10 Perintah Allah & 7 dosa pokok

Pertanyaan:

Salam Bpk Stev

Ijinkan saya bertanya
Apakah ada hubungannya atau bisa dihubungkan tidak 7 Dosa pokok dengan dosa terhadap 10 perintah Allah? Ada 10 perintah, berarti kalau dialanggar ada 10 pelanggaran/dosa, kmudian dimanakah posisi 7 dosa pokok ini?

Salam,
Dela

Jawaban:

Shalom Dela,

Nampaknya memang tidak ada hubungan langsung antara ke-10 perintah Allah dengan ke-7 dosa pokok (capital sins).

1. 10 Sepuluh Perintah Allah

Ke-10 perintah Allah disusun atas dasar kedua hukum kasih yang diajarkan oleh Tuhan Yesus (Mat 22:34-40; Mrk 12:28-34; Luk 10:25-28) yaitu: kasih kepada Allah (perintah 1-3) dan kasih kepada sesama (perintah 4-10). Urutan ke-10 perintah Allah tidak diberikan atas dasar kebetulan, tetapi menurut St. Thomas Aquinas, memang ada alasannya tergantung dari tingkatan prioritasnya:

Perintah 1-3: Kasih kepada Allah

1. Karena hanya ada Satu Allah, maka hanya Dia yang patut disembah oleh manusia. Karena itu, Allah melarang manusia membuat patung berhala untuk disembah sebagai allah lain (perintah pertama).

2. Berhubungan dengan Tuhan, yang ada di dalam hati/ pikiran manusia, adalah nama-Nya yang kudus. Nama Tuhan harus dihormati sehingga tidak boleh disebut dengan sia- sia (kedua).

3. Tuhan menetapkan satu hari dari ketujuh hari sebagai peringatan akan Diri-Nya, dan hari ini harus dikuduskan (ketiga).

Perintah 4-10: Kasih kepada sesama seperti kasih kepada diri sendiri

4. Di antara sesama, yang terutama adalah orang tua, yang melahirkan dan memelihara keturunannya. Tuhan memberikan kuasa kepada para orang tua untuk menjadi wakil Tuhan, dalam membimbing dan mengkoreksi anak- anak mereka. Karena itu, anak- anak harus menghormati orang tua (keempat).

5. Kehidupan diri sendiri dan sesama harus dihargai (kelima).

6. Tubuh harus dihormati, demikian juga dengan kemampuannya untuk menyalurkan kehidupan (keenam).

7. Harta milik sesama harus dihormati (ketujuh).

8. Nama baik sesama harus dihormati (kedelapan).

9. Untuk menjaga hak- hak sesama, terutama hak- haknya sebagai keluarga (kesembilan).

10. Hak sesama atas harta miliknya harus dihargai (kesepuluh).

2. Tujuh Dosa pokok

Katekismus mengajarkan tentang ketujuh dosa pokok sebagai berikut:

KGK 1866 Kebiasaan buruk dapat digolongkan menurut kebajikan yang merupakan lawannya, atau juga dapat dihubungkan dengan dosa-dosa pokok yang dibedakan dalam pengalaman Kristen menurut ajaran Santo Yohanes Kasianus dan Santo Gregorius Agung (Bdk. mor 31,45). Mereka dinamakan dosa-dosa pokok, karena mengakibatkan dosa-dosa lain dan kebiasaan-kebiasaan buruk yang lain. Dosa-dosa pokok adalah kesombongan, ketamakan, kedengkian, kemurkaan, percabulan, kerakusan, kelambanan, atau kejemuan [acedia].

Ketujuh dosa pokok tersebut tidak secara langsung berhubungan dengan kasih, namun berhubungan langsung dengan sifat- sifat kelemahan manusia. Walaupun tidak disebutkan urutannya persis dalam Kitab Suci, namun Kitab Suci menyebutkan secara langsung ataupun tidak langsung, ketujuh dosa tersebut. Ketujuh dosa pokok itu adalah untuk dilawan dari ketujuh kebajikan pokok (Kesombongan dengan kerendahan hati; ketamakan dengan kemurahan hati; iri hati/dengki dengan kasih; kemarahan dengan kebaikan; nafsu dengan pengendalian diri, kerakusan dengan kesederhanaan/ke- bersahaja-an, kemalasan dengan kerajinan).

