

Kesimpulan

Karena bahasa roh dan karunia- karunia karismatik Roh Kudus itu sudah ada sejak jaman Gereja awal dan seterusnya dalam sejarah Gereja Katolik, maka tidak dapat dikatakan bahwa bahasa roh dan karunia- karunia lainnya, ataupun gerakan karismatik yang mempraktekkan karunia- karunia tersebut adalah sesat. Namun perlu dihindari adanya praktek- praktek yang menyimpang [seperti yang akan dibahas di bawah ini], yang mungkin terjadi, sehingga gerakan ini dapat mendukung dan memperbaharui Gereja Katolik.

2. Gerakan karismatik identik dengan tepuk tangan, musik yang keras dan jingkrak- jingkrak ?

Ini keliru. Jika kita melihat pengalaman orang kudus (Santa/o) yang menerima karunia karismatik Roh Kudus, kita tahu bahwa karunia karismatik tidak identik dengan tepuk tangan dan jingrak- jingrak. Beberapa pelajar Katolik yang pertama memperoleh karunia bahasa roh dalam retret yang diadakan di Duquesne University, Amerika (Februari 1967) menerimanya melalui doa Adorasi di hadapan sakramen Mahakudus. Selanjutnya, saya juga mengenal orang- orang yang mendapatkan karunia bahasa Roh melalui doa Adorasi Sakramen Mahakudus, doa rosario, dan doa pribadi. Bahkan pengkhotbah kepausan, Fr. Raniero Cantalamessa, memperoleh karunia bahasa Roh dalam doa pribadinya, sehari setelah ia mengikuti semacam SHDR (jadi tidak di dalam SHDR-nya itu sendiri). Demikian juga Mother Angelica, seorang biarawati Karmelit pendiri EWTN, salah satu stasiun TV Katolik terbesar di Amerika (dan dunia) juga memperoleh karunia berdoa dalam bahasa Roh pada saat mendoakan doa brevier/ ibadah harian, yaitu pada saat ia membaca teks Kitab Suci.

Maka persekutuan doa karismatik yang sungguh Katolik, seharusnya tidak menekankan pujian yang hingar bingar, tanpa keheningan. Tepuk tangan, bahkan bersorak dan menari sebagai cara memuji Tuhan tidak dilarang, sebab hal itu juga dicatat dalam Kitab Mazmur, namun tentu harus dalam batas yang normal yang mencerminkan pengendalian diri (lih. Gal 5:23).

3. Doa Karismatik panjang- panjang dan bertele- tele?

Wah, yang ini nampaknya relatif. Sebab bagi mereka yang mendoakannya mungkin tidak terasa demikian, terutama jika mereka mendoakannya dengan kasih. Doa pengulangan (repetition) tidak dikecam oleh Yesus, yang dikecam oleh-Nya adalah doa pengulangan yang sia- sia (vain repetition– KJV). Maka, tidak ada masalah dengan berdoa menyebut nama Yesus berkali- kali, atau Alleluia, atau Salam Maria, berkali- kali. Asal didasari kasih kepada Tuhan, maka doa itu sungguh indah di hadapan Tuhan, sebagaimana pengulangan frasa dalam Mazmur 136 dan 118. Tentang hal ini sudah pernah dibahas di sini, silakan klik.

4. Kecenderungan anggota karismatik memaksakan pemahaman pribadi terhadap ayat- ayat Injil, dan menganggap yang tidak sepaham dengannya adalah sesat?

Ini yang tidak benar dan harus diluruskan. Sebab bagi umat Katolik, parameternya jelas, yaitu apakah interpretasi tersebut sesuai dengan ajaran Magisterium Gereja. Jika tidak sesuai, maka interpretasi pribadi tersebut yang keliru.

5. Penyimpangan dari ajaran Rasul Paulus tentang penggunaan karunia Roh Kudus, khususnya mengenai bahasa roh, pada gerakan karismatik?

Ini nampaknya perlu diperjelas: apakah penyimpangannya/ dalam hal apa. Sebab harus diakui, adanya hal positif dalam gerakan karismatik, walaupun sayangnya ada pula yang negatif. Namun sejauh gerakan karismatik ini sejalan dalam derap langkah paroki, maka mereka tidak menyimpang.

Sejauh pengamatan saya, yang disebut ‘penyimpangan’ itu adalah jika:
– menganggap bahwa karunia bahasa roh adalah segala- galanya; sehingga timbul sikap seolah mengatakan bahwa orang yang menerima karunia bahasa roh itu lebih baik/ kudus daripada orang yang tidak menerimanya. Ini keliru.

– karena penekanan kepada bahasa roh, maka seolah- olah tolok ukur kesuksesan SHDR adalah seberapa banyak orang yang memperoleh karunia tersebut atau setidaknya yang ‘resting in the spirit‘; dan bukan kepada pertobatan sejati. Lebih parahnya, jika diajarkan bahwa seolah- olah bahasa roh dapat dipelajari/ dibuat- buat sendiri, sehingga menjadi tidak otentik dari Roh Kudus.

– terlalu banyak penekanan terhadap karunia- karunia karismatik Roh Kudus (yang kelihatan manifestasinya) sehingga menomorduakan sapta karunia Roh Kudus (yang tidak kelihatan, namun yang membantu orang bertumbuh dalam kekudusan).

– merasa sudah ‘langsung’ berhubungan dengan Roh Kudus, sehingga tidak lagi mau taat kepada pimpinan Gereja (para imam, uskup, dan Paus), karena menganggap bahwa mereka kurang dipenuhi Roh Kudus. Sikap semacam ini jika berlarut- larut dapat menjurus kepada perpecahan/ pemisahan diri dari kesatuan Gereja, dan tentu sikap sedemikian ini keliru.

– merasa sudah benar/ paling benar dalam menginterpretasikan Kitab Suci, sehingga sudah tidak perlu lagi mendengarkan pengajaran Magisterium.

– pandangan yang menganggap ibadah karismatik paling baik, bahkan lebih ‘tinggi’ dari Misa Kudus. Ini keliru sekali, demikian juga jika seorang merasa sudah dipenuhi Roh Kudus, sehingga tidak lagi mengindahkan sakramen- sakramen.

– pandangan yang mengatakan kalau sudah karismatik maka tak perlu lagi berdoa rosario dan berdevosi kepada Bunda Maria.

– hilangnya/ kurangnya ciri khas Katolik dalam ibadah persekutuan doa karismatik, terlalu hingar bingar.

– kelompok tersebut menjadi eksklusif, tidak/ kurang membaur dengan kegiatan paroki.

6. Yang paling parah: penumpangan tangan oleh awam untuk mendapatkan karunia Roh Kudus, praktek eksorsisme oleh awam dan istilah ‘baptisan Roh Kudus’?

Nampaknya harus dibedakan makna penumpangan tangan oleh para klerus/ terbaptis dan para awam. Rm. Boli SVD, pakar Liturgi di situs ini pernah menjelaskan bahwa penumpangan tangan dalam semua perayaan liturgi memang hanya boleh dilakukan oleh para tertahbis, seperti dalam sakramen- sakramen, seperti Ekaristi, Krisma, Pengakuan dosa, Tahbisan dan Pengurapan Orang Sakit. Namun di luar liturgi, belum ada larangan resmi/ tertulis yang menyatakan bahwa orang awam dilarang menumpangkan tangan atas orang yang didoakan.

Lalu juga, harus dibedakan di sini, tentang praktek eksorsisme dan pelepasan. Yang umumnya dilakukan oleh awam adalah pelepasan, namun eksorsisme yang resmi adalah dari Uskup atau imam yang diberi kuasa oleh Uskup. Hal ini pernah dijelaskan Rm. Santo Pr., di sini, silakan klik.

Sekarang tentang istilah ‘baptisan Roh Kudus’. Agaknya penggunaan istilah ini memang tidak tepat. Anda benar, bahwa Gereja Katolik berdasarkan Kitab Suci hanya mengakui satu baptisan (Ef 4:5) dan karena itu istilah yang lebih tepat adalah “pencurahan Roh Kudus/ outpouring of the Holy Spirit” dan bukan “baptisan Roh Kudus/ baptism of the Holy Spirit.” Sebab baptisan memang hanya dapat diterima satu kali, namun rahmat Roh Kudus dapat terus ditambahkan/ dicurahkan berkali- kali sepanjang hidup kita.

7. Apakah benar gerakan Karismatik menghasilkan buah- buah yang sejati? Apa bedanya dengan buah- buah yang baik yang dihasilkan dari agama- agama non- Katolik?

Jika gerakan Karismatik ini dilakukan di dalam koridor Gereja Katolik, seperti yang terjadi pada kehidupan para orang kudus, maka tentu saja dapat menghasilkan buah- buah Roh Kudus yang sejati yang dapat membangun Gereja. Stef dan saya harus jujur mengakui hal ini, sebab kami ‘berhutang’ kepada gerakan karismatik Katolik. Jika bukan karena belas kasih Allah dan rahmat-Nya yang kami terima melalui LISS (SHDR) -yang diadakan oleh gerakan karismatik Katolik- di Filipina tahun 2000 yang lalu, mungkin kami berdua tidak tergerak untuk mendalami iman Katolik, dan tidak terbersit keinginan di hati untuk lebih bersungguh- sungguh ikut membangun Gereja dari dalam.