Dengan demikian kita melihat bahwa walaupun nampaknya tidak berhubungan langsung dengan ke-10 perintah Allah, namun terdapat kemiripan antara ke-7 dosa pokok dan ke-10 perintah Allah. Misalnya dosa pokok percabulan berhubungan dengan perintah ke-6 dan 9; dosa pokok ketamakan dengan perintah ke-7 dan 10, dst. Menurut hemat saya, Gereja Katolik mengajarkan kedua hal ini (10 perintah Allah dan 7 dosa pokok) untuk melihat dosa dari dua sudut pandang, yaitu dari sudut pandang Allah (melalui perintah-Nya), dan dari sudut pandang manusia. Harapannya adalah dengan mengenali keduanya, manusia dapat memeriksa batinnya dengan lebih baik, sehingga dapat mengakui segala dosanya dan berusaha memperbaikinya.

Salam kasih dalam Kristus Tuhan,
Ingrid Listiati- katolisitas.org

26/11/2010

23
Tinggalkan pesan

Please Login to comment
10 Comment threads
13 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
12 Comment authors
AndyKurRenniFransiskus DanyYosefStefanus Tay Recent comment authors
AndyKur
Member
AndyKur

Syalom tim katolisitas

Saya mau tnya, bagaimana ya caranya agar lepas dari dosa kemalasan?
Jujur saja, saya ingin jd penulis, cm tiap kali mau nulis selalu saja kalah dgn malas

Mohon sarannya dear tim katolisitas, supaya saya bsa lepas dari dosan ini

Terima kasih

Fransiskus Dany
Guest

Syalom ibu Ingrid,
Dalam 10 perintah Allah ‘Kuduskan hari sabat’bagai mana kita yang bekerja pada hari minggu,dan bagai mana kutipan pada Injil Luk 14 1-6 Yesus yang menyembuhkan orang yang kena busung air
Maksih,GBU

Yosef
Guest
Yosef

Salam bpk Stef / Ibu Inggrid,

Mengenai 10 Perintah Allah yg ketiga, mohon dijelaskan penerapan riil-nya seperti apa dalam kehidupan? Dari situs Kristen yg lain ada yg menuliskan banyak hal detil seperti tidak boleh nonton TV, tidak boleh mengeluarkan uang selain untuk persembahan, tidak boleh mengeluarkan uang selain utk persembahan, tidak ke mall, tidak main game, tidak rekreasi, tidak boleh mengunjungi keluarga kalau hanya sekedar ngobrol/silaturahmi,aktifitas yg diperbolehkan pada hari minggu hanya untuk ke gereja, berdoa, baca firman, puji-pujian & membantu orang lain.
Bagaimanakah menurut ajaran iman Katolik?
trima kasih sebelumnya.. Tuhan memberkati..

Stefanus Tay

Shalom Yosef, Perintah ke-3 dalam sepuluh perintah Allah berbunyi “Kuduskanlah hari Tuhan” Contoh penjabaran dari perintah ini adalah sebagai berikut: Apakah aku setia mengikuti misa kudus pada hari Minggu atau hari-hari tertentu yang ditetapkan dalam kalendar Gereja? Apakah aku datang tepat waktu? Apakah aku mengikuti misa dengan penuh perhatian dan penuh iman? Apakah aku berdoa secara teratur, setidaknya pagi dan sore/ malam hari? Apakah aku membaca Kitab suci setiap hari? Seberapa minatku untuk mengetahui imanku dan membantu orang lain, termasuk teman-teman dan saudara-saudari/ kerabat? Berikut ini saya kutipkan dari Katekismus Gereja Katolik (KGK, 1284-1288) sebagai berikut: 2184.    Sebagaimana Allah berhenti… Read more »

Randy
Guest
Randy

Saya ingin bertanya
Saya anak kls 9 smp
Kalau pengendalian diri itu bagaimana caranya?
saya masih bingung bagaimana caranya menerapkan hal itu.

Stefanus Tay

Shalom Randy, Untuk mengendalikan diri, kita harus meminta rahmat dari Tuhan, agar kita diberi kemampuan untuk dapat mengendalikan diri kita dan pada saat yang bersamaan kita harus bekerjasama dengan rahmat Tuhan. Masa prapaskah ini adalah saat yang tepat untuk melatih pengendalian diri. Pada pagi hari kita minta agar kita diberikan kekuatan untuk dapat mengendalikan diri (baik dari menyantap makanan yang berlebihan, godaan untuk berbuat curang, marah, berfikir yang jelek terhadap teman, berontak terhadap orang tua, berkata-kata dengan tidak sopan, tidak jujur, dll). Ketika godaan itu muncul pada saat-saat tertentu, maka kita belajar untuk mengendalikan diri kita untuk berkata tidak terhadap… Read more »

teaa
Guest
teaa

Shalom mb Ingrid..
saya mau tanya..
kenapa ya, kalau sdh telanjur masuk dalam dosa percabulan, orang kebanyakan susah untuk menghindarinya?
di dalam hati ingin berhenti dan bertobat, tapi pelaksanaannya terasa susah sekali..
kalau sdh berbuat dosa, rasanya sangat menyesal dan takut..
solusinya gmn ya, biar bisa benar2 keluar dari jerat dosa itu?
memang benar, dosa itu bs memunculkan dosa2 yg laen, seperti berbohong..
trima kasih sebelumnya..