Selanjutnya, tentang hal- hal yang baik yang ada juga di agama- agama lain, Gereja Katolik mengakuinya, namun pada saat yang bersamaan mengajarkan juga bahwa kepenuhan hidup dan kebenaran ada di dalam Kristus dan Gereja-Nya.  Konsili Vatikan II mengajarkan:

Gereja Katolik tidak menolak apapun yang benar dan suci di dalam agama-agama ini [agama- agama non Kristiani]. Dengan sikap hormat yang tulus Gereja merenungkan cara-cara bertindak dan hidup, kaidah-kaidah serta ajaran-ajaran, yang memang dalam banyak hal berbeda dari apa yang diyakini dan diajarkannya sendiri, tetapi tidak jarang toh memantulkan sinar Kebenaran, yang menerangi semua orang. Namun Gereja tiada hentinya mewartakan dan wajib mewartakan Kristus, yakni “jalan, kebenaran dan hidup” (Yoh 14:6); dalam Dia manusia menemukan kepenuhan hidup keagamaan, dalam Dia pula Allah mendamaikan segala sesuatu dengan diri-Nya.” (Nostra Aetate 2)

Dan tentang karunia- karunia Roh Kudus yang ditemukan di gereja- gereja non- Katolik, Konsili Vatikan II mengajarkan:

“Kecuali itu, dari unsur-unsur atau nilai-nilai, yang keseluruhannya ikut berperanan dalam pembangunan serta kehidupan Gereja sendiri, beberapa bahkan banyak sekali yang sangat berharga, yang dapat ditemukan diluar kawasan Gereja Katolik yang kelihatan: Sabda Allah dalam Kitab suci, kehidupan rahmat, iman, harapan dan cinta kasih, begitu pula kurnia-kurnia Roh kudus lainnya yang bersifat batiniah dan unsur-unsur lahiriah. Itu semua bersumber pada Kristus dan mengantar kepada-Nya, dan memang selayaknya termasuk gereja Kristus yang tunggal…..

Oleh karena itu gereja-gereja dan jemaat-jemaat yang terpisah, walaupun menurut pandangan kita diwarnai oleh kekurangan-kekurangan, sama sekali bukannya tidak berarti atau bernilai dalam misteri keselamatan. Sebab Roh Kristus tidak menolak untuk menggunakan mereka sebagai upaya-upaya keselamatan, yang kekuatannya bersumber pada kepenuhan rahmat serta kebenaran sendiri, yang dipercayakan kepada Gereja Katolik.

Akan tetapi saudara-saudari yang tercerai dari kita, baik secara perorangan maupun sebagai Jemaat dan Gereja, tidak menikmati kesatuan, yang oleh Yesus Kristus hendak dikurniakan kepada mereka semua, yang telah dilahirkan-Nya kembali dan dihidupkan-Nya untuk menjadi satu tubuh, bagi kehidupan yang serba baru, menurut kesaksian Kitab suci dan tradisi Gereja yang terhormat. Sebab hanya melalui Gereja Kristus yang katoliklah, yakni upaya umum untuk keselamatan, dapat dicapai seluruh kepenuhan upaya-upaya penyelamatan. Sebab kita percaya, bahwa hanya kepada Dewan Para Rasul yang diketuai oleh Petruslah Tuhan telah mempercayakan segala harta Perjanjian Baru, untuk membentuk satu Tubuh kristus di dunia. Dalam tubuh itu harus disaturagakan sepenuhnya siapa saja, yang dengan suatu cara telah termasuk umat Allah. Selama berziarah di dunia, umat itu, meskipun dalam para anggotanya tetap tidak terluputkan dari dosa, berkembang dalam Kristus, dan secara halus dibimbing oleh Allah, menurut rencana-Nya yang penuh rahasia, sampai akhirnya penuh kegembiraan meraih seluruh kepenuhan kemuliaan kekal di kota Yerusalem sorgawi.” (Unitatis Redintegratio 3)

8. Dalam gerakan Karismatik terjadi sinkretisme antara ajaran Katolik yang benar dan Protestan yang sesat?

Ini keliru. Seseorang tidak akan mengatakan demikian, jika ia telah memahami apa yang diajarkan oleh Konsili Vatikan II.

9. Apakah spiritualitas Gereja Katolik kurang lengkap sehingga perlu gerakan Karismatik?

Nampaknya pandangan ini juga tidak tepat. Sebab kita ketahui bahwa sesungguhnya spiritualitas Gereja Katolik sudah cukup lengkap: terdapat banyak cara berdoa dan spiritualitas yang diajarkan oleh para kudus sepanjang sejarah Gereja Katolik. Namun mungkin yang kurang adalah, kekayaan spiritualitas Katolik itu kurang diketahui oleh  umat secara umum, sehingga tidak dijadikan sebagai gaya hidup.

Di salah satu Talk tentang Roh Kudus, Scott Hahn (seorang evangelist Protestan yang menjadi Katolik) pernah mengatakan bahwa kemungkinan di jaman akhir ini, Allah melihat bahwa diperlukan manifestasi Roh Kudus yang lebih jelas terlihat untuk meyakinkan manusia akan kehadiran-Nya di tengah umat-Nya. Maka karunia- karunia karismatik Roh Kudus dicurahkan kepada banyak orang percaya termasuk mereka yang tidak berada dalam kesatuan penuh dengan Gereja Katolik, dengan maksud untuk mempersatukan jemaat menjadi satu kawanan. Maka, bahasa roh dan karunia karismatik lainnya, yang pada awal mula diberikan kepada jemaat dengan maksud evangelisasi ke seluruh dunia, kini kembali dicurahkan, untuk membalikkan hati banyak orang kepada Tuhan dan Gereja-Nya, dan kembali meng- evangelisasi dunia yang dewasa ini sudah semakin jauh dari Tuhan. Nampaknya ini nyata dalam kesaksian hidup Scott Hahn sendiri. Atas pimpinan Roh Kudus, ia bersama dengan istrinya, Kimberly Hahn, yang keduanya adalah mantan lulusan sekolah pendeta, dapat mengenali bahwa kepenuhan kebenaran ada di Gereja Katolik. Mereka lalu bergabung dalam kesatuan dengan Gereja Katolik, seperti tertulis dalam buku mereka yang terkenal, Rome Sweet Home.