Vonia
Guest
Vonia

Kalo zinah, mengapa akar dosa?? Dosa apa yang bisa disebabkan jika berbuat zinah??

Vonia
Guest
Vonia

Saya mau tanya.. Kenapa malas merupakan akar dosa?? Dosa apa saja yang bisa dihasilkan jika malas???

Mira Tania
Guest
Mira Tania

saya mau bertanya ?
7 dosa pokok itu apa saja ?
jika dijelaskan disitu saya tidak mengerti penjelasnnya…….
saya anak kelas 6 sd
memohon pejelasan yang lebih jelas

Lukas
Guest
Lukas

Salam bpk Stef / Ibu Inggrid, Bisakah dijelaskan lebih lanjut pengajaran Katolik tentang dosa kemalasan/kelambanan/kejemuan? Sudah agak lama saya merasa jenuh dengan pekerjaan saya. Akibatnya kurang bisa bersemangat dalam hidup sehari-hari dan tidak maksimal dalam pekerjaan. Penyebab utamanya mungkin 1) jenis pekerjaan yang tidak cocok. Pekerjaan saya dalam manajerial banyak berhubungan dengan pengaturan SDM, administrasi, penjadwalan sedangkan saya cepat jenuh dengan rutinitas. 2) Gaji yang rendah. Saya tidak bermaksud serakah, tapi menurut saya, pekerjaan dengan gaji rendah berarti kontribusi riil terhadap masyarakat juga sedikit. Saya sudah mengutarakan hal ini pada pimpinan perusahaan, dan ybs nampaknya mengerti. Terkait kecocokan dengan pekerjaan,… Read more »

Dela
Guest
Dela

Salam Bpk Stev

Ijinkan saya bertanya
Apakah ada hubungannya atau bisa dihubungkan tidak 7 Dosa pokok dengan dosa terhadap 10 perintah Allah? Ada 10 perintah, berarti kalau dialanggar ada 10 pelanggaran/dosa, kmudian dimanakah posisi 7 dosa pokok ini?

Salam

[Dari Katolisitas: Pertanyaan ini sudah dijawab di atas, silakan klik]

Romo pembimbing: Rm. Prof. DR. B.S. Mardiatmadja SJ. | Bidang Hukum Gereja dan Perkawinan : RD. Dr. D. Gusti Bagus Kusumawanta, Pr. | Bidang Sakramen dan Liturgi: Rm. Dr. Bernardus Boli Ujan, SVD | Bidang OMK: Rm. Yohanes Dwi Harsanto, Pr. | Bidang Keluarga : Rm. Dr. Bernardinus Realino Agung Prihartana, MSF, Maria Brownell, M.T.S. | Pembimbing teologis: Dr. Lawrence Feingold, S.T.D. | Pembimbing bidang Kitab Suci: Dr. David J. Twellman, D.Min.,Th.M.| Bidang Spiritualitas: Romo Alfonsus Widhiwiryawan, SX. STL | Bidang Pelayanan: Romo Felix Supranto, SS.CC |Staf Tetap dan Penulis: Caecilia Triastuti | Bidang Sistematik Teologi & Penanggung jawab: Stefanus Tay, M.T.S dan Ingrid Listiati Tay, M.T.S.
top
@Copyright katolisitas - 2008-2018 All rights reserved. Silakan memakai material yang ada di website ini, tapi harus mencantumkan "www.katolisitas.org", kecuali pemakaian dokumen Gereja. Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari website ini untuk kepentingan komersial Katolisitas.org adalah karya kerasulan yang berfokus dalam bidang evangelisasi dan katekese, yang memaparkan ajaran Gereja Katolik berdasarkan Kitab Suci, Tradisi Suci dan Magisterium Gereja. Situs ini dimulai tanggal 31 Mei 2008, pesta Bunda Maria mengunjungi Elizabeth. Semoga situs katolisitas dapat menyampaikan kabar gembira Kristus. 
X