10. Gerakan Karismatik mengatakan bahwa gerakan ini perlu untuk memperoleh karunia- karunia Roh Kudus, sehingga jelas merendahkan Roh Kudus dan sakramen- sakramen Gereja Katolik?

Maka, silakan kita menilai dengan obyektif, soal hal perlu atau tidak perlu tentang gerakan Karismatik ini. Sebab jika seseorang sudah dapat menghayati iman Katoliknya dengan baik dan benar, maka mungkin saja gerakan ini tidak diperlukan olehnya. Namun demikian, tidak dapat dipungkiri bahwa ada banyak orang yang dapat ‘terbantu’ melalui gerakan ini untuk semakin menghayati misteri iman yang diajarkan oleh Gereja Katolik.

Ada banyak kesaksian orang Katolik yang mengalami pertobatan sejati setelah mengikuti gerakan Karismatik, dan semakin dapat menghayati makna Ekaristi dan sakramen- sakramen Gereja lainnya. Maka walaupun ada efek-efek negatif yang ditunjukkan oleh sekelompok orang yang menjadi ekstrim [dan ini tentu perlu dihindari], tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa ada buah- buah yang baik yang dihasilkan melalui gerakan karismatik di dalam Gereja Katolik. Yang terpenting sekarang adalah, pihak hirarki/ otoritas Gereja perlu membimbing gerakan ini, agar tidak keluar dari ajaran iman Katolik, atau semakin memancarkan ciri ke katolikannya, seperti yang disarankan oleh Paus Paulus VI di tahun 1973 dalam mencirikan pembaharuan karismatik, “… pengalaman doa yang mendalam, personal, dan di dalam kelompok, kembali ke doa kontemplasi … kesiapsiagaan bagi panggilan Roh Kudus…”

11. Tentang kesimpulan anda: Gerakan Karismatik berbahaya karena mengandung penyesatan dan penyimpangan iman dan ajaran Gereja Katolik?

Mohon maaf, kami di Katolisitas tidak setuju dengan pandangan ini. Karena pandangan ini tidak sesuai dengan apa yang disampaikan oleh Paus Yohanes Paulus II dan Paus Benediktus XVI.

Dalam Audiensi dengan Kadinal Suenens dan the Council Members of the International Charismatic Renewal Office, 11 Desember 1979, Paus Yohanes Paulus II berkata demikian:

…This is my first meeting with you, Catholic charismatics . . . I have always belonged to this renewal in the Holy Spirit. . . . I am convinced that this movement is a sign of His action. The world is much in need of this action of the Holy Spirit, and it needs many instruments for this action. . . . Through this action, the Holy Spirit comes to the human spirit, and from this moment we begin to live again, to find our very selves, to find our identity, our total humanity. Consequently, I am convinced that this movement is a very important component in the total renewal of the Church, in this spiritual renewal of the Church.

Paus Yohanes Paulus II pada tanggal 4 April 1998, dalam konferensi gerakan karismatik Katolik juga mengatakan: (selengkapnya silakan klik, klik ini juga)

You are an ecclesial movement. Therefore, all those criteria of ecclesiality of which I wrote in Christifideles laici (cf. n. 30) must be expressed in your lives, especially faithful adherence to the Church’s Magisterium, filial obedience to the Bishops and a spirit of service towards local Churches and parishes.

Paus Benediktus XVI juga mengakui gerakan karismatik sebagai gerakan gerejawi/ eccesial movement, dan dalam pernyataannya kepada the Catholic Fraternity of Charismatic Covenant Communities, 31 Oktober, 2008, ia mengatakan:

As I have been able to affirm in other circumstances, the Ecclesial Movements and New Comunities which blossomed after the Second Vatican Council, constitute a unique gift of the Lord and a precious resource for the life of the ChurchThey should be accepted with trust and valued for the various contributions they place at the service of the common benefit in a an ordered and fruitful way…

Dengan demikian, jika kita sungguh mengakui kepemimpinan para Paus ini sebagai penerus Rasul Petrus, dan demi kasih kita kepada Kristus yang telah memilih mereka sebagai pemimpin Gereja-Nya, maka sudah seharusnya kitapun menerima pengajaran mereka, dengan menerima gerakan karismatik Katolik sebagai salah satu gerakan gerejawi. Kita selayaknya juga dapat melihat hal- hal positif yang dihasilkan oleh gerakan ini, dan bersama- sama dengan pihak otoritas Gereja berusaha menghilangkan efek- efek negatif dari gerakan ini, yang diakibatkan karena kurangnya pemahaman akan ajaran iman Katolik. Sebagai umat Katolik, kita memang tidak diharuskan menjadi anggota gerakan Karismatik, tetapi kita juga tidak boleh menolak mereka dengan mengatakan bahwa mereka itu sesat. Dengan mengatakan demikian, seseorang menempatkan dirinya di atas Paus, dan jika demikian, silakan diperiksa, apakah sikap seperti ini membuktikan bahwa ia sendiri dipenuhi atau dibimbing oleh Roh Kudus.

Akhirnya, perlu diketahui untuk Gereja Katolik di Indonesia sudah ada Badan Pelayanan Nasional Pembaharuan Karismatik Katolik Indonesia (BPNPKKI) dapat menjadi sarana untuk membimbing gerakan ini di tanah air agar mempunyai arah yang benar dan turut serta dalam membangun Gereja Katolik dari dalam, sesuai dengan visi dan misinya, di mana di point ke-5 dikatakan, “Untuk memupuk pertumbuhan yang terus menerus dalam kesucian melalui integrasi yang tepat antara penekanan segi karismatik ini dengan kehidupan yang utuh dari Gereja. Hal ini terlaksana melalui partisipasi dalam suatu kehidupan sakramental dan liturgis yang kaya, penghargaan terhadap tradisi doa-doa dan spiritualitas katolik dan pembinaan terus menerus dalam ajaran-ajaran Katolik dibawah bimbingan Magisterium Gereja dan peran serta dalam rencana pastoral Gereja.” Dengan demikian sudah ada langkah- langkah dari pihak otoritas Gereja Katolik di Indonesia untuk mengkoordinasikan gerakan karismatik ini agar sesuai dengan kehidupan Gereja secara keseluruhan.

Selanjutnya, mari bersama dalam kesatuan dengan seluruh Gereja, kita memohon pimpinan Roh Kudus, namun pertama- tama mari memohon kerendahan hati untuk dapat dipimpin oleh Roh Kudus.

Selanjutnya tentang hal-hal positif dan negatif tentang gerakan Karismatik, silakan klik di sini.

Salam kasih dalam Kristus Tuhan,
Ingrid Listiati- katolisitas.org

4.4 7 votes
Article Rating
19/12/2018
110 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Jiwo Vincentius
Jiwo Vincentius
10 years ago

Arahan KWI tentang karismatik poin 13, baptisan roh disinggung… bahwa nas2 Kitab Suci tidak menyamakan Baptisan Roh dg Sakramen Baptis… poin ke 14 mengatakan baptisan roh adalah permohonan… sedangkan yg saya baca di artikel ini istilah baptisan roh tidak tepat… 13. Misalnya, Yohanes Pembaptis berkata: “Aku membaptis kamu dengan air, tetapi ia akan membaptis kamu dengan Roh Kudus” (Mrk 1:8). Lukas mengutip kata-kata Yesus serupa: “Yohanes membaptis dengan air, tetapi tidak lama lagi kamu akan dibaptis dengan Roh Kudus.” (Kis 1:5). Dalam Perjanjian Baru ada sejumlah ungkapan yang mirip dengan itu.[2] Hampir semua teks itu ditafsirkan para ahli sebagai lukisan mengenai… Read more »

deff
deff
10 years ago

salam
Mohon maaf sebelumnya.

Disini saya mengalami sedikit kebingungan dengan apa yang saya dapat di forum ini dengan forum ekaristi.org sehubungan dengan karismatik katolik. Adakah diskusi yang pernah dilakukan antara moderator di 2 forum tsb. Sbg awam saya harus memiliki pandangan spt apa terkait karismatik katolik.

Terima kasih

[dari katolisitas: Kami telah memberikan argumentasi seperti yang telah dituliskan di atas. Silakan mengkaji dan menimbang. Prinsipnya, pada saat ini Vatikan mengakui gerakan ini sebagai gerakan gereja, seperti Legio Mariae, ME, CFC, dll]

Yulianus
Yulianus
10 years ago

Terima Kasih Tim Katolisitas atas tanggapannya.
saya sangat bingung dengan “Glossolalia” itu. memang dasar Kitab Suci ada, tetapi apakah sesuai dengan apa yang terjadi sekarang?

dan apakah bunyi “saka lapa lapa~~” yang diucapkan orang-orang yang berbahasa roh, adalah suara Roh Kudus?

dan saya pernah mendengar bahwa Bahasa Roh itu bisa dipelajari. dan ini yang membuat saya semakin tidak percaya dengan gerakan Karismatik.

mohon bantuannya, Terima Kasih.

Yulianus
Yulianus
Reply to  Ingrid Listiati
10 years ago

Terima Kasih Bu Ingrid atas responya,

saya setuju dengan penjelasan Ibu bahwa Karunia itu tidak bisa dipelajari, karena itu diberikan secara cuma-cuma menurut kerelaan-Nya.
dan pelajaran yang bisa saya ambil ialah bahasa roh bukan yang paling penting bagi saya, melainkan Karunia Bernubuat, dimana kita bisa menjadi pewarta.

walapun sekarang masih banyak pertanyaan tentang bahasa roh itu, tetapi saya mulai mengerti sedikit demi sedikit. Terima Kasih Ibu Ingrid atas penjelasannya.

Semoga Tuhan Memberkati,

Yulianus
Yulianus
Reply to  Ingrid Listiati
10 years ago

Terima Kasih tanggapannya Bu Ingrid,

saya sangat setuju bu, pernyataan saya diatas jika dalam kondisi antara bahasa roh atau nubuat, saya pilih nubuat karena saya bisa berbagi dengan yang lain, mewartakan Kasih Tuhan dan menjadikan Kasih Tuhan itu sebagai pedoman kehidupan. dan saya yakin juga bahwa Roh Kudus senantiasa berkarya dalam kehidupan saya, walapun saya tidak bisa berbahasa roh.
sekali lagi terima kasih banyak bu atas tanggapannya dan dengan ini wawasan saya semakin bertambah.

Semoga Tuhan Memberkati,

Yulianus
Yulianus
10 years ago

Dear Tim Katolisitas,

setelah saya banyak membaca artikel disini, saya mendapat kendala, khususnya untuk memahami apa itu Bahasa Roh. ada pertanyaan dalam hati saya:
1. apakah sebenarnya Bahasa Roh itu?
2. apakah Bahasa Roh itu bahasa yang orang lain tidak dapat mengerti seperti yang terjadi sekarang ini? sebab dalam Kitab Suci, ketika Para Rasul berbicara dalam Roh, orang lain mengerti apa yang mereka katakan.

mohon bantuannya untuk Tim Katolisitas,
Salam Kasih Kristus Tuhan.

[Dari Katolisitas: Silakan membaca terlebih dahulu artikel ini, silakan klik, dan tanya jawab di bawahnya.]

Aldi
Aldi
10 years ago

Untuk para Tim Katolisitas saya ingin bertanya, bagaimana caranya mengikuti Gerakan Karismatik Katolik? Apakah ada syarat-syarat tertentu agar saya dapat mengikutinya? Lalu bagaimana caranya agar saya dapat mengikuti Seminar Hidup Dalam Roh Kudus? Saya seorang Katolik berumur 14 tahun. Mohon bantuannya…

Yindri
Yindri
Reply to  Ingrid Listiati
10 years ago

Shalom Aldi, Anda bisa mencari tau ttg komunitas karismatik di paroki, bisa tanya pd romo paroki, melihat umur anda yg masih muda, ada kelompok karismatik khusus anak muda, tapi kalaupun anda mau ikut kelompok karismatik umum, tidaklah menjadi persoalan. Dari sini anda akan mendapat info ttg SHDR. Kl ditempat saya rutin diadakan setiap 4 bulan sekali. Kami selalu mengambil waktu diakhir minggu, kamis, jumat, sabtu (jam 18.30 sd jam 21.30), minggu pagi sd sore. Jadi hanya 4 hari saja. [Dari Katolisitas: Tidak semua paroki mempunyai kelompok karismatik untuk mudika/ OMK. Maka lebih baik Aldi menanyakan terlebih dahulu ke sekretariat paroki.… Read more »

Yindri
Yindri
Reply to  Yindri
10 years ago

Terimakasih atas penjelasannya dari tim katolisitas.org Yg ingin sy tanyakan adalah mohon ditunjukkan ketentuan umum itu ada diaturan mana, agar sy juga bisa membacanya kl org harus dibaptis dahulu sebelum ikut SHDR? Kalau hal itu dikatakan kebiasaan sih iya, tapi ini disebut ketentuan, walaupun dikatakan umum, sy jg ingin mengetahuinya. Untuk peserta SHDR yg telah dibaptis, memang ada sakramen pengakuan dosa, tapi bagi peserta yg belum di baptis akan disarankan utk berkonsultasi dgn romo disaat sesi ini. Ini bagus agar peserta yg belum baptispun bisa menyelesaikan masalahnya lebih baik. Kalau pada akhirnya ada org yg mengikuti SHDR yg belum dibaptis… Read more »

Aldi
Aldi
Reply to  Yindri
10 years ago

Pertama-tama saya ingin mengucapkan terimakasih atas penjelasan Bapak/Ibu Yindri dan Ibu Inggrid yang menurut saya sudah sangat jelas.

Kalau boleh bertanya lebih lanjut, apakah SHDR dilakukan di luar kota atau di dalam Gereja Paroki masing masing?

Salam Kasih,
Aldi

[Dari Katolisitas: Umumnya dilakukan di paroki masing-masing, dapat dilakukan di Aula, atau dapat pula, pada acara doa bersama dan Sakramen Pengakuan dosa, dilakukan di gedung gereja. Silakan Aldi bertanya kepada sekretariat paroki/ panitia SHDR. Semoga Tuhan memberkati niatmu yang tulus untuk mengikuti SHDR, dan semoga Ia melimpahimu dengan rahmat-Nya melalui acara tersebut.]

Aldi
Aldi
Reply to  Aldi
10 years ago

Amin.

ignatius
ignatius
Reply to  Yindri
10 years ago

Shalom..

Kalau boleh saran, mengikuti Retret Awal di Cikanyere atau Tumpang dalam bimbingan frater dan suster Karmelit rasanya lebih baik dalam penghayatan terhadap iman Katolik. Materinya kurang lebih sama dengan SHDR, termasuk ada doa pencurahan Roh juga di malam terakhir.

Saya pertama kali jatuh cinta kepada iman Katolik karena mengikuti Retret Awal. Dari sana saya mengenal makna Ekaristi yang sesungguhnya dan merasakan Dia sungguh hadir dalam adorasi.

Harus diakui bahwa Allah membentuk kita masing2 dengan cara yang berbeda2. Sehingga kita serahkan semua kepadaNya agar Dia membentuk kita seturut caraNya..

ign

Vinsensius J P
Vinsensius J P
11 years ago

Terima kasih Katolisitas atas segala informasi Iman Katolik selama ini, sehingga pengetahuan saya semakin bertumbuh tentang Katolik. Kebetulan ada satu hal yang saya ingin tanyakan. Bagaimana pendapat Gereja tentang PD Karismatik?

Berkah Dalem.

[Dari Katolisitas: Silakan membaca terlebih dahulu artikel di atas, silakan klik, dan juga artikel ini, silakan klik]

roni simanjuntak
roni simanjuntak
11 years ago

Yth Ibu Ingrid,

saya ada beberapa pertanyaan mengenai karismatik :

1. Saya agak bingung dengan istilah Misa Karismatik, apakah GK mengenal berbagai macam Misa ? kalau iya, ada berapa jenis misa yang diakui oleh GK?

2. Apakah Misa karismatik mempunyai TPE sendiri ? karena saya banyak mendengar bahwa banyak terjadi perselisihan dalam penyelenggaraan misa karismatik, yang semakin berkembang dan semakin bias…

Salam, RS

Romo Bernardus Boli Ujan, SVD
Reply to  roni simanjuntak
11 years ago

Salam Roni, Misa Karismatik sebetulnya istilah populer untuk misa yang dirayakan dengan penyesuaian untuk kelompok khusus (“misa kelompok”), yaitu kelompok pembaruan hidup dalam Roh yang biasanya disebut kelompok karismatik. Gereja mengenal satu misa, tetapi dengan berbagai macam kemungkinan penyesuaian (yang diijinkan oleh Gereja) untuk kelompok umat yang merayakannya, seperti kelompok anak-anak, orang muda, kelompok petani, nelayan, buruh, kelompok karismatik, kelompok (komunitas) St. Egidio, kelompok budaya tertentu, dan lain-lain. Yang sering jadi masalah adalah bahwa misa dengan penyesuaian untuk kelompok khusus itu dibuat menjadi “misa umat” yaitu misa yang dihadiri oleh berbagai macam kelompok umat seperti misa hari Minggu di gereja… Read more »

vincentiussan
vincentiussan
11 years ago

Dear Ibu Ingrid dan Team Katolisitas, Saya senang sekali membaca topik dan bahasan, serta tanggapan Bu Ingrid yg sangat rendah hati dan tulus untuk membagi pengetahuan dan pengalaman tanpa mencoba menghakimi. Saya ingin menanggapi sedikit, mungkin banyak umat yang merasa kurang pas, karena banyak individu yang merasa mendapatkan karunia roh kudus dengan bahasa rohnya dan merasa lebih baik atau suci hidupnya dibandingkan individu lainnya, sehingga bahasa roh begitu diagung-agungkan dan dipelajari sebagai tolok ukur bahwa seseorang terpilih dan diterima oleh Allah. Bahkan ikut bergabung komunitas hanya untuk merasa lebih baik dari umat yg tidak bergabung. Padahal yang terutama adalah buah-buah… Read more »

Teresia
Teresia
Reply to  vincentiussan
11 years ago

Mungkin link berikut ini dapat melengkapi penjelasan yang sudah diberikan katolisitas.org mengenai pro/kontra atau tantangan yang dihadapi gerakan Karismatik Katolik :

http://www.carmelia.net/index.php/sekali-lagi-makna-pembaruan-karismatik-katolik

munez
munez
11 years ago

Shalom
Apakah ada perbedaan antara karismatik katolik dgn Katolik??

[dari katolisitas: Karismatik Katolik adalah ecclesial movement di dalam Gereja Katolik dan Gereja Katolik adalah Gereja yang didirikan oleh Kristus. Silakan melihat beberapa artikel tentang karismatik ini – silakan klik]

munez
munez
11 years ago

Shalom.
Bagaimana pandangan orang karismatik protestan tentang karismatik katolik ini?
[dari katolisitas: umumnya mereka memandang positif. Namun jangan lupa bahwa doa yang tertinggi dalam Gereja Katolik adalah Sakramen Ekaristi dan bukan doa di dalam gerakan karismatik]

Apakah karismatik katolik ini diakui oleh kepausan atau tidak??
[dari katolisitas: Diakui sebagai ecclesial movement]
terima kasih

a.m.
a.m.
11 years ago

Dear tim katolisitas, Saya ingin share 2 pengalaman saya sekaligus bertanya… Sekitar 5 tahun lalu, saya pernah mengikuti retret dan saya baru tau bahwa retret tersebut adalah SHDRK dan waktu itu saya sungguh bingung dan gak jelas… Ini sebenernya orang2 lgi ngapain.. Saya disuruh memejamkan mata dan berbicara yesus yesus yesus terus menerus… Karna waktu itu masih gk ngerti akhirnya nurut aja… Tiba2 aja saya merasakan panas di badan saya (pdhl ruangan itu dingin sekali) lalu saya tak henti2 nya menangis dan tiba2 juga semua orang disana sudah ngomong bahasa roh… Trus seperti biasa saya ikut didoakan dan dibisikkan ntah… Read more »

a.m.
a.m.
Reply to  Ingrid Listiati
11 years ago

Dear Bu Inggrid,

Wah trima kasih bu inggrid untuk jawabannya terutama untuk nomer 3 dan 4…
Begitu saya membacanya, saya benar2 merasa ditegur sama Tuhan…

Thanks Bu Inggrid
God Bless

FX. Tjua
FX. Tjua
11 years ago

Syalom bu Ingrid dan tim, awalnya saya juga punya pandangan kurang lbh spt Aloysius, hanya saya tdk sampai menyimpulkan kalau kharismatik termsk aliran yg sesat. Setelah membaca ulasan diatas, saya dpt lbh mengerti tentang pandangan gereja Katolik terhadap gerakan Kharismatik. Saya pernah beberapa kali mengikuti pertemuan kharismatik, memang spt yg di sampaikan diatas, ada yg ekstrim tetapi ada jg yg dilakukan dgn rendah hati, tanpa hingar bingar. Yang ingin saya tanyakan, 1.Mengapa setiap ikut dalam doa kharismatik, saya sama sekali tidak bisa ikut masuk, dalam arti ikut tepuk tangan, menyanyi dan mengangkat tangan tinggi sambil berseru alleluya spt yang lain,… Read more »

Andrew Simbolon
Andrew Simbolon
11 years ago

Shalom,
Sy jemaat protestan dan bukan pengikut gerakan karismatik..sy salut dengan jawaban tim katolisitas yg rendah hati,data based, dan objektik terhadap thread yg dilontarkan aloysius..

Sy pikir dimanapun iman seseorang bertumbuh (asal selama ajarannya beriman Yesus itu Tuhan) tdk bs dinilai atau didikte oleh manusia lain..hanya Tuhan Yesus Kristus yg bs menilai dan mendikte..

Silahkan bertumbuh dengan ajaran dan ritual masing2 dengan beriman kepada Yesus Kristus Tuhan dan Juruselamat yg hidup..

Untuk tim Katolisitas,terus maju..Tuhan memberkati pelayanan anda..

Rgds,
Andrew Simbolon

Romo pembimbing: Rm. Prof. DR. B.S. Mardiatmadja SJ. | Bidang Hukum Gereja dan Perkawinan : RD. Dr. D. Gusti Bagus Kusumawanta, Pr. | Bidang Sakramen dan Liturgi: Rm. Dr. Bernardus Boli Ujan, SVD | Bidang OMK: Rm. Yohanes Dwi Harsanto, Pr. | Bidang Keluarga : Rm. Dr. Bernardinus Realino Agung Prihartana, MSF, Maria Brownell, M.T.S. | Pembimbing teologis: Dr. Lawrence Feingold, S.T.D. | Pembimbing bidang Kitab Suci: Dr. David J. Twellman, D.Min.,Th.M.| Bidang Spiritualitas: Romo Alfonsus Widhiwiryawan, SX. STL | Bidang Pelayanan: Romo Felix Supranto, SS.CC |Staf Tetap dan Penulis: Caecilia Triastuti | Bidang Sistematik Teologi & Penanggung jawab: Stefanus Tay, M.T.S dan Ingrid Listiati Tay, M.T.S.
top
@Copyright katolisitas - 2008-2018 All rights reserved. Silakan memakai material yang ada di website ini, tapi harus mencantumkan "www.katolisitas.org", kecuali pemakaian dokumen Gereja. Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari website ini untuk kepentingan komersial Katolisitas.org adalah karya kerasulan yang berfokus dalam bidang evangelisasi dan katekese, yang memaparkan ajaran Gereja Katolik berdasarkan Kitab Suci, Tradisi Suci dan Magisterium Gereja. Situs ini dimulai tanggal 31 Mei 2008, pesta Bunda Maria mengunjungi Elizabeth. Semoga situs katolisitas dapat menyampaikan kabar gembira Kristus. 
110
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x